Tyrannosauridae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Tyrannosauridae
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Saurischia
Upaordo: Theropoda
Superfamili: Tyrannosauroidea
Famili: Tyrannosauridae
Osborn, 1906
Genera

(lihat di bawah)

Tyrannosauridae adalah salah satu suku dinosaurus karnivora. Nama "tyrann" berarti penguasa. Anggota dari genus ini memiliki ciri khas yaitu memiliki tulang pinggul yang kuat untuk menopang beban tubuhnya, sehingga dapat berdiri dengan dua kakinya. Selain itu, genus tyrannosauridae memiliki gigi yang tajam dan tulang rahang yang kuat. Anggota dari genus ini bervariasi mulai dari ignitochus sampai T-rex. Suku tyrannosauridae memiliki rekor kecepatan yang cukup tinggi, mencapai 70 km/jam (untuk T-rex).

Tyrannosauridae dulunya diklasifikasikan dalam bangsa carnosauria bersama dengan theropod, namun penelaahan filogenetik akhir-akhir ini menentukan bahwa tyrannosauridae berada dalam kelompok coelurosaur, sebuah kelompok yang juga termasuk ornithomimid dan maniraptora.

Tyrannosauridae memiliki keterkaitan yang lebih besar dengan dromaeosaurid daripada hewan pemangsa besar lain seperti allosarid.

Ciri-ciri tyrannosauridae adalah tengkorak yang lebar dan besar, leher yang pendek dan keras, serta lengan yang hanya mempunyai dua digit.

Daftar spesies[sunting | sunting sumber]

Tyrannosauridae terdiri dari beberapa genera dan spesies, di mana Tyrannosaurus rex adalah yang paling terkenal. Berikut adalah seluruh genera tyrannosauridae yang telah diketahui: