Tokyo Underground

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tokyo Underground
Gambar sampul manga volume 1
東京アンダーグラウンド
(Tōkyō Andāguraundo)
GenrePetualangan, fiksi ilmiah, romantis
Manga
PengarangAkinobu Uraku
PenerbitEnix
MajalahMonthly Shōnen Gangan
DemografiShōnen
Terbit19982005
Volume14
Seri anime
SutradaraHayato Date
ProduserFukashi Azuma
Tahei Yamanishi
Ken Hagino
Naoji Hōnokidani (Animation)
SkenarioKatsuyuki Sumisawa
MusikAkifumi Tada
StudioPierrot
Pelisensi
Geneon Entertainment (2006–2007)
Discotek Media (2018–sekarang)
Saluran
asli
TV Tokyo
Saluran bahasa Inggris
Tayang April 2, 2002 September 24, 2002
Episode26 (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

Tokyo Underground (Jepang: 東京アンダーグラウンド, Hepburn: Tōkyō Andāguraundo) adalah sebuah seri manga oleh Akinobu Uraku dan diterbitkan oleh Square Enix. seri ini menjadi seri anime yang diproduksi oleh Studio Pierrot dan disutradarai oleh Hayato Date.[1] seri ini ditayangkan di TV Tokyo dari 2 April sampai 24 September 2002 setiap hari Selasa pukul 18:30. Seri Televisi ini dirilis dalam bentuk DVD oleh Geneon Entertainment di AS dan Kanada, dirilis sebagai boxset oleh Manga Entertainment di Inggris dan oleh Tokyo Night Train di Australia. seri ini ditayangkan di Kanada pada saluran digital G4techTV, mulai tanggal 22 Juli 2007 pukul 20:30 ET / PT. anime ini ditayangkan di ABS-CBN dan Hero TV di Filipina dan Adult Swim di Australia. Anime ini juga ditayangkan di Indonesia, oleh TVRI pada tahun 2008 hingga 2009.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di bawah sistem kereta api bawah tanah Tokyo disebut dunia Underground (地下世界 (アンダーグラウンド), Andāguraundo), dihuni oleh Pengguna Elemental, orang yang dapat memanipulasi berbagai elemen. Ketika Gadis Kehidupan, Ruri Sarasa, dan pengawalnya, Pengguna Gravity Chelsea Rorec melarikan diri ke permukaan, mereka berlindung dengan pendekar pedang Rumina Asagi dan sahabat berkacamata Isuzu Ginnosuke. Selama pertarungan dengan Seki yang menggunakan api, Rumina terbunuh dan kemudian dibangkitkan oleh Ruri. Rumina yang dihidupkan kembali menemukan dia sekarang memiliki kekuatan untuk memanipulasi udara, bakat langka di antara orang-orang Bawah Tanah. Menyadari Ruri dalam bahaya, Rumina bersumpah untuk melindunginya, bahkan jika itu berarti pergi ke Underground untuk menyelamatkannya dari penculiknya sebelum dia dikorbankan.

Rumina akhirnya pergi ke Underground bersama Chelsea dan Ginosuke setelah Ruri diculik. Begitu mereka tiba, mereka menemukan eksperimen genetik dari Perusahaan tetapi berhasil melarikan diri.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Rumina Asagi (浅葱 留美奈, Asagi Rumina)
Pengisi suara: Brad Swaile (Inggris)
Rumina adalah seorang siswa sekolah menengah, yang bermimpi memiliki seorang gadis cantik, tetapi akhirnya menemukan dirinya tidak bisa berkata-kata ketika berhadapan dengan mereka. Saat seri dimulai, dia memulai tahun ajaran baru dan ingin menghindari melanjutkan reputasinya sebagai petarung. Tapi dia masih bertengkar dengan 3 anak laki-laki di SMA. Namun, karena itu membuatnya tampak menakutkan dan berbahaya, mimpinya hancur. Suatu hari dia bertemu dengan dua gadis aneh yang mengubah hidupnya selamanya. Dalam upaya untuk melindungi Ruri yang imut dari bahaya, Rumina berjuang keras, tetapi akhirnya kalah. Kekuatan hidup Ruri menghidupkannya kembali, dan dengan kehidupan baru hadir kemampuan luar biasa untuk mengendalikan kekuatan angin. Rumina bergabung dengan Chelsea dalam melindungi Ruri dan bergabung dalam pertempuran mereka di Tokyo Underground. Dia jatuh cinta dengan Ruri dan memiliki perasaan romantis untuk Chelsea juga.
Ruri Sarasa (ルリ・サラサ)
Pengisi suara: Chantal Strand (Inggris)
Ruri dikenal sebagai "Shrine Maiden of Life" (生命の巫女, Inochi no Mikō). Dia sangat sopan dan baik hati, dan merupakan tipe orang yang memanggil semua orang dengan sebutan kehormatan "-sama." Dia sangat penyayang dan menunjukkan tanda-tanda kasih sayang pada Rumina. Ruri menggunakan kekuatan hidupnya untuk menghidupkan kembali Rumina dari kematian ketika dia terbunuh untuk melindungi dia dan Chelsea. Kekuatannya yang tidak biasa membuatnya menjadi target kekuatan jahat di Bawah Tanah. Perusahaan menginginkan Ruri agar dia dapat menggunakan kekuatannya untuk menghidupkan kembali naga dan kemudian menggunakannya untuk menyerang dunia permukaan. Dia jatuh cinta dengan Rumina. Di jilid terakhir, terungkap bahwa Ruri sebenarnya adalah tiruan dari Sarasa, kakak perempuan Kashin dan Maiden of Life asli. Ketika upaya untuk menggunakan Sarasa untuk membangunkan Ron gagal, Ruri diklon untuk melakukan tugas tersebut.
Chelsea Rorec (チェルシー・ローレック, Cherushī Rōrekku)
Pengisi suara: Rebecca Shoichet (Inggris)
Chelsea adalah pengawal / tutor Ruri, dan menemaninya saat kabur dari Underground. Chelsea mengontrol kekuatan yang terkait dengan gravitasi dan memiliki kepribadian yang cocok. Dia sangat berdedikasi untuk tugasnya melindungi Ruri, dan dengan senang hati akan menyerahkan nyawanya - bahkan dia menghabiskan sebagian besar episode awal menampar kepala Rumina karena terlalu akrab dengan Ruri. Kekuatan gravitasi Chelsea sangat kuat, dan dia adalah lawan yang tangguh. Dia selalu berdebat dengan Rumina dan selalu bertengkar satu sama lain, namun dia kemudian menghormatinya dan juga mengembangkan perasaan untuknya.
Ginnosuke Isuzu (五十鈴 銀之助, Isuzu Ginnosuke)
Pengisi suara: Gabe Khouth (Inggris)
Ginosuke adalah sahabat Rumina sejak kecil. Dia tidak memiliki kekuatan elemen khusus, tetapi dia sangat cerdas meskipun dia tidak persis seperti yang orang sebut sebagai 'pintar jalanan'. Dia kemudian menggunakan senjata yang sangat berguna yang menembakkan serangan berelemen. Kepribadiannya agak pemalu, tetapi dia memiliki banyak akal sehat, dan bisa menjadi sangat galak jika memang harus. Ginosuke selalu memakai kacamatanya yang sangat tebal yang mengubah penampilannya sedemikian rupa sehingga teman-temannya tidak dapat mengenalinya tanpa kacamata.

Sekutu[sunting | sunting sumber]

Sui ( (スイ))
Pemberontak terhadap perusahaan yang menggunakan Aerogun. Disebut Ginnosuke sebagai "Master Sui" setelah dia menyelamatkannya dari agen Perusahaan. Benci Perusahaan setelah mereka mengambil kekasihnya dan menghancurkan desa tempat mereka tinggal. Bergabung dalam pertarungan lagi, Fang Pairon dan menemukan kekasihnya adalah boneka pengendali pikiran Suara. Dia mampu mengembalikan ingatannya setelah pertarungan. Kemudian mencari grup Rumina di daerah kumuh dan bergabung dengan tim Ginnosuke di Turnamen.
Shiel Messiah (シエル・メサイア, Shieru Mesaia)
Shiel adalah Pengguna Listrik yang pertama kali dilihat sebagai Agen Perusahaan yang dikirim untuk mengonfirmasi kekuatan elemen Rumina. Setelah Ruri direbut kembali oleh agen Perusahaan Pairon dan Teil, dia ditugaskan sebagai pengawal penggantinya. Saat hubungan mereka semakin dalam, Shiel mengalami perubahan hati (seperti Chelsea) dan membantu Ruri melarikan diri untuk kedua kalinya. Dia memandang Ruri sebagai saudara perempuan yang mengikuti waktu mereka bersama.
Emily Ronolf (エミリア・ルナリーフ, Emiria Runarīfu, Emilia Lunareef)
Anggota # 2 dari Klub Penggemar Rorec, membantu kelompok Rumina demi Chelsea. Menjadi memperhatikan korupsi Perusahaan setelah melihat pandangan Pairon pada Rumina. Setelah jatuh ke daerah kumuh, dia menjadi bagian dari tim Ginnosuke di turnamen dengan harapan bisa menemukan Rumina dan Chelsea.
Jilherts Micheat (ジルハーツ・ミセット, Jiruhātsu Misetto)
Anggota # 3 dari Klub Penggemar Rorec; dia dapat ditemukan menjadi kekerasan ketika seseorang menghina Chelsea, seperti Rumina menyebut Chelsea "blondie". Setelah jatuh ke daerah kumuh, dia menjadi bagian dari tim Ginnosuke di turnamen dengan harapan bisa menemukan Rumina dan Chelsea.
Kourin ( (コウ) (リン), Kōrin, "Goryeo")
Pengguna Magnet dan adik laki-laki Rou. Ingin menjadi Prajurit Kelas-A di perusahaan, lebih baik dari Kashin dan Seki. Ketika Pairon memberinya kesempatan dengan membunuh kelompok Rumina, dia mengambilnya dengan saudara laki-lakinya bergabung dengannya dalam usahanya. Ketika dia kalah, seperti yang diramalkan Pairon, dia dikirim ke daerah kumuh bersama kelompok Rumina, Rou, dan Shamuri. Terlepas dari perbedaannya, dia bergabung dengan tim Rumina di Turnamen untuk keluar dari daerah kumuh dan menemukan saudaranya. Menggunakan logam yo-yo sebagai senjatanya. Dia tampaknya memiliki kepedulian dan perasaan pada gadis hibrida binatang, 04.
04 (レイヨン) (Reiyon)
Seorang gadis hybrid-beast yang mengumpulkan Rumina, Chelsea, dan Kourin untuk berpartisipasi dalam Turnamen, untuk mendapatkan keinginan dari pemimpin misterius Slum. Ingin keluar dari daerah kumuh jadi dia mencari info tentang membantunya dengan kondisinya: jika dia bertengkar terlalu banyak dia bisa menjadi liar, mengakibatkan penggunaan terlalu banyak energi dan mungkin mati. Kourin mengetahui kondisinya dan berjanji untuk membantunya.

Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Perusahaan (公司 (カンパニー)) berisi ribuan pengguna elemen, dan sebagian besar bermusuhan. Mereka ingin membawa kehancuran total bagi mereka yang tinggal di permukaan. Kebencian mereka terhadap dunia permukaan berasal dari keyakinan bahwa mereka telah ditinggalkan oleh mereka, yang sebenarnya tidak benar karena hanya para ilmuwan yang benar-benar mengetahui keberadaan mereka di bawah tanah. Mereka juga orang-orang yang ingin membangunkan naga (disebut "ron") untuk menyelesaikan dendam mereka dan rela mengorbankan Ruri untuk mencapai tujuan mereka. Chelsea dan Shiel berbalik melawan perusahaan untuk membawa Ruri (Maiden of Life) ke tempat yang aman dan menjauh dari perusahaan.

Lord Kashin ( () (シン))
Pimpinan / pendiri Perusahaan, peringkat # 1. Dia mengorganisir Perusahaan untuk membuat Underground menjadi tempat yang lebih baik. Dia sangat ingin membalas dendam ke permukaan, setelah dia dipaksa untuk membunuh saudara perempuannya yang terikat pada mesin oleh para ilmuwan. Karena cara Ruri mengingatkan Kashin pada saudara perempuannya, dia terbukti sangat peduli padanya; dia bahkan sangat kesal pada Pairon karena membuatnya kesal. Juga, Seki adalah teman lamanya. Belakangan terungkap bahwa saudara perempuan Kashin sebenarnya adalah Maiden of Life asli, dan Ruri diklon darinya ketika upaya untuk menggunakan dia untuk menghidupkan kembali Ron gagal.
Pairon ( (パイ) (ロン), Bailong) "White Dragon"
Peringkat # 2 di Perusahaan dan memiliki hak asuh Ruri di yurisdiksinya. Terbukti sebagai anggota paling jahat dan licik di Perusahaan. Pairon adalah pengguna Air "Murni", yang memungkinkan dia untuk tidak terpengaruh oleh listrik dan menaklukkan orang dengan darahnya (tubuh seseorang 80% terbuat dari air). Dibandingkan dengan semua orang di Bawah Tanah, dia tidak memiliki informasi latar belakang, yang membuat Seki khawatir. Memiliki kebencian terhadap Kashin, terutama ketika dia memberinya bekas luka di wajahnya.
Kasagami ( (スイ) (ジェン), Suijen)
Peringkat # 3 di Perusahaan, ilmuwan yang bertugas menemukan di mana Ron disegel. Melapor kepada Pairon atas usahanya.
Seki ( (セキ), "Red")
Peringkat # 5 di Perusahaan, pengguna Api, salah satu dari 8 prajurit kelas A, dan salah satu pendiri / teman lama Kashin. Agen Perusahaan pertama yang dikirim setelah Ruri dan Chelsea dan awalnya membunuh Rumina. Terkesan dengan kekuatan angin Rumina setelah dihidupkan kembali oleh Ruri. Mencurigai metode dan aktivitas Pairon karena dia tidak memiliki informasi latar belakang yang ditinggalkan oleh para ilmuwan.
Tailor Ashford (テイル・アシュフォード, Teiru Ashufōdo)
Prajurit dengan peringkat tertinggi di Kompeni. Seorang pengguna air yang ceroboh yang menyukai tantangan. Pergi dengan Pairon untuk menangkap Ruri di sekolah Rumina. Setelah dikalahkan oleh Rumina, dia ditentukan untuk pertandingan ulang, yang dia lakukan di Lubang Bawah Tanah. Ketika Rumina mencoba menyelamatkannya, Penjahit bercerita tentang kepahitan Underground ke permukaan, terutama ketika orang tuanya yang malang menjualnya kepada para ilmuwan. Dia melepaskan cengkeraman Rumina dan jatuh ke Lubang Bawah Tanah, mengklaim dia tidak akan mati dan akan berpapasan dengan Rumina lagi. Juga, disebut oleh Rumina sebagai "ekor kuda".
Rou ( (ロウ), )
Pengguna magnet besar. Bertempur melawan Chelsea dan Rumina di desa Bawah Tanah dan tersesat. Kemudian, bergabung dengan adik laki-lakinya Kourin (pengguna magnet lainnya) untuk melawan Rumina dan yang lainnya, tetapi kalah lagi. Setelah dibuang ke daerah kumuh, bergabunglah dengan grup Ginnosuke di Turnamen dengan harapan bisa menemukan adik laki-lakinya.
Sharma Rufus (シャルマ・ルフィス, Sharuma Rufisu)
Seorang wanita pengguna es yang memegang cambuk. Bertempur melawan Chelsea di Underground Hole dan kalah. Setelah memata-matai kelompok Rumina setelah itu, merencanakan pertandingan ulang dengan Chelsea, tetapi berakhir di daerah kumuh. Ditemukan oleh Shiel dan bergabung dengan tim Rumina di Turnamen dengan harapan bisa keluar dari daerah kumuh.
Pairon's Fang
Sekelompok penjahat yang dihukum berat atau dihukum mati yang membantu Pairon menjaga "perdamaian" dan mencari pengguna kekuasaan. Dikirim setelah Ruri selama pelarian keduanya dan membunuh kelompok Rumina. Mereka semua dikalahkan sebelum Ruri ditangkap kembali oleh Pairon. Anggota: Heat, seorang pria bertubuh besar yang menggunakan energi panas untuk ledakan dan kekuatan super (dikalahkan oleh Chelsea); Smoke, pendekar pedang dengan kekuatan penghasil asap dan banyak senjata tajam (dikalahkan oleh Rumina); Ilusi Suara; seorang anak sadis yang menggunakan serangan getaran suara dan seruling untuk mengendalikan pikiran orang menjadi budaknya, seperti kekasih Sui (dikalahkan setelah dibodohi oleh Jilhert bahwa dia berada di bawah kendalinya); dan Shadow, seorang wanita yang menggunakan gas saraf untuk mengelabui orang, dia bisa bergerak di antara bayangan (dikalahkan oleh Ginnosuke dengan aerogunnya).

The Ron[sunting | sunting sumber]

Seperti manusia pengguna kekuatan elemen, Ron diciptakan oleh ilmuwan yang sama. Menurut Chelsea, mereka secara fisik menyerupai naga dalam mitologi tetapi hanyalah bentuk kehidupan buatan. Ron tertidur, tetapi Perusahaan bermaksud menggunakan kekuatan hidup Ruri untuk menghidupkan kembali mereka dan menempatkan mereka di permukaan dunia untuk menghukum mereka yang telah melakukan kesalahan pada mereka bertahun-tahun yang lalu. Ron berbagi kepahitan yang sama seperti kebanyakan manusia Bawah Tanah. Ketika mereka akhirnya terlihat, terungkap bahwa dalam keadaan tidak aktif mereka Ron menyerupai lumba-lumba, dan hanya menjadi bentuk kehidupan seperti naga melalui kekuatan Perawan.

Media[sunting | sunting sumber]

Anime[sunting | sunting sumber]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No.JudulTanggal tayang asli
1"The Surface - The Fateful Encounter"
Transkripsi: "Chijō - Unmei no Deai" (地上 運命の出会い)
2 April 2002 (2002-04-02)
2"Resurrection - The Maiden of Life"
Transkripsi: "Hangon - Seimei no Miko" (反魂 生命の巫女)
9 April 2002 (2002-04-09)
3"The Awakening - When the Wind Blows"
Transkripsi: "Kakusei - Kaze, Ugoku Toki" (覚醒 風・動くとき)
16 April 2002 (2002-04-16)
4"Full Moon - Ruri's Wish"
Transkripsi: "Mangetsu - Ruri no Omoi" (満月 ルリの想い)
23 April 2002 (2002-04-23)
5"Fight - The Two Water Users"
Transkripsi: "Taiketsu - Futari no Mizu Tsukai" (対決 二人の水使い)
30 April 2002 (2002-04-30)
6"Training and Resolve"
Transkripsi: "Shugyō - Sorezore no Ketsui" (修行 それぞれの決意)
7 Mei 2002 (2002-05-07)
7"Charge Into the Underground!"
Transkripsi: "Totsunyū - Chika Sekai e" (突入 地下世界へ)
14 Mei 2002 (2002-05-14)
8"The Traps Hidden in the Darkness"
Transkripsi: "Sūpei - Yami ni Hisomu Wana" (師兵 闇に潜む罠)
21 Mei 2002 (2002-05-21)
9"The Spirit Gun - To Fight Together"
Transkripsi: "Renkijū - Tomo ni Tatakau Tame ni" (錬氣銃 ともに戦うために)
28 Mei 2002 (2002-05-28)
10"The Revenge of the Water User"
Transkripsi: "Gyakushū - Mizu Tsukai Futatabi..." (逆襲 水使い再び…)
4 Juni 2002 (2002-06-04)
11"Fight to the Death - Beyond the Hatred"
Transkripsi: "Shitō - Nikushimi o Koete" (死闘 憎しみを越えて)
11 Juni 2002 (2002-06-11)
12"The Insubordination - Escape Into The Light"
Transkripsi: "Hangyaku - Hikari e no Dasshutsu" (反逆 光への脱出)
18 Juni 2002 (2002-06-18)
13"The Promise of the Ribbons"
Transkripsi: "Yakusoku - Ribon ni Kometa Omoi" (約束 リボンに込めた想い)
25 Juni 2002 (2002-06-25)
14"The Assassins of Tower Gate"
Transkripsi: "Tsuigeki - Tawā Gēto no Shikaku" (追撃 タワーゲートの刺客)
2 Juli 2002 (2002-07-02)
15"Raid - The Broken Bonds"
Transkripsi: "Shūgeki - Hikisakareta Kizuna" (襲撃 引き裂かれた絆)
9 Juli 2002 (2002-07-09)
16"The Unforgettable Tragedy"
Transkripsi: "Shōgeki - Wasure Enu Senritsu" (衝撃 忘れえぬ旋律)
16 Juli 2002 (2002-07-16)
17"Fighting for Her Smile"
Transkripsi: "Zengeki - Egao no Tame ni" (漸撃 笑顔のために)
23 Juli 2002 (2002-07-23)
18"Wind Blowing Away the Tears"
Transkripsi: "Saikai - Namida Nuguu Kaze" (再会 涙ぬぐう風)
30 Juli 2002 (2002-07-30)
19"Frustration - Unfulfilled Desire"
Transkripsi: "Shōsō - Todokanu Omoi" (焦燥 とどかぬ想い)
6 Agustus 2002 (2002-08-06)
20"The Trap of the Magnet Users"
Transkripsi: "Shikaku - Jiryoku Tsukai no Wana" (刺客 磁力使いのワナ)
13 Agustus 2002 (2002-08-13)
21"Slums - The Town of Traitors"
Transkripsi: "Saikasō - Hangyakusha Tachi no Machi" (最下層 反逆者たちの街)
20 Agustus 2002 (2002-08-20)
22"Invitation to the Killing Fields"
Transkripsi: "Kesshū - Shokei Ba e no Shōtaijō" (結集 処刑場への招待状)
27 Agustus 2002 (2002-08-27)
23"Battle - Toward the Zenith"
Transkripsi: "Gekisen - Chōten o Mezashite" (激戦 頂点をめざして)
3 September 2002 (2002-09-03)
24"Reason - Treacherous Flame"
Transkripsi: "Riyū - Uragiri no Honō" (理由 裏切りの炎)
10 September 2002 (2002-09-10)
25"Collapse - Tormented Mind"
Transkripsi: "Hōkai - Iyasarenu Kokoro" (崩壊 癒されぬ心)
17 September 2002 (2002-09-17)
26"Toward the Light - United Ambitions"
Transkripsi: "Hikari e - Omoi o Hitotsu ni" (光へ 想いをひとつに)
24 September 2002 (2002-09-24)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 伊達勇登 だて・はやと. allcinema.net (dalam bahasa Jepang). Stingray. Diakses tanggal Januari 17, 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]