Hanasaku Iroha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hanasaku Iroha
Hanairo logo.png
花咲くいろは
Genre Drama, Slice of life, Komedi
Manga
Pengarang  P.A. Works
Ilustrator  Eito Chida
Penerbit  Square Enix
Demografi Shōnen
Majalah Gangan Joker
Tanggal Terbit Desember 2010 – sekarang
Volume 4
Anime
Sutradara  Masahiro Ando
Penulis  Mari Okada
Penggubah  Shirō Hamaguchi
Studio P.A. Works
Pelisensi 
Nippon Ichi Software
Pelisensi  lainnya
Nippon Ichi Software
Rilis 3 April 201125 September 2011
Manga
Hanasaku Iroha: Green Girls Graffiti
Pengarang  P.A. Works
Ilustrator  Jun Sasameyuki
Penerbit  Bandai Visual
Demografi Seinen
Majalah Web Comic Gekkin
Tanggal Terbit 1 Juli 20112 Juli 2012
Volume 2
Film anime
Hanasaku Iroha: Home Sweet Home
Sutradara  Masahiro Ando
Penulis  Mari Okada
Penggubah  Shiroh Hamaguchi
Studio P.A. Works
Pelisensi 
NIS America
Pelisensi  lainnya
NIS America
Rilis 30 Maret 2013
Portal Anime dan Manga

Hanasaku Iroha (花咲くいろは?),[1] atau disingkat Hanairo,[2] adalah serial anime 26 episode yang diproduksi oleh P.A. Works dan disutradarai oleh Masahiro Ando. Skenarionya ditulis oleh Mari Okada dan Mel Kishida sebagai pendesain karakter dasar. P.A. Works memproduksinya dalam rangka memperingati sepuluh tahun berdirinya studio tersebut. Hanasaku Iroha ditayangkan antara April hingga September 2011 dan memunyai dua adaptasi ke dalam bentuk manga serta satu judul film animasi berjudul "Hanasaku Iroha : Home Sweet Home" yang ditayangkan di bioskop Jepang pada 30 Maret 2013.

Plot[sunting | sunting sumber]

Hanasaku Iroha bercerita tentang kehidupan seorang gadis remaja bernama Ohana Matsumae. Karena ibunya memilih untuk melarikan diri bersama dengan teman lelakinya dan meninggalkan dirinya, Ohana diberi alamat tempat neneknya berada oleh ibunya dan terpaksa pergi meninggalkan kehidupan remajanya di Tokyo. Ohana tiba di tempat neneknya yang merupakan seorang pemilik penginapan dan pemandian air panas (Onsen) bernama Kissuisō di daerah fiksi bernama Yunosagi. Ia pun bekerja di Kissuisō atas suruhan neneknya yang tidak membedakannya sebagai cucunya sendiri dengan pegawai Kissuisō lainnya. Selama bekerja dan hidup di Kissuisō, Ohana mulai menyesuaikan diri dengan kehidupan di Kissuisō serta mengenal lebih dalam dengan pegawai Kissuisō lainnya, Ohana pun memulai hidupnya yang baru dan menjadikannya sebagai bagian dari cara untuk membuat sifatnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Para pegawai Kissuisō, dari kiri ke kanan: Denroku, Tōru, Renji, Minko, Ohana, Nako, Tomoe, Jirōmaru, Takako, dan Enishi.
Ohana Matsumae (松前 緒花 Matsumae Ohana?)
Suara oleh: Kanae Itō
Ohana adalah gadis remaja berusia 16 tahun yang merupakan protagonis dari Hanasaku Iroha. Dia dititipkan di tempat neneknya yang sekaligus merupakan penginapan dan pemandian air panas Kissuisō, setelah ibunya melarikan diri bersama teman lelakinya untuk menghindari kejaran penagih utang sang lelaki. Atas suruhan neneknya, ia bekerja di penginapan sebagai imbalan dari diberikannya tempat untuk tinggal sementara di dalam penginapan. Sifatnya optimis dan ceria, namun terkadang keras kepala dan terlalu realistik atas kehidupan yang dijalaninya, serta seringkali mengambil tindakan sebelum berpikir panjang yang tidak jarang justru membuatnya kesulitan. Ia memiliki kepandaian memasak karena telah diajari oleh ibunya untuk memasak sedari TK, agar dapat memasakkan makanan untuknya ketika ia lelah sepulang bekerja ataupun banyak tugas.
Minko Tsurugi (鶴来 民子 Tsurugi Minko?)
Suara oleh: Chiaki Omigawa
Minko adalah penghuni tetap di Kissuisō selain Ohana. Dia berusia 16 tahun dan bekerja sebagai asisten koki. Dia memiliki sifat yang dingin, meskipun sifatnya tersebut hanya untuk menutupi sifat dan perasaan aslinya dari dan kepada orang lain. Minko terkesan tidak menyukai Ohana sejak pertama bertemu, meskipun setelah beberapa lama ia mulai dekat dengan Ohana dan menganggapnya sebagai temannya. Minko melarikan diri dari rumah, setelah bertengkar dengan orangtuanya yang melarang impiannya untuk menjadi koki profesional. Ia lalu tiba di Kissuisō dan diterima menjadi asisten koki serta menetap di sana agar dapat bekerja sekaligus belajar untuk dapat menjadi koki yang andal.
Nako Oshimizu (押水 菜子 Oshimizu Nako?)
Suara oleh: Aki Toyosaki
Nako adalah pegawai paruh-waktu Kissuisō yang bekerja sebagai pelayan. Dia berusia 16 tahun. Nako memiliki sifat pemalu dan agak takut untuk bergaul dengan orang lain di luar kehidupannya. Namun, ketika ia berada di rumah, Nako merupakan sosok yang ceria dan menjadi pengasuh untuk ketiga adiknya. Sebelum Ohana datang ke Kissuisō, ia lebih dulu berteman dengan Minko, di mana ia memberi nama panggilan "Min-chi" kepadanya. Ohana pun perlahan dekat kepadanya dan Nako seringkali mengajarkan cara-cara menjadi pelayan yang baik di Kissuisō, dan akhirnya mereka pun berteman dekat, bahkan Ohana membuat nama panggilan sendiri untuk Nako yaitu "Nako-chi". Nako memiliki kepandaian berenang yang andal karena ia telah belajar berenang sejak kecil.
Yuina Wakura (和倉 結名 Wakura Yuina?)
Suara oleh: Haruka Tomatsu
Yuina adalah gadis berusia 16 tahun yang merupakan teman satu kelas Ohana dan Minko, dan satu sekolah dengan Nako. Yuina merupakan pewaris dari penginapan Fukuya, penginapan onsen lain di wilayah Yunosagi. Yuina memiliki sifat periang dan terkenal di sekolahnya, terutama oleh siswa laki-laki, yang menganggapnya (beserta Minko) dua siswi tercantik di sekolah. Ia terlihat selalu tersenyum dan ceria di hampir setiap kesempatan, terutama ketika bersama Ohana, Minko, dan Nako. Dia dihadapkan pada pilihan antara meneruskan bisnis penginapan keluarganya atau mengejar karir idamannya yang lain.
Kōichi Tanemura (種村 孝一 Tanemura Kōichi?)
Suara oleh: Yūki Kaji
Kōichi adalah teman dekat Ohana. Ia berusia 16 tahun dan bersekolah di sekolah yang sama dengan Ohana ketika berada di Tokyo. Ohana memanggilnya dengan nama sebutan "Kō-chan". Sebelum Ohana pergi, Kōichi menyatakan perasaannya yang sebenarnya kepada Ohana, tetapi dia takut mendengar jawaban dari Ohana dan pergi meninggalkannya sebelum Ohana menjawab pernyataannya. Setelah kepindahan Ohana, ia berkomunikasi dengan Ohana melalui telepon genggam dan seringkali menyemangati Ohana ketika ia merasa sedih. Setelah lama ditinggalkan oleh Ohana, Kōichi merasa dirinya diabaikan olehnya disaat ia mulai menyesuaikan diri dan menemukan kehidupan baru di Kissuisō dan akhirnya ia pun memutuskan untuk pergi mengunjungi Ohana ke Kissuisō.
Sui Shijima (四十万 スイ Shijima Sui?)
Suara oleh: Tamie Kubota, Takako Honda (saat muda)
Nenek Ohana sekaligus pemilik Kissuisō yang berusia 68 tahun. Pada awal pertemuannya dengan Ohana dia digambarkan sebagai nenek yang kejam karena menyuruh Ohana bekerja di Kissuisō sebagai imbalan diberikannya tempat untuk tinggal sementara. Namun, pada kenyataannya, ia merupakan sosok yang tegas namun sayang dan peduli dengan semua anggota pegawainya (termasuk Ohana) dengan sama rata. Sehingga mereka tidak hanya patuh kepadanya, namun juga menaruh rasa hormat dan setia kepadanya dan Kissuisō. Ia hampir selalu dipanggil sebagai Okami-san (おかみさん?, Ibu pemilik) oleh semua pegawai Kissuisō, namun ada kalanya ia membiarkan orang lain yang dekat dengannya memanggilnya dengan sebutan yang lain seperti Sui-chan oleh Denroku, ibu oleh Enishi dan , dan nenek oleh Ohana, ketika sedang berada di luar suasana pekerjaan.
Tomoe Wajima (輪島 巴 Wajima Tomoe?)
Suara oleh: Mamiko Noto
Pelayan senior di Kissuisō. Tomoe berusia 28 tahun dan masih belum menikah. Ia senang mendengarkan gosip dan isu tentang pegawai lain atau pengunjung Kissuisō. Meskipun begitu, ia merupakan sosok yang baik hati dan terkadang memberitahu Ohana tentang cara menjadi pelayan yang baik. Sebelum Ohana datang, ia mengajarkan Nako hal-hal yang sama. Terkadang sensitif terhadap masalah pernikahan atau percintaan, dikarenakan ia hampir menginjak usia 30-an dan belum memiliki hubungan dengan laki-laki lain.
Enishi Shijima (四十万 縁 Shijima Enishi?)
Suara oleh: Kenji Hamada
Paman Ohana yang berusia 32 tahun. Anak laki-laki dari Sui dan adik dari Satsuki yang sering mengganggunya pada saat masih anak-anak. Memiliki sifat yang kurang kompeten dalam mengelola Kissuisō, ia sering memanggil teman kuliahnya, Takako, ke Kissuisō untuk memberi saran untuk mengelola manajemen Kissuisō. Belakangan dalam cerita ia menikah dengan Takako. Oleh karena kekurangkompetenannya dalam mengelola Kissuisō, Sui lebih memfavoritkan anaknya yang lain, Satsuki untuk menjadi penerusnya sebagai pemilik Kissuisō. Di akhir cerita, ia bertekad untuk belajar meningkatkan kemampuannya mengelola bisnis penginapan di tempat lain agar bisa menjadi penerus pemilik Kissuisō yang baik.
Tōru Miyagishi (宮岸 徹 Miyagishi Tōru?)
Suara oleh: Junji Majima
Koki junior Kissuisō yang berusia 23 tahun. Keras dan tidak jarang berkata kasar ketika Minko membuat kesalahan saat belajar di dapur. Pada awalnya Ohana tidak suka kepadanya, namun Tōru justru menunjukkan rasa tertarik kepadanya karena merasa dia lah satu-satunya orang yang menghargai dan merasa bahwa dia membutuhkan Tōru. Karena ini, Minko kerap merasa cemburu pada Ohana, ia salah mengartikan perasaan Tōru kepada Ohana sebagai rasa cinta, yang kemudian terbukti salah. Tōru adalah orang yang pertama menerima Minko untuk belajar sebagai koki di Kissuisō, karena itu Minko menaruh rasa kagum dan berutang budi kepadanya.
Renji Togashi (富樫 蓮二 Togashi Renji?)
Suara oleh: Taro Yamaguchi
Koki senior Kissuisō yang berusia 42 tahun. Sering dipanggil "Ren-san" oleh pegawai Kissuisō lainnya. Renji merupakan mentor dari Tōru dan terkadang menyuruh Tōru untuk tidak terlalu keras memarahi Minko. Memiliki penampilan yang muram dan memiliki bekas luka di wajahnya, namun sifatnya yang rendah hati dan bijak serta memiliki selera fashion yang buruk mencerminkan kebalikannya. Meskipun biasanya ia mahir dan fokus ketika bekerja, ia mudah gugup terutama pada saat berada di bawah tekanan.
Takako Kawajiri (川尻 崇子 Kawajiri Takako?)
Suara oleh: Ayumi Tsunematsu
Konsultan bisnis dan manajemen Kissuisō yang berusia 30 tahun. Merupakan teman semasa kuliah Enishi. Terkadang memiliki rencana yang tidak masuk akal dan aneh untuk membantu Kissuisō. Belakangan dalam cerita ia menikah dengan Enishi dan memiliki nama baru Takako Shijima.
Tarō Jirōmaru (次郎丸 太朗 Jirōmaru Tarō?)
Suara oleh: Junichi Suwabe
Novelis berusia 31 tahun yang menginap secara lama di Kissuisō. Dia menulis novel erotis dengan pegawai wanita Kissuisō sebagai inspirasi karakternya. Dia bekerja di Kissuisō setelah diketahui ia tidak mampu membayar biaya penginapan. Karyanya sebelum memulai menulis novel erotis adalah menulis manga tentang koki yang menjadi inspirasi baik Minko maupun Tōru untuk menjadi koki.
Denroku Sukegawa (助川 電六 Sukegawa Denroku?)
Suara oleh: Chō
Pekerja Kissuisō berusia 73 tahun. Dia menjadi pekerja di Kissuisō sejak pertama kali Kissuisō berdiri.
Satsuki Matsumae (松前 皐月 Matsumae Satsuki?)
Suara oleh: Takako Honda (saat dewasa), Kanae Itō (saat remaja)
Satsuki adalah ibu dari Ohana, anak perempuan dari Sui dan kakak dari Enishi. Ia berusia 38 tahun. Ia bekerja sebagai jurnalis dan melarikan diri bersama teman laki-lakinya untuk menghindari kejaran penagih utang. Dia menitipkan Ohana kepada ibunya, yang sudah tidak menganggapnya lagi sebagai anak. Dia membesarkan Ohana dengan prinsip untuk tidak memercayai dan mengandalkan harapan dari orang lain. Dia bekerja di bidang kritik hotel dan penginapan, dan seringkali diminta atasannya untuk membuat penilaian buruk dari penginapan tertentu demi menaikkan rating, termasuk penginapan di mana ia tumbuh dahulu, Kissuisō.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Satu judul manga adaptasi yang digambar oleh Eito Chida mulai dimuat pada majalah Gangan Joker terbitan Square Enix pada edisi Desember 2010. Manga versi ini tamat pada edisi Oktober 2012.[3] Tankōbon jilid pertama diterbitkan pada 22 Maret 2011; sudah empat jilid diterbitkan sejak 22 Mei 2011. Sebuah manga spin-off yang menjadikan Minko Tsurugi sebagi tokoh utama dengan berjudul Hanasaku Iroha: Green Girls Graffiti yang digambar oleh Jun Sasameyuki dimuat di majalah online Web Comic Gekkin milik Bandai Visual antara 1 Juli 2011[4] dan 2 Juli 2012. Dua jilid Green Girls Graffiti sudah diterbitkan dalam rentang waktu antara 10 Desember 2011 dan 10 Juli 2012.

Anime[sunting | sunting sumber]

Hanasaku Iroha yang memiliki 26 episode diproduksi oleh studio animasi P.A. Works dan disutradarai oleh Masahiro Ando. Di Jepang, serial ini ditayangkan di stasiun TV Tokyo MX antara 3 April hingga 25 September 2011. Skenarionya ditulis oleh Mari Okada, dan pimpinan animator Kanami Sekiguchi membuat desain karakter berdasarkan desain dasar yang dibuat oleh Mel Kishida. Pengarah suara dipimpin oleh Jin Aketagawa dan musiknya digubah oleh Shirō Hamaguchi.[5] Serial anime ini ditayangkan di luar Jepang oleh situs streaming acara televisi Crunchyroll dan sudah mencakup Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, Irlandia, Australia, Selandia Baru, Swedia, Denmark, Norwegia, Finlandia, Islandia, Belanda, Brasil, dan Portugal.[6]

Sebuah film anime berjudul Hanasaku Iroha: Home Sweet Home telah ditayangkan di bioskop Jepang pada 30 Maret 2013, dan memiliki alur cerita yang baru.[7][8]

Musik[sunting | sunting sumber]

Sebuah lagu selingan berjudul "Patricia" (パトリシア?) oleh Nano Ripe digunakan untuk video promosional; dan single-nya dirilis pada 22 September 2010 oleh Lantis.[9][10][11][12] Video promosional lainnya menggunakan lagu selingan berjudul "Yumeji" (夢路?, "Bermimpi") yang juga dinyanyikan oleh Nano Ripe;[13] "Yumeji" dirilis bersama dengan single "Patricia" .[10] Untuk 13 episode pertama, lagu tema pembukanya berjudul "Hana no Iro" (ハナノイロ?, "Bunga yang berwarna") oleh Nano Ripe,[14] dan lagu tema penutupnya berjudul "Hazy" oleh Sphere.[15] Mulai episode 14 sampai 26, lagu tema pembukanya berjudul "Omokage Warp" (面影ワープ?, "Lengkung Jejak") oleh Nano Ripe, dan lagu tema penutupnya berjudul "Hanasaku Iroha" (はなさくいろは?) oleh Clammbon. Nano Ripe juga menyanyikan beberapa lagu tema penutup lainnya: "Tsukikage to Buranko" (月影とブランコ?, "Cahaya Bulan dan Blanco") untuk 6, "Yumeji" (夢路?) untuk episode 8 dan 26, "Saibō Kioku" (細胞キオク?, "Memori Sel") untuk episode 11, dan "High Leap" (ハイリープ?, "Lompatan Tinggi") untuk episode 22.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "花咲く舞台袖・Q&A① タイトル" [Hanasaku Stage Wings Q&A 1: Title] (dalam bahasa Japanese). P.A. Works. December 8, 2010. Diakses May 18, 2011. 
  2. ^ "花咲くいろはスペシャルインタビュー第9回" [Hanasaku Iroha Special Interview No. 9] (dalam bahasa Japanese). P.A. Works. Diakses March 22, 2011. 
  3. ^ "Hanasaku Iroha Artist Eito Chida Reveals Manga's End". Anime News Network. August 26, 2012. Diakses August 26, 2012. 
  4. ^ "花咲くいろは Green Girls Graffiti" [Hanasaku Iroha: Green Girls Graffiti] (dalam bahasa Japanese). Bandai Visual. Diakses July 17, 2011. 
  5. ^ "スタッフ&キャスト" [Staff & Cast] (dalam bahasa Japanese). P.A. Works. Diakses December 20, 2010. 
  6. ^ "Crunchyroll Confirms Hana-Saku Iroha Simulcast". Anime News Network. March 28, 2011. Diakses May 30, 2011. 
  7. ^ "Hana-saku Iroha: Home Sweet Home to Open In Theaters in 2012". Anime News Network. May 21, 2012. Diakses May 21, 2012. 
  8. ^ "Hanasaku Iroha Film to Open Next March". Anime News Network. September 28, 2012. Diakses September 28, 2012. 
  9. ^ "P.A. Works' Hana-Saku Iroha Previewed with Promo Video". Anime News Network. August 1, 2010. Diakses December 20, 2010. 
  10. ^ a b "パトリシア" [Patricia] (dalam bahasa Japanese). Lantis. Diakses December 20, 2010. 
  11. ^ "Qwaser, Zakuro, Hana-Saku Iroha Promos Streamed". Anime News Network. August 31, 2010. Diakses December 20, 2010. 
  12. ^ "P.A. Works' Hana-Saku Iroha Promo Video Streamed". Anime News Network. October 7, 2010. Diakses December 20, 2010. 
  13. ^ "Hana-Saku Iroha, Fractale Anime Promo Videos Streamed". Anime News Network. December 10, 2010. Diakses December 20, 2010. 
  14. ^ "Hanasaku Iroha's upcoming movie will reveal the past of Ohana's mom". SG Cafe. February 2, 2013. Diakses February 5, 2013. 
  15. ^ "インフォメーション" [Information] (dalam bahasa Japanese). P.A. Works. Diakses April 3, 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]