Barakamon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Barakamon
Sampul dari volume pertama dari manga Barakamon yang menunjukkam karakter utama Seishū Handa (atas) dan Naru Kotoishi (bawah)
ばらかもん
GenreKomedi, Slice of Life
Manga
PengarangSatsuki Yoshino
PenerbitSquare Enix
Penerbit bahasa Inggris
MajalahGangan Online
DemografiShōnen
TerbitFebruari 2009Desember 2018
Volume18
Manga
Handa-kun
PengarangSatsuki Yoshino
PenerbitSquare Enix
MajalahMonthly Shonen Gangan
DemografiShōnen
TerbitOktober 2013 – sekarang
Volume7
Anime
Barakamon
SutradaraMasaki Tachibana
SkenarioPierre Sugiura
MusikKenji Kawai
StudioKinema Citrus
Tayang July 6, 2014 September 27, 2014
Seri anime
Handa-kun
SutradaraYoshitaka Koyama
Skenario
MusikKen Itō
StudioDiomedéa
Pelisensi
Hanabee
Funimation
Saluran
asli
TBS, MBS, CBC, BS-TBS, TBS Channel 1
Saluran bahasa Inggris
Tayang 08 Juli 2016 23 September 2016
Episode12 (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

Barakamon (ばらかもん) adalah serial manga Jepang yang dikarang dan diilustrasikan Satsuki Yoshino. Serialisasinya dimulai oleh Square Enix Gangan Online keluaran Februari 2009. Manga ini bercerita pasal Seishū Handa, yakni seorang kaligrafer yang pindah ke Pulau Gotō yang letaknya di sebelah barat pesisir Kyūshū, dan bermacam interaksinya dengan para penduduk asli pulau tersebut.

Manga yang dibuat disamping Barakamon, yakni Handa-kun (はんだくん), mulai dibuat serialnya oleh Square Enix Majalah Monthly Shonen Gangan pada keluaran November 2013.[1] Dalam membuat manga pendamping tersebut dari Barakamon, ini butuh waktu 6 tahun untuk memfokuskan ke kehidupan Seishū sebagai siswa sekolah menengah. Adaptasinya sebagai anime, telah diumumkan.[2] Funimation telah melisensi serial ini untuk penyiaran dan rilis home videonya.[3] Pada Februari 2014, Yen Press mengumumkan pula bahwa mereka melisensi Barakamon dalam keluaran versi Inggris di Amerika Utara.[4]

Jalan cerita[sunting | sunting sumber]

Seishū Handa adalah seorang kaligrafer profesional yang masih berusia muda. Saat seorang kurator yang berusia lebih tua daripada dia mengkritik kaligrafinya pada suatu perlombaan, dan menyebut kaligrafinya sangat tidak orisinil ("seperti copybook [/buku contoh]"), maka marahlah Handa, dan iapun memukul kurator tersebut. Supaya dia bisa bangkit dari segala kesalahannya, ayahnya mengirim dia ke Pulau Gotō untuk menenangkan hati dan pirikannya. Di situ, dia bertemu dengan para penduduk desa yang berbudi baik, rendah hati, dengan kegotong-royongan yang tinggi. Hanya saja, penduduk sekitar sedikit usil, dan keusilan ini yang membuat hidupnya berwarna. Handapun berinteraksi dengan mereka, dan mendapat banyak sekali pelajaran hidup.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Barakamon[sunting | sunting sumber]

Seishuu Handa (半田 清舟, Handa Seishū)
Pengisi suara: Daisuke Ono
Umurnya 23 tahun, dia seorang yang pandai kaligrafi. Dipanggil dengan nama Sei (), dan oleh masyarakat sekitar dia digelari dengan nama gelaran "Sensei" (先生). Dikenal dengan seorang yang berkepribadian mudah marah, dan seorang yang kalau berbicara agak menyakitkan.
Naru Kotoishi (琴石 なる, Kotoishi Naru)
Pengisi suara: Suzuko Hara
7 tahun (di episode-episode awal, umurnya 6 tahun). Dia adalah murid kelas 1 dari SD setempat, dan suka menangkap serangga.
Miwa Yamamura (山村 美和, Yamamura Miwa)
Pengisi suara: Nozomi Furuki
Murid sekolah menengah berusia 14 tahun. Dia sedikit tomboy dan dialah temannya Tamako dan Naru. Uniknya, Miwa memegang salah-satu dari 5 kunci rumah Sei. Satu di antara kuncinya hilang di gunung dekat belakang rumah, dan diketemukan oleh Seishū.
Tamako Arai (新井 珠子, Arai Tamako)
Pengisi suara: Rumi Ōkubo
Sama seperti Miwa, dia berusia 14 tahun, dan juga murid sekolah menengah. Dia berkeinginan menjadi seorang manga-ka/seniman manga. Dia dikenai pengaruh Yaoi.
Hiroshi Kido (木戸 浩志, Kido Hiroshi)
Pengisi suara: Kōki Uchiyama
Anak dari kepala desa. Seorang anak SMA yang mendapat nilai tinggi. Dipanggil juga oleh kawan-kawannya Hiro-nii.
Hina Kubota (久保田 陽菜, Kubota Hina)
Pengisi suara: Rina Endō
Seorang anak kecil yang juga merupakan penduduk asli pulau tersebut dan sahabat karibnya Naru. Dia ini pemalu dan agak cengeng, lebih-lebih kalau baru bertemu orang asing.
Kentarō Ōhama (大浜 謙太郎, Ōhama Kentarō)
Pengisi suara: Seiya Kimura
Seorang bocah botak yang berkelakuan seperti Naru, dia ini enerjik dan seorang yang penuh semangat; saat pertama kali bertemu Seishū, maka diapun memukul bokongnya hingga kesakitan.
Akihiko Arai (新井 明彦, Arai Akihiko)
Pengisi suara: Megumi Han
Dia saudara Tamako dan suka bermain game. Seorang yang berpemikiran dewasa, dan agak cerdas.
Yūjirō Kido (Kepala Desa) (木戸 裕次郎 (郷長), Kido Yūjirō (Gōchō))
Pengisi suara: Tanuki Sugino
Kepala desa setempat. Ayah dari Hiroshi. Dia dikenal orang yang payah berhitung kalau barisnya dijejer ke bawah -tengok episode pertama. Orangnya agak usil, dan sebab itulah, dia dilempar Seishuu keluar rumah, bersama Naru.
Ikkō Sakamoto (Kepala Sekolah) (坂本 一行 (教頭), Sakamoto Ikkō (Kyōtō))
Pengisi suara: Fumihiko Tachiki
Kepala sekolah dasar setempat yang di situ, Naru bersekolah. Dia hobi merokok dan suka memancing di kolam desa setempat.
Takao Kawafuji (川藤 鷹生, Kawafuji Takao)
Pengisi suara: Junichi Suwabe
Kawan Seishū yang membantu keperluan-keperluan kaligrafi, dan yang lainnya. Mereka berteman sudah dari SMP.
Kōsuke Kanzaki (神崎 康介, Kanzaki Kōsuke)
Pengisi suara: Yūki Kaji
Kaligrafer, dia SMA. Dia mengidolakan Seishū Handa dan memulai kaligrafinya secara profesional semenjak melihat pertunjukan kaligrafi Seishū.
Kōsaku Kotoishi (Kakek Naru) (琴石 耕作 (なるのじいちゃん), Kotoishi Kōsaku (Naru no Jīchan))
Pengisi suara: Hiroshi Ito
Kakek dari Naru ini, ada pada episode pertama. Dia menolong Seishū yang sampai ke pulau tersebut dengan berjalan kaki. Maka, si kakek membantunya setengah jalan, seraya berkata kalau tidak dibantu dia, pasti dia akan sampai ke tujuan selama setengah hari lebih.
Iwao Yamamura (山村 巌, Yamamura Iwao)
Pengisi suara: Atsushi Ono
Ayah Miwa. Seorang eksentrik dan menakutkan, Seishū pernah menyebut orang ini dengan sebutan Yakuza.
Seimei Handa (半田 清明, Handa Seimei)
Pengisi suara: Kōsuke Meguro
Ayah Seishū.
Emi Handa (半田 清明, Handa Emi)
Pengisi suara: Yoshino Takamori
Ibu Seishū.

Handa-kun[sunting | sunting sumber]

Junichi Aizawa (相沢 順一, Aizawa Jun'ichi)
Pengisi suara: Yuya Hirose[5] (Jepang); Micah Solusod[6] (Inggris)
Pemimpin Klub Handa, dia awalnya membenci Handa ketika dia mengira Handa mencoba mengambil posisi ketua kelas darinya. Ketika Handa menolak posisi itu, Aizawa mengklaim bahwa Handa melakukannya karena dia sangat peduli dengan perasaan orang lain. Aizawa kemudian menyerahkan posisi ketua kelas kepada Handa, sementara mengambil posisi wakil ketua kelas sendiri dan memutuskan untuk tetap melakukan pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh Handa sebagai ketua kelas.
Reo Nikaido (二階堂 レオ, Nikaidō Reo)
Pengisi suara: Tetsuya Kakihara[5] (Jepang); Chris Burnett[6] (Inggris)
Seorang siswa yang menarik dan populer yang cemburu pada Handa karena mencuri penggemar dan popularitasnya. Ketika Handa menunjukkan kebaikan padanya (sambil mengira dia sebagai tunawisma), dia melepaskan pekerjaan modelnya untuk lebih dekat dengan Handa dan bergabung dengan Klub Handa.
Akane Tsutsui (筒井 あかね, Tsutsui Akane)
Pengisi suara: Yoshimasa Hosoya[5] (Jepang); Alejandro Saab[6] (Inggris)
Seorang pria bertubuh besar agak kasar yang dulunya adalah seorang anak laki-laki androgini yang sering dicaci sebelum dia membolos, untuk berlatih menjadi lebih kuat dan dia berhasil. Dia tinggal di rumah sampai dia dikunjungi oleh Handa dan yang terakhir secara tidak sengaja menyelamatkannya dari sekelompok preman. Bersyukur, Tsutsui memutuskan untuk kembali ke sekolah dan mendedikasikan dirinya untuk menjadi pengawal Handa dan membuatnya memperhatikannya. Dia menjadi anggota Klub Handa dan dari empat anggota, dialah yang percaya bahwa Handa adalah pria yang kuat.
Yukio Kondo (近藤 幸男, Kondō Yukio)
Pengisi suara: Daiki Yamashita[5] (Jepang); Dallas Reid[6] (Inggris)
Seorang siswa tahun kedua, dia adalah seorang pemuda rata-rata. Dia adalah anggota Klub Handa dan dari empat anggota, dia adalah satu-satunya anggota normal karena dia lebih berpikiran rasional daripada yang lain. Karena itu, Kondo adalah satu-satunya yang bisa memahami pikiran Handa dengan baik sementara yang lain sering salah memahami Handa. Karena kepribadiannya, dia adalah satu-satunya yang membuat Handa nyaman meskipun Handa percaya Kondo melecehkan dirinya.
Kei Hanada (花田 慶, Hanada Kei)
Pengisi suara: Yusuke Shirai (Jepang); Anthony Bowling (Inggris)[7]
Hanada adalah seorang pemuda yang secara fisik identik dengan Handa dalam hampir segala hal selain dari wajahnya yang ia sembunyikan di balik topeng. Dia sering berpura-pura menjadi Handa.
Miyoko Kinjo (金城 美代子, Kinjō Miyoko)
Pengisi suara: Kaede Hondo (Jepang); Jad Saxton (Inggris)[7]
Dia adalah teman sekelas Handa. Awalnya, gadis pendiam biasa yang memiliki perasaan terhadap Handa. Perasaan ini berubah menjadi obsesi setelah dia menunjukkan kebaikannya dan dia menjadi penguntitnya. Dia dijuluki "Penghapus" karena bagaimana teman-temannya yang berusaha mendekati Handa menghilang dan bagaimana Handa mengembalikan penghapusnya.
Maiko Mori (森 麻衣子, Mori Maiko)
Pengisi suara: Miku Itō (Jepang); Sarah Wiedenheft[6] (Inggris)
Maiko adalah seorang gadis dengan rambut merah muda di ekor kembar. Dia naksir kepada Handa dan memberinya surat cinta, meskipun Handa malah menganggapnya sebagai surat tantangan. Dia memiliki cara untuk memberikan komentar buruk tentang sahabatnya, Juri.
Sawako Tennoji (天王寺 佐和子, Tennōji Sawako)
Pengisi suara: Yu Kobayashi (Jepang); Trina Nishimura (Inggris)[7]
Kotaro Higashino (東野 光太郎, Higashino Kōtarō)
Pengisi suara: Makoto Furukawa (Jepang); Ricco Fajardo (Inggris)[7]
Juri (ジュリ, Juri)
Pengisi suara: Kimiko Saito (Jepang); Terri Doty[6] (Inggris)
Juri adalah seorang gadis dengan kepala besar. Dia tampaknya naksir kepada Handa meskipun dia menyangkalnya. Maiko adalah sahabatnya, meskipun Juri mempertanyakan mengapa dia berteman dengannya karena Maiko sering membuat komentar menghina tentangnya.
Kasumi Hiroyama (比良霞, Hiroyama Kasumi)
Pengisi suara: Rie Kugimiya (Jepang); Tia Ballard (Inggris)[7]
Asahi Ichimiya (一宮 旭, Ichinomiya Asahi)
Pengisi suara: Kenichi Suzumura (Jepang); [8] Chris Patton (Inggris)
Soichi Nagamasa (長政 壮一, Nagamasa Sōichi)
Pengisi suara: Daisuke Hirakawa[8] (Jepang); David Trosko (Inggris)[7]
Sosuke Kojika (小鹿 宗介, Kojika Sōsuke)
Pengisi suara: Shōta Aoi (Jepang); [8] Josh Grelle (Inggris)[7]
Tsukasa Komichi (小路 司, Shouji Tsukasa)
Pengisi suara: Toshiki Masuda (Jepang); [8] Todd Haberkorn (Inggris)[7]
Tomohiro Shiromoto (条本 友弘, Shiromoto Tomohiro)
Pengisi suara: Wataru Hatano

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga Barakamon memulai serialisasi di majalah Gangan Online milik Square Enix pada Edisi Februari 2009. Volume tankōbon pertama dirilis pada 22 Juli 2009, dan sepuluh volume telah dirilis sejak 22 September 2014.

Terdapat pula sebuah manga spin-off berjudul Handa-Kun yang ditulis dan diilustrasikan oleh Satsuki Yoshino, yang memulai serialisasi di majalah Monthly Shonen Gangan milik Square Enix pada Edisi November 2013. Manga ini berfokus pada kehidupan Seishū sebagai siswa SMA, dan mengambil latar 6 tahun sebelum manga utama nya. Volume tankōbon pertama dirilis pada 21 Juni 2014.

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi anime oleh Kinema Citrus memulai penayangan pada 5 Juli 2014. Funimation telah melisensikan serinya untuk penayangan dan perilisan home video. Lagu tema pembuka nya adalah "Rashisa" (らしさ?)yang di nyanyikan oleh Super Beaver dan Lagu tema penutup nya adalah "Innocence" oleh NoisyCell.

Manga Spin-off nya Handa-Kun juga sudah di konfirmasi mendapat adaptasi anime, oleh website Gangan Online miliki Square Enix pada 1 Februari 2016

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ばらかもん". Square Enix. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-29. Diakses tanggal September 19, 2013. 
  2. ^ "Barakamon Countryside Comedy Manga Gets Anime". Anime News Network. Diakses tanggal September 19, 2013. 
  3. ^ "Funimation Adds Barakamon, Sengoku Basara Judge End, Black Butler: Book of Circus". Anime News Network. July 5, 2014. Diakses tanggal August 19, 2014. 
  4. ^ "Yen Press Adds Accel World, Übel Blatt, Barakamon Manga". Anime News Network. February 14, 2014. Diakses tanggal February 15, 2014. 
  5. ^ a b c d Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama HKCast
  6. ^ a b c d e f "Funimation Reveals Dub Casts for Planetarian, Handa-kun, Saiki K., Show By Rock!! Short!!". Anime News Network. August 1, 2016. Diakses tanggal November 21, 2017. 
  7. ^ a b c d e f g h "Handa-kun English Cast & Crew". www.funimation.com. Diakses tanggal 2018-02-07. 
  8. ^ a b c d "Handa-kun Anime Casts Kenichi Suzumura, Daisuke Hirakawa, Shouta Aoi, Toshiki Masuda". Anime News Network. Diakses tanggal November 7, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]