Servant × Service

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Servant × Service
Cover of the first manga volume, featuring main character Lucy Yamagami
サーバント×サービス
(Sābanto × Sābisu)
GenreKomedi, penggalan kehidupan[1]
Manga
PengarangKarino Takatsu
PenerbitSquare Enix
Penerbit bahasa Inggris
Majalah
  • Zōkan Young Gangan (2007–2010)
  • Zōkan Young Gangan Big (2011)
  • Monthly Big Gangan (2011–2014)
DemografiSeinen
Terbit29 Juni 200725 Juni 2014
Volume4
Seri anime
SutradaraYasutaka Yamamoto
Produser
  • Takamitsu Inoue
  • Masayuki Nishide
SkenarioKento Shimoyama
MusikMonaca
StudioA-1 Pictures
Pelisensi
Saluran
asli
ABC, Tokyo MX, Tochigi TV, Gunma TV, Hokkaido Broadcasting Company, Chukyo TV, BS11, AT-X
Tayang 05 Juli 2013 26 September 2013
Episode13 (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

Servant × Service (Jepang: サーバント×サービス, Hepburn: Sābanto × Sābisu) adalah serial manga Jepang yang ditulis dan digambar oleh Karino Takatsu. Manga ini mendapatkan serialisasinya dari Square Enix di Zōkan Young Gangan (2007–2010), Zōkan Young Gangan Big (2011) dan kemudian Monthly Big Gangan (2011–2014), yang mana semua bab tersebut sudah dikumpulkan menjadi empat volume tankōbon. Manga tersebut kemudian mendapatkan adaptasi serial anime televisi sebanyak 13 episode oleh A-1 Pictures dan telah tayang sejak Juli hingga September 2013.

Alur[sunting | sunting sumber]

Ceritanya berkisah tentang kehidupan sehari-hari pegawai negeri sipil di sebuah gedung kantor pemerintah di kota fiksi bernama Mitsuba, Hokkaido. Orang tua Lucy mengalami kesulitan memilih satu nama untuknya ketika dia lahir. Karena keragu-raguan mereka, kedua orang tuanya akhirnya memutuskan untuk memberinya lebih dari selusin nama yang berbeda, dan ini disetujui secara hukum oleh seorang pegawai negeri sipil. Ketika dia sudah dewasa, Lucy berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil di kantor layanan publik yang sama. Akan tetapi, motifnya untuk menjadi pegawai negeri sipil kemudian diketahui karena dia ingin membalas dendam terhadap orang yang telah menyetujui namanya yang sangat panjang. Menjadi PNS bukanlah pekerjaan yang mudah karena harus berhadapan dengan banyak warga yang tidak ramah, menjumpai tantangan yang berbeda, dan harus menemui rekan kerja yang nakal setiap hari. Namun, Lucy bertekad untuk melakukan apa pun untuk membalas dendam. Serial ini kemudian berkutat pada kebiasaan sehari-hari pegawai baru yang bernama Hasebe Yutaka, Yamagami, Miyoshi Saya, dan penyelia mereka Ichimiya Taishi di kantor tempat mereka bekerja.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Lucy (...) Yamagami (山神 ルーシー(略), Yamagami Rūshī (ryaku))
Pengisi suara: Ai Kayano
Lucy adalah pendatang baru yang memutuskan untuk melamar sebagai pegawai negeri dengan tujuan mencari dan membalas dendam pada pria yang bertanggung jawab karena telah menyetujui nama yang agak panjang yang diberikan kepadanya oleh orang tuanya. Dia menunjukkan keseriusan dalam pekerjaannya, tetapi selalu menjadi sasaran lelucon Yutaka. Nama aslinya, atau setidaknya sebagian dari nama yang bisa dia sebutkan, adalah— Lucy Kimiko Akie Airi Shiori Rinne Yoshiho Chihoko Ayano Fumika Chitose Sanae Mikiko Ichika Yukino Reina Eri ... (tetap berlanjut) Yamagami.
Dia memiliki ahoge yang mencuat di kepalanya yang mana ini adalah ciri-ciri yang diwarisi dari ibunya, menurut kilas balik di episode pertama. Ahoge ini dapat bergerak sesuai dengan suasana hati atau emosinya. Dari ketiga karyawan baru itu, Lucy tampaknya yang paling naif dan berhati-hati. Dia tidak menyukai Hasebe pada awalnya karena terus-menerus menggodanya, tetapi sepanjang cerita, dia mulai memperhatikan perasaannya terhadapnya. Dalam episode terakhir, ketika Hasebe mengajaknya kencan, dia berkata "belum", yang menyiratkan bahwa dia sekarang lebih sadar akan Hasebe dan mungkin telah mengembangkan perasaan terhadapnya juga.
Yutaka Hasebe (長谷部 豊, Hasebe Yutaka)
Pengisi suara: Tatsuhisa Suzuki
Satu-satunya pria di antara tiga pendatang baru. Hasebe terkenal suka bermain-main di tempat kerja, menanyakan alamat surel gadis mana pun yang dia temui meski alamat surel itu tidak pernah dia gunakan untuk menghubungi mereka, dan selalu menggoda Lucy. Terlepas dari citra pemalasnya yang menunjukkan sifatnya yang santai, dia sebenarnya memiliki beberapa bakat dalam tugasnya di saat situasi yang paling tidak diharapkan, seperti di episode 3, ketika dia terlihat mampu berbicara menggunakan suara perut dan menggunakan bahasa isyarat. Di rumah, Hasebe tidak seheboh di kantor karena selalu lelah bermain game komputer. Dia memiliki saudara perempuan bernama Kaoru, yang juga seorang pegawai negeri, dan bahkan lebih kasar dari Hasebe. Di antara keluarganya, Hasebe sebenarnya yang paling pasif. Dia tampaknya memiliki perasaan untuk Lucy dan telah mengajaknya kencan dua kali, meski pada akhirnya dia ditolak cintanya dua kali. Tidak jelas apakah dia serius pada awalnya tetapi, di episode 8, dipastikan bahwa Hasebe memiliki perasaan untuk Lucy ketika dia berkata kepadanya, "Aku cukup serius selama ini, tetapi pada tingkat ini, Aku akan benar-benar jatuh cinta denganmu". Di episode 12, Hasebe dan Lucy akhirnya menjalani kencan pertama mereka tetapi tidak dapat menyelesaikannya karena keadaan keluarga Hasebe. Di akhir episode, terungkap bahwa ayah Hasebe adalah pegawai negeri yang menyetujui nama panjang Lucy.
Saya Miyoshi (三好 紗耶, Miyoshi Saya)
Pengisi suara: Mai Nakahara
Seorang lulusan perguruan tinggi berusia 24 tahun. Miyoshi merupakan seorang gadis bersuara lembut yang memiliki kecenderungan untuk menyimpan pendapatnya tentang orang lain untuk dirinya sendiri. Dia pertama kali ditugaskan sebagai petugas meja depan, dan menghabiskan sebagian waktunya untuk mendengarkan kata-kata kasar dari pelanggan yang marah-marah, dan sebagian besar waktunya lagi justru dihabiskan untuk mendengarkan curhatan Nyonya Tanaka yang sudah lanjut usia. Dia mengembangkan hubungan yang canggung dengan cucu Nyonya Tanaka, Jōji, yang dia rasa bahwa Jōji terlalu banyak mengeluarkan omong kosong, meskipun dia telah mengembangkan perasaan yang lebih baik kepadanya.
Megumi Chihaya (千早 恵, Chihaya Megumi)
Pengisi suara: Aki Toyosaki
Seorang pegawai dinas sosial yang sebenarnya bekerja sebagai pegawai tidak tetap dengan shift yang lebih pendek dari yang lain. Dia sering menyendiri dari rekan kerjanya, dan terungkap menjadi penggemar berat serial anime gadis ajaib Magical Flowers. Saat tidak bekerja, dia menghadiri acara cosplay dengan berpakaian seperti Gerbera Pink, salah satu karakter dari serial tersebut. Dia secara terbuka ingin melihat Lucy melakukan cosplay sebagai salah satu karakter lain dari "Magical Flowers" karena rambut hitam dan payudaranya yang besar. Dia membenci Hasebe terlalu dekat dengan Lucy karena dia berusaha meyakinkan Lucy untuk melakukan cosplay sebelum Hasebe yang meyakinkannya. Dia telah berkencan dengan Ichimiya selama lebih dari setahun, dan telah mencoba menjelaskan kepadanya bahwa dia tidak peduli jika dia memprioritaskan Tohko pada Natal karena comiket.
Taishi Ichimiya (一宮 大志, Ichimiya Taishi)
Pengisi suara: Takahiro Sakurai
Taishi adalah penyelia di kantor kesehatan dan kesejahteraan dan yang bertanggung jawab atas Lucy dan teman-temannya. Meskipun baik dan mudah didekati, Taishi cenderung mudah diperintah terutama oleh saudara perempuannya. Dia telah berkencan dengan Chihaya selama lebih dari setahun, tetapi khawatir bahwa dirinya akan dicampakkan sebelum Natal, karena ulang tahun Tohko jatuh pada hari natal dan Chihaya selalu memprioritaskan Tohko, meskipun Chihaya tampaknya tidak peduli karena komitmen cosplay Natalnya sendiri.
Kenzo Momoi (百井 兼蔵, Momoi Kenzō)
Pengisi suara: Rikiya Koyama
Kepala Seksi Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan. Dia pertama kali diperkenalkan sebagai boneka kelinci yang bisa berbicara di episode 4 karena rasa malunya yang ekstrem. Dia kadang-kadang menjadi korban lelucon, seperti diinjak atau dicabut bulunya seperti kelopak bunga. Dia juga teman lama ayah Hasebe.
Tōhko Ichimiya (一宮 塔子, Ichimiya Tōko)
Pengisi suara: Rumi Ōkubo
Adik perempuan Taishi yang tsundere. Dia terkenal karena memiliki tanda aneh di bawah mata kanannya yang mirip dengan gambar "pembuluh darah menonjol" yang biasa digunakan untuk menggambarkan seseorang saat marah. Tetap setia pada sifatnya yang unik, Tōhko sering dalam suasana hati yang buruk dan mudah marah. Di sisi lain, dia tampaknya memiliki kompleks saudara laki-laki. Sejak mengetahui minat kakak laki-lakinya untuk bekerja sebagai pegawai negeri, Tōhko mulai belajar lebih banyak tentang pekerjaan itu, dan di sekolah menengah cukup berpengetahuan untuk memberikan kuis kejutan kepada karyawan setiap kali dia mengunjungi tempat kerja kakaknya. Ulang tahunnya adalah pada malam Natal.

Karakter minor[sunting | sunting sumber]

Nyonya Tanaka (田中, Tanaka-san)
Pengisi suara: Mikako Takahashi
Seorang wanita tua yang tinggal di bangsal yang sering mengunjungi kantor untuk mengunjungi Miyoshi. Dia selalu berbicara tentang menantu perempuannya dan memiliki seorang cucu yang kebetulan adalah teman dan saingan masa kecil Yutaka. Meskipun dia mencoba untuk mendapatkan hati Miyoshi supaya Miyoshi menikahi cucunya, dia berhenti berbicara tentang cucunya ketika dia menyadari bahwa Miyoshi membenci cucunya.
Jōji Tanaka (田中 譲二, Tanaka Jōji)
Pengisi suara: Tetsuya Kakihara
Cucunya Tanaka-san. Dia adalah seorang bankir tunggal berusia 22 tahun. Sebagai teman masa kecil Yutaka, dia tidak pernah mengalahkan Yutaka dalam hal apapun sehingga dia memiliki hubungan persahabatan yang sangat canggung dengan Yutaka. Sepertinya dia juga memiliki perasaan tak terbalas terhadap Yutaka seperti yang ditunjukkan oleh Chihaya.
Kaoru Hasebe (長谷部 薫, Hasebe Kaoru)
Pengisi suara: Yu Kobayashi
Kakak Yutaka. Dia suka mengerjai orang, seperti pada Lucy ketika dia menghabiskan malam di rumahnya setelah makan malam kantor membuatnya terlalu mabuk. Saat dia menyadari bahwa cinta Yutaka kepada Lucy bertepuk sebelah tangan, dia mencoba mengaturnya agar Lucy jatuh cinta juga pada Yutaka.
Kanon Momoi (百井 花音, Momoi Kanon)
Pengisi suara: Rina Hidaka
Putri Kenzo Momoi dan juga teman SMA Tōhko. Dia memiliki tampang yang lucu dan terlihat pemalu seperti ayahnya. Dia tampaknya tidak terganggu oleh penampilan luar ayahnya dan selalu menutupi untuknya. Dia juga cerdas serta dapat memahami situasi dan kondisi dengan sangat baik. Meskipun dia pernah menjumpai Taishi dan Chihaya sedang berkencan, dia mencoba untuk tetap datar dan pura-pura tidak tahu ketika Tōhko mengetahuinya.
Ayah Lucy (山神 父)
Pengisi suara: Akira Ishida
Ibu Lucy (山神 母)
Pengisi suara: Fumiko Orikasa
Orang tua Lucy. Karena mereka meminta pendapat orang lain untuk nama anak perempuan mereka dan tidak dapat memutuskan mana yang akan digunakan, mereka menamai anak perempuan mereka menggunakan semua nama itu.
Ayah Hasebe (長谷部 父)
Pengisi suara: Daisuke Namikawa
Ayah Yutaka dan Kaoru yang bekerja sebagai anggota staf kantor lingkungan saat Lucy lahir. Dia menyetujui pengajuan untuk nama panjang konyol Lucy, dan merupakan target balas dendam Lucy. Dia juga teman lama Kepala Seksi.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Servant × Service ditulis dan diilustrasikan oleh Karino Takatsu. Serial ini dimulai di majalah waralaba Young Gangan yang bernama Zōkan Young Gangan milik Square Enix pada tanggal 29 Juni 2007.[2] Serial tersebut diterbitkan hingga Oktober 2010, [3] dan kemudian, majalah tersebut berganti nama menjadi Zōkan Young Gangan Big, di mana seri ini diterbitkan dari April hingga Agustus 2011.[4][5] Majalah tersebut kemudian memulai periode barunya sebagai majalah yang berdiri sendiri dengan nama Monthly Big Gangan pada 25 Oktober 2011,[6] di mana seri ini diterbitkan hingga 25 Juni 2014.[7] Square Enix mengumpulkan bab-babnya dalam empat volume tankōbon, dirilis dari 24 September 2011 hingga 25 Agustus 2014.[8]

Manga tersebut kemudian telah dirilis Amerika Serikat oleh Yen Press pada tahun 2015 secara digital (dalam empat volume tunggal) dan pada tahun 2016 secara fisik (dalam dua volume omnibus).

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi anime 13 episode yang diproduksi oleh A-1 Pictures dan disutradarai oleh Yasutaka Yamamoto mulai ditayangkan di ABC pada tanggal 5 Juli 2013 dan kemudian ditayangkan di Tokyo MX, Tochigi TV, Gunma TV, Hokkaido Broadcasting Company, Chukyo TV, BS11 dan AT -X. Selain itu seri ini menggunakan desain karakter yang dibuat oleh Terumi Nishii berdasarkan desain asli oleh Karino Takatsu, sedangkan komposisi dan skrip seri dilakukan oleh Kento Shimoyama, bersama dengan arahan suara oleh Akiko Fujita dan musik oleh monaca. Aniplex of America telah memperoleh hak lisensi untuk seri untuk rilis video rumahan,[9] sementara Crunchyroll telah memperoleh seri untuk streaming di beberapa bagian dunia.[10]

Lagu pembukanya adalah "May I Help You?" (めいあいへるぷゆー?) oleh Ai Kayano, Mai Nakahara dan Aki Toyosaki sementara lagu penutupnya adalah "Hachimitsu Doki" (ハチミツ時間(どき, lit. Honey Time), dinyanyikan oleh Ai Kayano dari episode 1 hingga episode 4, episode 5 hingga 8 oleh Mai Nakahara, dan episode 9 hingga 12 dinyanyikan oleh Aki Toyosaki.

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No. Title Original air date[11]
1"Be Careful About How You Refer to Someone and Why"
"Kiwotsukeyō Hito no Yobikata Sono Riyū" (気をつけよう 人の呼び方 その理由)
5 Juli 2013 (2013-07-05)
Lucy Yamagami, Yutaka Hasebe, dan Saya Miyoshi diperkenalkan ke Kantor Lingkungan sebagai pegawai negeri baru dan ditempatkan di bawah asuhan kakak kelas mereka Taishi Ichimiya yang kurang bisa diandalkan. Yutaka memiliki kepribadian yang sangat santai sampai-sampai dia akan melakukan prokrastinasi setiap ada kesempatan, sementara Saya mengalami rasa gugup karena ini adalah pekerjaan pertamanya. Lucy diperkenalkan kepada Megumi Chihaya, yang merupakan orang yang sangat rendah hati dan tanpa emosi. Setelah beberapa jam pertama, ketiga pemula bertemu lagi dan berbagi kekecewaan mereka. Saya terjebak dalam cerita panjang dengan Nyonya Tanaka dan tidak dapat melarikan diri, Lucy dimarahi oleh seorang pelanggan karena terlalu lama mengarahkannya ke jendela kanan, Yutaka berkecil hati mengetahui bahwa dia tidak bisa melakukan prokrastinasi sesering yang dia inginkan. Namun kemudian, Lucy terlihat banyak melakukan kemajuan besar, sehingga membuat Saya kagum. Setelah itu, Yutaka, Taishi, dan Saya mengetahui bahwa Lucy merupakan Jugemu modern (yang tak lain itu adalah sumber rasa malu yang besar bagi Lucy), karena dia memiliki nama yang sangat panjang karena kesalahan orang tuanya. Lucy mengungkapkan bahwa alasan sebenarnya dia bergabung dengan pegawai negeri adalah untuk membalas dendam pada pegawai negeri yang dengan ceroboh menyetujui begitu saja akta kelahirannya tanpa mengajukan satu pertanyaan pun tentang namanya. Hasebe mulai memanggilnya dengan bagian pertama namanya, yang membuat Lucy sangat tidak senang. Setelah menyelamatkan Lucy dua kali dari beberapa pelanggan, pendapat Lucy tentang Hasebe agak berubah meski terkadang dia agak kesal ketika Hasebe mulai mengolok-olok namanya lagi. Taishi dan Saya kemudian berkomentar bahwa meskipun Lucy menyimpan dendam terhadap pegawai negeri, dia sebenarnya cocok untuk menjadi pegawai negeri.
2"Don't Panic, Make a Scene, or Throw Away Your Job"
"Oshigoto wa Awatezu Sawagazu Nagedasazu" (お仕事は 慌てず騒がず 投げ出さず)
12 Juli 2013 (2013-07-12)
Lucy melihat Saya bersembunyi di bawah mejanya dan menemukan bahwa dia berusaha menjauh dari pandangan Nyonya Tanaka untuk menghindari mendengarkan lebih banyak cerita, tetapi akibatnya, seperti yang ditunjukkan Yutaka, dia tidak dapat melakukan pekerjaannya. Saya malu karena dia tidak dapat bekerja, jadi Lucy pergi kepada Megumi untuk meminta nasihat. Megumi meminta Lucy untuk menutupi ketidakhadirannya keesokan hari, dan terungkap bahwa dia akan menghadiri acara cosplay. Megumi memberi tahu Lucy bahwa dia menjadi pekerja sementara sehingga dia bisa terus cosplay sambil bekerja. Dia kemudian menjadi terobsesi dengan mencoba membuat Lucy bercosplay sebagai Black Rose, pendamping karakter Megumi, Gerbera Pink, dan Lucy dengan enggan setuju untuk memikirkannya. Kemudian, Tōhko (seorang gadis sekolah menengah) datang mengunjungi kantor dan memberi Yutaka, Saya, dan Lucy ujian untuk melihat apakah mereka dapat melakukan pekerjaan baru mereka dengan benar. Yutaka menunjukkan ingatannya yang luar biasa menakjubkan dengan membaca undang-undang asuransi perawat dan oleh karenanya, ia menerima alamat email Tōhko sebagai hadiah. Kegugupan Saya menyebabkan Tōhko menjadi marah, dan Nyonya Tanaka datang menyelamatkan dengan memarahinya dengan kasar. Tōhko lega melihat bahwa Lucy normal, sampai dia menanyakan nama Lucy, dimana Lucy membacakan seluruh namanya. Tōhko muak dengan para pemula dan mengeluh kepada Taishi. Taishi kemudian mengatakan kepadanya bahwa dia mengganggu semua orang di sekitarnya. Tōhko mulai menangis sehingga memaksa Taishi untuk memeluknya dan memberinya uang untuk menenangkannya sebelum mengirimnya pulang. Saya kemudian menemukan bahwa nama lengkap Tōhko adalah Tōko Ichimiya, sehingga ia berspekulasi bahwa dia adalah adik perempuan Taishi. Taishi berbagi cerita tentang bagaimana Tōhko mulai menyukai kantor pegawai negeri sipil, tetapi jelas bahwa yang dipuja Tōhko adalah kakaknya, bukan kantor pegawai negeri sipil. Setelah itu, Megumi melihat bahwa Saya kesulitan mengatakan apa yang ada di pikirannya, jadi dia meminta bantuan Tōhko untuk membuat Saya berani berbicara secara terbuka. Saya memberi tahu Tōhko bahwa jika dia terus melecehkan kakaknya, dia tidak akan pernah mengerti perasaannya yang sebenarnya, menyebabkan Tōhko menangis lagi. Taishi mengatakan padanya untuk tidak kembali karena dia terus mengganggu orang lain, tetapi Saya menyelamatkannya dengan memintanya untuk kembali untuk membantunya belajar lebih banyak, meskipun ini menyebabkan Saya kehilangan lebih banyak waktu untuk bekerja.
3"Don't Neglect the Safety of You or Your Workplace"
"Okotaru na Shokuba no Anzen Mi no Anzen" (怠るな 職場の安全 身の安全)
27 Juli 2013 (2013-07-27)
Megumi menegur Taishi karena menanyainya tentang apakah dia adalah senpai yang dapat diandalkan sebelum memberinya penilaian tentang Lucy. Merasa tidak kompeten, Taishi kembali kepada kebiasaan lamanya dengan tetap bersama Lucy tetapi Tōhko melihat tindakan Taishi seperti menepuk kepala Lucy. Setelah menyulitkan Lucy, Tōhko mengantarkan bento Taishi yang dibuat khusus untuknya sebagai alasan untuk makan siang bersamanya. Di ruang rekaman, Lucy merasa bahwa bra yang dia pakai putus sehingga memaksanya untuk mengenakan seragam kantor. Saat dia berinteraksi dengan Saya, Megumi, Taishi, dan Yutaka, mereka semua menyadari ada yang salah dengan bra milik Lucy. Saat makan siang, mereka berempat merenungkan bagaimana cara mengatasi kesulitan Lucy dan Yutaka akhirnya mengambil inisiatif dengan meminta Lucy untuk segera pulang. Keesokan harinya, Yutaka berbicara dengan Taishi bahwa dirinya tidak bisa mendapatkan alamat surel Lucy saat dia mencoba melakukannya. Melihat Lucy pergi, Yutaka mengikutinya dan mengundangnya keluar untuk makan siang saat berada di toko buku di mana dia mengungkapkan bahwa dia biasanya tidak punya uang sebelum hari gajian karena dia membeli terlalu banyak buku. Bahkan setelah makan malam, Yutaka masih lupa menanyakan alamat emailnya. Di ruang persediaan, Yutaka dan Taishi mendengar keluhan Lucy tentang kemampuan dan namanya. Kemudian saat dia mengalami masalah dengan seorang anak, Yutaka datang untuk menghibur gadis itu saat Lucy menyadari bahwa Yutaka dapat memiliki kemampuan untuk mengeluarkan suara perut untuk menghibur gadis kecil itu. Yutaka bertemu Lucy beberapa kali saat hujan dan mengetahui bahwa Lucy takut petir dan guntur. Dia membantu Lucy tetapi bersenang-senang saat dia memberi tahu Megumi bahwa Lucy sibuk begitu lama karena mengisi bagian nama pada dokumen. Lucy mengawasi Yutaka menggunakan bahasa isyarat dan akhirnya menanyainya tentang dirinya sendiri. Saat mereka berbicara, Lucy setuju untuk belajar bahasa isyarat tetapi tidak sebelum dia membalas budi sebelumnya yang akhirnya diselesaikan dengan memberi tahu Yutaka ukuran cangkirnya. Yutaka yang terkejut mulai menghitung untuk memverifikasi ukurannya saat Lucy berteriak padanya untuk berhenti sebelum kabur. Pada akhirnya, Yutaka lupa lagi untuk menanyakan alamat surel Lucy.
4"Beware of Next Week's Unseen Danger"
"Raishū no Mienai Kiken ni Yōchūi" (来週の 見えない危険に 要注意)
27 Juli 2013 (2013-07-27)
Megumi dan Yutaka sekarang menjadi rival untuk memperebutkan Lucy. Yutaka mengajak Lucy kencan dua kali, tapi ditolak. Mereka pergi minum dengan manajer seksi mereka dan Lucy dan Yutaka pada akhinyra mengunjungi sebuah hotel.
5"Everyone Has Close Calls. Learn from Them and Keep the Workplace Healthy"
"Minna ga Motteru Hiyari no Taiken Ikashite Kyou mo Kenzen Shokuba" (皆が持ってる ヒヤリの体験 活かして今日も 健全職場)
2 Agustus 2013 (2013-08-02)
Lucy berterima kasih kepada Yukata dan saudara perempuannya karena telah merawatnya. Terungkap, bahwa Taishi punya pacar, yaitu Megumi. Mereka berduaan di rumah Taishi dan terkejut saat Tohko pulang. Mereka kemudian mencoba untuk mengendalikan situasi.
6"Examine Unexpected Problems and Hide-and-Seek"
"Tashikamete Omowanu Mondai Kakurenbo" (確かめて 思わぬ問題 かくれんぼ)
9 Agustus 2013 (2013-08-09)
Manajer bagian mencoba untuk lebih dekat dengan para pegawainya. Saya kemudian berpikir untuk berhenti dari pekerjaannya. Nyonya Tanaka ingin Saya menikahi cucunya.
7"Self Prevention, There Are People Where You Can't See"
"Jiko bōshi mienai tokoro ni hito ga iru" (自己防止 見えない所に 人が居る)
16 Agustus 2013 (2013-08-16)
Megumi mengunjungi Tohko di rumah. Manajer bagian berpikir, bahwa Taishi dan Megumi tidak rukun yang disebabkan karena reaksi dingin dari satu sama lain, dan menempatkan mereka bersama di ruang toko. Cucu Tanaka mengunjungi Saya di tempat kerja. Tampaknya, cucu Nyonya Tanaka memiliki suatu hubungan persaingan kepada Yutaka.
8"A Dangerous Sprout, Beware Tanaka's Grandson"
"Kiken no Me Tanaka no Mago ni Goyōjin" (危険の芽 田中の孫に 御用心)
23 Agustus 2013 (2013-08-23)
Lucy dan Yutaka pergi makan malam lagi. Cucu Nyonya Tanaka menyeret Lucy untuk pergi makan malam dengannya dan berbicara tentang hubungan antara Lucy dan Yutaka, tetapi Yutaka kemudian mengganggu makan malam tersebut. Keesokan harinya Lucy ingin berterima kasih pada Yutaka dengan berkencan dengannya dalam dua bulan.
9"Do you have it? Mental Capacity and the Accumulation of Feelings"
"Arimasu ka Kokoro no Yutori to Tsumikasane" (ありますか 心のゆとりと 積み重ね)
30 Agustus 2013 (2013-08-30)
Lucy meratapi kesulitan prosesi kencannya dengan Yutaka sementara Megumi yang merenungkan situasi tersebut menyadari fakta bahwa dia sudah lama tidak berkencan. Megumi ingat tentang dirinya dua tahun lalu ketika dia berpakaian sederhana dan bagaimana Taishi terlibat dengannya. Kesal oleh Taishi, Megumi memberitahu kepada Lucy bahwa mereka akan pergi berbelanja untuk roknya. Di toko, Lucy dan Megumi bertemu Saya dan Tōhko tetapi mereka berdua pergi karena Lucy sadar diri tentang pakaiannya dan kemampuannya untuk memakai hampir semua jenis pakaian. Lucy mengambil sikap baru setelah Megumi mengatakan kepadanya bahwa memandang rendah dirinya sendiri tidak sopan bagi orang lain di sekitarnya. Di tempat kerja keesokan harinya keduanya bertemu dengan Yutaka di mana Lucy mengatakan dia ingin menemaninya sampai akhir, dan secara naif menyiratkan keinginannya untuk menikah. Sementara Saya dan Lucy sedang berbicara, Kaoru muncul dan membawa keduanya keluar untuk makan di mana dia mengingat keduanya tentang Jōji. Di tempat kerja, Yutaka percaya bahwa Lucy akan menikah meninggalkannya dalam suasana hati yang putus asa. Di ruang istirahat, Lucy memberi tahu dia tentang kartu Tosho-nya sambil memberi selamat kepadanya tentang pertunangan Kaoru saat dia mendapat pesan dari saudara perempuannya yang mengatakan bahwa dialah yang akan menikah. Malu pada kesalahpahamannya, dia membanting teleponnya ke lantai memberitahu Lucy bahwa dia akan mendapatkan yang baru karena dia akan menghapus semua surel gadis yang dia miliki. Tidak mengerti, Yutaka memberi tahu Lucy bahwa itu berarti Lucy tidak membutuhkan gadis lain selain dia. Lucy terlihat sangat bersemangat setelah itu sementara Yutaka menyendiri di mejanya.
10"It'll Be Good Later, At the Same Time Good Things Can Cause Huge Regrets"
"Atode ii Tsuide de ii wa Ookina Koukai" (あとで良い ついでで良いは 大きな後悔)
6 September 2013 (2013-09-06)
Dengan Taishi tidak di rumah, Megumi berencana memberitahu Tōko bahwa dia akan berkencan dengan kakaknya. Lelah karena terlalu banyak belajar dan memakan kue yang dibawa Megumi, Tōko salah mengartikan apa yang dikatakan Megumi dan akhirnya tertidur. Terlalu santai, Megumi tertidur dengan kepala Tōko di pangkuannya. Setelah tiba di rumah, Taishi mengganggu Megumi sekali lagi. Di tempat kerja, Megumi membahas pelajaran Tōko dengan Saya tetapi Saya mengungkapkan bahwa dia tahu Megumi dan Taishi akan pergi keluar dan menyuruhnya untuk tidak terlalu khawatir. Setelah bekerja, Jōji bertemu Saya dalam perjalanan keluar saat dia mencoba menantang Yutaka. Saat Megumi merenungkan tentang saudara Ichimiya, Lucy menggemakan komentar Saya sebelumnya terhadap Megumi. Di luar gedung, karena komentar Saya tentang tindakannya, Jōji meneteskan air mata yang menyebabkan keributan bagi Saya. Hari berikutnya Saya mengalami "mabuk karena penyesalan". Kanon mengunjungi kantor kesejahteraan untuk bertemu dengan Tōko tetapi menghabiskan waktu berkeliaran di mana dia bertemu Yutaka beberapa kali. Mencoba memainkan kemalasannya sebagai pekerjaan yang sebenarnya, dia ditangkap oleh Taishi. Kanon bertemu Lucy yang merekomendasikan toko di lantai pertama tetapi dalam perjalanannya ke sana, melewati Megumi yang memintanya untuk mengukurnya. Menuju ke Saya, Kenzo secara tidak sengaja menabraknya dan Tōko berbicara di mana dia berpura-pura menjadi boneka binatang sederhana. Saat dia pergi, Tōko ingat dia meninggalkan teleponnya di meja Saya tetapi ketika dia pergi untuk mengambilnya, dia melihat semua orang berbicara dengan Kenzo. Dia pergi dengan keyakinan bahwa mereka semua melakukannya karena dia terlalu keras pada mereka. Saat dia akan meminta maaf kepada kakaknya dan Yutaka, dia melihat Lucy dengan Kenzo di kepalanya dan Saya berjalan mengobrol satu sama lain. Menemukan kelinci sebenarnya adalah manajer bagian, dia lari karena malu dengan tindakannya. Hari berikutnya Kanon mengantar ayahnya percaya bahwa setiap bawahannya aneh tetapi dengan mereka setuju bahwa dia adalah yang paling aneh dari mereka semua.
11"Beware the Sweet Trap that Tries to Lure You In"
"Atenshon Anata o Nerau Amai Wana" (アテンション あなたを狙う 甘い罠)
13 September 2013 (2013-09-13)
Yutaka masih berusaha menghindari Lucy setelah "pengakuan" itu di episode yang lalu. Lucy mencoba berbicara dengannya dan mencarinya, tetapi semua orang mengatakan dia hanya bermalas-malasan di suatu tempat. Kenzo menemukannya nanti dan menemaninya pergi mencarinya. Dalam prosesnya, Kenzo secara tidak sengaja dijual sebagai boneka mainan di bazaar terbuka di luar balai kota. Dia pulih tepat pada waktunya ketika gadis yang membelikannya segera mengambil boneka kelinci pengganti "karena itu lebih manis", yang membuatnya kecewa. Kemudian, saat Yutaka mencoba bersembunyi dengan memakan makan siangnya di atap, dia menemukan Lucy di sana sedang makan remah roti untuk makan siang, berharap dia akan menemukannya di sana. Saat dia memberinya sandwich, dia meminta Lucy menjelaskan tindakannya saat itu, dia tidak terbiasa dengan pria di sekitarnya. Sementara itu, Saya, ketika mencoba menenangkan diri sebelum kencannya dengan Joji, memutuskan untuk pergi ke kota pada hari liburnya, di mana dia secara aneh bertemu dengan semua orang di kantor--Lucy, Megumi, Yutaka, Taishi, bahkan Kanon dan Kenzo dan Bu Tanaka sendiri. Yutaka mendengar tentang kencan Joji dengan Saya (ketika Saya berkonsultasi dengan Megumi dan Lucy), jadi dia memperingatkannya untuk tidak melakukan hal-hal aneh padanya. Selama kencan mereka tidak membicarakan apa-apa selain Yutaka, jadi ketika Saya mencoba mengubah topik pembicaraan, dia menjadi geli ketika dia mengetahui bahwa dia tidak dapat berbicara tentang apa pun (akrab) selain "saingannya." Dan sebelum dia bisa berbicara tentang penyesalan tertentu, Saya pingsan setelah menyesap anggur merah. Dia kemudian menemukan dirinya dibawa oleh Joji cukup jauh dari restoran. Dia bilang dia bersenang-senang selama kencan, dan memintanya untuk satu lagi nanti, yang dia setujui. Keesokan harinya, di tengah mabuk, dia memberi tahu Yutaka bahwa Joji baik-baik saja jika dia tidak terlibat.
12"Wait a Moment, Being Accustomed and Being Unprepared Are Life-Threatening"
"Chotto Mate nare to Yudan ga Inochidori" (一寸待て 慣れと油断が 命取り)
20 September 2013 (2013-09-20)
Megumi mengambil cuti tiga hari untuk menyelesaikan semua proyek kostumnya, termasuk gaun yang akan dikenakan Lucy selama kencannya dengan Yutaka. Megumi memperingatkan Taishi untuk tidak mengirim sms, meneleponnya, atau datang ke apartemennya, tapi dia pergi ke apartemennya pada hari ketiga untuk memeriksanya, dan sebagai hasilnya dia keluar dari perjalanan belanja yang dia janjikan ke Toko, penghinaannya. Dia menemukan pintu apartemennya tidak terkunci, dan, saat dia masuk, melihat dia di lantai, datar, tetapi semua pekerjaan selesai. Dia kemudian membantu membersihkan apartemennya, membuat makanan, dan menjadi bantalnya sepanjang malam. Keesokan harinya, sebelum kencannya, Megumi menginstruksikan Lucy untuk mengawasi Yutaka dan mencari tahu orang seperti apa dia sebenarnya, untuk melihat apakah dia pria yang baik atau tidak. Lucy terkejut mengetahui bahwa gaun yang akan dikenakannya terlalu pendek, tapi Megumi bersikeras tidak apa-apa. Tapi dia sangat malu dengan gaun itu sehingga dia bahkan berpikir untuk menundanya. Faktanya, pada hari kencannya dengan Yutaka, Lucy memang datang terlambat sekitar dua puluh menit. Selama kencan Lucy memang mengamati bahwa dia memperhatikannya, bahkan melindunginya. Dia bahkan dibuat ketakutan oleh perilaku Yutaka saat dia berlari seperti orang gila dan tersandung. Saat Yutaka merawat luka di lututnya, dia mengkonfrontasi Lucy tentang masalahnya yaitu namanya yang panjang dan konyol. Dia juga bertanya padanya tentang bagaimana dia memikirkannya. Lucy, gugup, tidak dapat memberikan jawaban, sampai Yutaka mendapat telepon tentang pertemuan pernikahan saudara perempuannya Kaoru, dan dia diminta untuk datang, mengakhiri tanggal lebih awal; tapi Lucy bilang mereka bisa melakukannya lagi suatu saat nanti. Megumi bersembunyi di bayang-bayang siap untuk campur tangan jika terjadi kesalahan, saat mencoba memberi tahu Toko, yang bersamanya, tentang hubungannya dengan kakaknya. Di sana dia mengetahui bahwa Toko tidak keberatan jika kakaknya punya pacar. Keesokan harinya Yutaka melakukan pekerjaannya tanpa bermalas-malasan, meskipun dengan beberapa kesalahan. Taishi, Saya, dan Megumi memperhatikan ini dan menganggapnya mengkhawatirkan, dan, bertanya kepadanya, mereka menemukan alasan (mengejutkan): bahwa orang yang menyetujui nama Lucy adalah ayahnya sendiri.
13"Now We're Set, A Fun Workplace Leading to Tomorrow"
"Korede Yoshi Ashita ni Tsunagu Tanoshii Shokuba" (これで良し 明日につなぐ 楽しい職場)
27 September 2013 (2013-09-27)
Saat Taishi, Saya, dan Megumi menemukan alasan perilaku aneh Yutaka, mereka juga tahu alasan lain mengapa Yutaka menghindari Lucy. Itu karena pada hari nama Lucy dibawa ke kantor bangsal, Yutaka mengalami demam tinggi hingga dibawa ke rumah sakit. Ayahnya menjadi sangat khawatir tentang dia dan dengan demikian tidak bisa berkonsentrasi dalam pekerjaannya, itulah sebabnya dia secara tidak sengaja menyetujui nama Lucy tanpa memikirkannya lebih jauh. Tertekan oleh kenyataan bahwa dia adalah alasan tidak langsung mengapa Lucy memiliki nama yang panjang, Yutaka takut Lucy akan membencinya karena dia sangat peduli dengan namanya. Ketiganya mencoba menghiburnya, tetapi pada akhirnya mereka hanya memperburuknya. Ketika Lucy masuk ke kamar, mereka dengan cepat mengubah topik pembicaraan, dan Lucy melihat wajah Yutaka yang sedih dan sedih ke arahnya. Karena itu, dia menjadi khawatir bahwa mungkin dia telah melakukan sesuatu yang buruk pada Yutaka. Suatu hari ketika Lucy hendak pulang, Taishi pergi ke Yutaka dan menghiburnya, dengan mengatakan bahwa akan lebih sulit untuk mengatakan kebenaran semakin lama dia menahannya. Disemangati oleh kata-kata Taishi, Yutaka mengejar Lucy dan akhirnya memberi tahu kebenaran padanya. Namun, Lucy tidak berpikir bahwa Yutaka bersalah karena siapa pun bisa terkena demam. Karena desakan Yutaka, Lucy berasumsi bahwa jika semuanya salah Yutaka, dia harus bertanggung jawab. Dia memintanya untuk terus memanggilnya dengan nama depannya karena dia mulai suka dia memanggilnya Lucy sepanjang waktu. Tepat ketika Yutaka hendak mengaku padanya, Joji, Kanon, Toko, dan Kenzo tiba-tiba masuk, merusak suasana. Tiga orang yang mendengarkan sepanjang waktu mendorong mereka semua menjauh, dan suasana menjadi canggung sekali lagi. Ketika mereka berdua berada di luar, Yutaka sekali lagi mencoba mengajak Lucy keluar. Yang terakhir hanya menolak, tetapi memberinya harapan dengan mengatakan, "Belum". Yang lain dengan cepat menyusul keduanya dan mulai merusak suasana lagi. Keesokan harinya, Taishi mencoba memberi tahu Toko tentang hubungannya dengan Megumi, tetapi gagal karena dia gugup. Yutaka menjadi begitu energik dan antusias dalam pekerjaannya. Saya menegur Joji karena merusak momen Lucy dan Yutaka. Saat suasana hati keduanya membaik, mereka semua kembali ke pekerjaan mereka. Setelah kredit berakhir, Yutaka akhirnya mendapatkan alamat email Lucy dan Megumi menyuruh mereka meledak.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Jacob Chapman dari Anime News Network mengulas serial anime lengkap pada tahun 2014, memberikan peringkat C+ secara keseluruhan.[12] Dia kritis terhadap komedi yang tidak lucu dan langkah lambat dari alur cerita bebas konsekuensi yang mengakibatkan pertunjukan menjadi "membosankan dan tidak ada gunanya" di berbagai titik. Meski begitu, Jacob juga memuji pemeran wanita yang memiliki "kepribadian yang cukup" dan kelucuan selama hubungan mereka untuk memberi pemirsa pengalaman "ramah namun tetap menarik". Dia memberikan pujian pada gaya humornya yang tidak menjengkelkan dan mengadaptasi konsep "sedikit ambisius untuk lelucon". Jacob kemudian menyimpulkan bahwa: "Ini tidak pernah menjadi pengalaman menonton yang disesalkan, tetapi anime ini sangat mudah untuk dilupakan."[12] Nicoletta Christina Browne, menulis untuk THEM Anime Reviews, merasa serial ini tidak memiliki cukup humor dan karakter yang berlebihan untuk menyampaikan "humor tentatif" dan melampaui "sifat biasa dari latarnya". Dia menyimpulkan bahwa: "Saya benar-benar menyukai acara ini. Akan tetapi, sejujurnya acara ini agak membosankan. Jarak tempuh Anda mungkin berbeda-beda tergantung selera Anda dalam komedi, tapi menurut saya anime ini sangat kurang, terutama karena keragu-raguan Lucy itu sendiri." [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Browne, Nicoletta Christina. "Servant X Service". THEM Anime Reviews. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 26, 2020. Diakses tanggal November 9, 2020. 
  2. ^ Takatsu, Karino (June 29, 2007). 増刊ヤングガンガン「サーバント×サービス」. takatukarino.uron.vivian.jp (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal December 16, 2013. Diakses tanggal April 10, 2021. 
  3. ^ Takatsu, Karino (October 30, 2010). 増刊ヤングガンガン11号. takatukarino.uron.vivian.jp (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal November 8, 2017. Diakses tanggal April 10, 2021. 
  4. ^ Takatsu, Karino (April 25, 2011). 増刊ヤングガンガンBIG1 サーバント×サービスあとがき. takatukarino.uron.vivian.jp (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal November 7, 2017. Diakses tanggal April 10, 2021. 
  5. ^ スクエニ:月刊マンガ誌「ビッグガンガン」10月25日創刊 幻の「ひぐらし」原作も初公開. Mantan Web (dalam bahasa Jepang). July 30, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 25, 2011. Diakses tanggal April 11, 2021. 
  6. ^ 月刊ビッグガンガン創刊!桐原いづみの駅伝モノなど新連載. Natalie (dalam bahasa Jepang). Natasha, Inc. October 25, 2011. Diakses tanggal April 11, 2021. 
  7. ^ Loveridge, Lynzee (May 23, 2014). "Servant x Service Manga to End Next Month". Anime News Network. Diakses tanggal April 11, 2021. 
  8. ^ サーバント×サービス 1 (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal April 11, 2021. 
  9. ^ Hodgkins, Crystalyn (June 20, 2013). "Aniplex USA Adds Silver Spoon, Servant × Service Anime". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 11, 2020. Diakses tanggal July 27, 2013. 
  10. ^ Hodgkins, Crystalyn (June 27, 2013). "Crunchyroll to Stream Servant × Service TV Anime". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 19, 2019. Diakses tanggal July 27, 2013. 
  11. ^ サーバント×サービス. Media Arts Database (dalam bahasa Japanese). Agency for Cultural Affairs. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-12. Diakses tanggal April 11, 2015. 
  12. ^ a b Chapman, Jacob (June 6, 2014). "Servant x Service Sub.DVD - Review". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 8, 2019. Diakses tanggal November 9, 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]