The Sims 3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Sims 3
Pengembang The Sims Studio
Penerbit Electronic Arts
Perancang The Sims Studio
Versi 1.55
Platform Mac OS X, Microsoft Windows, Xbox 360, PlayStation 3, iOS, Nintendo DS, Wii, Windows Phone, Android
Tanggal rilis AN 2 Juni 2009

AUS 4 Juni 2009
UE 5 Juni 2009

Genre Simulasi kehidupan, Simulasi sosial
Media digital/distribusi DVD, Unduh

The Sims™ 3 adalah permainan komputer (computer game) simulasi kehidupan (life simulation) komputer keluaran tahun 2009 yang dikembangkan oleh The Sims Studio dan diterbitkan oleh Electronic Arts. Ini adalah edisi ketiga dari permainan komputer terlaris (bestseller), The Sims™. Ini pertama kali diluncurkan pada 2 Juni 2009 secara bersamaan untuk Mac OS X dan Microsoft Windows – kedua versi pada cakram yang sama. The Sims™ 3 diluncurkan untuk konsol permainan rumahan (home console) pada 26 Oktober 2010 untuk PlayStation 3, Xbox 360, iOS, Android dan Nintendo DS dan kemudian pelantar (platform) Wii pada tanggal 15 November 2010. Versi Windows Phone mulai tersedia pada Windows Phone Marketplace pada 15 Oktober 2010 dengan harga $6.99. Ada juga versi Nintendo 3DS, diluncurkan pada tanggal 27 Maret 2011, sebagai salah satu judul diluncurkan. Tersedia juga untuk ponsel, dan versi yang lebih sederhana untuk ponsel dengan Java.

The Sims™ 3 sukses terjual 1,4 juta salinan dalam minggu pertama. Permainan ini mendapat banyak kritik. The Sims™ 3 memperoleh peringkat 86/100 dari Aggregator Metacritic. Permainan ini telah terjual lebih dari sepuluh juta salinan di seluruh dunia sejak diluncurkan tahun 2009 sehingga membuatnya menjadi salah satu penjualan permainan komputer terbaik sepanjang masa.

Cara main[sunting | sunting sumber]

The Sims™ 3 dirancang di atas gagasan yang sama seperti pendahulunya. Pemain mengendalikan Sim mereka sendiri dalam kegiatan dan hubungan dengan cara yang mirip dengan kehidupan nyata. Permainannya terbuka dan tak berbatas. Rumah Sim dan lingkungan sepenuhnya ada di dalam satu peta yang berkesinambungan. Para pengembang menyatakan, "Apa yang Anda lakukan di luar rumah Anda kini juga penting pula dengan apa yang Anda lakukan di dalam." Salah satu perubahan terbesar untuk waralaba adalah penggunaan lubang-kelinci (rabbit-hole). Sim tidak diperbolehkan masuk ke dalam sebagian besar bangunan kota, melainkan mereka hanya menghilang di dalamnya untuk sekian waktu; saat Sim berada di dalam lubang-kelinci, pemain diberikan kendali atas pilihan akan apa yang terjadi di dalam dengan menggunakan pemberitahuan berbasis teks.

The Sims™ 2 menggunakan sistem imbalan (reward system) yang disebut Kemauan dan Kekhawatiran. Sistem ini diganti dengan sistem baru yang disebut Keinginan di The Sims™ 3. Memenuhi keinginan Sim memberikan sumbangsih untuk nilai-angka (score) Kebahagiaan Seumur Hidup dan Suasana Batin Sim. Beberapa harapan, seperti "Pergi ke Taman", dapat menambah banyak nilai untuk kebahagiaan hidup mereka sementara "Punya seorang Bayi Putra" dapat menambah ribuan nilai. Dalam The Sims™ 3, cita-cita ditiadakan dan digantikan dengan "suasana batin" (moodlets), yang menyumbangkan nilai-nilai berpengaruh baik atau buruk terhadap penanda motivasi. Suasana hati dapat terilhami oleh peristiwa jasmani, seperti menikmati makanan yang lezat atau merasa nyaman duduk di kursi, serta peristiwa batiniah seperti ciuman pertama atau putus hubungan. Suasana hati biasanya berlangsung dengan jangka waktu yang ditetapkan, tetapi beberapa suasana hati yang berpengaruh buruk dapat dipulihkan (seperti yang dikeluarkan oleh kebutuhan mendesak untuk buang air kecil) dan beberapa yang berpengaruh baik bergantung pada lingkungan Sim dan sifat.

Selain itu, permainan ini juga memiliki pilihan yang disebut Kemajuan Alur Cerita yang memungkinkan semua Sim di lingkungan untuk mandiri terus seolah-olah pemain yang mengendalikan mereka, seperti tumbuh besar, menikah, mendapatkan pekerjaan dan naik jabatan, punya anak, membangun atau membeli rumah impian mereka, sementara pemain tidak memainkannya. Sim hidup untuk jangka waktu tertentu (dapat diatur oleh pemain) dan terlebih dahulu melalui beberapa tahap (bayi, balita, anak, remaja, dewasa muda, dewasa, dan lansia). Sim bisa mati di usia lanjut atau mereka bisa meninggal pradini (premature) oleh akibat seperti kebakaran, kelaparan, tenggelam, tersetrum mati dan dengan The Sims™ 3: Petualangan Dunia: kutukan dari mumi, dengan The Sims™ 3: Ambisi: jatuhan benda angkasa luar, dan dengan The Sims™ 3: Larut Malam: kehausan (hanya bagi keadaaan hidup vampir saja).

Salah satu penambahan utama cara main adalah peluang: tugas-tugas yang dapat diselesaikan Sim untuk mendapatkan imbalan. Beberapa tantangan ini terjadi secara acak berdasarkan pengaruh gaya hidup masing-masing Sim, seperti hubungan, keterampilan dan pekerjaan: Peluang karier seperti bekerja lembur atau menyelesaikan tugas-tugas khusus dapat menghasilkan kenaikan gaji, gaji tambahan, atau meningkatkan hubungan antara rekan kerja atau atasan; Peluang keterampilan termasuk permintaan oleh tetangga atau warga bagi Sim untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan keterampilan yang mereka sudah pelajari supaya mereka dapat memperoleh imbalan berupa uang tunai atau imbalan hubungan baik. Apabila peluang tersebut berkaitan dengan sekolah Sim, imbalan mungkin berupa peningkatan prestasi pelajaran sekolah.

Pembuatan Sim[sunting | sunting sumber]

Pembuatan Sim (bahasa Inggris: Create a Sim (CAS)) kini mempunyai lebih banyak pilihan yang dapat disesuaikan untuk Sim daripada CAS dalam The Sims™ 2. Sekarang pemain memiliki pilihan yang lebih banyak bagi jenis tubuh Sim, dan mampu untuk menciptakan gaya rambut yang berbeda untuk setiap Sim. Pemain sekarang dapat memilih sepatu Sim mereka.

Terdapat 22 gaya rambut untuk Sim perempuan dan 17 gaya rambut untuk Sim laki-laki. Ada berbagai topi dan hiasan rambut yang bisa digunakan pemain, tetapi mereka semua telah memiliki gaya rambut yang telah ditetapkan. Masing-masing topi dan hiasan pakaian juga dapat memiliki warna dan pola yang dapat diubah. Gaya rambut dapat dipilih secara terpisah untuk setiap pakaian. Setiap warna rambut dapat disesuaikan dengan salah satu dari delapan warna dasar. Akan tetapi, pemain dapat menyesuaikan rambut lebih lanjut dengan mengeklik ikon kuas. Warna satuan untuk akar dasar rambut, ujung rambut dan sorot helai (highlights) rambut Sim dapat disesuaikan dengan kotak pilihan-warna dan penggeser rona (color palette and hue slider). Warna rambut dasar Sim bahkan dapat diubah ke warna yang tidak alami, dan dapat diterapkan pula pada warna akar, ujung rambut, dan sorot helai rambut. Warna rambut yang dibuat oleh pengguna dapat disimpan dan dapat digunakan kemudian, dan akan digunakan oleh para Sim yang dihasilkan oleh program dengan sendirinya. Warna rambut bisa dibagi-pakai untuk pertukaran bagi pemain lain untuk diunduh dan digunakannya.

Dibandingkan dengan permainan sebelumnya dalam seri, banyak hal yang lebih dapat diubah. Perubahan kecil seperti mengubah hidung Sim, sebagai contoh, dan pemain dapat pula menggunakan Setelan Tingkat Lanjut (Advanced Setting) untuk lebih mendalami bentuk dan ciri hidung (seperti untuk mengubah kelekukan lubang hidung, ukuran besar-kecil hidung, ujung hidung dan ketinggian batang hidung). Lagipula, gaya rambut dalam seri terbaru ini lebih banyak dari permainan inti The Sims™ 2 dan The Sims™ yang digabungkan. Sebagai ciri khusus lain, pemain tidak dapat menambahkan lapisan ketika menyesuaikan pakaian, tetapi jika pakaian sudah memiliki lapisan maka warna dan pola untuk setiap lapisan dapat diubah. Pemain juga dapat mengeklik pada setiap bagian dari Sim dan alat Create a Sim membawa mereka langsung ke menu kanan untuk menyunting apa pun yang dipilih. Ada pula bilah penggeser bulu mata yang dapat memanjangpendekkan bulu mata. Kaos kaki dan sepatu juga dapat diubahsuaikan dengan sepenuhnya. Bilah penggeser otot (muscle slider) dan berat badan telah diperkenalkan dan dapat sepenuhnya disesuaikan untuk membuat Sim tampak jauh lebih beragam dan terlihat seperti kenyataan. The Sims™ 3: Larut Malam juga menambahkan bilah penggeser untuk ukuran payudara dan urat otot.

Pemain juga dapat memilih nama lengkap Sim, usia, jenis kelamin, dan warna kulit. Ada enam warna kulit, tetapi hanya tiga dari keenam pilihan yang ada di dunia nyata. Ketiga lainnya mencakup warna hijau, merah dan biru. Ada bilah penggeser sehingga pemain dapat menyunting kecerahan irap kulit (skintone). Misalnya, pemain dapat membuat Sim dengan kulit hijau muda, sang ibu dengan kulit hijau tua dan sang ayah dengan kulit hijau cerah. Tinggi tubuh masih tidak dapat diubah, karena terdapat masalah dengan animasi. Dalam The Sims™ 2, pemain hanya bisa memilih dua jenis tubuh dasar: normal dan gemuk. Jenis tubuh ketiga - kekar - hanya bisa dicapai dalam permainan dan tidak ada di menu CAS. Dalam The Sims™ 3 berat badan ditentukan dengan menggerakkan bilah penggeser kiri atau kanan. Sim bisa sangat kurus atau sangat gemuk. Namun, balita tidak memiliki pilihan untuk memiliki berat badan. Berat badan dapat dikurangi dengan rajin berolahraga dan berat badan akan naik jika Sim makan berlebihan.

Pada bagian pakaian, pemain dapat memilih pakaian yang akan pakai. Terdapat lima kategori pakaian: pakaian sehari-hari, pakaian resmi, pakaian tidur, pakaian olahraga, dan pakaian renang. Kategori keenam, pakaian luar, ditambahkan dengan paket pengaya The Sims 3™: Musim-musim yang memuat beberapa pakaian untuk merintangi cuaca dingin seperti jas musim dingin. Setiap jenis pakaian mencakup atasan, bawahan, terusan, alas kaki (yang dapat dipilih, tidak seperti seri The Sims™ sebelumnya), hiasan mata (eyewear), anting-anting, sarung tangan, gelang, cincin dan kaos kaki. Pemain dapat membuat hingga tiga pakaian di semua golongan. Pakaian dapat diubah selama permainan dengan mengeklik meja rias. Warna dan pola pakaian dapat dipilih oleh pemain dengan alat Create a Style. Namun balita tidak memiliki pilihan untuk memiliki pakaian olahraga, pakaian renang dan hiasan.

Pemain dapat memilih salah satu sifat (trait) yang tersedia dalam menu. Pemain juga bisa dapat memilih makanan kesukaan Sim, musik dan warna. Suara Sim dapat pula disesuaikan. Balita memiliki satu bilah penggeser suara, anak-anak memiliki dua bilah penggeser suara, dan remaja dan lebih tua memiliki tiga bilah penggeser suara. Mereka juga dapat memilih keinginan seumur hidup Sim, yang merupakan tujuan Sim untuk bekerja sepanjang hidup mereka hingga keinginan seumur hidupnya terpenuhi. Zodiak dapat ditambahkan dalam Larut Malam dan Pembaruan 1.7, yang membuat Sim lebih bersahabat dengan Sim lain dari tanda-tanda yang serasi. Pemain juga dapat menulis riwayat hidup Sim mereka. Balita, anak dan remaja tidak memiliki pilihan untuk memiliki keinginan seumur hidup mereka di CAS. Akan tetapi, mereka akan diberikan keinginan seumur hidup sesekali saat mereka tumbuh dewasa dan pemain dapat memilihnya.

Keterampilan[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa keterampilan yang bergantung pada kemampuan, seperti kemampuan interaksi sosial yang tinggi tersedia karena wibawa tinggi, lagu-lagu khusus untuk pemain gitar dan peningkatan peralatan (membersihkannya, menambah saluran TV, dll) untuk kecekatan (handiness) tinggi. Melukis, menulis dan memain gitar kini merupakan keterampilan yang berbeda, dan bukan hanya satu keterampilan yang mencakup segala "daya cipta" seperti halnya di seri sebelumnya. Keterampilan melukis kini berbeda untuk masing-masing Sim karena berdasarkan sifat Sim. Sim dapat meningkatkan keterampilan mereka dengan belajar dan berlatih (misalnya bermain gitar, bekerja di kebun, menulis buku, dll), membaca buku tentang keterampilan, atau mengambil kelas dalam keterampilan di bangunan sipil. Sim dapat mulai melatih keterampilan mereka sejak balita walaupun kemajuan keterampilan tidak akan muncul dalam pengukur (meter) secara sertamerta. Namun, menggunakan benda pelatih keterampilan sangatlah berguna bagi balita yang kelak tumbuh menjadi anak. Logika dapat digunakan untuk mengajar anak keterampilan dan akan membantu mereka ketika tumbuh dewasa. Keterampilan termasuk Logika, Memasak, Melukis, Berkebun, Menulis, Gitar, Atletik, Kecekatan, Wibawa dan Memancing. Keterampilan baru telah ditambahkan dalam paket pengaya. Ketika Sim mencapai tingkat 10 dalam keterampilannya, mereka akan mendapatkan ijazah melalui pos untuk dapat ditampilkan di dinding atau dijual untuk 1.000 Simoleon.

Pemain tidak dapat melihat keterampilan dalam panel Sim sampai titik pertama dibuka, kemudian mereka dapat melihatnya di panel catat keterampilan (skill logbook/journal panel). Setiap keahlian memiliki bagian dalam panel catat keterampilan yang memerincikan tingkat keterampilan, statistik, tantangan, dan terkadang informasi khusus lainnya. Sebagai contoh, panel catat kemampuan Atletik menunjukkan statistik: jam latihan latih jantung (cardio workout), jam latihan kekuatan (strength workout), jarak berlari. Panel catat keterampilan dapat ditampilkan dengan menekan kunci 'J' dalam permainan atau dengan memilih bagian keterampilan dan mengeklik tombol kecil yang muncul pada akhir bilah keterampilan setelah membuka titik pertama. Pelbagai tantangan juga tersedia dalam panel catat keterampilan. Sebagai contoh, dalam panel catat keterampilan Melukis terdapat tantangan untuk melukis 30 lukisan. Ketika selesai, Sim memperoleh imbalan untuk bisa melukis lebih cepat daripada Sim normal. Terdapat pula tantangan keterampilan ganda bagi setiap keterampilan, serta koleksi. Semuanya itu dapat menghasilkan beberapa jenis manfaat, seperti penyelesaian lebih cepat, hasil yang lebih baik, dll. Dengan The Sims™ 3: Ambisi, panel catat keterampilan juga menunjukkan kemampuan tersembunyi yang Sim telah pelajari.

Edisi dan paket pengaya[sunting | sunting sumber]

Edisi[sunting | sunting sumber]

Nama Tanggal Penerbitan Memuat
The Sims™ 3
The Sims™ 3[1]
AN 2 Juni 2009
Permainan inti dalam DVD
The Sims™ 3 Collector's Edition
The Sims™ 3: Edisi Kolektor[2]
AN 2 Juni 2009
Permainan inti dalam DVD, sebuah USB 2GB bergayakan The Sims™ 3 dan pengunduhan khusus mobil balap ala Eropa
The Sims™ 3: Holiday Collector's Edition
The Sims™ 3: Edisi Kolektor Liburan
UE 4 Desember 2009
Permainan inti dalam DVD, Lagu tema Natal The Sims™ 3, 6 benda baru bertemakan Natal, kertas dinding bertemakan The Sims™ 3 dan pengunduhan khusus mobil balap ala Eropa
The Sims™ 3: Commemorative Edition
The Sims™ 3: Edisi Perayaan
UE 4 Juni 2010
Permainan inti dalam DVD, buku bersampul keras (48 halaman), poster, buku gambar, karya seni dan benda baru lainnya
The Sims™ 3: Deluxe
The Sims™ 3: Edisi Mewah[3]
AN 28 September 2010
Permainan inti, The Sims™ 3: Ambisi
The Sims™ 3 Plus Pets
The Sims™ 3 + Hewan Peliharaan[4]
AN 18 Oktober 2011

UE 21 Oktober 2011

Permainan inti, The Sims™ 3: Hewan Peliharaan
The Sims™ 3 Plus Showtime
The Sims™ 3 + Pentas Panggung
AN 6 Maret 2012

UE 9 Maret 2012

Permainan inti, The Sims™ 3: Pentas Panggung
The Sims™ 3 Plus Supernatural
The Sims™ 3 + Adikodrati
AN 4 September 2012

UE 6 September 2012

Permainan inti, The Sims™ 3: Adikodrati
The Sims™ 3 Plus Seasons
The Sims™ 3 + Musim-musim
AN 13 November 2012

UE 15 November 2012

Permainan inti, The Sims™ 3: Musim-musim
The Sims™ 3 Plus University Life
The Sims™ 3 + Kehidupan Kampus
AN 5 Maret 2013

UE 7 Maret 2013

Permainan inti, The Sims™ 3: Kehidupan Kampus
The Sims™ 3 Plus Island Paradise
The Sims™ 3 + Pulau Idaman
AN 25 Juni 2013

UE 27 Juni 2013

Permainan inti, The Sims™ 3: Pulau Idaman

Paket pengaya[sunting | sunting sumber]

Paket pengaya The Sims™ 3 melengkapi permainan dengan lebih banyak keistimewaan dan benda baru.

Nama Tanggal Penerbitan Memuat Bentuk Hidup Karier/Profesi Baru
The Sims™ 3: World Adventures
The Sims™ 3: Petualangan Dunia
AN 17 November 2009

UE 20 November 2009

Tambahan: Sifat, benda-benda dan pakaian baru serta keanekaragaman berjelajah dan mengetahui budaya baru

Keistimewaan: Penyelidikan, penjelajahan makam di tiga persinggahan baru, fotografi, fungsi bangunan baru termasuk alat pembangun ruang bawah tanah, madu, kembang api, toko, rumah untuk liburan, bangunan-bangunan yang bersejarah.
Dunia persinggahan baru: Champs Les Sims (Perancis), Al Simhara (Mesir), Shang Simla (Tiongkok)

Mumi Tidak ada
The Sims™ 3: Ambitions
The Sims™ 3: Ambisi
AN 1 Juni 2010

UE 4 Juni 2010

Tambahan: Karier, keterampilan, sifat, konsinyasi, pemilik tempat komunitas, toko baru, dunia baru, beberapa tempat dan benda baru

Keistimewaan: Mengambil kendali dalam pekerjaan (keahlian dan beberapa karier), binatu, rajah (tatoo), wirausaha berdasarkan keterampilan, pencorak mode, pemadam kebakaran, dokter rumah/dokter keliling, penyelidik atau mata-mata.
Dunia baru: Sungaikembar (Twinbrook)

Simbot (Robot) Perancang Arsitektural, Pendidikan, Pemadam Kebakaran, Pemburu Hantu (Ghost Hunter), Perobatan, Penyelidik Pribadi (Private Investigator), Pencorak Mode (Stylist), Wiraswasta
The Sims™ 3: Late Night
The Sims™ 3: Larut Malam
AN 26 Oktober 2010

UE 29 Oktober 2010

Tambahan: Karier, keterampilan, sifat, pakaian dan hiasan, perabot rumah, kota baru, pesohor, pemeran film dan mobil baru

Keistimewaan: Rumah minum (pub), perkumpukan larut malam (late night club), gria tawang (penthouse), bak rendam panas (hot tub), kereta bawah tanah (subway), lif, bilah penggeser ukuran payudara dan urat otot, kelompok, regu musik, rasi (bintang), alat pembuat kolam renang yang baru, penyesuaian tinggi untuk dinding benda, alat pembuat air mancur, kemampuan untuk menjadi seorang vampir, pidana, kehidupan kota besar, pencakar langit.
Dunia baru: Bandarsirat (Bridgeport)

Vampir Perfilman, Anggota Regu Musik, Pesohor/Pemeran Film, Pegawai Bar dan Pengusaha Pergedungan
The Sims™ 3: Generations
The Sims™ 3: Turun-temurun
AN 31 Mei 2011

UE 3 Juni 2011

Tambahan: Alat taman permainan (playground) baru, kegentingan masa usia setengah tua (mid-life crisis), tantangan hidup, kisah hidup yang lebih menyerupai kenyataan, interaksi, sifat dan keahlian baru

Keistimewaan: Sims dapat lebih jahil, rambut badan bagi pria, jenis perayaan baru (mis. pesta ultah/remaja/bujangan, pernikahan, inap tidur (sleepover)), ingatan, upacara wisuda, pesta dansa (prom dance), main berkhayal-khayalan, ramuaji (potions), tangga ulir/sulur (spiral staircases), selusuh air (water slide), asrama, main (kelahi) bantal.

Sahabat Kayangan (Imaginary Friend) Penitipan Anak (Daycare)
The Sims™ 3: Pets
The Sims™ 3: Hewan Peliharaan
AN 18 Oktober 2011

UE 21 Oktober 2011

Tambahan: Hewan peliharaan, binatang dan sifat Sim baru, Create a Pet, keinginan seumur hidup dan imbalan baru, interaksi, benda/barang, tempat and tempat di kota, keterampilan hewan dan Sim baru

Keistimewaan: Hewan dapat dikendalikan (kucing, anjing, kuda) dan makhluk tak dapat dimainkan (simak bagian NPC), ajang bagi hewan peliharaan.
Dunia baru: Dataran Baratlaut (Appaloosa Plains)

Kuda Tanduk Runcing (Unicorn) Penunggang Kuda (Horseback rider)
The Sims™ 3: Showtime
The Sims™ 3: Pentas Panggung
AN 6 Maret 2012

UE 8 Maret 2012

Tiga edisi: Biasa, Edisi Terbatas (Limited Edition) dan Edisi Kolektor Katy Perry (Katy Perry Collector's Edition)

Tambahan: Karier pentas panggung baru (penyanyi, penangkas serba (acrobat), penyihir), benda baru, keinginan seumur hidup dan sifat Sim baru; Hanya Katy Perry: tempat pementasan dapat unduh, pakaian bertemakan bebuahan, benda, dan alat peraga panggung baru
Keistimewaan: Ciri khusus sosial, hiasan panggung, menyanyi, pertunjukan, 'Sistem Prestasi' baru, Simporta yang memungkinkan penghantaran dan penerimaan pesohor (celebrity).
Dunia baru: Tepian Cayartika (Starlight Shores)

Jin Penyanyi, Penangkas Serba, Penyihir
The Sims™ 3: Supernatural
The Sims™ 3: Adikodrati[5]
AN 4 September 2012

UE 6 September 2012

Tiga edisi: Biasa, Edisi Terbatas dan Edisi Dekor Origin (Origin Decor Edition)

Tambahan: Tukang sihir, manusia serigala, mayat hidup (zombies), dan bidadari Keistimewaan: Kemampuan untuk membuat Sim dengan kuasa khusus langsung dari CAS.
Dunia baru: Terjunan Cayacandra (Moonlight Falls).

Tukang Sihir, Manusia Serigala, Mayat Hidup, dan Bidadari Peramal Rezeki/Nasib (Fortune Teller)
The Sims™ 3: Seasons
The Sims™ 3: Musim-musim[6]
AN 13 November 2012

UE 15 November 2012

Dua edisi: Biasa, Edisi Terbatas

Tambahan: Keterampilan baru (sepak bola/seluncur papan salju (snowboard)), sifat baru (cinta dengan panas/dingin), perayaan musiman
Keistimewaan: Kemampuan mengatur cuaca dan musim.

Makhluk Antariksa[7] Makhluk Ujicoba (Test Subject) (Hanya Makhluk Antariksa)[7]
The Sims™ 3: University Life
The Sims™ 3: Kehidupan Kampus
AN 5 Maret 2013

UE 7 Maret 2013

Tambahan: Keterampilan baru (bola gelinding, sains, jejaring sosial dan seni jalanan (street art)), sifat baru, kelompok sosial (social group), telepon cerdas dan dunia kampus baru yang dapat dijelajahi ketika mendaftar di Universitas. Manusia Tumbuhan (PlantSim) Penilai Karya Seni, Pengurus/kelola Olahragawan, Pengembang Permainan Video
The Sims™ 3: Island Paradise
The Sims™ 3: Pulau Idaman[8]
AN 25 Juni 2013

UE 27 Juni 2013

Dua Edisi: Biasa and Edisi Terbatas

Tambahan: Rumah perahu (houseboat), fungsi mengelola sanggraloka, berjelajah menemukan pulau baru, berlayar, selam Scuba, ski air.
Dunia Baru: Pulau lir-Fidau (Isla Paradiso)

Putri Duyung Perenang Penyelamat (Lifeguard), Pengelola Sanggraloka (Resort Manager)
The Sims™ 3: Into the Future
The Sims™ 3: Menuju Ke Masa Depan[8]
AN 22 Oktober 2013

UE 24 Oktober 2013

Dua Edisi: Biasa and Edisi Terbatas

Tambahan: Alat selancar, ransel jet (jet pack), beberapa jenis rel kereta, kota bertemakan masa depan, jenis robot baru, sifat baru, permata dan tumbuhan baru, pusat perbelanjaan dan kedai makan, pegawai, alihtempat sekejap (teleportation), barang serba otomatis, pengaturan dan pembuatan robot, industri ekspor dan impor.
Dunia Baru: Landasan Ardi (Arcadia Landing)

Plumbot (Robot Masa Depan) Pedagang Plumbot (Plumbot Dealer), Pelatih Plumbot (Plumbot Trainer), Ahli Ilmu Falak (Astronomer)

Paket benda serba[sunting | sunting sumber]

Paket benda serba hanya melengkapi permainan utama dengan menambahkan barang atau benda baru (biasanya dalam jumlah 60 benda/barang). Paket benda serba juga dapat bekerja pada Windows dan Mac OS X seperti halnya dengan permainan utama dan paket pengaya.

Nama Tanggal Penerbitan Memuat
High-End Loft Stuff
Benda Serba Mewah Canggih
AN 2 Februari 2010

UE 5 Februari 2010

Perabot mewah, terutama teknologi baru seperti televisi, perangkat permainan video, dan komputer, serta rekabentuk pascamodernisme (postmodern designs) untuk rak buku, meja dan kursi.
Fast Lane Stuff
Benda Serba Jalur Balap
AN 7 September 2010

UE 10 September 2010

Empat gaya mode baru, perabot dan kendaraan: Balap Mobil, Penggugah Rasa, Musik Rok, dan Mewah Anggun.
Outdoor Living Stuff
Benda Serba Halaman Rumah
AN 1 Februari 2011

UE 4 Februari 2011

Pakaian, perabotan, dan barang-barang berpusatkan pada kegiatan di sekitar emper terbuka (patio) dalam dua gaya baru: "Serambi Kebun" (Garden Terrace) dengan cirian anggun besi potongan (wrought-iron pieces), sementara itu "Benamsurya di Tepas" (Sunset on the Verandah) mencakup kehangatan di luar rumah.
Town Life Stuff
Benda Serba Kehidupan Kota
AN 26 Juli 2011

UE 29 Juli 2011

Pakaian sehari-hari baru, gaya rambut dan benda baru. Cirian tempat baru dirancang ulang seperti sekolah, kedai kopi, dan toko kelontong, serta banyak tempat baru termasuk pusat kebugaran, taman, binatu dan perpustakaan.
Master Suite Stuff
Benda Serba Kamar Utama
AN 24 Januari 2012

UE 27 Januari 2012

Kamar tidur mewah dan hiasan kamar mandi berpusatkan pada percintaan dan persantaian. Perabot masakini baru dan pakaian dalam bertemakan untuk menciptakan kamar utama penuh dengan asmara.
Katy Perry's Sweet Treats
Aneka Manisan Katy Perry
AN 5 Juni 2012

UE 8 Juni 2012

Hiasan, barang, pakaian, gaya rambut dan tempat yang bertemakan permen. Lagu Katy Perry dalam bahasa Simgris (Simlish): "Last Friday Night (T.G.I.F.)".
Diesel Stuff
Benda Serba Merek Diesel
AN 10 Juli 2012

UE 13 Juli 2012

Pakaian baru dari merek Diesel.
70s, 80s, & 90s Stuff
Benda Serba Tahun 70-an s.d. 90-an[9]
AN 22 Januari 2013

UE 24 Januari 2013

Busana, gaya rambut dan barang/benda dari tahun 1970-an, 1980-an dan 1990-an.
Movie Stuff
Benda Serba Perfilman
AN 10 September 2013

UE 12 September 2013

Pakaian dan hiasan berbasis tema dan latar dari film-film ternama.

The Sims™ 3: Toko Daring[sunting | sunting sumber]

The Sims™ 3: Toko Daring adalah sebuah toko daring yang memungkinkan pemain The Sims™ 3 dapat membeli dan mengunduh konten untuk permainan mereka secara daring dengan biaya tambahan. Hingga saat ini, tidak seperti keluaran sebelumnya untuk The Sims™ 2, The Sims™ 3: Toko Daring hanya menawarkan benda-benda istimewa, pakaian, kulit, dan gaya rambut yang tidak ditemukan melalui cara lainnya. Toko daring ini juga menawarkan beraneka macam benda khusus yang ditemukan dalam paket pengaya (seperti binatu dan bak mandi panas), yang menawarkan ciri khusus bagi pemain yang belum membeli paket pengaya yang memuatkannya. Toko daring tersebut diperbarui dengan benda baru untuk dibeli pada setiap bulannya. Konten khusus, seperti kursi pijat kaki dan lonceng angin[10], menambah cara bermain baru atau animasi baru.

Toko daring menggunakan sistem poin yang memungkinkan pemain dapat membeli SimPoint tambahan dengan menggunakan kartu kredit atau kartu poin, yang dapat dibeli di toko-toko eceran atau melalui toko daring: Origin. Ciri khusus ini diluncurkan pada tanggal 4 Juni 2009 bertepatan dengan peluncuran permainan tersebut. Pemain dapat mengunduh barang yang dibeli dengan menggunakan peluncur permainan (game launcher) atau antarmuka Modus Toko Daring (Store Mode interface) yang ditemukan dalam permainan itu sendiri. Ketika pengguna membeli SimPoint tambahan, mereka mendapatkan barang/benda dalam permainan untuk membeli SimPoint.

Beberapa dunia bagi para pemain telah diterbitkan di The Sims™ 3: Toko Daring

  • Riverview (2 Juni 2009)
  • Barnacle Bay (23 September 2010)
  • Hidden Springs (25 Agustus 2011)
  • Lunar Lakes (16 Februari 2012)
  • Lucky Palms (28 Juni 2012)
  • Sunlit Tides (23 Agustus 2012)
  • Monte Vista (6 Desember 2012)
  • Aurora Skies (21 Februari 2013)
  • Dragon Valley (30 Mei 2013)

Ciri khusus ini merupakan perbedaan besar dari kedua permainan pertama dan kedua dari waralaba The Sims™, sebagaimana benda/barang baru hanya dapat diperoleh melalui paket pengaya, paket benda serba, dan/atau oleh pengguna lainnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Official The Sims 3 page". 4 Juni 2009. Diakses 2009-06-04. 
  2. ^ "Official The Sims™ 3 Collector's Edition page". 4 Juni 2009. Diakses 2009-06-04. 
  3. ^ "The Sims™ 3 Deluxe page". 23 Agustus 2010. Diakses 2010-08-23. 
  4. ^ "The Sims™ 3 Plus Pets announcement". 13 Agustus 2011. Diakses 2011-08-13. 
  5. ^ "The Sims 3 Supernatural". Maxis. Electronic Arts. 13 Juni 2012. Diakses 2012-06-13. 
  6. ^ "The Sims 3 Seasons". Maxis. Electronic Arts. 2 Agustus 2012. Diakses 2012-08-02. 
  7. ^ a b "Sims 3 Community Blog: The Sims 3 Seasons!". 2 Agustus 2012. Diakses 2012-08-02. 
  8. ^ a b SimsVIP (8 Januari 2013). "EA Reveals The Sims 3 Line Up for 2013". simsvip.com. 
  9. ^ Siaran Langsung Maxis. 9 Oktober 2012.
  10. ^ "Premium Content – Store – The Sims™ 3". store.thesims3.com. 24 Agustus 2011. Diakses 2012-06-06. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]