Teleportasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Teleportasi adalah pengalihan materi dari satu titik ke titik lain, kurang lebih instan, mirip dengan konsep apport, kata yang sebelumnya digunakan dalam konteks spiritualisme. Teleportasi digunakan secara luas dalam karya fiksi ilmiah dan fantasi.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata ini teleportasi diciptakan pada tahun 1931 oleh penulis Amerika Charles Fort untuk menggambarkan penghilangan aneh dan penampilan dari anomali, yang ia menyarankan agar dapat menggabungkan, Ia menggabungkan dengan Yunani pada awalan tele - (berarti jauh) dan bahasa latin verba portare (yang berarti membawa). formal menggunakan pertama Fort kata itu dalam bab kedua dari buku 1931, Lo! : "Sebagian besar dalam buku ini saya akan mengkhususkan diri pada indikasi bahwa ada sebuah kekuatan transportory yang saya sebut Teleportasi." Fort menambahkan "aku akan dituduh telah terletak dirakit, benang, hoaks , dan takhayul .. Untuk beberapa derajat Saya kira begitu diriku Untuk tingkat tertentu, aku tidak. Saya menawarkan data . menyarankan Fort teleportasi yang mungkin dapat menjelaskan berbagai diduga paranormal fenomena, meskipun sulit untuk mengatakan apakah Fort mengambil sendiri "teori" serius atau malah digunakan untuk menunjukkan apa yang dia lihat sebagai kekurangan ilmu pengetahuan mainstream ke account untuk fenomena aneh.

Lubang cacing dan dematerialising[sunting | sunting sumber]

lubang milik Romzi adalah hipotetis pintas melalui ruang dan waktu, yang diusulkan untuk memungkinkan transit yang tidak secara lokal lebih cepat dari cahaya (sehingga menghemat sesuai dengan ilmu pengetahuan diterima) tetapi tetap memungkinkan transportasi instan dekat antara titik yang berpotensi banyak cahaya-tahun terpisah. Kadang-kadang fiksi memungkinkan pasang lubang cacing untuk dibuat yang memungkinkan transportasi cepat di antara mereka, tetapi "jauh akhir" dari lubang cacing masih harus diangkut pada kecepatan cahaya sub sesuai dengan hukum fisika normal. Dalam fiksi lebih esoteris, maka lubang cacing bahkan dapat menghubungkan alam semesta sama sekali berbeda. Mekanisme tersebut juga dapat digunakan dalam teori tentang perjalanan waktu. Jenis topologi pintas akan menghilangkan keberatan untuk teleportasi pada agama atau filsafat dasar, karena mereka mempertahankan asli subjek utuh dan tidak menimbulkan masalah duplikasi.

"dematerialising"[sunting | sunting sumber]

Saya Yosua mengatakan "Versi "dematerialising" digunakan dalam Star Trek atau Doctor Who . Dalam ide ini, orang atau perangkat "teleportasi" adalah dematerialized, mungkin dengan perangkat eksternal, dan dipancarkan sebagai data, mungkin ke perangkat penerima, dan direkonstruksi di sana. Di dalam alam semesta Star Trek penggunaan umum dari perangkat ini adalah untuk mengangkut dari orbit untuk sebuah planet yang berdekatan, dan transmisi lebih cepat dari cahaya tidak diperlukan. Penggunaan bentuk teleportasi untuk transportasi manusia akan terselesaikan masalah teknis yang cukup, seperti pencatatan tubuh manusia dengan ketepatan yang cukup untuk memungkinkan reproduksi di tempat lain. The prinsip ketidakpastian saja akan muncul untuk memberikan penghalang diatasi. Dalam alam semesta fiksi, sedikit perhatian dibayar untuk yang sudah jelas "di alam semesta" masalah teknologi ini, yaitu bahwa jika seseorang telah dipindai dan direproduksi, mereka mungkin bisa membuat beberapa salinan. Hal ini juga akan hadir masalah filosofis tentang apakah menghancurkan manusia di satu tempat dan menciptakan salinan tempat lain akan memberikan kelangsungan eksistensi yang cukup. Dalam beberapa novel, seperti Surface Detail , "kopi pindaian" sebenarnya bisa hidup - dalam arti berjalan pada perangkat keras komputer daripada tubuh biologis di antara materialisations. Banyak pertanyaan yang relevan dibagi dengan konsep transfer pikiran .Istilah ini teleportasi menjadi sangat populer dengan transporter dalam serial televisi 1966 Star Trek , di mana ide itu awalnya digunakan sebagai perangkat plot untuk menghindari dan terjangkau set tidak layak dan model film, serta menjalankan episode waktu yang dihabiskan ketika mendarat, lepas landas, dll"

Pranala luar[sunting | sunting sumber]