Star Trek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Poster 40 Tahun Star Trek

Star Trek merujuk kepada sebuah film seri televisi di Amerika Serikat dari tahun 60-an atau pada semua seri lanjutan, film-film layar lebar, novel, permainan video dan lain-lain yang dikembangkan darinya. Serial yang bertemakan fiksi ilmiah ini bercerita mengenai sebuah armada bintang bernama Starfleet sebagai perwakilan kehidupan manusia 200 tahun pada masa depan bersama-sama dengan United Federation of Planets yakni kumpulan spesies dari planet dan tata surya lain. Star Trek diciptakan oleh Gene Roddenberry dan merupakan salah satu franchise hiburan paling laris di dunia dan memiliki jutaan penggemar yang sering datang ke Star Trek Conventions (pertemuan para penggemar Star Trek).

Film Seri Televisi[sunting | sunting sumber]

The Original Series[sunting | sunting sumber]

The Original Series
! Artikel utama untuk kategori ini adalah Star Trek: The Original Series.

Film seri Star Trek pertama yang lebih dikenal sekarang sebagai Star Trek: The Original Series pertama ditayangkan di Amerika Serikat pada tahun 1966. Menceritakan tentang petualangan pesawat ruang angkasa USS Enterprise (NCC-1701) dengan awak kapten James T. Kirk (dimainkan oleh William Shatner), commander Spock yang berasal dari planet Vulcan (Leonard Nimoy), doktor Leonard McCoy (DeForest Kelley) dan lain-lain. Serial ini pada saat pertama disiarkan kurang terkenal dan setelah tiga tahun akhirnya dibatalkan.

Anehnya, justru setelah dibatalkan ketenaran serial ini melambung. Karena biaya produksi yang mahal, studio televisi NBC kemudian menjual hak siar kepada stasiun-stasiun lokal. Di sinilah Star Trek mengalami kebangkitan kembali dan banyak orang menjadi penggemar setia.

Animated Series[sunting | sunting sumber]

The Animated Series
! Artikel utama untuk kategori ini adalah Star Trek: The Animated Series.

Setelah itu pada tahun 1973 Star Trek kembali dalam bentuk animasi atau kartun. Masih dengan tokoh-tokoh yang sama dan disuarai oleh aktor aslinya, serial ini dinamai Star Trek: The Animated Series dan hanya bertahan selama dua tahun.

Phase II[sunting | sunting sumber]

! Artikel utama untuk kategori ini adalah Star Trek: Phase II.

Pada tahun 1978 kembali ada rencana untuk menghidupkan kembali seri televisi ini. Kapten Kirk akan kembali diperankan oleh Shatner dalam seri Star Trek: Phase II, tetapi Nimoy menolak untuk kembali sebagai Spock, sehingga dicari seorang pengganti untuk memainkan karakter Vulkan lain, Xon (David Gautreaux). Direncanakan juga tambahan satu karakter lain, Ilia dari planet Delta (Persis Khambatta).

Sebelum rencana ini sempat direalisasi, George Lucas meluncurkan film Star Wars dan meledak sebagai sukses besar di seluruh dunia. Pihak produser Star Trek kemudian membanting kemudi dan mengolah skenario untuk seri televisi menjadi untuk film layar lebar yang diberi nama Star Trek I: The Motion Picture.

Untuk film ini Gautreaux mendapat peran kecil dan Khambatta tetap memainkan Ilia. Semua aktor utama dari film televisi kembali memainkan perannya masing-masing, termasuk Nimoy. Film ini juga meraih sukses di box office dan dilanjutkan dengan film-film berikutnya yang sampai sekarang (2013) sudah ada duabelas (termasuk film pertama). Lihat Film Layar Lebar.

The Next Generation[sunting | sunting sumber]

The Next Generation
! Artikel utama untuk kategori ini adalah Star Trek: The Next Generation.

Selain itu sejak tahun 1987 juga dibuat seri-seri Star Trek lain yang dibintangi oleh awak yang berbeda. Star Trek: The Next Generation menceritakan tentang awak Enterprise (NCC-1701-D) dengan kapten Jean-Luc Picard (Patrick Stewart) dan komandan William Riker (Jonathan Frakes). Waktunya adalah sekitar satu abad setelah seri pertama. Seri ini bertahan selama tujuh tahun.

Deep Space Nine[sunting | sunting sumber]

Deep Space Nine
! Artikel utama untuk kategori ini adalah Star Trek: Deep Space Nine.

Star Trek: Deep Space Nine dimulai dari tahun 1993 dan mengisahkan sebuah stasiun ruang angkasa yang dipimpin commander (dan kemudian kapten) Benjamin Sisko (Brooks Avery). Stasiun ini terletak di dekat planet Bajor dan sebuah lubang cacing yang menuju ke kuadran gamma (yaitu perempat bagian lain dari galaksi bima sakti - digambarkan bahwa bumi terletak di kuadran alpha). Sebagai hasilnya, banyak spesies alien yang mampir dan terjadi konflik di antara mereka. Seperti pendahulunya, seri ini juga ditutup setelah tujuh tahun.

Voyager[sunting | sunting sumber]

Voyager
! Artikel utama untuk kategori ini adalah Star Trek: Voyager.

Star Trek: Voyager, sesuai namanya, menggambarkan perjalanan pesawat ruang angkasa USS Voyager (NCC-74656) dengan kapten Kathryn Janeway (Kate Mulgrew) yang terlempar ke kuadran delta (yaitu perempat bagian lain dari galaksi bima sakti) oleh suatu kekuatan alien dan mencari jalan kembali ke bumi. Seri ini dimulai tahun 1995 dan ditutup tujuh tahun kemudian. Seri ke-5 dari franchise Star Trek ini tetap meneruskan semangat penjelajahan dan penemuan nilai-nilai baru yang dimulai sejak ST:TOS. Salah satu nilai dan tatanan masyarakat lama yang didobrak adalah diangkatnya seorang perempuan menjadi kapten kapal, suatu hal yang sama tabu-nya dengan adegan ciuman-antar ras yang dilakukan antara Kapten Kirk (seorang lelaki kulit putih) dengan Letnan Uhura (seorang perempuan kulit hitam) pada tahun 1960-an di dalam salah satu episode ST:TOS.

Enterprise[sunting | sunting sumber]

! Artikel utama untuk kategori ini adalah Star Trek: Enterprise.

Seri yang terakhir diproduksi adalah Star Trek: Enterprise (pada mulanya disebut sebagai Enterprise saja), yang mengisahkan petualangan pesawat Enterprise NX-01 di bawah pimpinan kapten Jonathan Archer (Scott Bakula). Seri ini adalah prekuel seri pertama, dengan latar belakang waktu sekitar satu abad sebelumnya.

Mulai ditayangkan tahun 2001 dan terakhir ditayangkan pada tahun 2005. Pada awalnya serial ini memiliki rating yang tinggi sampai akhirnya terus menurun hingga season ke-3 hingga akhirnya Paramount Pictures menghentikan serial ini dalam 4 season dengan jumlah keseluruhan 98 episode.

Film Layar Lebar[sunting | sunting sumber]

No. Judul Tahun Awak Sutradara Ringkasan
I Star Trek I.jpg The Motion Picture 1979 Original series Robert Wise Sebuah wahana antariksa asing bernama "V-GER" yang memiliki kekuatan luar biasa mencari "penciptanya" di planet Bumi. Kirk dan kawan-kawan menemukan bahwa ini ternyata adalah wahana yang dikirim oleh manusia sendiri (wahana VOYAGER) dan kemudian ditangkap dan diubah oleh suatu spesies alien.
II Star Trek II.jpg The Wrath of Khan 1982 Original series Nicholas Meyer Adalah lanjutan dari episode Space Seed dari serial televisi pertama, tentang seorang kriminal dan petualang angkasa bernama Khan Noonien Singh (Ricardo Montalban) yang membajak pesawat Enterprise sebagai balas dendam karena Kirk telah menangkapnya limabelas tahun sebelumnya. Pada akhir film ini, Spock mengorbankan hidupnya untuk menyelamatkan pesawat dan seluruh awaknya. Jenazahnya kemudian diluncurkan ke planet Genesis.
III Star Trek III.jpg The Search for Spock 1984 Original series Leonard Nimoy Doktor McCoy bertingkah laku aneh dan menyerupai Spock. Setelah ayah Spock, Sarek (Mark Lenard) mengunjungi Kirk dan mengatakan bahwa jiwa Spock masih hidup dan dapat dikembalikan ke tubuhnya, Kirk yang sudah tidak lagi menjabat sebagai kapten Enterprise menculik kapal ini dan pergi ke Genesis agar Spock dapat dibawa ke planet asalnya Vulkan dan dihidupkan kembali melalui suatu upacara tradisional.
IV Star Trek IV.jpg The Voyage Home 1986 Original series Leonard Nimoy Sebuah pesawat tak dikenal menjelajah angkasa dengan tujuan akhir planet Bumi, menghancurkan segala sesuatu di hadapannya dan mengeluarkan bunyi-bunyi aneh untuk memanggil ikan paus di lautan. Karena di abad ke-23 ikan paus sudah punah, maka tidak ada balasan dari Bumi. Ketika Bumi terancam untuk dihancurkan oleh pesawat ini, awak Enterprise membajak kapal Klingon dan melakukan perjalanan waktu ke tahun 1986 untuk mengambil sepasang ikan paus dan membawanya kembali ke masa depan.
V Star Trek V.jpg The Final Frontier 1989 Original series William Shatner Pesawat Enterprise dibajak oleh Sybok (Laurence Luckinbill), saudara Spock, untuk menerobos pusat Galaksi Bima Sakti karena ia yakin bahwa ia akan menemukan pengetahuan tertinggi di sana.
VI Star Trek VI.jpg The Undiscovered Country 1991 Original series Nicholas Meyer Dalam misi perdamaian ke planet Kronos (planet asal Klingon), Kirk dan McCoy dijebak dan diadili dengan tuduhan membunuh duta besar Klingon. Di akhir film, perjanjian Khitomer yang merupakan pakta perdamaian Federasi dengan kerajaan Klingon dibuat.
VII Star Trek VII.jpg Generations 1994 Original series dan Next Generation David Carson Kapten James T. Kirk dan kapten Jean-Luc Picard bekerja sama untuk memerangi kriminal Tolian Soran (Malcolm McDowell). Dalam perkelahian James T. Kirk gugur.
VIII Star Trek VIII.jpg First Contact 1996 Next Generation Jonathan Frakes Lanjutan dari episode The Best of Both Worlds dari The Next Generation, spesies Borg kembali ke abad 21 ketika manusia baru akan menerobos batas kecepatan cahaya. Mereka ingin mengasimilasi seluruh Bumi dan membuatnya menjadi planet Borg. Awak Enterprise di bawah pimpinan Jean-Luc Picard mengikuti mereka ke masa lampau dan menggagalkan rencana ini.
IX Star Trek IX.jpg Insurrection 1998 Next Generation Jonathan Frakes Sebuah planet yang memiliki sumber tenaga misterius dapat mencegah penuaan. Penduduk asli planet ini, Ba'ku, sedang diusir oleh beberapa pihak yang ingin memonopoli penggunaan tenaga ini. Awak Enterprise bekerja sama untuk menyelamatkan Ba'ku agar mereka dapat tetap tinggal di planet mereka.
X Star Trek X.jpg Nemesis 2002 Next Generation Stuart Baird Planet Romulus yang merupakan planet asal spesies Romulan mengalami suatu kudeta dan sekarang dikuasai oleh Shinzon. Ia juga ternyata adalah klon dari kapten Jean-Luc Picard dan ingin menangkapnya dan membuatnya sebagai seorang pemimpin Romulus juga.
XI Startrekposter.jpg Star Trek XI 2009 Alternate Reality J.J. Abrams Ketika Nero, seorang romulan yang datang ingin balas dendam karena planet asalnya, Romulus hancur akibat supernova. Ia menghancurkan USS Kelvin yang saat itu dipimpin George Kirk, ayah James T. Kirk. Matinya ayah Kirk membuat perubahan terhadap masa depan. Nero juga menghancurkan Planet Vulcan, planet dimana Spock berasal serta mengancam untuk menghancurkan planet-planet Federasi lainnya dan mengubah masa depan untuk selamanya.
XII StarTrekIntoDarkness FinalUSPoster.jpg Into Darkness 2013 Alternate Reality J.J. Abrams Hancurnya planet Vulcan membuat Federasi semakin ketakutan, Federasi membangun persenjataan canggih memanfaatnya Khan, manusia super dari abad ke-21. Namun Khan yang keji dan merasa telah dikhianati berbalik meneror Federasi dan mengambil alih USS Vengeance untuk balas dendam.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Selain itu juga diterbitkan buku-buku novel dengan tokoh-tokoh dari berbagai seri Star Trek. Novel-novel ini ditulis oleh berbagai kalangan dan ceritanya tidak selalu konsisten dengan cerita "resmi" dari seri TV dan film layar lebar. Juga terdapat berbagai permainan video dan boneka, kostum dan perlengkapan seperti yang digunakan para tokoh Star Trek, misalnya pistol phaser, alat komunikasi dan lain-lain.


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  • Asherman, Allan (1981). The Star Trek Compendium. New York: Simon & Schuster. ISBN 0671791451. 
  • Barad, Ph. D., Judith; Robertson, Ed (2000). The Ethics of Star Trek. HarperCollins. ISBN 0060195304. 
  • Edited By (1996). In Harrison, Taylor; Projansky, Sarah; Ono, Kent A.; Helford, Elyce Rae. Enterprise Zones: Critical Positions on Star Trek. Boulder: Westview Press. ISBN 0813328993. 
  • Ellison, Harlan (1996). City on the Edge of Forever. Borderlands Press. ISBN 1880325020. 
  • Gerrold, David (1973). The Trouble with Tribbles. New York: Ballantine. ISBN 0345234022. 
  • Gerrold, David (1984) [1973]. The World of Star Trek—Revised Edition (ed. Bluejay Books). Ballantine Books. ASIN B000JWHTXU. 
  • Greenwald, Jeff (1998). Future Perfect: How Star Trek Conquered Planet Earth. Viking Press. ISBN 0670873993. 
  • Johnson-Smith, Jan (2005). American Science Fiction TV: Star Trek, Stargate and Beyond. I B Tauris & Co Ltd. ISBN 1860648827. 
  • Krauss, Lawrence M (1995). The Physics of Star Trek. Basic Books. ISBN 0465005594. 
  • Lake, M.N. (2005). Picard: The Academy Years. Dragon Publishing. 
  • Lichtenberg, Jacqueline; Marshak, Sondra; Winston, Joan (1975). Star Trek Lives!. Toronto: Bantam Books. ISBN 0552099147. 
  • McIntee, David (2000). Delta Quadrant—The Unofficial Guide to Star Trek Voyager. London: Virgin. ISBN 0753504367. 
  • Nichols, Nichelle (1994). Beyond Uhura. Putnam. ISBN 0679435093. 
  • Sackett, Susan (2002). Inside Trek: My Secret Life with Star Trek Creator Gene Roddenberry. Hawk Publishing Group. ISBN 1930709420. 
  • Shatner, William; Kreski, Chris (1993). Star Trek Memories. HarperCollins. ISBN 0060177349. 
  • Shatner, William; Kreski, Chris (1994). Star Trek Movie Memories. HarperCollins. ISBN 0060176172. 
  • Shatner, William; Kreski, Chris (1999). Get a Life!. New York: Pocket Books. ISBN 0671021311. 
  • Shatner, William; Walter, Chip (2002). I'm Working on That: A Trek from Science Fiction to Science Fact. New York: Pocket Books. ISBN 067104737X. 
  • Solow, Herbert F.; Justman, Robert H. (1996). Inside Star Trek: The Real Story. New York: Pocket Books. ISBN 0671896288. 
  • Trimble, Bjo (1983). On the Good Ship Enterprise: My 15 Years with Star Trek. Donning Starblaze. ISBN 0898652537. 
  • Turnbull, Gerry (1979). A Star Trek Catalog. Grosset & Dunlap. ISBN 0441784771. 
  • Whitfield, Stephen PE; Roddenberry, Gene (1968). The Making of Star Trek. New York: Ballantine Books. OCLC 23859. 
  • Winston, Joan (1977). The Making of the Trek Conventions. Garden City, NY: Doubleday Books/Playboy Press. ISBN 0385131127. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]