Benjamin Sisko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Benjamin Sisko

Benjamin Lafayette Sisko, diperankan oleh Avery Brooks, adalah karakter utama dari serial televisi Star Trek: Deep Space Nine. Sisko terkenal sebagai komandan Deep Space Nine. Ia juga turut berpartisipasi dalam Pertempuran Wolf 359 serta merupakan pemain kunci dalam Perang Dominion

Sejarah Karakter[sunting | sunting sumber]

Sejarah karier dan hidup[sunting | sunting sumber]

Lahir pada tahun 2332 di New Orleans, Louisiana, Benjamin adalah anak dari Joseph Sisko, seorang chef dan pemilik dari restoran "Sisko's Creole Kitchen," biasa disebut "Sisko's". Ibu kandungnya adalah seorang manusia bernama Sarah. Namun, Sarah sebenarnya dirasuki oleh salah satu dari Bajoran Prophets (mahluk dari Bajoran wormhole), yang memanipulasi Sarah agar menikah dengan Joseph dan melahirkan Benjamin. Sarah dan Joseph hidup bahagia sebagai suami-istri hingga Sarah menghilang dua hari setelah ulang tahun Ben, saat makhluk hidup yang merasuki Sarah meninggalkan tubuh Sarah. Sarah meninggal dalam sebuah kecelakaan beberapa minggu sesudahnya. Joseph akhirnya bertemu dan menikah dengan wanita lain yang akhirnya membesarkan Benjamin seperti anaknya sendiri. Benjamin tidak mengetahui fakta mengenai hal tersebut hingga ia dewasa dan lama setelah ia bertemu dengan Bajoran Prophets.[1] Ben memiliki seorang saudara perempuan bernama Judith, dan setidaknya dua saudara laki-laki.

Sisko masuk ke Starfleet Academy pada tahun 2350. Selama tahun sophomore-nya, ia sedang ada dalam tugas lapangan di Starbase 137. Ia bertemu dengan seorang wanita bernama Jennifer di Babylon, New York, tepatnya di Gilgo Beach. Beberapa waktu setelah lulus dari Starfleet Academy, keduanya menikah dan memiliki seorang anak bernama Jake.[2]

Sebagai seorang petugas Starfleet yang sedang naik daun, Sisko memiliki seorang mentor bernama Curzon Dax, seorang Trill yang sudah joined dan melayani sebagai duta besar Federation untuk Klingon Empire, saat keduanya ditugaskan di USS Livingston pada awal karir Sisko. Hubungan simbiosis antara joined Trill menjadi aspek yang signifikan untuk hubungan Sisko dengan opsir sainsnya di stasiun DS9 yang bernama Jadzia Dax. Jadzia mewarisi Dax symbiont dari Curzon. Begitu pula konselor DS9, Ezri Dax, yang juga mewarisinya setelah kematian Jadzia.

Sisko bertugas di USS Okinawa dibawah Captain Leyton, yang melihat potensi kepemimpinan opsir tersebut; Leyton mempromosikan Sisko menjadi Lieutenant Commander dan menjadikan Sisko executive officer. Dalam assignment inilah Sisko dan Leyton berperang dalam perang antara Federation dan Tzenkethi.[3]

Sisko akhirnya dipindahkan ke USS Saratoga sebagai first officer-nya. Di awal tahun 2367, Saratoga adalah salah satu dari 40 kapal Starfleet yang berpatisipasi di Battle of Wolf 359 melawan Borg. Sebagai usaha untuk mengetahui tentang pertahanan Starfleet, Borg mengassimilasi Kapten Jean-Luc Picard dari U.S.S. Enterprise, registry NCC-1701-D, dan membuat sebuah drone Borg yang dikenal dengan nama Locutus. Dalam pertempuran tersebut, 39 dari kapal-kapal Starfleet di Wolf 359 hancur dan diperkirakan sekitar 11,000 nyawa hilang; termasuk istri Sisko, Jennifer[2].

Kemudian, Sisko mendapat sebuah posisi di Utopia Planitia Fleet Yards di Mars, mengurus pembuatan kapal-kapal baru, termasuk USS Defiant, yang dibuat secara spesifik untuk menanggapi ancaman dari Borg.[4]

Deep Space Nine[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2369, Sisko ditugaskan ke sektor Bajor untuk memimpin stasiun Deep Space Nine dan untuk membantu perbaikan Bajor dari Pendudukan orang Cardassia yang baru saja usai, menggembalakan mereka ke kemungkinan mendapatkan keanggotaan United Federation of Planets. Sisko dan anaknya, Jake tinggal di stasiun luar angkasa DS9. Mengenali bahwa stasiun luar angkasa itu bukanlah suatu "lingkungan ideal" untuk memelihara seorang anak, Sisko memikirkan untuk mengundurkan diri dari tugasnya di Starfleet. Kehadiran Jean-Luc Picard, yang memberikan briefing misi tersebut menambah rasa tidak nyaman Sisko. Sisko terus memiliki rasa benci kepada Picard terhadap perannya, meskipun terpaksa, dalam kematian istrinya.

Pada kunjungan pertama Sisko ke Bajor, seorang Kai Bajoran, Opaka Sulan, menyebut dia sebagai "duta dari para Prophets" dan memberi dia salah satu dari Tears of the Prophets, Sebuah Orb yang bersinar dan misterius yang diceritakan berasal dari para Prophets Bajor. Dengan mempelajari orb tersebut dan fenomena luar angkasa yang terjadi di dekat Bajor, Jadzia Dax menemukan lokasi aktifitas yang tidak biasa di Denorios Belt. Setelah menyelidikinya, Dax dan Sisko menemukan lubang cacing pertama yang stabil; ujung dari lubang cacing tersebut berakhir di Kuadran Gamma. Setelah menggunakan lubang cacing tersebut untuk yang kedua kali, Sisko dan Dax bertemu dengan alien-alien misterius yang hidup di dalam lubang cacing itu. Para orang Bajoran yang religius percaya bahwa lubang cacing dan alien-alien itu adalah "candi surgawi" mereka dan Prophet. Alien-alien ini ada di luar waktu linear. Pertemuan Sisko yang pertama kali dengan alien-alien itu canggung dan sulit untuk kedua pihak; tapi pertemuan itu membantu Sisko untuk menyadari bahwa ia tidak pernah mengizinkan dirinya untuk pergi dari kepahitan dan kedukaan dari kehilangan istrinya, dan juga kemarahannya kepada Picard. Setelah keluar dari lubang cacing, Sisko mengambil kesempatan untuk maju dan memimpin DS9 dan mengadopsi sikap yang lebih tidak bermusuhan kepada Picard sebelum keberangkatannya.

Setelah DS9 dipindahkan ke pinggiran lubang cacing untuk mengklaimnya sebagai milik Bajor, stasiun itu menjadi tempat perkumpulan aktivitas sains, komersial dan politik yang baru.

Penemuan lubang cacing memperkuat gagasan Opaka dan orang-orang Bajor lain bahwa Sisko adalah Emissary of the Prophets, sebuah gelar dan tanggung jawab yang pada awalnya tidak disukai Sisko. Namun, Sisko akhirnya menghangat dan akhirnya memeluk perannya yang telah ditakdirkan dalam kepercayaan orang Bajor.

Saat Sisko memimpin Defiant ke dalam lubang cacing untuk mencegat sebuah armada Dominion, para Prophet ikut campur. Sisko, pada titik ini, belum memenuhi takdirnya; untuk memastikan Sisko tetap hidup, para Prophet menghapus para pasukan Dominion dari keberadaan mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Episode "Shadows and Symbols"; Star Trek: Deep Space Nine, Episode 2 dari Season 7
  2. ^ a b Episode "Emissary"; Star Trek: Deep Space Nine, Episode 1 of Season 1
  3. ^ Episodes "Homefront" & "Paradise Lost"; Star Trek: Deep Space Nine, Episodes 10 & 11 of Season 4
  4. ^ Episodes The Search parts I & II; Star Trek: Deep Space Nine, Episodes 1 & 2 of Season 3

Okuda, Mike and Denise Okuda, with Debbie Mirek (1999). The Star Trek Encyclopedia. Pocket Books. ISBN 0-671-53609-5. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]