United Federation of Planets

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo United Federation of Planets

United Federation of Planets (juga dikenal sebagai "Federation", "Federasi" atau UFP) adalah negara federal antar planet yang ada di film Star Trek. Dalam film seri televisi maupun film layar lebar, pada tahun 2737 Federation dideskripsikan sebagai negara federal republik yang memiliki lebih dari 150 anggota planet dan ribuan koloni yang tersebar seluas 8,000 tahun cahaya di Galaksi Bimasakti. United Federation of Planets memiliki angkatan perang sendiri yang bernama Starfleet.

Starfleet memiliki anggota dari berbagai spesies makhluk hidup dari planet-planet anggota federasi.

Perang yang melibatkan United Federation of Planets[sunting | sunting sumber]

United Federation of Planets pernah terlibat peperangan dengan negara-negara lain di galaksi seperti: Klingon Empire, Romulan Star Empire, Cardassian Union, Borg, dan Dominion.

Perang Cardassian[sunting | sunting sumber]

Konflik antaar Federation dengan Cardassian menyebabkan perang yang berkepanjangan. Salah satu insiden dalam konflik ini adalah pembunuhan warga negara sipil Federation di Setlik III pada tahun 2347. Sebuah perjanjian tercapai dan Zona Demiliterasi dibuat pada tahun 2370. Namun, sebagian koloni Federation dan Cardassian terletak dalam posisi yang terbalik; koloni Federation ada di wilayah Cardassian, dan sebaliknya. Akhirnya, sebuah kesepakatan tercapai untuk memindahkan koloni-koloni tersebut. Namun, beberapa orang menentang kesepakatan tersebut dan membentuk Maquis, sebuah gerakan separatis yang menentang Cardassian.

Pertengahan Abad ke-24[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2365, Federation mendapat kontak formal dengan Borg Collective, yang membahayakan eksistensi Federation di Pertempuran Wolf 359. Konflikk lain adalah:

  • Perang sipil Klingon
  • Kontak pertama dengan Q, dan
  • Insiden-insiden perjalanan waktu.

Dari tahun 2363 ke 2371, USS Enterprise-D melayani sebagai kapal pemimpin Federation.

Dari tahun 2373 ke 2375, Federation berperang dalam Perang Dominion. Ini adalah konflik terbesar dimana Federation terlibat. Federation beraliansi dengan Klingon dan Romulan melawan angakatan perang Dominion, Cardassians, dan Breen. Federation,Klingon,Romulan memenangkan perang tersebut, akan tetapi jatuh korban yang sangat besar di kedua belah pihak.

Masa Depan[sunting | sunting sumber]

Perang Dingin Waktu, dilaksanakan sepanjang waktu termasuk abad ke-28 dan ke-31.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]