Enterprise (Star Trek)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari USS Enterprise (NCC-1701))

Enterprise atau USS Enterprise adalah nama wahana antariksa fiksi dalam film-film seri dan film-film layar lebar Star Trek yang dibuat oleh Gene Roddenberry. Sampai saat ini terdapat delapan pesawat luar angkasa dengan nama Enterprise yang berbeda:

Era pra-Federasi[sunting | sunting sumber]

Dua kapal antariksa dengan nama Enterprise sudah ada sebelum United Federation of Planets dibentuk dalam sejarah fiksi Star Trek.

Enterprise XCV 330[sunting | sunting sumber]

Berkas:USS Enterprise (XCV 330).jpg
XCV 330

Kode registrasi: USS Enterprise (XCV 330)

Class: Declaration

Masa tugas: sekitar 2130an

Kapten: tidak diketahui

USS Enterprise (XCV 330) muncul pada film Star Trek: The Motion Picture (1979) sebagai bagian dari sederet ilustrasi dari kapal yang bernama Enterprise. Kapal tersebut juga muncul sebagai sebuah model dalam film Star Trek Into Darkness (2013), bersamaan dengan model Wright Flyer, sebuah roket V-2, pesawat Bell X-1, sebuah kapsul Vostok-3KA, kapal Space Shuttle orbiter, dan beberapa kapal angkasa dari dunia Star Trek. Sebuah lukisan dari kapal tersebut dipajang pada 602 Club di Bumi dalam kilas balik pada episode Star Trek: Enterprise "First Flight" (2003).

Sumber Non-kanon memberikan detail tambahan pada buku: Star Trek Spaceflight Chronology tahun 1979 yang mendeskripsikan kapal tersebut sebagai "kapal antar bintang pertama" sebagai kapal kelas Declaration yang diluncurkan di tahun 2123.[1] Kapal tersebut memiliki panjang 300 meter (980 ft), dan berkapasitas 100 kru dan 850 penumpang.[1] Star Trek Maps oleh New Eye Photography Editors, juga dipublikasikan di tahun 1979, mendaftarkan kapal tersebut sebagai kapal nirawak bertenaga fusi yang merupakan percobaan pertama dari Bumi untuk menjelajahi tata surya lain. The Making of Star Trek: The Motion Picture, dipublikasi di tahun 1980, menjelaskan kapal tersebut sebagai "kapal angkasa U.S.S. Enterprise paling pertama".[2]

Enterprise NX-01[sunting | sunting sumber]

NX-01

Kode registrasi: Enterprise (NX-01)
Kelas: NX
Masa tugas: 2151 – 2161 (10 tahun)
Kapten: Jonathan Archer (Scott Bakula)

Kapal Enterprise (NX-01) milik Armada Bintang (Starfleet) dan United Earth merupakan latar utama dari serial Star Trek: Enterprise (2001–2005). Enterprise merupakan kapal Warp Bumi pertama yang mampu mencapai Warp 5. Kapal tersebut dipimpin oleh Kapten Jonathan Archer dan memainkan peran penting dalam pembentukan aliansi pra-Federasi. Enterprise mengalami beberapa konfrontasi dengan para Klingon, Suliban, Xindi dan Romulan dan menjadi peran utama dalam "Perang Dingin Temporal". Kapal tersebut muncul sebagai sebuah model dalam film Star Trek Into Darkness. Pada 2401, Kapal tersebut terlihat mendapatkan refit dan dipajang di Museum Starfleet di orbit Athan Prime, pada musim ketiga dari serial Star Trek: Picard (2023).

Era Original Series[sunting | sunting sumber]

USS Enterprise NCC-1701[sunting | sunting sumber]

NCC-1701

Kode registrasi: USS Enterprise (NCC-1701)
Kelas: Constitution[3]
Masa tugas: 2245-2285 (40 tahun)
Kapten: Robert April (James Doohan (suara), Adrian Holmes), Christopher Pike (Jeffrey Hunter, Sean Kenney, Anson Mount), James T. Kirk (William Shatner), Willard Decker (Stephen Collins), Spock (Leonard Nimoy)

Enterprise pertama milik Federasi merupakan latar dari serial pertama Star Trek (1966–1969) dan Star Trek: The Animated Series (1973–74).[4] Setelah dibangun ulang dan mendapat refit, Enterprise kemudian kembali muncul pada film Star Trek: The Motion Picture (1979), Star Trek II: The Wrath of Khan (1982), dan Star Trek III: The Search for Spock (1984) di mana kapal tersebut dihancurkan oleh krunya untuk menghindari penangkapan.[4] Penggambaran dari kapal Enterprise terkadang muncul di serial Star Trek selanjutnya, sebelum diperkenalkan kembali sebagai latar utama pada serial prekuel Star Trek: Strange New Worlds, yang menceritakan perjalanan kapal tersebut satu dekade sebelum The Original Series.[5]

Detail penampilan kapal berbeda pada berbagai serial dan film yang menampilkannya. dalam episode pilot tahun 1965 "The Cage", yang di mana cuplikan dari episode tersebut digunakan pada kilas balik dari masa kepemimpinan Kapten Pike dalam episode "The Menagerie" (1966), anjungan kapal tersebut menampilkan atap kubah transparan yang tidak ada pada Original Series. Enterprise masa Kapten Pike yang dirancang ulang secara signifikan muncul pada musim kedua Star Trek: Discovery, berlatar beberapa tahun setelah kejadian pada episode "The Cage".[6] Desain baru untuk Enterprise, yang menyamai estetika dari kapal Discovery, pertama muncul di tahun 2018 di akhir episode terakhir musim 1,[6] dan kemudian menjadi latar utama dari serial Strange New Worlds.

ketika Enterprise muncul kembali pada film tahun 1979 Star Trek: The Motion Picture, kapal tersebut baru saja menyelesaikan refit tambahan dan perancangan ulang yang meliputi warp nacelles baru yang lebih ramping, tersambung dengan lambung kedua oleh penyangga seperti sayap miring.[7] Desain baru tersebut kemudian digunakan kembali pada kapal pengganti Enterprise, kapal serupa yang dinamai Enterprise dan nomor registrasi NCC-1701-A.

USS Enterprise NCC-1701-A[sunting | sunting sumber]

NCC-1701-A

Kode registrasi: USS Enterprise (NCC-1701-A)
Kelas: Constitution II[8][9]
Masa tugas: 2286-2293 (7 tahun)
Kapten: James T. Kirk (William Shatner)

Kapal tersebut pertama kali muncul di akhir film Star Trek IV: The Voyage Home (1986) dan menjadi latar utama dari film-film Star Trek selanjutnya yang menampilkan kru pada kapal pertama. Kapal tersebut diperintahkan oleh Starfleet untuk "dinonaktifkan" pada akhir film Star Trek VI: The Undiscovered Country (1991).[10] Pada tahun 2401, terlihat kapal tersebut terpajang di Museum Starfleet di orbit Athan Prime, pada musim ketiga Star Trek: Picard (2023). Informasi Non-canon terkait kapal tersebut meliputi dokumen pada kit model kapal, yang menandakan kapal tersebut dicadangkan pada museum kapal Memory Alpha, dan pada novel Shatnerverse The Ashes of Eden (1996), yang menggambarkan Enterprise-A dipindahkan dari armada cadangan sebelum dihancurkan ketika melindungi planetChal.

USS Enterprise NCC-1701-B[sunting | sunting sumber]

NCC-1701-B

Kode registrasi: USS Enterprise (NCC-1701-B)
Kelas: Excelsior (refit)[11]
Masa tugas: 2293-2329 (36 tahun)
Kapten: John Harriman (Alan Ruck), Demora Sulu (diperankan di film Generations oleh Jacqueline Kim)

Enterprise-B diluncurkan pada awal film Star Trek: Generations (1994). Selama perjalanan perdana kapal, sebelum kapal tersebut dipasang sistem penting, kru Enterprise-B menemukan gelombang energi yang dikenal sebagai Nexus, di mana James T. Kirk – Kapten dari dua mantan kapal Enterprise, NCC-1701 dan NCC-1701-A – secara resmi dilaporkan hilang dan dianggap tewas.[12]

Desain dari Enterprise-B mirip dengan USS Excelsior, yang pertama kali muncul pada film tahun 1984 Star Trek III: The Search For Spock.[13] Perbedaan antara Enterprise-B dan Excelsior diantaranya meliputi: lambung kapal di luar lambung kedua, tambahan mesin impuls yang lebih besar, dan perbedaan kecil dari nacelles dan juga modul di anjungan. Informasi Non-canon mengenai Enterprise-B meliputi novel Star Trek berlisensi di mana Demora Sulu, putri dari Hikaru Sulu, melanjutkan posisi Harriman sebagai Kapten. Terdapat juga panduan berlisensi, seperti Haynes Enterprise Manual, di mana terdapat daftar kapten yang meliputi Demora Sulu, William George, dan Thomas Johnson Jr.

Era The Next Generation[sunting | sunting sumber]

USS Enterprise NCC-1701-C[sunting | sunting sumber]

NCC-1701-C

Kode registrasi: USS Enterprise (NCC-1701-C)
Kelas: Ambassador
Masa tugas: 2332[14]-2344 (12 tahun)
Kapten: Rachel Garrett (Tricia O'Neil)

Satu-satunya kemunculan dari kapal tersebut adalah pada episode The Next Generation "Yesterday's Enterprise" (1990).[15] Kapal tersebut hancur setelah mencoba untuk melindungi pos terdepan Klingon di Narendra III dari serangan Romulan.[15] Para penyintas meliputi Tasha Yar (Denise Crosby), yang merupakan versi garis waktu alternatif dari "Yesterday's Enterprise" yang pergi dengan kapal tersebut untuk kembali ke masa lalu untuk bertempur di orbit Narendra III.[15] Tindakan dari kru Enterprise-C kemudian menjadi katalis untuk membentuk aliansi antara Federasi dengan Kekaisaran Klingon.[15]

USS Enterprise NCC-1701-D[sunting | sunting sumber]

NCC-1701-D

Kode registrasi: USS Enterprise (NCC-1701-D)
Kelas: Galaxy
Masa tugas: 2363-2371 (8 tahun)
Kapten: Jean-Luc Picard (Patrick Stewart), William Riker (Jonathan Frakes), Edward Jellico (Ronny Cox)

Latar utama dari Star Trek: The Next Generation (1987–1994).[16] Pada film Star Trek: Generations, Enterprise-D terdampar di tahun 2371 setelah diserang oleh kapal Bird-of-Prey Klingon milik pembelot Duras bersaudari yang menyebabkan kerusakan parah, yang berujung pada rusaknya inti warp. Walaupun bagian piringan dari kapal berhasil dipisahkan dengan bagian mesin kapal dengan selamat, gelombang kejut dari lambung mesin menyebabkan bagian piringan menjadi tidak terkendali, dan menyebabkan piringan tersebut jatuh di Veridian III.[16] Kapal tersebut juga muncul pad episode pertama Deep Space Nine "Emissary" dan episode terakhir Enterprise "These Are the Voyages...". Enterprise-D juga muncul pada segmen mimpi di episode pilot Star Trek: Picard, dan setelah bagian piringan diangkat dari Veridian III dan ditempatkan di Museum Armada, diketahui bahwa kapal tersebut dibangun ulang secara penuh oleh Komodor Geordi La Forge sebagai kapal yang dapat dijalankan secara penuh pada episode sebelum terakhir dari Picard, yang berlatar di tahun 2401. Pada episode terakhir, Enterprise-D bertempur dengan Borg untuk yang terakhir kali dan dikembalikan ke Museum Armada di tahun berikutnya.

USS Enterprise NCC-1701-E[sunting | sunting sumber]

NCC-1701-E

Kode registrasi: USS Enterprise (NCC-1701-E)
Kelas: Sovereign
Masa tugas: 2372-2384 (12 tahun)
Kapten: Jean-Luc Picard, Worf (Michael Dorn)

Latar utama dari film Star Trek: First Contact (1996), Star Trek: Insurrection (1998), dan Star Trek: Nemesis (2002). Kapal tersebut juga muncul pada episode terakhir musim 1 Star Trek: Prodigy (2022), berlatar di masa 2380an. Sebagai kapal kelas Sovereign, Enterprise-E merupakan kapal tercanggih Starfleet pada masa tersebut, dan ikut serta secara aktif dalam Pertempuran Sektor 001 dan Perang Dominion. Pada episode sebelum terakhir Picard, diketahui bahwa kapal tersebut tidak dapat digunakan untuk melawan Borg oleh sebab yang tidak diketahui.

USS Enterprise NCC-1701-F[sunting | sunting sumber]

NCC-1701-F

Kode registrasi: USS Enterprise (NCC-1701-F)
Kelas: Odyssey
Masa tugas: 2386–2401 (15 tahun)
Komandan: Laksamana Armada Elizabeth Shelby (Elizabeth Dennehy)

Enterprise-F muncul dalam musim 3 dari serial Star Trek: Picard (2023), berlatar di tahun 2401, di mana kapal tersebut disiapkan untuk dinonaktifkan setelah festival perayaan Frontier Day. Kapal tersebut muncul pertama kali pada permainan video non-canon , Star Trek Online, dan dirancang oleh desainer grafis dan seniman Adam Ihle sebagai bagian dari kompetisi untuk penggemar.

USS Enterprise NCC-1701-G[sunting | sunting sumber]

Kode registrasi: USS Enterprise (NCC-1701-G)
Kelas: Constitution III
Masa tugas: 2396–2401 sebagai USS Titan (5 tahun), 2402– sebagai USS Enterprise
Kapten: Seven of Nine (Jeri Ryan)

Awalnya dinamai USS Titan (NCC-80102-A), Enterprise-G muncul pada musim 3 dari serial Star Trek: Picard (2023), yang berlatar di tahun 2401. Kapal tersebut diaktifkan kembali dengan nama Enterprise setelah pertempuran terakhir dengan Borg dan dinonaktifkannya kapal Enterprise-F.

Garis waktu alternatif[sunting | sunting sumber]

Berkas:EnterpiseDALtTIME.jpg
NCC-1701-D refit

Kode registrasi: USS Enterprise (NCC-1701-D)
Kelas: Galaxy refit
Masa tugas: sekitar 2395
Kapten: Laksamana Penuh William T. Riker (Jonathan Frakes)

Pada "All Good Things...", episode terakhir dari serial Star Trek: The Next Generation, Enterprise-D muncul dalam masa depan alternatif di mana kapal tersebut tidak jatuh pada kejadian di film Star Trek: Generations, dan sebaliknya menjadi kapal pribadi dari Laksamana William T. Riker. Nacelle warp ketiga ditambahkan agar kapal tersebut setidaknya dapat mencapai Warp 13, dan Enterprise-D juga dipasangi tombak phaser tulang belakang, meriam phaser besar pada bagian piringan, dan kemampuan untuk menyelubung, menjadikan kapal tersebut sebagai salah satu kapal angkasa terkuat di seri Star Trek.[17]

USS Enterprise NCC-1701-J[sunting | sunting sumber]

NCC-1701-J

Kode registrasi: USS Enterprise (NCC-1701-J)
Kelas: Universe
Masa tugas: abad ke-26
Kapten: tidak diketahui

Episode "Azati Prime" dari serial Star Trek: Enterprise melibatkan perjalanan waktu dan menampilkan adegan di mana Enterprise-J muncul. Enterprise-J beroperasi pada salah satu kemungkinan garis waktu di abad ke-26. Pada garis waktu tersebut, Enterprise-J ikut serta dalam Pertempuran Procyon V, sebuah pertempuran penting di mana Federasi berhasil mendorong mahluk trans-dimensi invasif bernama Sphere Builders kembali ke dimensi mereka. Kru dari kapal tersebut diantaranya termasuk petugas sains keturunan Xindi bernama Degra.[18]

Permainan (non-canon)[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Goldstein, Stan; Fred Goldstein; Rick Sternbach (1980). Star Trek, Spaceflight Chronology: The Human Adventure Beyond Our World—from the First Small Steps to the Voyage of the New U.S.S. Enterprise in the Twenty-Third Century. New York: Pocket Books. hlm. 112. 
  2. ^ Sackett, Susan; Roddenberry, Gene (1980). The Making of Star Trek: The Motion Picture. Pocket Books. hlm. 93. ISBN 978-0-671-25181-9. 
  3. ^ "General Plans – Constitution Class: U.S.S. Enterprise". Star Trek Blueprints. CBS Paramount. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-14. The following ships of this class were constructed under authorization of the original articles of the United Federation of Planets ... Enterprise – NCC-1701 
  4. ^ a b Asherman, Allan (1993). The Star Trek Compendium. Titan. ISBN 978-1-85286-472-9. 
  5. ^ Goldberg, Lesley (May 15, 2020). "'Star Trek' Pike and Spock Series Set at CBS All Access". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 15, 2020. Diakses tanggal May 16, 2020. 
  6. ^ a b Adams, Nathan (March 24, 2018). "7 Things We Learned About 'Star Trek: Discovery' Season 2 at WonderCon 'Visionaries' Panel". TrekMovie.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-08-26. USS Enterprise design evolved and grew to match Discovery universe — Production designer Tamara Deverell and VFX supervisor Jason Zimmerman offered some insights into the approach for developing the look of the USS Enterprise seen at the end of the season one finale:
    Tamara Deverell: For the Enterprise, we based it initially off of The Original Series. We were really drawing a lot of our materials from that. And then we particularly went to more of the Star Trek movies, which is a little bit fatter, a little bit bigger. Overall, I think we expanded the length of it to be within the world of our Discovery, which is bigger, so we did cheat it as a larger ship.
    Jason Zimmerman: It starts with them giving us designs to work with and then there is a lot of back and forth between VFX and [Tamra's] department to make sure that we get everything right. There were a lot of conversations and more emails than I could remember about how the design would evolve and sort of match our universe, and that is how we sort of arrived where we are now.
     
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Syfy2019
  8. ^ "Star Trek: The Motion Picture Official Blueprints". CBS Paramount. hlm. 1. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-02-06. The refitted Enterprise is more powerful than any vessel in Starfleet because of its linear inter-mix chamber, which not only boosts the magnatomic-initiator stage of the new nacelles, but also fires directly into the deflection crystal of the new nacelles. 
  9. ^ "Star Trek: The Motion Picture Official Blueprints". CBS Paramount. hlm. 6. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-02-06. Normally patrolling in 'packs' of three, the cruisers are deadly for a single Federation starship. The new Enterprise class, however, promises to even those odds. 
  10. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama compendium2
  11. ^ "Enterprise-B, U.S.S." StarTrek.com. CBS Paramount. Diakses tanggal 2009-05-20. An upgrade of the Excelsior-class 
  12. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Encyc
  13. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Syfy20192
  14. ^ Bick, Ilsa J. (November 2003). Star Trek: The Lost Era: Well of Souls. Pocket Books. ISBN 0-7434-6375-7. 
  15. ^ a b c d Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Encyc2
  16. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Encyc3
  17. ^ "Star Trek: The 20 Most Powerful Ships In The Galaxy, Ranked". CBR (dalam bahasa Inggris). 2018-12-17. Diakses tanggal 2019-07-10. 
  18. ^ "Azati Prime". StarTrek.com. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Conway2013" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Dunlop2009" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fordham2009" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Joyce" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "McGorry2009" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "McKinnon" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NASA-Kennedy" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Navaroli" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Pachal" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ParamountExperience" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Phillips2014" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Revell" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Robertson2009" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ShipDesign" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "TNGTechManual" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Tyson2012" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Tyson2015" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.