Star Trek: Insurrection

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Star Trek: Insurrection
Star Trek IX.jpg
Poster
Sutradara Jonathan Frakes
Produser Rick Berman
Penulis Rick Berman, Michael Piller, Gene Roddenberry
Musik Jerry Goldsmith
Sinematografi Matthew F. Leonetti
Penyunting Peter E. Berger
Distributor Paramount Pictures
Tanggal rilis 11 Desember 1998 (1998-12-11)
Durasi 103 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $58.000.000
Didahului oleh Star Trek: First Contact
Diikuti oleh Star Trek: Nemesis

Star Trek: Insurrection adalah sebuah film fiksi ilmiah yang dibuat pada tahun 1998 di Amerika Serikat. Film ini adalah film layar lebar Star Trek yang ke-9. Apabila dibandingkan dengan film layar lebar Star Trek yang lain, film ini adalah film ke-3 yang memiliki karakter yang sama dengan film seri televisi Star Trek: The Next Generation, dan film pertama yang menggunakan efek digital sepenuhnya alias tidak menggunakan model fisik.

Star Trek: Insurrection menceritakan tentang pemberontakan awak USS Enterprise (NCC-1701-E) terhadap Starfleet karena Starfleet telah mengadakan konspirasi dengan spesies Son'a untuk mencuri planet milik spesies Ba'ku.

Alur Cerita[sunting | sunting sumber]

Letnan Komandan Data (Star Trek) kehilangan kendali ketika sedang mengobservasi planet milik spesies Ba'ku sehingga kehadiran Federasi dan spesies Son'a diketahui penduduk setempat. Admiral Matthew Dougherty meminta bantuan kepada USS Enterprise (NCC-1701-E) untuk menangkap dan memperbaiki Data. Kapten Jean-Luc Picard dan Worf berhasil mengatasi insiden tersebut. Namun, tanpa alasan yang jelas, Admiral Dougherty memerintahkan Enterprise untuk meninggalkan areal tersebut. Padahal, Kapten Picard dan krunya sedang menyelidiki penyebab kerusakan data.

Dalam investigasinya, Kapten Picard meyadari bahwa spesies Ba'ku sadar akan pentingnya teknologi, akan tetapi mereka lebih memilih hidup harmonis dengan alam dibandingkan bekerja setiap hari guna mengembangkan teknologi. Hal ini diketahui dari jawaban terhadap pertanyaan Kapten Picard kepada pemimpin informal Ba'ku, Anij, "Apakah kalian memiliki kemampuan warp?". "Kemampuan, ya, tapi apakah fungsi dari kemampuan tersebut selain membawa kami pergi dari sini?" Selain itu, spesies Ba'ku ternyata jauh lebih tua daripada penampilan mereka.

Geordi melihat matahari terbit dengan matanya yang normal

Sementara itu, awak Enterprise mulai mengalami beberapa efek regenerasi yang aneh. Geordi LaForge tidak buta lagi. Hubungan Riker dengan Troi membaik, bahkan keduanya saling mencintai. Bahkan, Kapten Picard memiliki perasaan romantis terhadap Anij. Ternyata, semua itu disebabkan karena radiasi partikel metafisik yang dihasilkan dari planet tempat spesies Ba'ku tinggal, tepatnya di Briar Patch. Partikel metafisik tersebut terkonsentrasi di orbit planet yang menyebabkan efek-efek tersebut, dan juga menghalangi sinyal komunikasi ke galaksi lainnya.

Kru Enterprise juga menemukan sebuah pesawat hologram yang meniru desa Ba'ku. Kerusakan Data ditengarai disebabkan oleh pesawat hologram ini. Ternyata, pesawat ini disiapkan Admiral Dougherty untuk memindahkan Ba'ku tanpa mereka sadari ke planet lainnya agar federasi dan Son'a dapat mengambil partikel radiasi metafisik. Menyadari rencananya terbongkar, Admiral Dougherty memerintahkan USS Enterprise untuk meninggalkan areal tersebut saat itu juga.

Kapten Picard memerintahkan Komandan Riker untuk membawa Enterprise keluar dari Briar Patch agar dapat memberitahukan masalah tersebut kepada Federasi dan ia sendiri turun ke planet Ba'ku untuk mengevakuasi para Ba'ku ke sebuah gua yang aman dari penculikan Son'a. Namun, banyak Ba'ku yang hilang diculik oleh Son'a dengan robot mereka, termasuk Kapten Picard. Sementara itu, pemimpin Son'a Adhar Ru'afo memerintahkan dua pesawatnya untuk mengejar Enterprise. Komandan Riker berhasil menghancurkan salah satu pesawat dan menimbulkan kerusakan fatal pada pesawat kedua.

Sementara itu, Kapten Picard sedang dipindahkan ke sebuah ruangan yang tidak aman dari efek pengambilan partikel radiasi metafisik. Kapten Picardpun memberi tahu bahwa DNA Son'a dan Ba'ku sama dengan harapan konflik akan segera selesai. Namun, walaupun rencana Ru'afo terbongkar sepenuhnya, dan ternyata Son'a dan Ba'ku adalah ras yang sama, Ru'afo tetap pada rencananya untuk mengambil partikel radiasi metafisik dari Briar Patch. Bahkan, Ru'afo membunuh Admiral Dougherty yang berbalik tidak setuju untuk melanjutkan rencananya. Ru'afo tidak peduli sama sekali bahwa Ba'ku adalah keluarga dari Son'a.

Gagal, Kapten Picardpun mengakali Son'a. Ia meminta Data agar mengalihkan perhatian Son'a dengan menyerang pesawat mereka. Serangan tersebut hanya memberikan kerusakan kecil, akan tetapi memaksa Ru'afo untuk menata pelindung pesawatnya dari awal agar pengambilan partikel metafisik dapat dilangsungkan. Saat pelindung pesawat diaktifkan ulang dari awal, terdapat sedikit senggang waktu yang dimanfaatkan Picard untuk memindahkan Ru'afo dan anak buahnya ke pesawat hologram yang berada di planet Ba'ku. Saat partikel radiasi metafisik gagal diambil, Ru'afo baru menyadari bahwa ia dan krunya telah ditipu. Iapun mengembalikan dirinya ke pesawat untuk memulai proses pengumpulan partikel radiasi metafisik secara manual. Usaha Ru'afo berhasil digagalkan Kapten Picard, dan Kapten Picard memusnahkan alat pengambil partikel sekaligus membunuh Ru'afo.

Awak Enterprise meninggalkan planet Ba'ku

Akhirnya, Ba'ku memaaafkan Son'a dan menerima mereka untuk tinggal bersama di Briar Patch. Awak Enterprisepun meninggalkan planet Ba'ku.

Aktor/Aktris[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Produksi Star Trek: Insurrection dimulai dengan tahap pembuatan gambar oleh Herman Zimmerman dan ilustrator John Eaves pada Januari 1998. Banyak pihak yang melakukan pekerjaan ganda dalam pembuatan film ini, seperti Sutradara Jonathan Frakes sebagai Komandan Riker, sedangkan Patrick Stewart sebagai Kapten Picard dan produser. Star Trek: Inssurection tidak diproduksi di Industrial Light & Magic karena bersamaan dengan produksi Star Wars: The Phantom Menace, melainkan di Blue Sky Studios dan Santa Barbara Studios. Semua efek dikerjakan secara digital, kecuali efek ledakan pesawat pengumpul partikel radiasi metafisik Son'a yang masih menggunakan model fisik.

Musik[sunting | sunting sumber]

Komposer Insurrection adalah Jerry Goldsmith yang sudah berpengalaman menangani musik film Star Trek.[1] Jerry menggunakan tema mars yang digunakan saat kehadiran bangsa Klingon dari film Star Trek: The Motion Picture dengan tambahan tema dan variasi. Suasana Ba'ku yang damai digambarkan dengan paduan suara harpa, string, dan woodwind.

Goldsmith menggunakan musik brass yang repetitif, diambil dari Capricorn One untuk membangkitkan suasana tegang saat adegan mengamati Ba'ku dalam keadaan tidak terlihat. Musik tiba-tiba berhenti saat Data mulai menembak. Musik ini memadukan dentingan piano, perkusi, dan brass.[2]

Goldsmith tidak membuat musik yang memposisikan Son'a sebagai antagonis, sebagaimana Son'a dan Ba'ku adalah spesies yang sama. Musik yang digunakan pada klimaks Star Trek: Insurrection mirip dengan lagu Star Trek: The Motion Picture.

Respon[sunting | sunting sumber]

Star Trek: Insurrection mendapat pujian maupun kritik. Roger Ebert dan Gene Siskel memiliki pendapat yang bertentangan mengenai film ini. Roger Elbert memberikan one thumb down karena menurutnya moral dalam film ini tidak baik. Ia tidak setuju dengan keputusan untuk melindungi 600 Ba'ku dibandingkan kepentingan jutaan rakyat Federasi. Tapi Siskel memberikan one thumb up. Setelah Siskel meninggal tak lama setelah menonton Star Trek: Insurrection, istrinya mengatakan bahwa film tersebut adalah satu-satunya film Star Trek yang Siskel benar-benar sukai.[3]


Pendapatan[sunting | sunting sumber]

Star Trek: Insurrection mencapai pendapatan $70,167,658 di Amerika Serikat dan $112,600,000 di seluruh dunia, jauh lebih banyak dibandingkan biaya produksi sebesar $58,000,000.[4]

Permainan[sunting | sunting sumber]

Walaupun tidak sepenuhnya berhubungan, permainan video komputer Star Trek: Hidden Evil adalah sekuel dari film ini dan episode The Chase (Star Trek: The Next Generation).

Adengan yang dihapus[sunting | sunting sumber]

Quark pada Star Trek IX: Insurrection

Beberapa adegan dihapus sebelum peluncuran perdana film ini:

  1. Adegan saat Riker dan Deanna Troi melempar bola kertas di perpustakaan,
  2. Adegan saat Jean-Luc Picard dan Anij berciuman,
  3. Adegan saat Jean-Luc Picard menumpahkan keju di atas sebuah PADD yang menunjukkan Briar Patch,
  4. Adegan pelepasan inti mesin warp,
  5. Adegan Data melaporkan kapal kecil USS Enterprise dalam keadaan darurat, adegan ini menjelaskan mengapa kapal tersebut tidak ada di akhir cerita,
  6. Adegan saat Data memukul dan mencakar beberapa Son'a di Ba'ku,
  7. Adegan jatuhnya Ru'afo ke planet Ba'ku dan menjadi anak-anak setelah kalah berkelahi dengan Picard, dan
  8. Kemunculan Armin Shimerman sebagai Quark di akhir film.[5]

Banyak adegan tersebut yang hanya disertakan di edisi kolektor 2005 sebagai tambahan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  • Bond, Jeff (1999). The Music of Star Trek. Lone Eagle Publishing Company. ISBN 1580650120. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]