Hubungan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Contoh interaksi (menjalin hubungan) untuk membentuk pengertian

Hubungan (bahasa Inggris:Relationship) adalah kesinambungan interaksi antara dua orang atau lebih yang memudahkan proses pengenalan satu akan yang lain.[1] Hubungan terjadi dalam setiap proses kehidupan manusia.[1] Hubungan dapat dibedakan menjadi hubungan dengan teman sebaya, orangtua, keluarga, dan lingkungan sosial.[1] Secara garis besar, hubungan terbagi menjadi hubungan positif dan negatif.[1] Hubungan positif terjadi apabila kedua pihak yang berinteraksi merasa saling diuntungkan satu sama lain dan ditandai dengan adanya timbal balik yang serasi.[1] Sedangkan, hubungan yang negatif terjadi apabila suatu pihak merasa sangat diuntungkan dan pihak yang lain merasa dirugikan.[2] Dalam hal ini, tidak ada keselarasan timbal balik antara pihak yang berinteraksi.[2] Lebih lanjut, hubungan dapat menentukan tingkat kedekatan dan kenyamanan antara pihak yang berinteraksi.[1] [2] Semakin dekat pihak-pihak tersebut, hubungan tersebut akan dibawa kepada tingkatan yang lebih tinggi.[1].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g Mutually Benefit Realtionship. Diakses 16 Juni 2010.
  2. ^ a b c Poeze, Harry A, Dijik, van Cornelis, dan Meulen, Inge van der. 2008. Di Negeri Penjajah: Orang Indonesia di Negeri Belanda, 1600-1950. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia. Hal 196-197. ISBN 979-9101-23-9, 9789799101235.

Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.