SimCity 4

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SimCity 4
Sc4box.jpg
Kotak permainan versi Amerika Utara, versi PC
Pengembang Maxis
Penerbit Electronic Arts (Windows)
Aspyr Media (Mac)
Perancang Joseph Knight
Michael McCormick
Seri SimCity
Aplikasi dasar permainan Kostum
Versi 1.0.2
Platform Windows
Mac OS X
Tanggal rilis PC 14 Januari, 2003

[1]
Mac 20 Juni, 2003 [2]

Genre Simulasi pembangunan kota
Mode Satu pemain
Rating ESRB: E
OFLC: G
PEGI: 3+
Media digital/distribusi 2x CD
Kebutuhan sistem

SimCity 4 (SC4) adalah permainan simulasi pembangunan kota yang diproduksi oleh Maxis, anak perusahaan Electronic Arts. Permainan ini dirilis pada 14 Januari, 2003 dan merupakan permainan keempat dari seri SimCity. SimCity 4 memiliki sebuah paket tambahan bernama Rush Hour yang menambahkan fitur baru pada permainan. Pada SimCity 4: Deluxe Edition terdapat permainan asli dan tambahan Rush Hour yang digabungkan menjadi satu produk.

Pada permainan ini pemain dapat membuat sebuah kawasan dengan membentuk tanah di sekitarnya, dan kemudian mendesain dan mengembangkan sebuah pemukiman yang nantinya akan menjadi sebuah kota besar. Pemain juga dapat meletakkan zona untuk membangun daerah komersial, industrial, atau perumahan, dan juga membangun dan memperbaiki layanan umum, transportasi dan utilitas. Agar sukses pemain juga harus mengurus keuangan, lingkungan, dan kualitas kehidupan bagi para penduduknya. SimCity 4 memperkenalkan perputaran siang malam dan beberapa efek spesial lainnya untuk pertama kalinya dalam seri SimCity. Terdapat peralatan seperti Building Architect Tools (BAT) sehingga pemain dapat membangun gedung dan isian dari pihak ketiga.

SimCity 4 dipuji karena merupakan permainan SimCity yang menggunakan grafik 3D untuk permainan. Permainan ini juga mendapat sambutan baik, dan memenangkan beberapa penghargaan, juga merupakan salah satu dari sepuluh permainan komputer terbaik pada tahun 2003.[3] Namun permainan ini juga dikritik karena sulitnya permainan dan juga performa komputer yang menurun.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan regional[sunting | sunting sumber]

Sekumpulan kota, menggunakan penglihatan regional.

Seperti permainan SimCity sebelumnya, Di SimCity 4 para pemain berperan sebagai seorang wali kota (atau beberapa wali kota), yang ditugaskan untuk mengubah lahan di sekitarnya menjadi sebuah kota, dan juga mengisi kebutuhan para Sim yang berada di kota tersebut. Pada permainan ini, kota terletak di sebuah wilayah luas yang dibagi menjadi bagian, yang kesemuanya dapat dibangun. Pemain dapat membuat kota di tiga jenis luas bagian, yaitu kecil, sedang, dan besar. Jika diukur pada kehidupan nyata, bagian yang terkecil memiliki luas 1 kilometer, sedangkan yang terbesar memiliki luas sebesar 4 kilometer.[4]

Mode permainan[sunting | sunting sumber]

Ketika bermain, permainan dapat diubah menjadi tiga bagian. Mode Tuhan dapat dimainkan sebelum mendirikan atau menamai kota, sedang Mode Walikota dan Mode MySim dapat dimainkan setelah mendirikan kota.

Mode Tuhan (God Mode)[sunting | sunting sumber]

Yang pertama adalah Mode Tuhan (God Mode), pada mode ini para pemain dapat membentuk tanah tempat kota. Mode ini juga dapat memicu terjadinya bencana alam, termasuk tornado dan gempa bumi, dan lain-lain. Selain itu mode Tuhan juga dapat digunakan untuk merekonsiliasi sisi tepian kota dan mengubah siang/malam. Tetapi beberapa fitur Mode Tuhan tidak dapat digunakan lagi setelah kota didirikan (diberi nama) kecuali untuk bagian bencana. Fitur ini juga dapat diaktifkan kembali walaupun setelah kota didirikan dengan menggunakan Cheat atau Mod.

Mode Walikota (Mayor Mode)[sunting | sunting sumber]

Mode Walikota (Mayor Mode) adalah fitur utama SimCity dimana pemain bermain sebagai wali kota untuk mengatur dan mensukseskan kota. Pemain dapat membangun jaringan transportasi, termasuk didalamnya, jalan, jalan tol, rel kereta api, rel kereta bawah tanah (subway), stasiun bus, dan lainnya.

Pemain mengatur area yang terdiri dari 3 wilayah/zona: residental, komersial, dan industrial yang akan menjadi wilayah pertumbuhan kota. kngen

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "SimCity 4". Amazon.com. 
  2. ^ "SimCity 4 (Mac)". Amazon.com. 
  3. ^ "The NPD group reports annual 2003 U.S. video game industry driven by console software sales". NPD Group. 
  4. ^ Quigley, Ocean; Robinson, D.B. (2003-06-17). "Creating regions in SimCity 4". Knowledge Base. SC4EVER.com. Diakses 2008-06-18. "A small city is a kilometer on a side" 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]