Sindikat kriminal Pokémon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Daftar dibawah ini merupakan daftar sindikat kriminal yang ada dalam serial waralaba media Pokémon.

Pokémon G1 dan G2[sunting | sunting sumber]

Team Rocket[sunting | sunting sumber]

Team Rocket (Roketto-Dan) merupakan sebuah organisasi kriminal yang dipimpin oleh Giovanni. Daerah operasi mereka meliputi Kanto dan Johto. Namun karena Jessie dan James (bersama Meowth) juga masih dendam atas berbagai kegagalannya melawan tim Ash Ketchum cs, mereka lantas masuk ke Hoenn, Sinnoh, dan Unova. Jessie dan James lantas membohongi bos mereka dengan iming-iming bahwa di Hoenn, Sinnoh, dan Unova memiliki banyak sekali hal-hal baru, yang tentunya akan sangat bermanfaat bila dibawa pulang ke Kanto. Giovanni lantas menjanjikan akan memberikan duet Team Rocket tadi dengan beragam penghargaan, salah satunya adalah pendirian kantor cabang Team Rocket yang permanen di Hoenn, Sinnoh, dan Unova, walaupun sampai sekarang hal tersebut belum bisa terwujudkan.

Sementara dalam versi video game, tujuan organisasi Team Rocket adalah untuk mencuri Pokémon-Pokémon milik masyarakat yang mereka nilai mempunyai harga khusus. Selain itu mereka juga mempunyai tujuan untuk merusak moral masyarakat melalui pembukaan klub dan kasino liar di salah satu kota di Kanto.

Nama Penjelasan
Giovanni Sakaki (Sakaki) Pemimpin tertinggi Team Rocket, selalu didampingi oleh Persian disampingnya. Sebagian fans Pokémon menyebut bahwa karakter Giovanni berbasis dari karakter antagonis Ernst Stavro Blofeld dengan kucing putihnya sebagai pemimpin organisasi SPECTRE dari seri waralaba James Bond.
Jessie dan James (Musashi dan Kojiro) Dua karakter Team Rocket utama dalam serial Pokémon sejak season pertama. Usahanya yang utama adalah mencuri Pokémon Pikachu milik Ash Ketchum yang sayangnya selalu gagal. Terkenal dengan motto mereka yang aneh, dan juga beragam penyamaran yang mereka lakukan. Dalam seri video game, mereka hanya muncul dalam seri Pokémon Yellow, disebabkan karena dua karakter ini awalnya hanya diciptakan secara khusus untuk serial animasi.
Meowth (Nyāsu) Salah satu jenis Pokémon Meowth yang unik, dimana perbedaanya adalah Meowth milik Team Rocket ini bisa berbicara dalam bahasa manusia. Awalnya ia sempat akan dipelihara oleh Giovanni, tetapi karena sifatnya yang aneh (seperti sesekali pemarah atau sesekali pemalas) akhirnya ia ditendang dan digantikan oleh Persian.
Butch & Cassidy (Yamato and Kosaburō) Mereka merupakan rival utama dari Jessie, James, dan Meowth. Berbeda dengan trio Team Rocket tersebut, duet Butch dan Cassidy dikenal sebagai duet Team Rocket yang sangat sukses dengan beragam hasil curiannya, dan mereka kemudian disukai oleh Giovanni dan disebut-sebut sebagai duet anggota Team Rocket tersukses sepanjang masa.
Professor Namba Ia merupakan salah satu ilmuwan yang dimiliki oleh Team Rocket, dimana Cassidy dan Butch bekerja padanya. Bersama mereka, Prof. Namba sering bisa memuaskan apa yang diminta oleh Giovanni, dan hal ini tentu saja membuat Jessie dan James kesal.

Pokémon G3[sunting | sunting sumber]

Team Magma[sunting | sunting sumber]

Team Magma (Maguma-Dan) merupakan salah satu organisasi kriminal yang ada dalam serial Pokémon G3. Dipimpin oleh Maxie, mereka mempunyai tujuan untuk membangkitkan Pokémon legenda bernama Groudon, untuk kemudian menciptakan sebuah daratan baru dan memusnahkan seluruh isi lautan/air. Musuh utama dari tim ini adalah Team Aqua, dimana kedua tim ini saling bermusuhan satu sama lain

Nama Penjelasan
Maxie (Matsuba) Maxie adalah pimpinan dari Team Magma
Tabitha (Homura) Komandan strategi perang Team Magma yang utama. Pokémon utamanya adalah Mightyena. Dalam episode pengenalannya ia disebut sebagai Harlan karena ada kesalahan penerjemahan.
Brody (Bannai) Ahli menyamar, dan kemudian terkenal dengan sebutan manusia seribu wajah. Ia lebih senang beroperasi secara mandiri, dapat dilihat dari julukan barunya sebagai "The Phantom Thief".

Team Aqua[sunting | sunting sumber]

Team Aqua (Akua-Dan) merupakan salah satu organisasi kriminal yang ada dalam serial Pokémon G3. Dipimpin oleh Archie. Misi mereka adalah kebalikan dari misi Team Magma, dimana Team Aqua berencana untuk membangkitkan Pokémon legenda air Kyogre kembali ke dunia, dan kemudian memusnahkan seluruh daratan yang ada di muka Bumi. Karena hal inilah, mereka kemudian menjadi musuh bebuyutan bagi Team Magma.

Nama Penjelasan
Archie (Aogiri) Archie adalah kepala dari Team Aqua.
Shelly (Izumi) Merupakan komandan strategi perang Team Aqua yang utama. Pokémon utamanya adalah Carvanha. Dalam episode pengenalannya ia disebut sebagai Isabel karena ada kesalahan penerjemahan.

Pokémon G4[sunting | sunting sumber]

Team Galactic[sunting | sunting sumber]

Team Galactic (Ginga-Dan) merupakan salah satu organisasi kriminal yang ada dalam serial Pokémon G4 (Pokémon Diamond dan Pearl). Tujuan mereka adalah untuk menguasai seluruh alam semesta ini, dan menciptakan alam semesta yang baru. Mereka berencana untuk mewujudkannya dengan menangkap semua Pokémon legenda yang ada di region Sinnoh.

Nama Penjelasan
Boss Cyrus (Akagi) Pemimpin utama dari Team Galactic. Ia berusia 27 tahun. Meskipun nama "Boss Cyrus" jarang atau tidak pernah digunakan, Saturn sering menyebutnya dengan panggilan "Boss".
Saturn (Satan) Komandan laki-laki dari Team Galactic, tampil sebagai cameo dalam episode "A Secret Sphere of Influence", bersama dengan dua agen Team Galactic lainnya. Trio ini kemudian sempat bermasalah dengan Jessie, James, dan Meowth (Team Rocket), dan bahkan sempat mengajak mereka bertarung gara-gara dua tim ini saling memperebutkan Adamant Orb. Tetapi kemudian Team Rocket berhasil memenangi pertarungan setelah dibantu oleh geng Ash Ketchum cs.
Mars (Mazu) Komandan perempuan dari Team Galactic, tampil pertama kali dalam DP096. Pokémon yang ia miliki antara lain Bronzor dan Purugly.
Jupiter (Jupita) Salah satu komandan Team Galactic yang lain, tampil bersamaan bersama Mars, dengan Pokémon yang ia miliki yaitu jenis Skuntank.
Pluto (Puruto) Salah satu komandan Team Galactic yang bertanggung jawab terhadap kejadian Red Chain bersama Jupiter. Ia dikenal juga sebagai Charon. Charon mengambil alih posisi kepemimpinan Team Galactic setelah Cyrus dikalahkan. Dia berencana untuk menggunakan kekuatan Giratina untuk menghancurkan dunia nyata dan menguasai Distortion World (Dunia Terbalik), tetapi dia dikalahkan oleh Hareta dan kawan-kawannya.

Pokémon G5[sunting | sunting sumber]

Team Plasma[sunting | sunting sumber]

Team Plasma (Purazuma-Dan) merupakan organisasi kriminal yang ada di dalam serial Pokémon G5 (Pokémon Black dan White). Tujuan mereka adalah membebaskan Pokémon dari tangan manusia dengan cara apapun termasuk dengan mencuri Pokémon dengan paksa dari pemiliknya.

Nama Penjelasan
N (Enu) N adalah raja dari Team Plasma. Ia dibesarkan oleh Ghetsis sewaktu kecil tetapi Ghetsis tidak pernah mengatakan kepada N bahwa ia adalah ayahnya. Pada masa kecil, N dijauhkan dari masyarakat oleh Ghetsis dan lebih mendekatkannya kepada Pokémon sehingga Ghetsis bisa memanipulasi pikiran N.
Ghetsis (Gechisu) Merupakan salah satu dari Seven Sage dari Team Plasma. Ia merupakan ketua dari Seven Sage Team Plasma dan sekaligus bos utama dari Team plasma.
Concordia dan Anthea (Heiwa no Megami dan Ai no Megami) Mereka berdua merupakan pelayan setia N. Concordia merupakan dewi kedamaian sedangkan Anthea merupakan dewi cinta.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]