Pokémon FireRed dan LeafGreen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pokémon FireRed and LeafGreen
Pokemon LeafGreen box.jpg
Pengembang Game Freak
Penerbit Nintendo, The Pokémon Company
Sutradara Junichi Masuda
Produser Satoshi Tajiri (executive producer)
Seniman Ken Sugimori
Komposer musik Junichi Masuda
Go Ichinose
Morikazu Aoki
Seri Pokémon
Aplikasi dasar permainan Engine modifikasi berat dari Pokémon Ruby and Sapphire
Platform Game Boy Advance
Tanggal rilis JP January 29, 2004[1]
AN September 7, 2004[1]
UE October 1, 2004[1]
AUS September 23, 2004
Genre Permainan video bergiliran
Mode Single-player, multiplayer
Media digital/distribusi 128-megabit cartridge

Pokémon FireRed (ポケットモンスター ファイアレッド Poketto Monsutā Faiareddo?, Pocket Monsters Firered) dan Pokémon LeafGreen (ポケットモンスター リーフグリーン Poketto Monsutā Rīfugurīn?, Pocket Monsters Leafgreen) adalah sebuah permainan video game yang dirilis dan dikembangkan oleh Nintendo dan Game Freak, berbasis dari media franchise Pokémon yang diciptakan oleh Satoshi Tajiri dan Ken Sugimori.


Video game ini merupakan versi penyempurnaan dari seri video game sebelumnya, yaitu Pokémon Red, Blue, dan Yellow yang dirilis tahun 1998 dan kemudian laris di pasaran. Pokémon Fire Red and Leaf Green ditujukan untuk konsol single handed Nintento Game Boy Advance. Perbedaannya dengan versi Red, Blue, and Yellow adalah, di Fire Red/Leaf Green layout atau backgroundnya sudah berwarna, sementara di Red, Blue, and Yellow latar belakangnya masih hitam putih atau chrome.

Fire Red/Leaf Green juga banyak disebut orang sebagai versi remake dari Red, Blue, and Yellow. Hal ini cukup bisa dimengerti, karena di versi ini (Fire Red/Leaf Green) hampir semua unsur yang ada masih sama dengan di versi Red, Blue, and Yellow. Red dan Blue masih menjadi karakter utama, dengan region Kanto sebagai jalan cerita utama. Versi remake ini dapat memilih jenis kelamin karakter. Selain itu Misty dan Brock juga tampil sebagai pemimpin gym, Team Rocket tampil sebagai penjahat dan pemilik game corner, serta tiga Pokémon starter yang dapat kita pilih, yaitu Bulbasaur, Charmander, dan Squirtle. Seperti generasi sebelumnya, kita dapat memproduksi Pokemon, tambahan fitur gender, dan ability masing-masing Pokemon. Tambahan dari versi remake ini adalah dapat mengakses dan berpetualang di pulau Sevii, dimana kita dapat menangkap beberapa Pokemon generasi kedua disini, serta beberapa mini games.

Untuk spesies Pokémon, selain 151 spesies Pokémon yang tinggal di Kanto, juga ditambahkan 100 spesies Pokémon yang ada di Johto, dan 135 spesies Pokémon yang ada di Hoenn. Namun bila kita ingin mendapatkan spesies-spesies Pokémon yang ada di Johto dan Hoenn, kita harus menukar dari Pokémon Ruby dan Sapphire dengan menemukan item penting di pulau Sevii.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]