Pokémon (anime)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pokémon (anime)
Pokemon-diamond-and-pearl-group.png
Grup Sinnoh
Genre Petualangan, Fantasi, Shōnen
Anime
Sutradara  Masamitsu Hikada
Studio OLM, Inc.
Pelisensi  4Kids Entertainment (1998–2006)
Pokémon USA (2006-present)
Film
  • 5 Pokémon movies
  • 4 Advanced Generation movies
  • 2 Diamond & Pearl movies
Edisi Spesial
  • 2 full-length TV specials
  • Assorted side-story episodes (Pokémon Hosou/Pokémon Chronicles)
  • Winter Vacation shorts
Portal Anime dan Manga

Pokémon (singkatan dari nama Jepang Pocket Monsters (ポケットモンスター Poketto Monsutā?)) adalah salah satu serial animasi asal Jepang, yang masih tetap berjalan dan ditayangkan hingga saat ini. Selain di versi Jepang, serial ini juga telah diadaptasikan ke dalam versi bahasa Inggris untuk menjangkau seluruh pecinta Pokémon di seantero dunia. Basis serial ini adalah dari permainan video game Pokémon, dan sebagian lagi dari beragam promosi dari franchise Pokémon.

Aslinya, serial ini hanya memiliki satu judul saja, yaitu Pokémon, tetapi setelah franchise Pokémon diperluas dan diperlebar jalan ceritanya, maka dibuatlah dua serial lagi yang berjudul Pokémon: Advanced Generation dan Pokémon Diamond & Pearl, dimana kedua serial tadi masih ada kaitannya satu sama yang lain dengan versi original. Satu versi lagi, yaitu Pokémon Chronicles atau dikenal di Jepang dengan nama Pokémon Sunday (versi aslinya Shūkan Pokémon Hōsōkyoku) adalah sebuah serial dengan cerita tentang beberapa karakter tambahan yang biasa muncul dalam serial Pokémon yang utama, dan juga highlights dan preview tentang episode Pokémon berikutnya.

Produksi dan penyiaran[sunting | sunting sumber]

Versi bahasa Inggris dari serial ini diproduksi oleh alex and matt productions dan distribusi videonya di pegang oleh Viz Media, untuk serial TV dan generasi muda (delapan film pertama) oleh Warner Bros., Nintendo untuk tiga film awal, dan Miramax Films dan Buena Vista Distribution untuk film keempat sampai ketujuh. Semua serial TV dan film Pokémon disutradarai oleh Kunihiko Yuyama, dan untuk versi bahasa Inggrisnya oleh Norman J. Grossfeld dan Michael Haigney untuk delapan season pertama. Tetapi mulai season sembilan, serial Pokémon untuk kawasan luar Jepang diambil alih pendistribusiannya oleh The Pokémon Company yang kemudian membuat anak perusahaan bernama Pokémon USA dan TAJ Productions. Dengan pengambilalihan ini, seluruh pengisi suara versi bahasa Inggris diganti, dan sempat menyebabkan kontroversi dimata fans. Lantas kemudian TAJ digantikan oleh DuArt Film and Video mulai film ke 10 dan serial season 11. Di Indonesia, serial Pokémon mulai masuk tahun 2001 saat disiarkan di SCTV, dan kemudian diambil alih oleh Indosiar, sayangnya ada kesalahan penerjemahan dimana nama karakter manusia memakai nama Jepang (misal Ash disebut Satoshi), sementara nama Pokémon-nya memakai nama Inggris (nama Charmander tetap memakai istilah bahasa Inggrisnya, yaitu Charmander).

Di Jepang, seluruh serial Pokémon ditayangkan di TV Tokyo, dengan Diamond and Pearl yang disiarkan di Kamis malam (sebelumnya Senin) dan Pokémon Sunday di Minggu pagi. Sementara di Amerika Serikat, serial Pokémon sebelumnya ditayangkan di Kids' WB, yang kini sudah bangkrut. Setelah itu, penyiaran Pokémon di AS diambil alih oleh Cartoon Network USA dan masih bertahan hingga saat ini sejak season Battle Frontier.[1][2] Di India, dengan kerjasama antara Cartoon Network India dan Toonami UK, memulai menyiarkan Pokémon sejak tanggal 9 Oktober 2006, dan saat ini dengan adanya Toonami Jetstream, Pokémon bisa disaksikan secara online khusus untuk pemirsa India, dengan season yang dimulai dari the Orange League, episode "The Pokémon Water War".

Versi terbaru dari serial Pokémon (yang berjudul Pokémon Diamond & Pearl) disiarkan di Jepang pada tanggal 28 September 2006 dengan tiga episode khusus yang menceritakan tentang karakter wanita bernama Dawn (alias Hikari), yang berbasis dari karakter yang bisa dimainkan dalam video game. Di AS, sebelum resmi ditayangkan, terlebih dulu diperkenalkan preview tentang serial versi baru ini pada tanggal 20 April 2007, untuk Kanada tanggal 5 Mei menjadi tanggal penayangan preview serial ini. Preview ini, yang berdurasi 90 menit mengisahkan tentang region Sinnoh. Serial Diamond & Pearl secara resmi ditayangkan di AS mulai tanggal 4 Juni jam 7:30 malam. Saat ini serial tersebut disiarkan setiap Sabtu pagi jam 9:30. Sementara di Kanada, serial Pokémon Diamond & Pearl mulai disiarkan tanggal 8 September 2007.

Di Inggris, serial bagian region Kanto disiarkan diberbagai channel yang berbeda, tetapi untuk bagian Johto dan Hoenn pemirsa Inggris dapat menyaksikannya di Sky1 setiap minggu. Bagian Battle Frontier disiarkan di Cartoon Network, dan dilanjutkan dengan Pokémon Diamond & Pearl. Saat ini Battle Frontier juga bisa di saksikan di Inggris secara gratis lewat channel ITV4.

Jalan cerita[sunting | sunting sumber]

Serial season satu menceritakan tentang Ash Ketchum (alias Satoshi di versi Jepang, yang merupakan nama depan dari Satoshi Tajiri, pencipta Pokémon), bersama teman-temannya dan ambisinya untuk menjadi seorang Pokémon Master. Berbeda dengan yang ada di video game (kecuali Pokémon Yellow), Ash memilih Pikachu untuk menjadi Pokémon pertamanya sekaligus team partnernya. Kebanyakkan jalan cerita serial Pokémon adalah tentang hubungan pertemanan antara Ash, Pikachu, Misty, Brock, May, Max, Tracey, dan beragam jenis Pokémon beserta para pelatihnya. Sesekali juga ditampilkan kisah asmara antara Misty dan Brock, dan Ash dan May. Bersama Ash dalam petualangan perdana bergabung Brock (alias Takeshi) yang berambisi untuk jadi peternak Pokémon kelas dunia, dan Misty (alias Kasumi) yang berkeinginan untuk menjadi pelatih Pokémon jenis air terbaik di dunia. Baik Misty dan Brock dalam video game adalah seorang pemimpin gym, dan demikian juga dalam serial animasi, dengan sedikit perubahan jalan cerita untuk versi serial TV.

Dalam Pokémon Advanced Generation, posisi Misty digantikan May (Haruka), yang juga membawa adiknya Max (Masato) untuk bertualang bersama Ash, dan berkelana di region Hoenn. Brock masih setia menemani Ash, juga trio Team Rocket yang masih setia menguntit yaitu Jessie (Musashi), James (Kojiro), dan Meowth (Nyarth/Nyasu). Sementara dalam versi Diamond & Pearl, posisi May dan Max digantikan oleh Dawn.

Meskipun tidak mencolok, ada perbedaan karakteristik yang bisa kita cermati dari Pokémon original, Advanced Generation, dan Diamond & Pearl. Dalam Pokémon original, cerita mengetengahkan tentang humor dan beberapa unsur komik. Dalam Advanced Generation, Ash tampil sebagai remaja yang mempunyai jiwa kepemimpinan, dan May yang tertarik pada karakter Ash. Dalam Diamond & Pearl, cerita kembali ke jalan komik, namun Ash kali ini tampil sebagai pria dewasa, dan Dawn sebagai pemula yang masih hijau.

Nama serial[sunting | sunting sumber]

Seperti kebanyakan serial anime yang diadaptasikan ke versi Barat, Pokémon: The Original Series, Pokémon: Advanced Generation Series dan Pokémon: Diamond and Pearl Series juga dipecah menjadi beberapa seri kecil, kegunaannya adalah untuk menjelaskan area, awal mula, dan keterangan perkembangan petualangan yang terjadi. Karena itu, nama seri kemudian disematkan dalam opening scene setiap episode yang masuk dalam seri tersebut. Hingga saat ini, untuk versi Barat ada 11 serial yang sudah masuk dan disiarkan. Sepuluh di antaranya sudah selesai dan kini dalam masa re-run, satu lagi saat ini masih atau sedang dalam masa tayang utama.

Pokémon: The Original Series (mengetengahkan Kanto, Orange Islands, dan Johto)
Season Penjelasan # Eps..
Pokémon: Indigo League Di serial ini, Ash tampil memulai debutnya sebagai Pokémon Trainer dan menerima Pikachu dari Professor Oak. Ash lantas menangkap Caterpie yang kemudian berevolusi menjadi Metapod dan kemudian Butterfree. Selain itu Ash juga menangkap Pidgeot, Bulbasaur, Charmander, Squirtle, Krabby, Primeape, Muk, dan Tauros. Ash berhasil mengumpulkan delapan lencana dan ikut serta dalam liga Pokémon, dengan hasil masuk babak 16 besar. Di Indonesia, serial ini ditayangkan oleh SCTV pada bulan Juni 2001, sekaligus menandai masuknya anime Pokémon secara resmi ke Indonesia 83
Pokémon: The Adventures in the Orange Islands Tracey tampil menggantikan Brock sebagai karakter utama, Ash kemudian mengumpulkan empat lencana regional di Orange Islands, dan kemudian ia masuk dalam liga Orange, dan menang. Ash kemudian menangkap Snorlax dan Lapras, tapi kemudian ia melepasnya kemudian. 35
Pokémon: The Johto Journeys Dimulai dari New Bark Town sampai ke Goldenrod City. Brock kembali bersama Ash dan Misty dan kemudian mereka bertiga berkelana mengelilingi Johto untuk mengantarkan GS Ball kepada Kurt. Ash berhasil mendapatkan dua lencana gym untuk berkompetisi di Silver Coference. Ash lantas menangkap Heracross, dan Chikorita. Ia lantas memberikan Charizard kepada Liza, dan menggantinya dengan Cyndaquil. Ash juga memberikan Squirtle miliknya kepada Jenny dan the Squirtle Squad, Ash kemudian menangkap Totodile dan Noctowl sebagai pengganti. Mulai bagian ini, penyiaran serial Pokémon di Indonesia diambil alih oleh Indosiar. 41
Pokémon: Johto League Champions Mengisahkan perjalanan dari Goldenrod City ke Cianwood City. Ash berhasil mendapatkan tiga lencana gym tambahan untuk berkompetisi di Silver Conference. 52
Pokémon: Master Quest Menceritakan perjalanan dari Cianwood City ke Pallet Town. Ash akhirnya berhasil mendapatkan tiga lencana tersisa dan kemudian masuk berkompetisi di Silver Conference, dengan hasil ia berada di babak delapan besar. Misty dan Brock kemudian kembali ke kota asal mereka masing-masing, dan Ash bersama Pikachu dengan sambil terus dikuntit Jessie dan James masuk ke Hoenn. 65
Pokémon: Advanced Generation Series (mengisahkan tentang Hoenn and Kanto Battle Frontier)
Season Penjelasan # Eps..
Pokémon: Advanced Mengisahkah perjalanan awal Ash di Hoenn dari Littleroot Town ke Mauville City. Ash mendapat rekan baru yaitu May dan adiknya Max. Secara mengejutkan Brock datang dan ikut bergabung kembali bersama Ash. Ash kemudian berhasil mendapatkan tiga lencana gym pertama untuk berkompetisi di liga Hoenn. Di Indonesia, serial bagian ini mulai ditayangkan oleh Indosiar pada pertengahan 2008 lalu. 40
Pokémon: Advanced Challenge Menceritakan perjalanan dari Mauville City ke Lilycove City. Ash berhasil mendapatkan tiga lencana gym tambahan untuk berkompetisi di liga Hoenn. May memenangkan tiga kontes. Misty tampil sebagai tamu dalam episode 44. May lantas menangkap Skitty, dan Torchic miliknya berevolusi menjadi Combusken. May juga mendapatkan seekor Bulbasaur. Taillow dan Treeko milik Ash berevolusi menjadi Swellow dan Grovyle. 52
Pokémon: Advanced Battle Menceritakan perjalanan dari Lilycove City ke Saffron City. Ash akhirnya berhasil mendapatkan dua lencana tersisa dan kemudian masuk berkompetisi di liga Hoenn, dengan hasil ia berada di babak delapan besar. May kemudian memenangkan dua kontes dan masuk ke Grand Festival, dan masuk babak delapan besar. Ash kemudian berkompetisi di Battle Frontier, yang berada di dekat Kanto, dimana May juga berkompetisi di Kontes Pokémon Kanto. Ash mendapatkan datu symbol Frontier, dan May menang satu kontes di Kanto. Misty mengikuti mereka sampai Mt. Moon. Sayangnya di Indonesia melalui tv swasta Indosiar, sesi ini tidak ditayangkan dan dilewatkan sampai sesi Battle Frontier. Kemudian, ditayangkan versi baru langsung yaitu Pokemon Diamond-Pearl. 54
Pokémon: Battle Frontier Menceritakan perjalanan dari Saffron City ke Pallet Town. Ash berhasil mendapatkan enam symbol Frontier dan kemudian berhasil mengalahkan para Battle Frontier. May memenangkan empat kontes di Kanto Grand Festival, dengan hasil ia menjadi semifinalis. Ash kemudian pergi ke Sinnoh bersama Brock, Pikachu, dan Aipom. May dan Max kembali ke Petalburg Gym. May kemudian memutuskan pergi ke Johto, tetapi Max tetap tinggal di Hoenn. Brock sempat kembali ke Pewter City, sebelum akhirnya balik lagi ke tim Ash. 49
Pokémon: Diamond And Pearl Series (menceritakan tentang perjalanan di Sinnoh)
Season Penjelasan # Eps..
Pokémon: Diamond And Pearl Menceritakan perjalanan dari Twinleaf Town to Hearthome City. Ash bergabung bersama Dawn, seorang trainer yang ingin menjadi coordinator Pokémon seperti ibunya, Johanna. Ash, Brock, dan Dawn tetap setia diikuti oleh Jessie, James, dan Meowth. Mereka kemudian mendapatkan rival baru: Paul, Nando, Zoey, dan Kenny untuk Ash cs, dan Hunter J untuk Jessie dan James. Ash berhasil memenangi dua lencana dan Dawn memenangkan satu pita. Ash menangkap Turtwig, Starly (berevolusi menjadi Staravia), dan Chimchar ketika Paul memutuskan untuk melepasnya. Dawn memilih Piplup sebagai Pokémon pertamanya, dan kemudian menangkap Buneary, Pachirisu, dan Buizel. Bonsly milik Brock berevolusi menjadi Sudowoodo, ia lantas menangkap Croagunk, dan sebuah telur yang ia menangkan dari kontes Pokémon menetas menjadi Happiny. 52
Pokémon: Diamond And Pearl Battle Dimension Menceritakan perjalanan dari Hearthome City. Ash mendapatkan 4 lencana tambahan. Dawn memenangkan dua pita, James memberikan Cacnea kepada Gardenia. Ash dan Dawn kemudian saling menukar antara Buizel dan Aipom, dimana kemudian Aipom berevolusi menjadi Ambipom. Jessie memenangkan pita pertamanya di Solaceon Contest. Ash kemudian mendapatkan Gligar. Ash dan Co. kemudian bertemu dengan Team Galactic. Jessie melepas Dustox-nya. May kembali dengan penampilan baru dan bergabung kembali dengan Ash di Wallace Cup. Dawn mengalahkan May dalam Wallace Cup, dan memenangkan pita keduanya. Jessie menangkap seekor Yanma yang kemudian berevolusi menjadi Yanmega di episode yang sama. Dawn mendapatkan Swinub, dan Gligar milik Ash berevolusi menjadi Gliscor. Dawn mendapatkan pita ketiganya di Celestic Contest, dengan mengalahkan teman lama ibunya di final. Ash cs. kemudian bertemu dengan Team Galactic, yang berencana akan mencuri Legendary Orbs di Celestic Museum. Turtwig milik Ash berevolusi menjadi Grotle dalam pertarungan melawan Honchkrow milik Paul. Ash kemudian bertemu rival baru bernama Jun. Jessie memenangkan pita keduanya. Swinub milik Dawn berevolusi menjadi Piloswine, tapi malah tidak menurut kepada perintah Dawn sesudahnya. 58 (sampai 21 Desember 2014)

Pokémon Chronicles[sunting | sunting sumber]

Pokémon Chronicles, dikenal di Jepang dengan nama Pokémon Side Story (bahasa Jepang: ポケモンサイドストリー, "Pokémon Side Stories" dalam arti bahasa Inggris), adalah sebuah acara TV tentang highlights dari episode-episode yang ditayangkan dalam Advanced Generation. Fokus utamanya adalah tentang beberapa karakter tamu yang tampil dalam setiap episode, dan juga menampilkan beberapa scene yang dipotong dari versi utama Advanced Generation. Selain itu acara ini juga menampilkan jadwal tayang dan synopsis episode Pokémon berikutnya, wawancara eksklusif dengan pengisi suara dan pengarang cerita soal episode yang baru saja ditayangkan, dan beberapa hal menarik lainnya. Sebenarnya acara ini pernah ditayangkan, namun hanya beberapa bagian episode.

Pokémon Sunday[sunting | sunting sumber]

Pokémon Sunday (bahasa Jepang: ポケモン☆サンデー) disiarkan mulai 3 Oktober 2004 di TV Tokyo, adalah sebuah acara yang ditujukan untuk menggantikan Pocket Monsters Encore dan Weekly Pokémon Broadcasting Station. Sama seperti versi sebelumnya, acara ini menampilkan highlights, wawancara, dan preview tentang serial Pokémon. Sayangnya, acara ini juga belum pernah masuk ke TV di Indonesia.

Film Pokémon[sunting | sunting sumber]

Setiap season dimana serial TV-nya ditayangkan, sebuah film bioskop tentang Pokémon (劇場版ポケットモンスター Gekijōban Poketto Monsutā ?, Pocket Monsters the Movie), yang berisi tentang cerita yang mendukung perjalanan serial TV dan dibintangi atau diisi suaranya oleh para pengisi suara regular dirilis. Sampai tahun 2009, ada sebelas film resmi dan satu film yang berbasis atau merupakan kelanjutan dari serial TV yang telah dirilis. Setiap film tersebut selalu dikaitkan dengan seekor Pokémon legendaris, dimana di sisi lain, film tersebut juga di pakai untuk mempromosikan spesies baru Pokémon yang tidak tampil dalam video game, atau yang akan ditampilkan dalam seri video game selanjutnya.

Setiap film Pokémon selalu dipasangkan dengan film pendek yang diisi oleh Ash Ketchum cs. bersama dengan Pokémon-Pokémon milik mereka. Dari film kesatu sampai film ketujuh, selalu disisipkan satu atau lebih sebuah cerita pendek, di antaranya yaitu: Pikachu's Summer Vacation, Pikachu's Rescue Adventure, Pikachu and Pichu, Pikachu's Pikaboo, Camp Pikachu, dan Gotta Dance, yang merupakan cerita lepas berkarakter Pokemon-Pokemon milik tokoh-tokoh utama.

Nomor Judul Asli
bahasa Jepang
Judul Internasional
bahasa Inggris
Tanggal Rilis
Jepang/Amerika Serikat
Pokémon Legenda Referensi
1 Mewtwo Strikes Back
ミュウツーの逆襲
Pokémon: Mewtwo Strikes Back 18 Juli 1998
10 November 1999
Mew
Mewtwo
[3]
2 Revelation Lugia
幻のポケモン ルギア爆誕
Pokémon: The Power of One 17 Juli 1999
21 Juli 2000
Articuno
Zapdos
Moltres
Lugia
[4]
3 Lord of the Unknown Tower: Entei
結晶塔の帝王 ENTEI
Pokémon: Spell of the Unown 8 Juli 2000
6 April 2001
Entei [5]
4 Celebi: A Timeless Encounter
セレビィ 時を超えた遭遇
Pokémon 4Ever - Celebi: Voice of the Forest 7 Juli 2001
11 Oktober 2002
Celebi
Suicune
[6]
5 Guardians of the Water Capital: Latias and Latios
水の都の護神 ラティアスとラティオス
Pokémon Heroes: Latios and Latias 13 Juli 2002
16 Mei 2003
Latios
Latias
[7]
6 Wishing Star of the Seven Nights
七夜の願い星 ジラーチ
Pokémon: Jirachi Wishmaker 19 Juli 2003
1 Juni 2004
Jirachi
Groudon
[8]
7 Sky-Splitting Visitor: Deoxys
裂空の訪問者 デオキシス
Pokémon: Destiny Deoxys 22 Juli 2004
22 Januari 2005
Rayquaza
Deoxys
[9]
8 Mew and the Wave Guiding Hero: Lucario
ミュウと波導の勇者 ルカリオ
Pokémon: Lucario and the Mystery of Mew 16 Juli 2005
19 September 2006
Mew
Ho-Oh
Regirock
Registeel
Regice
[10]
9 Pokémon Ranger and the Prince of the Sea: Manaphy
ポケモンレンジャーと蒼海の王子 マナフィ
Pokémon Ranger and the Temple of the Sea 15 Juli 2006
23 Maret 2007
Kyogre
Manaphy
[11]
10 Dialga versus Palkia versus Darkrai
ディアルガVSパルキアVSダークライ
Pokémon: The Rise of Darkrai 14 Juli 2007
24 Februari 2008
Dialga
Palkia
Darkrai
[12]
11 Giratina and the Sky's Bouquet: Shaymin
ギラティナと氷空の花束 シェイミ
Pokémon: Giratina and the Sky Warrior 19 Juli 2008
13 Februari 2009
Giratina
Regigigas
Shaymin
Dialga
[13]
12 Arceus: To the Conquering of Space-Time
劇場版ポケットモンスター ダイヤモンド&パール アルセウス 超克の時空へ
Pokémon: Arceus and the Jewel of Life 18 Juli 2009
April 2010
Dialga
Palkia
Giratina
Arceus
Heatran
[14]
13 Phantom Ruler Z
幻影の覇者Z
Pokémon: Zoroark Master of Illusions 10 Juli 2010
5 Februari 2011
Raikou
Entei
Suicune
Celebi
[15]
14 Victini and the White Hero: Reshiram & Victini and the Black Hero: Zekrom
劇場版ポケットモンスター ベストウイッシュ ビクティニと白き英雄 レシラム & 劇場版ポケットモンスター ベストウイッシュ ビクティニと黒き英雄 ゼクロム
Pokémon the Movie: Black—Victini and Reshiram and White—Victini and Zekrom 16 Juli 2011
11 Februari 2012
Reshiram
Zekrom
Victini
[16]
15 Kyurem vs. the Sacred Swordsman: Keldeo
劇場版ポケットモンスター ベストウイッシュ キュレムVS聖剣士 ケルディオ
Pokémon: Kyurem vs. the Sword of Justice 14 Juli 2012
8 Desember 2012
Kyurem
Keldeo
Virizion
Terrakion
Cobalion
[17]
16 Genesect and the Legend Awakened
劇場版ポケットモンスター ベストウイッシュ 神速のゲノセクト ミュウツー覚醒
Pokémon the Movie: Genesect and the Legend Awakened 13 Juli 2013
19 Oktober 2012
Red Genesect
Mewtwo
[18]

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]