Brock (Pokémon)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Brock
Tokoh Pokémon
Brock dalam anime Pokémon Sun and Moon
Penampilan
perdana
Pokémon Red dan Blue (1996)
PenciptaSatoshi Tajiri
Didesain
oleh
Ken Sugimori (konsep)
Atsuko Nishida (permainan video)
Sayuri Ichishi (anime)
PemeranDennis Kenney[1]
Pengisi suara
Informasi
Nama lengkapBrock Harrison[4][5][6]
Jenis kelaminLaki-laki
PekerjaanPimpinan gym
Peternak Pokémon
RumahKota Pewter, wilayah Kanto

Brock[a] adalah karakter fiksi dalam waralaba media Pokémon yang dimiliki oleh Nintendo. Dalam seri permainan video Pokémon, ia adalah pimpinan gym dari Kota Pewter yang memiliki spesialisasi tipe batu. Dalam seri anime, Ash Ketchum menemukan seorang pria yang kemudian dinyatakan sebagai ayah Brock. Ia menjelaskan bahwa Brock ingin menjadi seorang ahli Pokémon tetapi karena ayahnya pergi, Brock harus merawat keluarga bersama saudaranya dan tidak bisa pergi. Inilah sebabnya mengapa ia menjadi pemimpin gym, untuk tetap dekat dengan keluarganya. Ayahnya kembali dan menyatakan bahwa ia akan mengurus keluarga, membuat Brock meninggalkan posisinya sebagai pimpinan gym untuk bepergian bersama Ash Ketchum dan menjadi peternak Pokémon yang dihormati. Selanjutnya ia memupuk keahliannya dalam pengobatan dan pergi ke Kota Pewter untuk belajar dan menjadi dokter Pokémon. Ia juga muncul di beberapa manga Pokémon, termasuk seri Pokémon Adventures dan Ash & Pikachu.

Profil[sunting | sunting sumber]

Brock, yang digambarkan seperti orang Afro-Jepang, dianggap sebagai karakter utama yang paling dewasa, bijaksana dan berkepala dingin. Ia sering bertindak sebagai kakak laki-laki dan pengasuh karakter lainnya jika terjadi perselisihan. Ia biasanya akan mementingkan orang lain terlebih dahulu sebelum dirinya sendiri dan akan membantu dan mendukung teman-temannya meskipun harus mengalah dan berkorban. Meskipun tidak sering ditampilkan sebagai pelatih, ia dapat memahami situasi dan strategi dalam pertempuran Pokémon apa pun dan sering menjelaskannya kepada karakter lain (terutama kepada penonton seri anime), mungkin karena pengalamannya yang tinggi karena pernah menjadi pimpinan gym. Brock selalu membawa buku catatan dan peta yang membuatnya menjadi pemandu sekaligus mentor untuk teman-temannya serta mengambil keputusan strategis terkait dapat mereka lakukan ketika mereka sampai di sana, meskipun dalam Advanced Generation, peran ini sebagian besar diambil alih oleh PokéNav. Ia juga membawa banyak perlengkapan lain, seperti ramuan dan peralatan masak, serta alat-alat praktis seperti kuas dan pisau saku. Ia adalah seorang domestik dan merawat tidak hanya Pokemon-nya tetapi juga teman-temannya yang bepergian dengannya. Ia menangani semua memasak dan membersihkan untuk teman-temannya.

Brock adalah karakter utama yang paling mendekati penggambaran seperti orang dewasa. Namun, diluar kematangannya tersebut, jelas bahwa ia masih remaja. Pakaian Brock di anime terutama terdiri dari warna oranye, hijau dan coklat, dengan sepatu biru. Tujuannya telah memainkan peran pasif dalam aktivitas dan pengembangan karakternya. Tidak seperti karakter lain, yang bercita-cita untuk mencapai dan unggul dalam bidang kompetitif seperti kepelatihan Pokémon atau kontes Pokémon, tujuan Brock adalah menjadi peternak Pokémon yang hebat karena kecintaannya pada Pokémon yang ia nilai sebagai salah satu keajaiban alam.

Tujuan lain Brock dalam seri anime adalah untuk menemukan pacar seperti yang terlihat ketika ia mencoba untuk mengajak Nurse Joy atau Officer Jenny berkencan atau gadis cantik lainnya yang sering ia lihat. Ada sebuah lelucon berjalan dalam anime di mana Brock menjadi terlalu kuat untuk seorang gadis yang dianggap cantik dan Misty akan menjewer telinganya, menyeret Brock dan mengingatkannya. Setelah kepergian Misty sebagai karakter utama pada akhir musim kelima, Max mengambil peran ini mulai dari musim tujuh tak lama setelah menyaksikannya secara singkat dan mengulangi tugasnya dalam hal ini selama penampilan tamu. Di musim sembilan, Pokémon Bonsly milik Brock juga mulai menyerangnya karena kebiasaan genitnya, dan mulai musim 10 hingga musim 13, Croagunk mengambil peran ini dengan memukulnya memakai jurus Poison Jab saat Brock berulah dan kemudian menyeretnya pergi.

Salah satu ciri khas Brock yang paling menonjol adalah matanya secara alami tampak tertutup. Dia juga memiliki kulit kecokelatan, terutama lebih gelap dari kulit karakter utama lainnya dalam seri.

Ia mendapatkan nama lengkap Brock Harrison sejak 2003,[4] yang juga dikonfirmasi oleh pengisi suaranya Eric Stuart dalam wawancara 2006 dengan K-Zone Australia.[7]

Hubungan[sunting | sunting sumber]

Brock sering bertindak seperti figur ayah kepada teman-temannya yang bepergian dengannya, memberi mereka nasihat dan menjauhkan mereka dari masalah, serta mengurus mereka dengan baik selama mereka jauh dari rumah. Dalam beberapa hal, Brock mungkin adalah teman terbaik dan favorit Ash, dan sebaliknya, karena Brock selalu bersama Ash di setiap musim kecuali musim dua dan musim empat belas dan seterusnya. Ia membimbing Ash dan memastikan bahwa ia tidak berada dalam bahaya. Mereka berdua sangat jarang bertengkar dan bergaul dengan cukup baik. Mereka sering bekerja sama satu sama lain untuk mengalahkan Team Rocket dan lawan lainnya. Ash dan Brock sangat dekat dan jarang terlihat terpisah satu sama lain, seperti Ash dan Pikachu.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Brock adalah pimpinan gym di Kota Pewter yang berada di wilayah fiksi Kanto. Ia memiliki spesialisasi untuk Pokémon jenis batu, dan pemain dapat bertarung dengannya di Pokémon Red, Blue, Yellow, Gold, Silver, Crystal, FireRed, LeafGreen, HeartGold, SoulSilver, Let's Go, Pikachu!, Let's Go, Eevee!, Pokémon Stadium, dan Pokémon Stadium 2. Telah dikonfirmasi bahwa Brock, bersama dengan Misty dan Blue, kembali dalam Pokémon Black 2 dan White 2 sebagai lawan dalam turnamen.[8] Di samping Onix-nya, Brock juga muncul sebagai pasangan sinkronisasi di Pokémon Masters EX di dekat awal permainan.

Seri anime[sunting | sunting sumber]

Dalam anime Pokémon, Brock bercita-cita menjadi peternak Pokémon terhebat, dan meletakan jabatan pimpinan gym yang ia pegang setelah Ash Ketchum memenangkan Lencana Gym Liga Indigo pertamanya. Ia pertama kali terlihat merawat sembilan saudara kandungnya. Setelah Ash kalah dari Brock untuk pertama kalinya, orang asing menawarkan untuk membantu membuat Pikachu-nya lebih kuat. Pikachu (setelah terhubung ke pembangkit listrik tenaga air lokal) menjadi lebih kuat dan berhasil mengalahkan Geodude, tapi Onix tetap terlalu kuat. Onix memiliki Pikachu dalam ikatan tubuh; Namun, serangan listrik Pikachu sebelumnya merusak gym, yang memicu penyiram air yang melemahkan Onix. Ash menolak lencana dengan alasan bahwa ia secara tidak adil mengalahkan Brock, tetapi Brock kemudian mengejarnya dan memberikan lencana kepadanya, mengatakan bahwa ia ingin Ash memenuhi mimpinya menjadi yang terbaik. Orang asing yang pertama kali membantu Ash mengungkapkan dirinya sebagai ayah Brock, Flint. Brock sekarang bebas untuk melatih dirinya sendiri dan bergabung dengan Ash dan Misty dalam perjalanan mereka di Kanto. Dalam versi anime Jepang asli, istri Flint digambarkan telah bergabung dengannya dan menelantarkan anak-anak mereka beberapa saat sebelum peristiwa ini terjadi. Dalam versi Amerika, alur cerita ini diubah menjadi Flint yang memberi tahu Ash bahwa ibu Brock meninggal. Namun, ibu Brock tampak hidup dan sehat di episode selanjutnya.

Sejak itu, ia bepergian dengan Ash dan Misty dalam banyak petualangan mereka. Dalam seri Kepulauan Orange, ia meninggalkan tim untuk bergabung dengan Profesor Felina Ivy dan digantikan oleh Tracey Sketchit, tetapi secara misterius kembali ke Kota Pallet ketika Ash memenangkan Kejuaraan Liga Orange. Bergabung kembali dengan Ash dan Misty, Brock melakukan perjalanan ke Johto, di mana ia terus membantu Ash dan Misty. Setelah Konferensi Perak berakhir, ketiganya berpisah, dan Brock kembali ke Kota Pewter. Di sana (dalam sebuah episode Pokémon Chronicles) ia menemukan ibunya yang terasing, Lola (Mizuho dalam aslinya), yang, karena dia adalah pelatih Pokémon tipe air, telah merusak reputasi gym yang ia pertahankan dengan sangat mahal dengan mengubahnya menjadi gimnasium air. Dengan mengalahkan ibunya, ia mengembalikan reputasi gym tersebut. Brock kemudian meninggalkan semua Pokemon-nya (kecuali Forretress) kepada adiknya Forrest sebelum berangkat ke wilayah Hoenn, di mana dia mengejar Ash dan dua teman barunya, May dan Max. Kelompok tersebut melakukan perjalanan melintasi Hoenn dan kemudian kembali ke Kanto untuk berpartisipasi dalam Battle Frontier. Kelompok itu kemudian berpisah sekali lagi sampai Brock bertemu dengan Ash di Sinnoh di musim berikutnya. Brock juga muncul dalam alur cerita yang terdiri dari setidaknya dua episode dari seri Sun & Moon.[9]

Selama waktu ini, ayah Brock, Flint (Munō dalam aslinya, yang juga merupakan pendahulu Brock sebagai pimpinan gym), kabur lagi, dan saudaranya Forrest (Jirō dalam aslinya) telah mengambil peran sebagai pimpinan gym di Kota Pewter, sebagai serta tanggung jawab mengasuh delapan adiknya. Brock adalah anak tertua dari sepuluh bersaudara, dengan lima saudara laki-laki dan empat saudara perempuan.

Brock selalu berusaha bertindak seadil mungkin dan ini sering kali menjadi alasan ketika anggota tim lainnya bertengkar, maka Brock-lah yang akan membantu menyelesaikan persoalan tersebut. Ia juga pekerja keras dan selalu bersedia membantu orang lain. Ditambah dengan pengalamannya dalam merawat orang lain, Brock menyiapkan makanan dan melakukan sebagian besar tugas untuk karakter utama. Brock juga sangat pandai membuat makanan untuk Pokemon. Brock menunjukkan kepribadian "orang aneh bersih" yang khas ketika ia melihat kekacauan, yang bahkan mendorongnya untuk segera mulai membersihkan setidaknya pada satu kesempatan. Brock berpisah dengan Ash untuk terakhir kalinya setelah Liga Sinnoh untuk maju dan mencapai tujuan barunya menjadi dokter Pokémon.

Respon kritis[sunting | sunting sumber]

Buku The Japanification of Children's Popular Culture menggambarkan penggambaran Brock di anime sebagai sosok mentor, memberikan suara yang berwibawa untuk Ash dalam serial tersebut. Ini juga mencatat bahwa ia mewakili konsep kedewasaan awal dalam cerita Jepang, dalam penerimaannya terhadap posisi kemandirian dan minatnya yang kuat pada wanita.[10] Buku Pikachu's Global Adventure: The Rise and Fall of Pokémon mengutipnya sebagai karakter yang sangat populer di Amerika Serikat,[11] dengan anak laki-laki yang mengidentifikasi diri mereka dengan karakter tersebut, mengungkapkan keinginan untuk menjadi "berteman dengan karakter yang dikenal baik atau perhatian teman".[12] Buku ini juga mencatat sisi kontras dengan karakter lain dalam seri, di mana Brock digambar dengan "mata yang digambar tipis dan warna kulit yang sedikit lebih gelap".[13]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jepang: タケシ Hepburn: Takeshi?, diucapkan [takeɕi]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "'Pokemon Live!' Guides Us Into 21st-Century Theater". Time. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-07. Diakses tanggal 30 October 2017. 
  2. ^ "Voice Acting & Directing". Eric Stuart. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-03-22. Diakses tanggal 30 October 2017. 
  3. ^ "Resume". Bill Rogers: Tales of Thespianage. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-24. Diakses tanggal 26 February 2021. 
  4. ^ a b Willis, John Alvin (2003). "Eric Stuart". Screen World. hlm. 322. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-23. Diakses tanggal 2022-09-07. (Brock Harrison/James) 
  5. ^ "Eric Stuart". British Film Institute. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-07. Diakses tanggal 2022-09-07. 1999 Gekijôban Poketto Monsutâ Miutsû No Gyakushû voice of Brock Harrison 
  6. ^ TV Guide Film & Video Companion. Barnes and Noble. 2004. hlm. 780. ISBN 9780760761045. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-23. Diakses tanggal 2022-09-07. Veronica Taylor (Ash Ketchum), Rachael Lillis (Misty/Jessie of Team Rocket), Eric Stuart (Brock Harrison/James of Team Rocket) 
  7. ^ Stuart, Eric (July 2006). "K-Zone Australia". Australia. Brock's last name is Harrison. 
  8. ^ "Pokémon Blowout!". Official Nintendo Magazine. No. 45. Nintendo. 2012. hlm. 33. 
  9. ^ Brock and Misty Return to the Pokemon Anime Diarsipkan 2019-10-18 di Wayback Machine. Comicbook.com, Retrieved 28 August 2017
  10. ^ West, Mark I. (2008). The Japanification of Children's Popular Culture. Rowman & Littlefield. hlm. 56. ISBN 978-0-8108-5121-4. 
  11. ^ Tobin, Joseph Jay (2004). Pikachu's Global Adventure: The Rise and Fall of Pokémon. Duke University Press. hlm. 76. ISBN 0-8223-3287-6. 
  12. ^ Tobin, Joseph Jay (2004). Pikachu's Global Adventure: The Rise and Fall of Pokémon. Duke University Press. hlm. 182. ISBN 0-8223-3287-6. 
  13. ^ Tobin, Joseph Jay (2004). Pikachu's Global Adventure: The Rise and Fall of Pokémon. Duke University Press. hlm. 88. ISBN 0-8223-3287-6. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]