Pokémon (permainan video)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Serial permainan video Pokémon merupakan sebuah serial permainan video yang dibuat dan dikembangkan oleh Game Freak dan Creatures Inc. dan kemudian diterbitkan oleh Nintendo. Pertama dirilis tahun 1996 untuk kawasan Jepang, dan baru dirilis secara internasional pada 1998. Dalam setiap seri video game Pokémon, biasanya dirilis secara berpasangan, dengan perbedaan minor pada setiap judul game tersebut. Nintendo mengklaim bahwa mereka telah mampu menjual lebih dari 175 juta kopi permainan video Pokémon sampai pertengahan 2008 lalu.

Generasi[sunting | sunting sumber]

Bulbasaur level 5 bertempur dengan Charmander level 5 dalam Pokémon Red and Blue.

Versi orisinil permainan video Pokémon adalah sebuah RPG Jepang dengan beberapa elemen strategi, dan diciptakan serta ditulis jalan ceritanya oleh Satoshi Tajiri untuk Game Boy, dengan bantuan ilustrasi gambar karakter oleh Ken Sugimori. Saat ini sudah banyak permainan video beserta sekuel dan remake-nya (termasuk yang dirilis dalam versi Bahasa Inggris) yang beredar di pasaran. Berbeda dengan waralaba-waralaba permainan video RPG yang lain yang banyak berubah-ubah detail permainannya. Pokémon sampai saat ini masih terus mempertahankan konsep orsinilnya. Dimana kita berperan sebagai seorang pelatih, dan kita harus bisa memenangkan gelar Pokémon Master.

Pokémon G1[sunting | sunting sumber]

Seri waralaba permainan video Pokémon generasi pertama adalah Pocket Monsters Aka and Midori ("Red" and "Green", dalam versi bahasa Inggris) untuk Game Boy di Jepang.[1] Yang kemudian disempurnakan menjadi Pokémon Red dan Blue[2] untuk dirilis secara internasional. Game ini diluncurkan di AS pada 30 September 1998. Selanjutnya versi remake dari Red dan Blue dirilis dengan nama Pokémon Yellow: Special Pikachu Edition, dengan elemen warna untuk Game Boy Color dan game ini menggambarkan apa yang ada di serial TV Pokémon season satu. Generasi pertama Pokémon memperkenalkan 151 spesies (dari daftar National Pokédex, urutannya adalah dari Bulbasaur sampai Mew). Basis cerita permainan videonya seperti yang sudah diutarakan sebelumnya adalah kita harus berperan sebagai trainer yang membangun dan membesarkan sebuah tim Pokémon untuk mengalahkan beragam tipe Pokémon yang dimiliki oleh trainer rival atau saingan kita, selain tentunya Pokémon liar. Dan untuk selanjutnya kita harus bisa menjadi seorang Pokémon Master. Region pertama dalam Pokémon G1 adalah Kanto, yang lucunya sampai Pokémon G2 dirilis, nama tersebut tidak pernah disebutkan dalam serial TV atau permainan video.

Seri-seri game yang termasuk ke dalam Pokémon Generasi 1 adalah:

Seri handheld (Nintendo Game Boy)
Seri konsol (Nintendo 64)

Pokémon G2[sunting | sunting sumber]

Generasi dua dari permainan video Pokémon dirilis pada pertengahan tahun 2000 dengan diluncurkannya Pokémon Gold dan Silver untuk Game Boy Color. Seperti versi sebelumnya, sebuah versi remake dengan nama "Pokémon Crystal" diluncurkan kemudian. Pokémon G2 memuat 100 spesies baru Pokémon yang dimulai dari Chikorita dan diakhiri dengan Celebri, sehingga menambah total jumlah Pokémon menjadi 251 spesies. Sebuah region baru pun diperkenalkan, namanya Johto, dan merupakan tetangga dari Kanto. Game Pokémon G2 dirilis di Jepang pada Desember 2001 dan di pertengahan 2002 untuk kawasan Eropa dan Amerika Utara.

Seri-seri game yang termasuk ke dalam Pokémon Generasi 2 adalah:

Seri handheld (Nintendo Game Boy Color)
Seri konsol (Nintendo 64)
  • Pokémon Stadium 2 (dikenal dengan nama Pokémon Stadium di Eropa dan AS)
  • Pokémon Stadium Kin Gin (dikenal dengan nama Pokémon Stadium 2)

Pokémon G3[sunting | sunting sumber]

Generasi ketiga Pokémon dimulai tahun 2003 dengan dirilisnya Pokémon Ruby dan Sapphire untuk Game Boy Advance dan dilanjutkan dengan dirilisnya remake versi G1 (Pokémon Red dan Blue) dengan nama Pokémon FireRed dan LeafGreen, versi remake untuk Ruby dan Sapphire berjudul '‘Pokémon Emerald’'. Dimana di versi ini, yang menjadi tokoh utamanya adalah seorang anak perempuan bernama May (Haruka). Di G3, Pokémon yang ditambahkan adalah 135 spesies baru (dimulai dari Treecko dan diakhiri oleh Deoxys), sehingga menambah jumlahnya menjadi 386 jenis. Region di versi ini bernama Hoenn. Meskipun di G3 sudah banyak penyempurnaan dan penambahan hal-hal yang baru, tapi tetap saja para fans merasa kurang puas. Karena sistem siang-malam seperti di G2 dihilangkan meski tidak secara keseluruhan, dan yang lebih parah lagi, dalam game Pokémon Ruby and Sapphire, hanya 202 spesies Pokémon yang bisa ditangkap (dari total seluruhnya 386 spesies). Sedangkan sisanya sama sekali tidak muncul, kecuali jika Anda bermain curang memakai kode cheat atau game shark tentunya. G3 juga mengenalkan sistem EV, IV dan nature yang tetap tetap dipakai hingga sekarang Seri-seri game yang termasuk ke dalam Pokémon Generasi 3 adalah:

Seri handheld (Nintendo Game Boy Advance)
Seri konsol (Nintendo GameCube)

Pokémon G4[sunting | sunting sumber]

Generasi keempat permainan video Pokémon dimulai pada tahun 2006 dengan diluncurkannya Pokémon Diamond dan Pearl untuk Nintendo DS. G4 mengambil setting cerita di region Sinnoh. Pokémon baru yang ditambahkan berjumlah 107 spesies (dimulai dari Turtwig dan diakhiri oleh Arceus), dan semakin menambah jumlah spesies Pokémon hingga angka 493 jenis.[3] Sebagai perbandingan, jumlah anggota karakter fiksi Autobots dan Decepticons –plus Maximal dan Predacons- (jika digabungkan) dalam franchise Transformers masih berkisar di angka 300-an. Fitur baru diperkenalkan dalam versi Nintendo DS, yaitu dengan adanya touch screen, dan dengan perbaikan di bidang sistem pertarungan dan jurus. Di G4 luka dari jurus yang digunakan pokemon dilihat dari cara menyerang dimana di generasi sebelumnya hanya berdasarkan tipe. Selain itu, muncul kembalinya sistem siang-malam seperti di G2, dan tetap dipertahankannya Pokémon Contests yang kali ini berubah nama menjadi Super Contest. Versi remake dari Diamond dan Pearl adalah Pokémon Platinum yang dirilis pada Maret 2009 untuk kawasan Eropa dan Amerika Utara.

Seri-seri game yang termasuk ke dalam Pokémon Generasi 4 adalah:

Seri handheld (Nintendo DS)
Seri konsol (Nintendo Wii)

Pokémon G5[sunting | sunting sumber]

Mode pertarungan tripple battle dalam permainan video Pokémon Black dan White.

Dalam generasi ini ditambahkan sekitar 156 Pokémon baru sehingga total keseluruhan mencapai 649 jenis. G5 bersetting di region Unova. Lalu diperkenalkan juga cara pertarungan yang baru yaitu Tripple Battle dan Rotation Battle.

Seri handheld (Nintendo DS)
Seri konsol (Nintendo Wii)

Pokémon dalam seri game lain[sunting | sunting sumber]

Selain dalam seri-seri permainan video di atas, Pokémon juga tampil dalam beberapa seri game lainnya. Salah satunya dalam seri video game Super Smash Bros., dimana di sana ditampilkan Pikachu, Ivysaur, Squirtle, Charizard, Jigglypuff, Pichu, Mewtwo dan Lucario yang bisa kita mainkan sebagai karakter.

Pikachu dan Jigglypuff juga tampil dalam Super Smash Bros. untuk Nintendo 64, dan juga tampil dalam Super Smash Bros. Melee untuk Nintendo GameCube, bersama Pichu and Mewtwo.

Dalam Super Smash Bros. Brawl, Mewtwo dan Pichu tidak ditampilkan, tetapi Squirtle, Ivysaur, dan Charizarddiangkat menjadi karakter utama yang bisa kita pilih di awal permainan dengan Lucario yang tampil sebagai karakter tambahan. Rayquaza kemudian ditampilkan sebagai boss/musuh utama. Dalam seri video game ini juga ditampilkan PokéBall sebagai salah satu item yang bisa kita pakai.

Konsep[sunting | sunting sumber]

Pokémon starter[sunting | sunting sumber]

Aspek utama yang masih terus bertahan dari serial Pokémon versi game — tepatnya dari versi Red and Blue dalam Nintendo Game Boy sampai ke game versi Nintendo DS, Diamond and Pearl — adalah pemilihan satu dari tiga Pokémon berbeda dalam awal start petualangan kita ketika bermain permainan video Pokémon. Hal tersebut kemudian dikenal dengan nama Pokémon starter, dengan tiga jenis Pokémon yang berbeda. Kita dapat memilih Grass-type (tipe pepohonan), Fire-type (tipe api), atau Water-type (tipe air).[4][5] Contohnya, di Pokémon Red and Blue (dan versi remake-nya, Pokémon FireRed and LeafGreen), pemain dapat memilih Bulbasaur, Charmander, atau Squirtle. Pengecualian hanya untuk Pokémon Yellow (yang merupakan remake dari cerita di season satu serial TV Pokémon), dimana pemain diberikan seekor Pikachu, yang merupakan Pokémon bertipe listrik, dan merupakan maskot utama waralaba Pokémon. Satu hal lain yang juga menjadi ciri khas adalah, rival kita selalu memilih Pokémon yang memiliki kemampuan yang hampir sama dengan Pokémon kita. Misalnya jika kita memilih Pokémon jenis tanaman/pepohonan, maka rival akan memilih jenis api, dan sebaliknya. Lagi-lagi pengecualian diberikan untuk Pokémon Yellow, dimana rival kita mendapatkan Eevee.

Pokédex[sunting | sunting sumber]

Pokédex adalah sebuah alat elektronik fiksi yang ada dalam semua seri permainan video dan anime Pokémon. Dalam game, jika seekor Pokémon terlihat atau tertangkap, maka data dari Pokémon tersebut akan masuk ke dalam Pokédex milik sang pemilik. Namun lain halnya dengan di anime atau manga, dimana di versi ini Pokédex adalah sebuah ensiklopedia elektronik lengkap yang bisa digunakan untuk mencari atau mendapatkan informasi tentang Pokémon yang kita temui. Pokédex biasanya digunakan untuk menyebutkan daftar Pokémon, atau lebih lengkapnya untuk menyebutkan daftar urut Pokémon sesuai nomor. Dalam permainan video, kita yang bermain sebagai Pokémon Trainer akan memulainya dengan Pokédex yang kosong ketika kita memulai petualangan. Untuk mengisinya, kita harus mengadakan pertarungan dengan Pokémon liar, atau kalau lebih bagus, kita harus menangkap Pokémon liar yang kita jumpai tersebut agar mendapat informasi lengkapnya. Setelah kita berhasil mengalahkan atau menangkap Pokémon tersebut, kita akan menerima keterangan seperti gambar, nama, dan tempat habitat Pokémon tersebut dalam Pokédex.

Dalam Pokémon Red dan Blue, beberapa Pokémon malah bisa masuk ke daftar Pokédex tanpa harus mengalahkan mereka, tetapi cukup dengan melihat atau menjumpainya saja, seperti di kebun binatang dekat Safari Zone. Dalam perkembangannya, Pokédex kemudian memberi kita informasi yang lengkap tentang spesies, ukuran, berat badan, dan jurus-jurus yang Pokémon kita miliki. Bahkan Pokédex di Pokémon G3 sudah memuat daftar lengkap tentang habitat di mana Pokémon tersebut tinggal secara konfrehensif, seperti misalnya di gunung, kota, atau hutan.

Pokémon langka[sunting | sunting sumber]

Tidak semua spesies Pokémon dalam seluruh seri video game Pokémon bisa kita tangkap. Beberapa diantaranya ada yang hanya bisa dilihat, dan tanpa bisa kita tangkap atau pertarungkan. Sebenarnya mereka bisa didapatkan melalui event tetapi hanya untuk waktu tertentu saja (limited edition event). Berikut adalah daftar Pokémon yang sangat sulit untuk kita dapatkan, kecuali bila kita memakai kode curang seperti Game Shark, Action Replay, atau sejenisnya.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pokémon Green Info on GameFAQs". GameFAQs.com. Diakses 23 Februari 2007. 
  2. ^ MacDonald, Mark; Brian Brokaw; Arnold J. Douglas; Mark Elies (1999). Pokémon Trainer's Guide. Sandwich Islands Publishing. hlm. pp.73. ISBN 0-439-15404-9. 
  3. ^ Lucas M. Thomas (April 4, 2007). "The Countdown to Diamond and Pearl, Part 4". IGN. Diakses 2008-06-29. 
  4. ^ "Pokémon Ruby Review (page 1)". 'Gamespy.com. Diakses 30 Mei 2006. 
  5. ^ "Pokémon Yellow Critical Review". IGN. Diakses March 27, 2006. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]