Pokémon Mystery Dungeon: Ginji's Rescue Team

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pokémon Mystery Dungeon:
Ginji's Rescue Team
ポケモン不思議のダンジョンギンジの救助隊
(Pokémon Fushigi no Danjon Ginji no Kyūjotai)
Manga
PengarangMakoto Mizobuchi
PenerbitShogakukan
Penerbit bahasa Inggris
MajalahCoroCoro Comic
Majalah bahasa Inggris
DemografiAnak-anak, Shōnen
TerbitDesember 2005Oktober 2006
Volume1
 Portal anime dan manga

Pokémon Mystery Dungeon: Ginji's Rescue Team (ポケモン不思議のダンジョンギンジの救助隊, Pokemon Fushigi no Danjon: Ginji no Kyūjotai) adalah manga 6 bagian berdasarkan video game Pokémon Mystery Dungeon: Blue Rescue Team dan Red Rescue Team yang pertama kali muncul di CoroCoro Comic pada musim gugur 2005. Terjemahan Bahasa Inggris-nya dirilis di Nintendo Power dari edisi September 2006 hingga edisi Februari 2007, disajikan dengan hak yang sama -format ke kiri. Setelah volume terakhir manga, Viz Media merilis seluruh terjemahan bahasa Inggris dari serial ini dalam satu buku.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Komik ini menceritakan petualangan seorang anak manusia muda yang tidak sabaran bernama Ginji, yang berubah menjadi Torchic, menemukan dirinya di dunia baru, dan bertemu dengan Mudkip pemalu yang ingin menjadi bagian dari penyelamatan. tim. Sepanjang komik, Ginji menunjukkan keinginan besar untuk menjadi manusia lagi. Untuk membantu Ginji, Mudkip memberitahunya tentang Pokemon yang dikenal sebagai Xatu yang bisa melihat masa depan.

Saat mereka berangkat untuk menemui Xatu, mereka bergabung dengan Pokémon Gengar yang mengklaim bahwa dia ingin mengembalikan barang pinjaman dari Xatu, tetapi sebenarnya hanya ingin mencuri. Saat kelompok mendaki gunung untuk menemukan Xatu, mereka bertemu Zapdos. Ginji mencoba untuk melawan Zapdos, namun dia dengan mudah dikalahkan. Pertarungan dimenangkan ketika Mudkip mengatasi ketakutannya dan menggunakan Mud Sport di Zapdos untuk mengurangi kekuatan serangan Pokémon legendaris. Ginji kemudian menghabisinya dengan Flamethrower jarak dekat. Ketika tim menemukan Xatu, Pokémon mengungkapkan bahwa Ginji adalah manusia, namun hanya dapat memberitahunya bahwa ada masa depan yang gelap.

Ketika tim kembali ke desa, Gengar memberi tahu Pokémon lain bahwa Ginji adalah penyebab dari banyak bencana alam yang telah terjadi. Gengar mengklaim bahwa bertahun-tahun yang lalu, seorang manusia menyentuh ekor Ninetales hanya untuk bersenang-senang. Biasanya, ini akan menghasilkan kutukan seribu tahun, namun sebelum manusia bisa dikutuk, temannya Gardevoir maju dan mengambil kutukan sebagai gantinya. Ninetales bertanya kepada manusia apakah dia akan menyelamatkan Gardevoir, namun manusia memilih untuk melarikan diri. Ninetales membuat ramalan bahwa dalam seribu tahun bentuk reinkarnasi dari manusia akan berubah menjadi Pokemon dan menghancurkan dunia.

Untuk mengetahui apakah dia benar-benar manusia itu, Ginji berangkat bersama Mudkip. Perjalanan mereka terganggu oleh Moltres, yang berbalik melawan Ginji oleh Gengar. Moltres menjebak Mudkip di sebuah pulau di sungai lava dan bertanya pada Ginji apakah dia akan meninggalkan temannya seperti manusia dalam cerita. Ginji menggunakan Serangan Pasir untuk melarikan diri, tetapi tidak benar-benar meninggalkan Mudkip. Sebagai gantinya, dia menggunakan kekuatan apinya untuk mengirim semburan lava ke Moltres. Saat lava berada di udara, Mudkip menembaknya dengan Water Gun yang mengubahnya menjadi kelemahan Moltres, serangan Rock Slide.

Tim melanjutkan melalui Frosty Forest, di mana mereka bertemu Absol. Absol salah diyakini sebagai penyebab bencana dan memahami situasi Ginji. Mereka diserang oleh Articuno, namun Absol menyelamatkan mereka dengan berbicara dengan Articuno. Tim akhirnya berhasil mencapai gua Ninetales, di mana mereka diserang oleh tim Pokémon lain yang dipimpin oleh Alakazam. Ginji dan Mudkip bertarung dan Alakazam menyadari bahwa Mudkip telah menjadi jauh lebih berani dan kuat. Pertarungan berakhir ketika Ninetales muncul. Dia mengatakan kepada mereka bahwa itu adalah Gengar, bukan Ginji, yang merupakan manusia yang bereinkarnasi berubah menjadi Pokémon dan bahwa Ginji sebenarnya berubah menjadi Pokémon untuk menyelamatkan dunia, bukan menghancurkannya. Bencana alam di mana awal dari kebangkitan Groudon.

Sementara itu, Gengar menggunakan Gravelerock untuk menghancurkan bumi dan membangkitkan Groudon. Ginji, Mudkip, tim Alakazam, dan Ninetales berangkat untuk melawannya. Gengar menyelamatkan Mudkip dari terkubur di bawah batu yang jatuh dan merasa menyesal dan sedikit terluka karena meninggalkan Gardevoir. Ini menyebabkan Gengar bergabung dalam pertarungan, secara mental memberi tahu Ninetales bahwa dia tidak "lari kali ini". Dia tidak terlihat lagi, mungkin terbunuh setelah menggunakan Double-Edge di Groudon. Kelompok ini selanjutnya dibantu oleh Absol dan Pokemon lain dari desa. Groudon akhirnya dikalahkan dan Pokémon bersukacita. Di tengah perayaan, Ginji terbangun sebagai manusia di rumahnya. Dia bertanya-tanya apakah itu semua hanya mimpi, tetapi kemudian menemukan lencana penyelamat tim Pokémonnya. Dia menyadari bahwa Mudkip jauh lebih berani sekarang dan akan selalu mencoba perencanaan terbaiknya. Ginji berangkat ke sekolah dan juga bersumpah untuk mencoba yang terbaik.

Perbedaan dari bahan sumber[sunting | sunting sumber]

Meskipun didasarkan pada video game Blue dan Red Rescue Team, ada perbedaan mencolok antara manga dan video gamenya:

  • Gengar bukan bagian dari tim penyelamat mana pun. Faktanya, Team Meanies tidak ada di manga; begitu juga Medicham atau Ekans. Dia juga ingin menghancurkan dunia Pokémon karena menjadikannya Pokémon sebagai hasil dari "The Curse of Ninetales".
  • Ginji tidak tetap menjadi Pokémon setelah dia menyelamatkan dunia Pokémon, tidak seperti protagonis (pemain) dari video game.
  • Ginji ingat bagaimana rasanya ketika dia masih manusia, juga tidak seperti protagonis game.
  • Dalam permainan, protagonis hanya dibangunkan oleh pasangannya. Dalam manga, Ginji dibangunkan oleh gempa kecil dan teriakan minta tolong Mudkip.
  • Ginji tampaknya sudah menjadi Pokémon yang berpengalaman sejak awal; protagonis video game tidak terlalu berpengalaman saat memulai hidupnya sebagai Pokémon.
  • Dalam permainan, frekuensi aneh bencana alam di dunia Pokemon disebabkan oleh asteroid (disebut bintang oleh karakter permainan) jatuh ke tanah, yang berakhir dihancurkan oleh Rayquaza. Dalam manga, bencana disebabkan oleh kebangkitan Groudon, yang dikalahkan oleh karakter manga.
  • Dalam permainan, Gengar menyelamatkan Gardevoir dan menebus perilaku dinginnya. Di manga, dia mungkin terbunuh saat melawan Groudon.[1]
  • Akibat perubahan penyebab bencana alam, perjalanan terakhir ke Rayquaza dibatalkan. Pertarungan dengan Groudon malah dijadikan klimaks.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di Manga-news.com, staf memberikan peringkat 13 dari 20.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mizobuchi, Makoto, penulis, ilustrator. (2007). Pokémon misteri dungeon : Tim penyelamat GinjiPerlu mendaftar (gratis). ISBN 978-1-4215-1204-4. OCLC 85847774. 
  2. ^ "Pokémon Donjon Mystère - Les Secouristes de Ginji". manga-news.com (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 11 Oktober 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]