Mudkip

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mudkip
Mudkip oleh Ken Sugimori.
Mudkip oleh Ken Sugimori.
Nomor Pokédex
Nasional
#258
Generasi III
Sebelumnya Selanjutnya
Blaziken (#257) Marshtomp (#259)
Penampilan perdana
Permainan
Seri Pokémon
Judul Pokémon Ruby and Sapphire
Anime
Seri Pokémon
Episode "Get the Show on the Road! (新たなる大地! 新たなる冒険!!?)"
Info produksi
Generasi III (Ketiga) - 2002
Pencipta Ken Sugimori
Pengisi suara
Inggris Lindsey Warner (4Kids)
Michele Knotz (Pokémon USA)
Jepang Megumi Hayashibara
Info Pokémon
Tipe air
Spesies Pokémon ikan lumpur
Kemampuan Torrent (Arus Deras)
Damp (Embun) – tersembunyi
Tinggi 0,4 m (16 in)
Berat 7,6 kg (17 lb)
Rasio gender
Male black symbol.svg FemaleBlack.svg
87,5% jantan  •  12,5% betina
Evolusi
Mudkip Arrow Blue Right 001.svg Marshtomp Arrow Blue Right 001.svg Swampert
Nama dalam bahasa lain
Jepang ミズゴロウ Mizugorou
Jerman Hydropi
Korea 물짱이 Muljjang-i
Perancis Gobou

Mudkip (ミズゴロウ Mizugorou?) adalah salah satu nama untuk spesies Pokémon.

Profil[sunting | sunting sumber]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Mudkip (#258 di Pokedex Nasional, #007 di Pokedex Hoenn) merupakan salah satu dari tiga Pokémon starter dalam Advanced Generation (dua lagi adalah Treecko dan Torchic). Mudkip adalah salah satu spesies Pokémon jenis air, yang bertipe monster, dan hidup di habitat air lumpur. Mudkip memiliki tubuh berwarna biru dengan kepala yang besar dengan insang yang berwarna oranye. Selain itu Mudkip juga memiliki sirip di atas kepalanya, dan di bagian ekornya. Mudkip juga merupakan salah satu Pokémon amphibi, yang bisa hidup di dua alam, baik di air maupun di daratan. Di alam liar, jenis Mudkip jantan lebih banyak dibanding jenis betinanya (87,5% berbanding 12,5% untuk keunggulan jantan).

Nama Mudkip sendiri untuk versi Inggris berasal dari kata mud dan skip, dalam bahasa Jerman digunakan nama Hydropi, di Prancis bernama Gobou, dan di Korea memakai nama Muljjang-I, yang konon katanya artinya adalah professional.

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Mudkip bisa menggunakan sirip di bagian kepalanya untuk mendeteksi perubahan di wilayah udara dan air disekitranya pada saat itu, selain itu, ia juga bisa mencium sesuatu (biasanya makhluk hidup air) yang berada di dekat Mudkip bila ia sedang berenang di air, dan kemampuannya tersebut bisa ia gunakan juga untuk mendeteksi apabila ada bahaya yang mengancam.

Seperti kebanyakkan Pokémon jenis air, Mudkip dapat menyemprotkan air dari mulutnya. Ketika ia berada di dalam air, Mudkip bernapas menggunakan insang yang berwarna orange. Sementara ketika berada di daratan, Mudkip bisa berdiri dengan tegak, dan berjalan dengan empat kakinya. Pokémon jenis ini tidur dengan cara mengubur dirinya di dalam sisi air yang ada lumpurnya. Bagian ekor Mudkip merupakan salah satu senjata ampuhnya untuk menjelajah sungai atau lautan dengan kecepatan tinggi. Jika mereka menemui sesuatu hal yang mengharuskan saling berkelahi, maka Mudkip akan membesarkan badannya, untuk bisa melontarkan batu dalam air.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Pertama kali Mudkip tampil dalam serial TV adalah dalam episode Get the Show on the Road, ketika May (Haruka) bertanya seputar Pokémon yang dapat menyerang Poochyena pada Professor Birch, kemudian May bertanya lagi soal Pokémon terbaik yang ia pilih sebagai starter, ia lantas tidak memilih Mudkip setelah ia memutuskan bahwa Mudkip bukanlah pilihan terbaik bagi dirinya yang ambisius.

Dalam episode Gonna Rule the School, seorang siswa sekolah Pokémon menggunakan Mudkip sebagai Pokémon yang ia pilih.

Secara garis besar, dalam Pokémon Advanced Generation, Brock lebih banyak menggunakan Mudkip. Pertama kali ia menemui Mudkip adalah pada episode A Mudkip Mission, dimana disana ia menemukan seekor Marshtomp yang dengan setia menjaga telur-telurnya. Saat itu, seorang pria tua penjaga tempat Marshtomp tersebut mengajak Brock untuk melihat-lihat penangkaran Mudkip. Salah satu telur Mudkip kemudian menetas, dan menganggap Brock sebagai orang tuanya.

Manga[sunting | sunting sumber]

Dalam Pokémon Special, ketika Ruby diserang oleh Torchic milik Sapphire, Professor Birch meminta Ruby untuk melihat dan membuka kopernya, dan mengambil sebuah Poke Ball yang berisi Pokémon berwarna biru. Poke Ball tersebut dikeluarkan, dan terlihatlah seekor Mudkip yang kemudian diberi nama Zuzu. Pertama kali dikeluarkan, Ruby sempat kebingungan karena ia belum pernah dekat dengan Pokémon dan tidak pernah ikutan dalam Pokémon Contest. Ia mencoba menghilangkan hal tersebut dan berhasil, Zuzu kemudian ia ikut sertakan dalam beberapa kontes, dan kemudian berevolusi menjadi Marshtomp dan kemudian Swampert.

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Pokedex[sunting | sunting sumber]

Berikut ini akan disampaikan beberapa penjelasan dari Pokedex yang muncul dalam permainan video Pokémon.

Pokémon Ruby

Sirip yang ada di kepala Mudkip merupakan sebuah radar yang sangat sensitive. Dengan menggunakan sirip tersebut, ia dapat mendeteksi semua gerakan yang ada disekitarnya, termasuk juga yang ada di udara, dan sebagai salah satu pembantu penglihatan (penunjuk arah) jika ia sedang berenang dalam air lumpur.

Pokémon Shappire

Ketika Mudkip berada di air, ia menggunakan insang yang ada di sisi kanan dan kirinya untuk bernapas. Jika ia menemukan kondisi yang mengharuskannya bertarung, Mudkip akan mengeluarkan kekuatan luar biasa, yang konon bisa membelah batu.

Pokémon Emerald

Di daratan, Mudkip memiliki kekuatan luar biasa dengan tumbuh sampai empat kaki. Mereka tidur dengan cara mengubur diri mereka sendiri dalam tanah di dalam air lumpur.

Pokémon FireRed/LeafGreen

Mudkip mempunyai sirip besar di bagian ekor yang bisa ia gunakan untuk berenang secara cepat dalam air (baik di sungai maupun di lautan).

Pokémon Diamond/Pearl

Sirip yang berada di bagian kepalanya dapat membantu Mudkip untuk mengingatkannya apabila ada sesuatu yang berbahaya di depannya.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Dalam Pokémon Ruby/Shappire/Emerald (termasuk juga FireRed dan LeafGreen), Mudkip merupakan salah satu Pokémon starter. Jika kita ingin mendapatkannya di alam liar sangat sulit sekali, kecuali jika Anda memakai gameshark dan sebangsanya.

Sementara dalam Pokémon Diamond/Sapphire, Mudkip bisa Anda dapatkan di Pal Park, atau kembali memakai cara curang dengan Action Replay dan Code Breaker.

Evolusi[sunting | sunting sumber]

Marshtomp[sunting | sunting sumber]

Bentuk evolusi pertama dari Mudkip adalah Marshtomp. Dalam bentuk ini, Marshtomp memiliki tinggi tiga kali lebih besar daripada Mudkip (bila berdiri), dan besar empat kali lipat jika ia berjalan dalam pose empat kaki. Mudkip berevolusi menjadi Marshtomp di level 16.

Swampert[sunting | sunting sumber]

Swampert adalah bentuk evolusi kedua setelah Mudkip menjadi Marshtomp. Kali ini berat dan panjang tubuhnya menjadi semakin besar, dan wajahnya juga sudah sangat mirip dengan monster. Kali ini juga, Swampert lebih banyak berkeliaran di lautan ketimbang di sungai. Marshtomp berevolusi menjadi Swampert di level 36.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]