Region Pokémon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Terdapat beberapa region atau wilayah yang tampil dalam media franchise Pokémon. Kebanyakan, wilayah tersebut tampil dalam empat generasi video game Pokémon (Red, Blue, Green, and Yellow, Gold, Silver, Crystal; Ruby, Sapphire, dan Emerald; Diamond, Pearl, Platinum, dan Black dan White) secara mandiri satu persatu. Lainnya tampil dalam serial animasi. Biasanya antara wilayah satu dengan yang lain itu tidak berhubungan sama sekali, pengecualian hanya untuk Kanto yang bisa diakses dari Johto dan vice versa.

Setiap region mempunyai kota besar dan kota kecil dimana para pemain video game harus mengunjunginya untuk menamatkan game tersebut. Setiap lokasi dalam region tersebut memiliki jenis-jenis spesies Pokémon yang berbeda, dan juga beberapa barang penting, dan tentu saja rival serta pemimpin gym yang berbeda-beda.

Wilayah utama[sunting | sunting sumber]

Kanto[sunting | sunting sumber]

Kanto (berbasis dari region Kanto di Jepang) diperkenalkan dalam Red, Blue, dan Yellow, adalah region pertama dalam serial Pokémon. Kanto memiliki jalan akses yang berhubungan dengan Johto, jadi para pemain video game dapat mengelilingi keduanya dengan menggunakan kereta api atau kapal cepat dalam Gold, Silver dan Crystal. Lucunya, dalam beberapa versi game Pokémon belakangan dua region ini sangat berbeda kulturnya satu sama lain. Dua area di region Kanto, yaitu Saffron City dan Stadium Pokémon adalah salah satu bagian dalam video game Super Smash Bros.. Dalam serial TV, Ash mengelilingi Kanto sebagai region asalnya dan juga mengelilingi Battle Frontier yang masih terletak di Kanto.

Sevii Islands[sunting | sunting sumber]

Sevii Islands (Nanashima (ナナシマ?)) hanya tampil dalam Pokémon FireRed dan LeafGreen[1] dan dalam satu episode Pokémon Chronicles. Di sebut Sevii Islands karena dipercayai tujuh dewa membangun pulau ini dalam tujuh hari (VII dalam kata Sevii adalah nomor romawi untuk angka tujuh). Sebenarnya ada sekitar lebih dari 30 pulau kecil yang mengelilingi kepulauan ini, namun tidak bisa kita masuki. Dua pulau bernama Birth Island dan Navel Rock dalam dijangkau dengan tiket special Nintendo. Dua pulau tadi dapat diakses dalam Pokémon Emerald. Kepulauan ini berbasis dari Izu Islands dan Bonin Islands.hi

Johto[sunting | sunting sumber]

Wilayah Johto berisi nama-nama kota yang berbasis dari nama-nama pepohonan dan tumbuhan. Serial Pokémon season tiga, empat, dan lima mengambil tempat disini, yang kemudian dikenal dengan nama Pokémon G2, dalam Pokémon Gold, Silver, and Crystal. Secara geografis, Johto mirip dengan region Kansai dan region Chubu di Jepang.

Hoenn[sunting | sunting sumber]

Wilayah Hoenn (ホウエン地方 Hōen-chihō?) diperkenalkan dalam Ruby, Sapphire,[2] dan Emerald dan terletak di bagian tenggara Kanto/Johto. Satu-satunya metode transportasi untuk bisa sampai ke sana adalah dengan menggunakan kapal ferry seperti S.S. Anne, dimana dalam serial TV Pokémon season 6-8, kapal ini mengelilingi wilayah tersebut. Secara geografis, kondisi di Hoenn mirip dengan di salah satu pulau di Jepang, yaitu Kyūshū, dengan pengecualian kondisi iklim yang dibalik dalam video game.

Merujuk pada legenda Pokémon, wilayah Hoenn dibangun oleh Pokémon legenda darat Groudon yang mereklamasi lautan menjadi daratan dengan dibantu Pokémon legenda laut, Kyogre, yang menciptakan air lautnya. Wilayah Hoenn memiliki sebuah liga Pokémon yang disebut Hoenn League, dan juga memiliki The Elite Four yang berbeda dengan yang ada di Kanto dan Johto yang saling berbagi dalam video game. Seri Advanced Generation dalam serial TV Pokémon mengambil tempat disini, dimana Ash bertemu dengan May dan mereka kemudian menemukan lebih dari 100 spesies Pokémon baru.

Battle Frontier[sunting | sunting sumber]

Diperkenalkan dalam Pokémon Emerald dimana lokasinya terletak di sebuah pulau di luar Hoenn. Tempatnya merupakan sebuah fasilitas pertandingan Pokémon, yang berisi tujuh aksi yang berbeda yang dijalankan oleh Frontier Brain yang mempunyai spesialisasi masing-masing. Dalam serial TV, Battle Frontier terletak di region Kanto. Season 9 versi TV memperlihatkan Ash Ketchum berhasil mengalahkan para Frontier Brain.

Battle Frontier kemudian dilanjutkan dalam Pokémon Platinum, dengan pengecualian bahwa Frontier Brain di Sinnoh berlokasi di Battle Zone, di sebuah pulau di luar Sinnoh.

Sinnoh[sunting | sunting sumber]

Region Sinnoh adalah setting tempat dalam Diamond dan Pearl, dan terletak di bagian utara Kanto/Johto. Region ini berisi banyak kota, tetapi hanya sedikit rute sungai atau laut.[3] Wilayah ini berisi variasi iklim, dimana ini merupakan pertama kalinya, Pokémon berada di dataran salju. Dengan banyak kota yang padat penduduk, banyak masyarakat yang menggunakan area bawah tanah sebagai markas, selain itu di bagian ini juga banyak fosil yang bisa kita temukan dan dapatkan.[4] Season 10-11 dari serial TV Pokémon mengambil tempat disini. Di Sinnoh ada 23 kota yang berbeda. 8 diantaranya mempunyai Gym, yakni Oreburgh, Eterna, Veilstone, Hearthome, Pastoria, Canalave, Snowpoint dan Sunyshore. Ada 14 Pokemon legendaris dari Sinnoh -Dialga -Palkia -Mesprit -Uxie -Azelf -Heatran -Regigigas -Giratina -Cresselia -Darkrai -Phione -Manaphy -Shaymin -Arceus

Basis dari wilayah Sinnoh adalah pulau Hokkaidō di Jepang, pulau milik Rusia Sakhalin, dan kepulauan disputed dari Kunashir. Jadi intinya di Sinnoh banyak pegunungan di bagian Timur dan Barat, spesies-spesies Pokémon yang ada disini dapat berbeda baik dari segi ukuran dan warna. Diyakini dua Pokémon legenda membangun Sinnoh yaitu Dialga (waktu) dan Palkia (luar angkasa). Nama Dialga diambil dari kata "diamond" (Pokemon Diamond) dan Palkia diambil dari kata "pearl" (Pokemon Pearl).

Orange Islands[sunting | sunting sumber]

Orange Islands (オレンジ諸島 Orenji-shotō?) hanya tampil dalam serial TV Pokémon dan manga berjudul The Electric Tale of Pikachu. Ini merupakan satu-satunya region Pokémon yang tidak masuk dalam video game. Berisi banyak pulau kecil, empat diantaranya adalah: Fire Island, Lightning Island, Ice Island, dan Shamouti Island, menjadi settting dalam film Pokémon: The Movie 2000.[5]

Kondisi archipelago dalam region ini berbeda dengan di Kanto, dengan temperaturnya yang tropis. Akibatnya banyak Pokémon yang ditemukan berbeda warna dan ukuran tubuhnya pun berbeda.

Unova[sunting | sunting sumber]

Wilayah Unova[6], atau di Jepang dikenal sebagai Isshu (イッシュ地方 Isshu-chihō?) merupakan wilayah dalam permainan Black dan White. Unova terletak jauh sekali dari wilayah Hoenn, Johto, Kanto, dan Sinnoh. Wilayah ini mempunyai berbagai macam jenis tempat dan penduduknya heterogen. Nama Jepang wilayah ini diambil dari kata tashu (多種?, berarti "banyak jenis") dan isshu (一種?, berarti "satu jenis"); tashu (多種?, "banyak jenis") orang dan Pokémon yang akan ditemui disana dan terasa seperti isshu (一種?, "satu jenis") kehidupan bila dilihat dari jauh.

Pokémon langka yang terdapat disini antara lain Kyurem, Reshiram, Zekrom, Keldeo, Genesect, Victini, Meloetta, Terrakion, Virizion, Cobalion, Thundurus, Tornadus, dan Landorus.

Kalos[sunting | sunting sumber]

Wilayah Kalos merupakan wilayah dalam permainan Pokémon X dan Y. Kalos berdasar pada negara Perancis.[7]

Wilayah lain[sunting | sunting sumber]

Orre[sunting | sunting sumber]

Orre (オーレ地方 Ōre-chihō?) adalah wilayah yang dipakai sebagai setting dalam Pokémon Colosseum dan Pokémon XD: Gale of Darkness. Region ini berbasis dari gurun pasir di Texas, Arizona, AS. Dalam region ini, Pokémon liar sangat susah untuk ditemukan dan hanya bisa kita tangkap dalam game Pokémon XD.

Fiore[sunting | sunting sumber]

Fiore (フィオレ地方 Fiore-chihō?) adalah setting wilayah dalam video game Pokémon Ranger. Region ini tidak tampil dalam serial TV Pokémon, kecuali Solana, seorang karakter protagonis wanita dalam game yang tampil dalam dua episode. Pokémon Ranger menjelaskan bahwa lokasi ini cukup jauh dari region-region Pokémon yang lain. Basis region ini adalah Natal, Recife', dan Macelo' di bagian Brazil Timur. Kebanyakan lokasi di region ini adalah pulau-pulau kecil dan pegunungan. Ada empat area di Fiore, dimana namanya diambil dari musim cuaca di kehidupan nyata, yaitu Ring town, Fall City, Win town, dan Summerland. Fiore berisi 213 spesies Pokémon, yang bisa kita tangkap dalam game Pokémon Ranger, tetapi uniknya, disini pula kita tidak akan menemukan seorang pun Pokémon trainer. Semua masyarakat disini memilih untuk hidup berdampingan dengan Pokémon tanpa Poké Ball, seperti layaknya hewan peliharaan.

Almia[sunting | sunting sumber]

Almia (アルミア地方 Arumia-chihō?), adalah setting wilayah untuk video game Pokémon Ranger: Shadows of Almia. Lokasi ini terletak jauh dari Kanto, Johto, Hoenn dan Orre. Tetapi ada yang mengatakan bahwa bagian selatan dari pulau ini terletak dekat Sinnoh namun tidak terlihat dalam Diamond and Pearl.

Duelist Region[sunting | sunting sumber]

GB Island adalah setting dalam video game Pokémon Trading Card Game. Di pulau ini, spesies Pokémon yang ada hanyalah Pokémon yang tampil dalam kartu. Dengan berisi delapan klub, yang mirip dengan Pokémon Gym, Elite Four disana disebut sebagai the Grand Masters, dan sebuah laboratorium kartu. Dalam Pokémon Card GB2, pulau lain ditampilkan, bernama GB Island 2. Kedua pulau di atas tidak tampil dalam serial animasi TV.

Stadium regions[sunting | sunting sumber]

Stadium Island adalah setting dari Pokémon Stadium, White City adalah setting wilayah dari Pokémon Stadium 2, dan Pokétopia adalah setting dari Pokémon Battle Revolution. Ketiganya tidak tampil dalam serial animasi TV. Merujuk pada Super Smash Bros. Melee, Pokémon Stadium terletak di Kanto.

Mystery Dungeon Realm[sunting | sunting sumber]

Pokémon World adalah setting wilayah untuk video game Pokémon Mystery Dungeon. Disini yang ada hanyalah Pokémon, dan sedikit manusia. Wilayah ini tampil dalam dua episode khusus serial animasi TV. Dengan hanya sedikit manusia yang ada disana, wilayah ini boleh dibilang bersih dari sindikat kriminal. Tetapi dalam Mystery Dungeon anime special dan dalam awal permulaan permainan game, ada sebuah grup pengacau Pokémon yang disebut sebagai "Team Meanies," yang meskipun menyebut dirinya sebagai tim penolong, nyatanya mereka malah membuat rusuh bagi para penduduk. Dalam episode special serial Pokémon, mereka tampil sebagai karakter dengan peran kecil, tetapi dalam video game mereka tampil seolah penguasa.

Ada dua lokasi yang cukup menarik tetapi berbeda kultur. Yang satu bernama Treasure Town, dimana disini bisnis dan ekonomi berjalan pesat, satunya lagi adalah Wigglytuff Guild, yang merupakan organisasi penelitian. Untuk bisa bergabung dalam organisasi tersebut, para pemain game harus mendaftarkan dirinya di organisasi yang kita masuki tersebut.

Kepulauan Decolore[sunting | sunting sumber]

Kepulauan Decolore hanya.terdapat pada anime saja, yaitu pada serial Pokémon Best Wishes Season 2. Disini terdapat banyak Pokemon didaerah sebelumnya. Karena lokasinya, di Amerika nama seri ini ditambahkan and Beyond, melengkapi Adventures in Unova.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Prima Official Game Guide Pokemon FireRed and LeafGreen Version p. 71–73
  2. ^ "N-Philes :: Reviews :: Pokémon Emerald Review". www.n-philes.com. Diakses 2008-08-17. 
  3. ^ Official Pokémon Scenario Guide Diamond and Pearl version p. 6–7
  4. ^ Official Pokémon Scenario Guide Diamond and Pearl version p. 252–253
  5. ^ "New Video Releases". New York Times. Diakses 2008-01-11. 
  6. ^ {{cite web|url=http://www.pokemonblackwhite.com/en-us/unova/%7Ctitle=Pokémon Black Version and Pokémon White Version {{!}, Explore the Unova Region!|accessdate=2010-11-23}}
  7. ^ {{cite web|url=http://www.pokemonxy.com/en-us/story/region/%7Ctitle=Pokémon X and Y Version {{!}, The Kalos Region!|accessdate=2013-06-22}}

Pranala luar[sunting | sunting sumber]