Pokémon Diamond dan Pearl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pokémon Diamond dan Pearl
TipePokémon paired versions (en)
Versi pertama
GenreConsole role-playing game
Bahasa
Daftar
Karakteristik teknis
PlatformNintendo DS
Modepermainan video multipemain dan Permainan video pemain tunggal
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangGame Freak
PenyuntingNintendo
The Pokemon Company
PengarahJunichi Masuda
DesainerSatoshi Tajiri (produser eksekutif)
Junichi Masuda (sutradara)
KomponisJunichi Masuda
Hitomi Sato
PenerbitNintendo, The Pokémon Company
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864328
PEGI
enllaç=d:Q14915512
USK
enllaç=d:Q14920387
CERO
enllaç=d:Q11389850
Informasi tambahan
Situs webpokemon.com…
Musicbrainz: 3a7288f4-87e7-4b64-aa6f-81ad7805b4e2
Bagian dari Pokémon series
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Pokémon Diamond and Pearl adalah sebuah gim video yang diciptakan oleh Nintendo dan Game Freak, yang berbasis dari media waralaba Pokémon ciptaan Satoshi Tajiri dan Ken Sugimori. Gim ini ditujukan untuk konsol handheld Nintendo DS, dan dirilis tahun 2007. Versi penyempurnaan dari seri gim video ini adalah Pokémon Platinum yang dirilis tahun 2009.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Pokémon Diamond dan Pearl merupakan seri game Pokémon generasi keempat, dengan rancangan grafis yang lebih gres ketimbang versi-versi sebelumnya. Didukung dengan kelebihan dual screen dari konsol Nintendo DS, para pemain game ini dapat melakukan beragam hal, diantaranya menulis notes, kalkulator, dan bahkan pula bisa menyambungkan langsung game ini dengan game Pokémon untuk konsol Nintendo Wii (My Ranch Pokémon).

Dalam seri game ini, diperkenalkan satu region baru, bernama Sinnoh. Yang jika dilihat dari segi kacamata dunia nyata, region ini akan mengingatkan kita pada pulau Hokkaido di Jepang. Berbeda dengan tiga generasi sebelumnya yang hanya memperlihatkan dua musim saja (musim kemarau dan musim hujan), mulai seri ini kita diperkenalkan pada musim dingin (salju) tepatnya di Snowpoint City.

Untuk karakter utama, bagi setiap pemain yang memilih karakter laki-laki, mereka akan memakai karakter yang mirip dengan di versi G1 (Ash Ketchum), dengan rival yang juga sama-sama mirip dengan versi G1 (Gary Oak). Sementara bagi yang memilih karakter perempuan, mereka akan diberikan karakter Dawn(Hikari), yang juga menjadi karakter utama dalam serial animasi Pokémon Diamond and Pearl. Karakter rival, Barry (Jun) disini juga ditampilkan sebagai karakter di anime seperti game generasi pertama.

Dalam seri video game ini ditambahkan Pokémon-Pokémon baru berjumlah 107 spesies (dimulai dari Turtwig dan diakhiri oleh Arceus), dan menambah jumlah total Pokémon mencapai 493 jenis bila kita hitung sejak seri G1.

Dalam hal grup criminal, di seri game kali ini kita akan menemui satu grup criminal baru, bernama Team Galactic. Nyaris sama seperti Team Rocket pada seri G1/G2, atau Team Aqua dan Team Magma dalam seri G3, usaha mereka hanya satu, menguasai dunia dan menguasai seluruh jenis Pokémon tangguh yang ada.

Fitur Game[sunting | sunting sumber]

Seperti seri-seri utama Pokemon sebelumnya, kalian harus bisa memenangkan 8 Gym Badges dari 8 Gym Leader untuk mengikuti kompetisi Elite Four. Kalian akan mendapatkan starter Pokemon untuk melewati rute-rute tertentu. Disini kalian juga akan mengalahkan dan menghancurkan rencana jahat Team Galactic. Seperti sebelumnya, terdapat Pokemon Contest, hanya saja beberapa fitur ditambahkan. Terdapat pula sistem Trade Pokemon, hanya saja dapat menukar berakses internasional melalui DS Wi-Fi Communication. DS Wi-Fi Communication sendiri bertepat di GTS (Global Trade Station) di kota Jubilee City. Di sini kalian juga dapat membangun tempat rahasia sendiri dengan bantuan Stylus. Sekarang kalian sudah dapat menemukan Pokemon yang hilang dengan pergi ke Pal Park dengan memakai fitur DS Wi-Fi. Metode lainnya dengan cara Dongle yaitu memasukkan data chip game Pokemon GBA seri lama untuk mendapatkan Pokemon tertentu di wilayah tertentu, seperti Elekid dan Magmar.

Pokémon Starter[sunting | sunting sumber]

Seperti biasa, di awal permainan kita akan memilih satu Pokémon yang akan diberikan oleh seorang professor. Kali ini professor akan ditemani seorang koordinator, yakni Dawn (jika Anda memilih karakter laki-laki) adalah Prof. Rowan. Pokémon yang dapat kita pilih ada tiga, yaitu Turtwig (jenis Pokémon pohon, digambarkan dengan rupa seekor kura-kura), Chimchar (jenis Pokémon api, digambarkan dengan rupa seekor kera), dan Piplup (jenis Pokémon air, digambarkan dengan rupa seekor penguin).

Pokémon Platinum[sunting | sunting sumber]

Pokémon Platinum merupakan versi penyempurnaan dari seri Diamond dan Pearl. Alur ceritanya lebih fokus kepada Giratina, Pokemon penguasa dunia/dimensi distorsi. Dalam versi ini, ada beberapa elemen yang ditambahkan ke dalam video game. Beberapa Pokemon ditambahkan mode-mode tertentu, dengan bantuan item held khusus via-Event,seperti Giratina Origin Form (griseous orb) dan Shaymin Sky Form (micle berry). Selain itu juga, kita mempunyai kesempatan untuk menangkap total 493 spesies Pokémon yang ada. Perbedaan lain yang kita bisa jumpai dari Pokémon Platinum adalah dalam seri ini, sejak bagian awal kita memulai game, lingkungan sekitar kita sudah dibalut salju.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]