Pokémon Gold dan Silver

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pokémon Gold and Silver
Pokemon gold.jpg
Silver v.jpg
Pengembang Game Freak
Penerbit Nintendo / The Pokémon Company
Perancang Satoshi Tajiri (director)
Junichi Masuda (sub-director)
Seniman Ken Sugimori
Seri Pokémon series
Platform Game Boy (with SGB and GBC support)
Tanggal rilis JP November 21, 1999


AUS September 4, 2000
NA October 15, 2000[1][2]
EUR April 6, 2001

Genre Console role-playing game
Mode Single player, Multiplayer
Media digital/distribusi Cartridge

Pokémon Gold dan Silver adalah sebuah permainan video game yang diciptakan oleh Nintendo dan Game Freak, yang berbasis dari media franchise Pokémon yang diciptakan oleh Satoshi Tajiri dan Ken Sugimori. Video game ini ditujukan untuk konsol handheld Nintendo Game Boy Color, dan dirilis tahun 2000. Versi penyempurnaan dari seri video game ini adalah Pokémon Crystal yang dirilis tahun 2001.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Terdapat perbaikan signifikan dalam seri video game Pokémon ini dibandingkan dengan versi sebelumnya yaitu Pokémon Red dan Blue. Selain tampilannya yang sudah mulai berwarna, para pemainnya dapat menentukan waktu start, hari, dan bahkan jenis kelamin karakter yang kita pilih, bisa laki-laki, ataupun perempuan. Selain itu di versi ini juga diperkenalkan sistem waktu siang dan malam. Tidak hanya menangkap Pokemon, kalian juga dapat mengembangkan Pokemon anda dengan cara memproduksi bayi Pokemon, yang akan mendapatkan teknik-teknik baru dari keturunannya. Disini juga diperkenalkan shiny Pokemon, yang merupakan Pokemon mempunyai warna yang berbeda, yang nantinya akan mendapatkan Gyarados merah dalam ceritanya.

Di awal permainan, kita akan memulainya dari New Bark Town, tempat dimana Professor Elm akan memberikan salah satu dari tiga Pokémon starter, yaitu Cyndaquil yang berjenis api, Chikorita yang berjenis rumput/tumbuhan, dan Totodile yang berjenis air. Setelah itu, kita harus berkeliling di region Johto untuk mendapatkan delapan lencana. Tantangan baru yang kalian hadapi adalah Silver, rival dari karakter utama, sindikat kriminal Team Rocket yang ingin kembali membuat masalah. Kemudian kita akan masuk ke Indigo Plateau di Kanto untuk kemudian menjadi juara Johto.

Tetapi petualangan ini belum berakhir, segera setelah kita menjadi juara Johto, kita masih harus berkeliling mencari delapan lencana tersisa di region Kanto, dimana nantinya kita akan menghadapi Misty, Brock, dan Gary Oak yang berperan sebagai pemimpin gym. Untuk menjadi juara nasional, kita harus mengalahkan Red yang bersembunyi di Mt. Silver sebagai lawan terakhir. Total ada 16 lencana gym yang bisa kita dapatkan.

Untuk memudahkan kita dalam perjalanan, ada beberapa gadget yang kita bawa, antara lain PokeGear yang diberikan oleh ibu karakter yang kita pilih dirumahnya, sebuah hand phone, dan radio FM. Disini juga terdapat Pokemon langka, seperti Celebi, yang hanya didapatkan lewat event di Jepang.

Hal baru yang ditambahkan adalah Pokérus (Pokémon virus) atau di dalam game disingkat menjadi PkRS. Berbeda dengan virus yang kita kenal sehari-hari (yang cenderung mengakibatkan penyakit), Pokérus justru membuat seekor Pokémon menjadi lebih cepat mendapatkan EXP dan poin stat. Ini dikarenakan Pokérus menggandakan Effort Value sehingga membantu pemain untuk menaikkan level Pokémon tersebut. Pokérus juga dapat menulari Pokémon lainnya dalam tim, dengan menaruh Pokémon yang terinfeksi tersebut disebelah Pokémon yang lain dalam tim, atau dengan menaikkan level Pokémon yang terinfeksi tersebut. Tetapi, virus tersbut hanya akan bertahan 2 hari saja. Jika ingin menyimpan Pokérus tersebut, masukkan Pokémon yang terinfeksi ke dalam PC. Dan perlu diingat bahwa kemungkinan untuk menemukan Pokérus adalah 3:65536 baik dengan bertemu Pokémon liar maupun menternakkan Pokémon.

Pokémon[sunting | sunting sumber]

Total ada 251 jenis Pokémon yang bisa kita dapatkan atau kita tangkap dalam game Pokémon ini. 151 spesies Pokémon yang ada di region Kanto dari mulai Bulbasaur sampai Mew, ditambah 100 spesies Pokémon yang tinggal di region Johto, dari mulai Chikorita sampai Celebi.

Beberapa Pokemon yang tidak dapat ditemukan di alam bebas bisa dilahirkan dari keturunannya lewat breeding. Beberapa Pokémon dari generasi pertama tidak dapat ditangkap di game ini, tetapi dapat di-transfer dari versi Pokémon Red dan Blue.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Games : Pokémon Gold". Nintendo. Diakses 2008-06-28. 
  2. ^ "Games : Pokémon Silver". Nintendo. Diakses 2008-06-28.