Pokémon Gold, Silver, dan Crystal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pokémon Gold dan Silver)
  • Pokémon Gold
  • Pokémon Silver
  • Pokémon Crystal
Sampul permainan video versi Amerika Utara.
TipePokémon paired versions (en) dan Pokémon trio versions (en)
Versi pertama
  • Pokémon Gold dan Silver
    • JP: 21 November 1999
    • AU: 13 October 2000
    • NA: 15 October 2000
    • EU: 6 April 2001
    • KR: 24 April 2002
  • Pokémon Crystal
    • JP: December 14, 2000
    • NA: July 29, 2001
    • AU: September 30, 2001
    • EU: November 2, 2001
GenreRole-playing
Bahasa
Karakteristik teknis
PlatformGame Boy Color
ModePermainan video pemain tunggal dan permainan video multipemain
FormatROM cartridge
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangGame Freak
PenyuntingNintendo
The Pokemon Company
PengarahSatoshi Tajiri
Produsen
Penulis
  • Toshinobu Matsumiya
  • Kenji Matsushima
DesainerSatoshi Tajiri
Junichi Masuda
Komponis
  • Junichi Masuda
  • Go Ichinose
  • Morikazu Aoki
PenerbitNintendo
ProgrammerShigeki Morimoto
SenimanKen Sugimori
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864328
PEGI
enllaç=d:Q14915512
USK
enllaç=d:Q14920387
Informasi tambahan
Situs webpokemon.com…
MobyGamespokmon-gold-version dan pokmon-silver-version
Musicbrainz: 94629eba-e5d6-45ef-8443-f69da79e661e
Bagian dari Pokémon
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Pokémon Gold dan Pokémon Silver adalah permainan video bermain peran yang dirilis pada tahun 1999. Permainan ini dikembangkan oleh Game Freak dan diterbitkan oleh Nintendo untuk Game Boy Color. Mereka adalah rilis pertama dalam generasi kedua dari seri permainan video Pokémon. Di Australia dan Amerika Utara, permainan ini dirilis pada tahun 2000, dan Eropa pada tahun 2001. Sebuah versi ketiga, Pokémon Crystal, dirilis setahun kemudian di setiap wilayah. Pada peringatan 10 tahun Gold dan Silver pada tahun 2009, remake berjudul Pokémon HeartGold dan SoulSilver dirilis untuk Nintendo DS.

Permainan ini memperkenalkan 100 spesies Pokémon baru dan mengikuti kemajuan karakter pemain dalam pencarian mereka untuk menjadi ahli pertarungan Pokémon. Meskipun Pokémon Gold dan Silver adalah permainan yang independen satu sama lain, tetapi sebagian besar plotnya sama. Meskipun keduanya dapat dimainkan secara terpisah, penting untuk melakukan pertukaran Pokémon antara kedua permainan ini dan juga dengan pendahulunya untuk menyelesaikan Pokédex sepenuhnya. Wilayah Johto dalam seri anime Pokémon didasarkan pada wilayah baru yang diperkenalkan dalam permainan ini.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Terdapat perbaikan signifikan dalam seri video game Pokémon ini dibandingkan dengan versi sebelumnya yaitu Pokémon Red dan Blue. Selain tampilannya yang sudah mulai berwarna, para pemainnya dapat menentukan waktu start dan hari/tanggal. Selain itu di versi ini juga diperkenalkan sistem waktu siang dan malam. Tidak hanya menangkap Pokemon, kalian juga dapat mengembangkan Pokemon anda dengan cara memproduksi bayi Pokemon, yang akan mendapatkan teknik-teknik baru dari keturunannya. Disini juga diperkenalkan shiny Pokemon, yang merupakan Pokemon mempunyai warna yang berbeda, yang nantinya akan mendapatkan Gyarados merah dalam ceritanya. Dalam Pokemon Crystal, untuk kali pertama pemain bisa memilih jenis kelamin karakter yang kita pilih, antara laki-laki ataupun perempuan.

Di awal permainan, kita akan memulainya dari New Bark Town, tempat di mana Professor Elm akan memberikan salah satu dari tiga Pokémon starter, yaitu Cyndaquil yang berjenis api, Chikorita yang berjenis rumput/tumbuhan, dan Totodile yang berjenis air. Setelah itu, kita harus berkeliling di region Johto untuk mendapatkan delapan lencana. Tantangan baru yang kalian hadapi adalah Silver, rival dari karakter utama, sindikat kriminal Team Rocket yang ingin kembali membuat masalah. Kemudian kita akan masuk ke Indigo Plateau di Kanto untuk kemudian menjadi juara Johto.

Tetapi petualangan ini belum berakhir, segera setelah kita menjadi juara Johto, kita masih harus berkeliling mencari delapan lencana tersisa di region Kanto, di mana nantinya kita akan menghadapi Misty, Brock, dan Gary Oak yang berperan sebagai pemimpin gym. Untuk menjadi juara nasional, kita harus mengalahkan Red yang bersembunyi di Mt. Silver sebagai lawan terakhir. Total ada 16 lencana gym yang bisa kita dapatkan.

Untuk memudahkan kita dalam perjalanan, ada beberapa gadget yang kita bawa, antara lain PokeGear yang diberikan oleh ibu karakter yang kita pilih dirumahnya, sebuah hand phone, dan radio FM. Disini juga terdapat Pokemon langka, seperti Celebi, yang hanya didapatkan lewat event di Jepang.

Hal baru yang ditambahkan adalah Pokérus (Pokémon virus) atau di dalam game disingkat menjadi PkRS. Berbeda dengan virus yang kita kenal sehari-hari (yang cenderung mengakibatkan penyakit), Pokérus justru membuat seekor Pokémon menjadi lebih cepat mendapatkan EXP dan poin stat. Ini dikarenakan Pokérus menggandakan Effort Value sehingga membantu pemain untuk menaikkan level Pokémon tersebut. Pokérus juga dapat menulari Pokémon lainnya dalam tim, dengan menaruh Pokémon yang terinfeksi tersebut disebelah Pokémon yang lain dalam tim, atau dengan menaikkan level Pokémon yang terinfeksi tersebut. Namun, virus tersbut hanya akan bertahan 2 hari saja. Jika ingin menyimpan Pokérus tersebut, masukkan Pokémon yang terinfeksi ke dalam PC. Dan perlu diingat bahwa kemungkinan untuk menemukan Pokérus adalah 3:65536 baik dengan bertemu Pokémon liar maupun menternakkan Pokémon.

Pokémon[sunting | sunting sumber]

Total ada 251 jenis Pokémon yang bisa kita dapatkan atau kita tangkap dalam game Pokémon ini. 151 spesies Pokémon yang ada di region Kanto dari mulai Bulbasaur sampai Mew, ditambah 100 spesies Pokémon yang tinggal di region Johto, dari mulai Chikorita sampai Celebi.

Beberapa Pokemon yang tidak dapat ditemukan di alam bebas bisa dilahirkan dari keturunannya lewat breeding. Beberapa Pokémon dari generasi pertama tidak dapat ditangkap di game ini, tetapi dapat di-transfer dari versi Pokémon Red dan Blue.

Respon kritis[sunting | sunting sumber]

Pokémon Gold dan Silver mendapatkan pujian kritis yang signifikan ketika dirilis. Mereka dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu judul permainan terbaik dalam seluruh seri Pokémon,[1][2][3] serta menjadi salah satu permainan yang paling berpengaruh dalam konsol permainan video genggam generasi kelima. Mereka meneruskan kesuksesan besar yang dicapai oleh Pokémon Red dan Blue saat waralaba Pokémon mulai berkembang menjadi fenomena global bernilai miliaran dolar. Penjualan Pokémon Gold dan Silver hampir menyamai kesuksesan Red dan Blue. Pada tahun 2010, mereka telah terjual lebih dari 23 juta unit, menjadikannya judul permainan terlaris untuk Game Boy Color dan permainan terlaris ketiga dalam keluarga sistem Game Boy.[4]

Pokémon Crystal juga diterima dengan baik oleh para kritikus, meskipun banyak yang mengomentari bahwa tidak ada penambahan dan fitur baru yang cukup signifikan untuk membedakannya dari Pokémon Gold dan Silver. Craig Harris dari IGN menyatakan, "edisi terakhir (semoga) untuk Game Boy Color ini jelas merupakan versi yang harus dimiliki jika Anda belum memiliki salah satu dari miliaran salinan sebelumnya, dengan sedikit pembaruan Crystal pada desain dan grafis. Namun, tidak banyak yang membuatnya 'harus dibeli' bagi mereka yang sudah memiliki satu atau dua salinan dari edisi sebelumnya."[5]

Remake[sunting | sunting sumber]

Pokémon HeartGold dan Pokémon SoulSilver adalah remake yang disempurnakan dari Pokémon Gold dan Silver, dikembangkan oleh Game Freak dan diterbitkan oleh The Pokémon Company dan Nintendo untuk Nintendo DS.[6] Pertama kali dirilis di Jepang pada 12 September 2009, game tersebut kemudian dirilis di Amerika Utara, Australia, dan Eropa selama Maret 2010.[7][8]

Sutradara game Shigeki Morimoto bertujuan untuk menghormati perasaan orang-orang yang memainkan game sebelumnya, sekaligus memastikan bahwa game ini terasa seperti game baru bagi mereka yang diperkenalkan ke seri ini dalam beberapa tahun terakhir.[9] Penerimaan terhadap game tersebut positif, keduanya berada di antara game DS dengan rating tertinggi sepanjang masa di Metacritic. Secara komersial, mereka adalah salah satu game Nintendo DS terlaris sepanjang masa, dengan penjualan gabungan sebesar 10 juta unit per 29 Juli 2010.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ranking six generations of Pokémon games from worst to best". VentureBeat. 2016-02-27. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-28. Diakses tanggal 2017-09-06. 
  2. ^ "Every Pokemon Generation Ranked". Game Rant (dalam bahasa Inggris). 2016-06-10. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-09-06. Diakses tanggal 2017-09-06. 
  3. ^ Becker, Matt (27 September 2017). "Why Pokemon Gold and Silver are the best games in the series". Fansided. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-07. Diakses tanggal 27 September 2017. 
  4. ^ Terry, Paul, 1978- (2016). Top 10 of everything 2017. London. ISBN 978-0-600-63374-7. OCLC 1063533806. 
  5. ^ Harris, Craig (2001-07-30). "Pokemon Crystal Version Review". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 August 2012. Diakses tanggal 2008-07-05. 
  6. ^ Meunier, Nathan (13 April 2010). "Pokemon HeartGold / SoulSilver Review". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-09-24. Diakses tanggal 24 September 2017. 
  7. ^ Sinclair, Brendan (15 March 2010). "Shippin' Out March 14–20: God of War III, Command & Conquer 4". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-09-25. Diakses tanggal 24 September 2017. 
  8. ^ Kozanecki, James (22 March 2010). "AU Shippin' Out March 22–26: Red Steel 2". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-09-24. Diakses tanggal 24 September 2017. 
  9. ^ "5. We Were Greedy With The Features • Iwata Asks - Pokémon HeartGold Version & SoulSilver Version". Nintendo UK. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-17. Diakses tanggal 24 September 2017. 
  10. ^ East, Thomas (29 July 2010). "Pokémon HeartGold/SoulSilver hits 10 million sales". Official Nintendo Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 August 2010. Diakses tanggal 24 September 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]