Pokémon Ruby, Sapphire, dan Emerald

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
  • Pokémon Ruby
  • Pokémon Sapphire
  • Pokémon Emerald
Sampul permainan video rilis Amerika Utara.
TipePokémon trio versions (en)
Versi pertama
  • Pokémon Ruby dan Sapphire
    • JP: November 21, 2002
    • NA: March 19, 2003
    • AU: April 3, 2003
    • EU: July 25, 2003
  • Pokémon Emerald
    • JP: September 16, 2004
    • NA: May 1, 2005
    • AU: June 9, 2005
    • EU: October 21, 2005
GenreRole-playing
Informasi pengembang
PengembangGame Freak
PengarahJunichi Masuda
Produsen
  • Hiroyuki Jinnai
  • Takehiro Izushi
  • Hiroaki Tsuru
Penulis
  • Toshinobu Matsumiya
  • Akihito Tomisawa
  • Junichi Masuda
DesainerShigeki Morimoto
Junichi Masuda
Shigeru Ohmori
Komponis
  • Go Ichinose
  • Morikazu Aoki
  • Junichi Masuda
Penerbit
ProgrammerTetsuya Watanabe
SenimanKen Sugimori
Bagian dari Pokémon
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Pokémon Ruby dan Pokémon Sapphire adalah permainan video bermain peran tahun 2002 yang dikembangkan oleh Game Freak. Permainan ini diterbitkan oleh The Pokémon Company dan Nintendo untuk konsol genggam Game Boy Advance. Mereka adalah seri pertama dalam generasi ketiga dari seri permainan video Pokémon yang juga dikenal sebagai "generasi lanjutan". Setelah bertahun-tahun Nintendo menjadi satu-satunya penerbit waralaba di semua wilayah, The Pokémon Company menerbitkan permainan bersama untuk pertama kalinya sejak pendirian perusahaan pada tahun 1998. Mereka pertama kali dirilis di Jepang pada akhir tahun 2002, dan secara internasional pada tahun 2003. Pokémon Emerald, versi ketiga dari permainan ini, dirilis dua tahun kemudian di setiap wilayah. Remake dari kedua game tersebut, berjudul Pokémon Omega Ruby dan Alpha Sapphire, dirilis untuk Nintendo 3DS di seluruh dunia pada November 2014, tepat dua belas tahun sejak tanggal rilis asli Ruby dan Sapphire, dengan pengecualian Eropa, yang dirilis seminggu kemudian.

Alur permainan video sebagian besar tidak berubah dari judul sebelumnya; pemain mengontrol karakter utama dari perspektif atas, dan kontrolnya sebagian besar sama dengan permainan sebelumnya. Seperti judul-judul sebelumnya, tujuan utamanya adalah menangkap semua Pokémon di dalam permainan dan mengalahkan Elite Four. Juga seperti pendahulunya, subplot utama permainan ini melibatkan karakter pemain yang mengalahkan organisasi kriminal yang mencoba mengambil alih wilayah tersebut. Fitur baru, seperti pertarungan ganda, kemampuan Pokémon, Kontes Pokémon, dan 135 Pokémon baru telah ditambahkan. Karena peningkatan kemampuan Game Boy Advance, empat pemain dapat terhubung satu sama lain pada satu waktu, bukan dua batas sebelumnya. Selain itu, permainan ini dapat dihubungkan ke e-Reader atau permainan Pokémon generasi ketiga lainnya.

Ruby dan Sapphire menerima sebagian besar ulasan positif, meskipun kritik terbagi dalam penilaian mereka terhadap game tersebut, terutama pada alur dan grafik. Sebagian besar keluhan berfokus pada alur yang tidak banyak berubah dalam kaitannya dengan generasi sebelumnya, dan masalah konektivitas versus generasi seri sebelumnya. Dengan lebih dari 16,22 juta salinan yang terjual, permainan ini terbilang sukses secara komersial dan menjadi permainan terlaris untuk Game Boy Advance. Permainan terjual kurang dari generasi sebelumnya dengan Red dan Blue yang telah terjual hampir 31 juta unit di seluruh dunia, dan Gold dan Silver yang terjual lebih dari 23 juta unit.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Video game Pokémon versi ini mengalami perbaikan yang sangat signifikan bila dibandingkan dengan dua versi pendahulunya, yaitu Pokémon Red dan Blue serta Pokémon Gold dan Silver. Dalam versi ini, yang ditujukan untuk konsol handheld Nintendo Game Boy Advance, latar belakang game beserta seluruh karakternya sudah berwarna terang dan jelas. Sistem waktu masih tetap dipertahankan, sayangnya sistem siang-malam dihilangkan dari versi ini.

Dirilis sebagai pendukung dari serial anime Pokémon: Advanced Generation, video game Ruby dan Sapphire menampilkan dua karakter utama yang bisa kita pilih, pertama yang laki-laki adalah Brendan, dan yang perempuan adalah May. Untuk jalan cerita sendiri, setting video game ini mengambil tempat di region Hoenn.

Pokémon starter yang bisa kita pilih ketika Professor Birch menawarkannya kepada kita adalah Treecko yang berjenis tumbuhan, Torchic yang berjenis api, dan Mudkip yang berjenis air.

Salah satu perubahan besar di dalam sistem permainan pokemon adalah diperkenalkannya sistem EV(Effort Vallue) dan IV(Individual Value) yang merupakan sebuah angka tersembunyi yang nantinya berpengaruh pada status pokemon dan diperkenalkannya sistem nature dimana nature terntentu akan menaikan 1 status tertentu pokemon sebesar 10% dan 1 status lain diturunkan sebesar 10%

Selain hal diatas, Ruby dan Sapphire juga memperkenalkan dua sindikat kriminal yang baru, yaitu Team Aqua dan Team Magma. Perbedaannya, jika kita memainkan versi Sapphire, maka yang akan menjadi sindikat kriminal adalah Team Aqua, dan Team Magma akan menjadi aliansi kita, sebaliknya jika kita memainkan versi Ruby, maka yang akan menjadi musuh adalah Team Magma, dan Team Aqua akan menjadi sekutu kita.

Pokémon[sunting | sunting sumber]

Total ada 386 spesies Pokémon yang bisa kita dapatkan atau kita tangkap dalam game Pokémon versi ini. 151 spesies Pokémon yang ada di region Kanto dari mulai Bulbasaur sampai Mew, 100 spesies Pokémon yang tinggal di region Johto, dari mulai Chikorita sampai Celebi. Dan 135 spesies baru yang ada di Hoenn, dari mulai Treecko sampai Deoxys. Namun tidak semuanya bisa kita dapatkan secara mudah, karena ada beberapa spesies yang tidak bisa kita tangkap di alam, melainkan harus melalui suatu acara, atau bahkan memakai kode curang game shark atau action replay.

Audio[sunting | sunting sumber]

GBA Pokémon Ruby & Sapphire Music Super Complete
Album lagu tema karya Junichi Masuda, Go Ichinose, Morikazu Aoki[1]
Dirilis26 April 2003
LabelMediafactory

Pokémon Emerald[sunting | sunting sumber]

Pokémon Emerald adalah sebuah permainan video bermain peran yang dikembangkan oleh Game Freak, diterbitkan oleh The Pokémon Company dan didistribusikan oleh Nintendo untuk konsol permainan video genggam Game Boy Advance. Permainan tersebut pertama kali dirilis di Jepang pada 16 September 2004, dan kemudian dirilis di Amerika Utara, Australia dan Eropa. Permainan tersebut adalah sebuah versi susulan dari Pokémon Ruby dan Sapphire, dan merupakan bagian dari generasi ketiga serial permainan video Pokémon.

Selain pertarungan tradisional dan gaya dunia luar, Pokémon pemain juga dapat berpartisipasi dalam Kontes Pokémon di mana mereka dapat mencoba dan menang dalam lima kategori kontes: "Keren", "Kecantikan", "Imut", "Pintar", dan "Tangguh". Karakter pemain diberi perangkat sejak awal yang disebut PokéNav, yang memungkinkan pemain untuk melihat peta dunia, memeriksa statistik kontes Pokémon mereka, dan melakukan dan menerima panggilan telepon dengan pelatih yang telah mereka temui untuk mengobrol atau merencanakan pertempuran. Ini menggantikan fungsi yang disebut "Trainer's Eyes", yang memungkinkan pemain untuk mendaftarkan pelatih tertentu dan melihat kapan mereka ingin bertempur. Ini juga memungkinkan pemain untuk bertarung kembali dengan Gym Leaders, kemampuan yang tidak ditemukan di game Pokémon sebelumnya. Emerald menyertakan beberapa fitur dan perubahan baru lainnya seperti animasi Pokemon dalam pertempuran dan area yang disebut Battle Frontier yang merupakan perluasan dari Battle Tower yang terdapat di game sebelumnya. Seorang pria yang ditemui pemain beberapa kali sepanjang permainan pada akhirnya akan mengizinkan mereka mengakses Battle Frontier setelah mengalahkan Pokémon League Champion. Battle Frontier menghadirkan Battle Tower yang disebutkan di atas selain enam area baru. Menyelesaikan area ini memberi pemain "Battle Points" yang dapat digunakan untuk hadiah untuk digunakan di dalam dan di luar pertempuran. Versi Jepang menampilkan kompatibilitas dengan Nintendo e-Reader;[2] namun, ini dipotong untuk rilis bahasa Inggris karena kurang berhasil. Juga ditampilkan area Trainer Hill yang dalam versi Jepang kompatibel dengan e-Reader. Pokémon langka yang berasal dari game Pokémon sebelumnya seperti Mew, Lugia, dan Ho-Oh tersedia melalui acara dalam game.[3]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Terjemahan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mishiro Town is known as Littleroot Town in the English-language release of Ruby and Sapphire
  2. ^ Odamaki is known as Prof. Birch in the English-language release of Ruby and Sapphire
  3. ^ Haruka is known as Mei in the English-language release of Ruby and Sapphire
  4. ^ Kotoki Town is known as Oldale in the English-language release of Ruby and Sapphire
  5. ^ Literally "Short Pants Youngster", this encounter music plays when encountering trainers called "YOUNGSTER" in the North American English version, all of whom are depicted wearing shorts.
  6. ^ Touka City is known as Petalburg in the English-language release of Ruby and Sapphire
  7. ^ Muro Town is known as Dewford in the English-language release of Ruby and Sapphire
  8. ^ Kaina City is known as Slateport in the English-language release of Ruby and Sapphire
  9. ^ Shidake Town is known as Verdanturf in the English-language release of Ruby and Sapphire
  10. ^ Hajitsuge Town is known as Fallarbor in the English-language release of Ruby and Sapphire
  11. ^ やまおとこ can be interpreted several different ways, such as "Alpinist" or "Woodsman". The official North American English localization for this game rendered this trainer title as "Hiker".
  12. ^ Work Machines are known as TMs in the English-language release of Ruby and Sapphire
  13. ^ Hiwamaki City is known as Fortree in the English-language release of Ruby and Sapphire
  14. ^ Minamo City is known as Lilycove in the English-language release of Ruby and Sapphire
  15. ^ Literally "Mountain of Ceremonial Bonfires"; Okuribi is known as Mt. Pyre in the English-language release of Ruby and Sapphire
  16. ^ Rune City is known as Sootopolis City in the English-language release of Ruby and Sapphire
  17. ^ Mezame is known as the Cave of Origin in the English-language release of Ruby and Sapphire
  18. ^ Literally "Bikini Older Sister". This Japanese honorific (おねえさん) is also used to address a young girl who is older than the speaker, but not related. The North American English localization for the type of trainer this theme represents was rendered as "Bikini Girl".
  19. ^ Saiyuu City is known as Evergrande City in the English-language release of Ruby and Sapphire
  20. ^ Champion Road is known as Victory Road in the English-language release of Ruby and Sapphire
  21. ^ Daigo is known as Steven Stone in the English-language release of Ruby and Sapphire

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lainnya[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pokemon Ruby Version Release Information". GameFAQs. CBS Interactive. Diakses tanggal November 15, 2008. 
  2. ^ "Nintendo reveals new WarioWare Inc". GameSpot. 2004-08-04. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 March 2014. Diakses tanggal 2013-11-02. 
  3. ^ Zablotny, Marc (2012-10-08). "15 Amazing Pokémon Facts and Secrets". Official Nintendo Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 November 2013. Diakses tanggal 2013-11-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]