Pokédex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pokédex
Dalam anime, Ash menggunakan Pokédex untuk mengidentifikasi Pokémon yang dijumpainya.
Dalam anime, Ash menggunakan Pokédex untuk mengidentifikasi Pokémon yang dijumpainya.
Ilustrasi Pokédex dalam permainan Pokémon Black dan White, Pokémon Black 2 dan White 2.
Ilustrasi Pokédex dalam permainan Pokémon Black dan White, Pokémon Black 2 dan White 2.
Tampilan Pokédex dalam permainan Pokémon Black 2 dan White 2.
Tampilan Pokédex dalam permainan Pokémon Black 2 dan White 2.

Pokédex (ポケモン図鑑 Pokemon Zukan?, "Ensiklopedia Pokémon") adalah sebuah konsep dalam permainan Pokémon, berupa sebuah komputer katalog mini yang mutlak dimiliki oleh pemain untuk mengidentifikasi spesies Pokémon yang ditemuinya. Dalam versi manga, Pokédex adalah sebuah ensiklopedia yang lengkap, sedangkan dalam versi permainan video, trainer (pelatih Pokémon/pemain) harus menangkap Pokémon agar mendapatkan informasinya.

Dalam permainan dan anime[sunting | sunting sumber]

Permainan Pokémon berlatar tempat yang berbeda-beda sesuai dengan generasi permainannya, yang disebut region (daerah). Data Pokédex yang terdapat di tiap region berbeda satu sama lain. Di region Kanto, Pokédex terisi dengan data 151 spesies Pokémon lokal yang ada di daerah tersebut. Di Johto, Pokédex terisi dengan data 100 spesies Pokémon. Di Hoenn, Pokedex yang ada menambahkan data 135 spesies lokal. Di Sinnoh terisi dengan data 107 spesies, dan di Unova terdapat 156 spesies.

Untuk menyatukan seluruh spesies yang ada, Professor Oak membuat sebuah Pokedex nasional (komplit) yang berisi penuh data 649 spesies Pokémon. Dalam permainan Pokémon Diamond dan Pearl, dan juga di seri-seri sebelumnya, satu-satunya cara untuk mendapatkan Pokédex nasional ini adalah dengan cara melihat (tidak perlu ditangkap) terlebih dahulu seluruh Pokémon lokal yang ada, untuk kemudian kita mendaftarkannya kepada laboratorium profesor lokal yang ada di daerah tersebut. Di Unova, Pokédex nasional bisa didapatkan setelah menamatkan permainan untuk pertama kalinya.

Sementara dalam versi serial televisi, pengertian Pokedex hampir sama dengan di versi manga. Pengisi suaranya untuk versi bahasa Inggris adalah Eric Stuart (4Kids) dan Bill Rogers (Pokemon USA).

Pokédex 3D[sunting | sunting sumber]

Pokédex 3D adalah aplikasi Nintendo 3DS yang gratis untuk diunduh di eShop Nintendo. Aplikasi ini dirilis ke Amerika pada Jepang beserta Eropa pada 7 Juni2011 dan pada 6 Juni2011. Game ini merupakan sumber daya tambahan pemain untuk dimanfaatkan dalam rangka untuk membantu dalam pelatihan di Pokémon Pokémon Black & White.

3D Pokédex memberikan rincian tentang Pokémon termasuk statistik, kemampuan, tingkat atas bergerak dan banyak lagi. Selain rincian standar, pemain dapat melihat Pokémon dalam 3D dengan kemampuan 3DS Nintendo. Pokémon diperoleh melalui berbagai metode dalam game ini. Anda dapat memperoleh mereka melalui kode QR, download melalui SpotPass atau dengan menerima mereka melalui teman.

Selain fitur standar, permainan juga memiliki fitur Augmented Reality yang memungkinkan Anda untuk bermain dengan Pokémon di meja atau ruangan menggunakan kamera Nintendo 3DS.

Permainan ini mendorong agar pemain melakukan transfer antara teman-teman mereka dengan berbagai macam Pokemon yang jenisnya tak dpt diperoleh jika melakukan permainan tunggal, jadi pemain harus mentransfer untuk mendapatkan mereka semua. Nama transfer di Gen 2 bernama "Time Machine", Gen 4 bernama "Pal Park", & Gen 5 bernama "Poké Transfer".

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]