Revolusi Xinhai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Revolusi Xinhai (Revolusi 1911)
Xinhai Revolution in Shanghai.jpg
Revolusi Dua Sepuluh di Shanghai. Gambar ini menunjukkan Jalan Nanjing setelah pemberontakan Shanghai, yang kemudian bangunan-bangunanya dipasangi bendera Lima Ras Dibawah Satu Kesatuan yang digunakan para revolusioner.
Tanggal 10 Oktober 1911 – 12 Februari 1912
(4 bulan dan 2 hari)
Lokasi Tiongkok
Hasil
Casus belli Pemberontakan Wuchang
Pihak yang terlibat
 Dinasti Qing Tongmenghui
Gelaohui
Komandan
Kaisar Xuantong
Yuan Shikai
Feng Guozhang
Ma Anliang
Duan Qirui
Yang Zengxin
Ma Qi
Sejumlah nobles Dinasti Qing lainnya
Sun Yat-sen
Huang Xing
Song Jiaoren
Chen Qimei
Li Yuanhong
Kekuatan
200,000 100,000
Korban
~170,000 ~50,000

Revolusi Xinhai atau Revolusi Hsinhai (Tionghoa: 辛亥革命; pinyin: Xīnhài Gémìng), juga dikenal sebagai Revolusi 1911 atau Revolusi China, dimulai dengan Pemberontakan Wuchang pada 10 Oktober 1911 dan berakhir ketika Kaisar Puyi turun takhta pada 12 Februari 1912. Kelompok utama yang berseteru adalah pasukan Kerajaan dari Dinasti Qing dengan pasukan revolusi "Revolutionary Alliance (Tongmenghui). Revolusi ini dinamakan begitu karena 1911 merupakan Tahun Xinhai dalam putaran sexagenary di kalendar China.

Sekarang ini, Revolusi Xinhai diperingati sebagai Hari Sepuluh Kembar di Taiwan. Di China daratan, Hong Kong, dan Macau hari yang sama diperingati sebagai Perayaan Revolusi Xinhai. Banyak overseas Chinese juga merayakan hari ini dan biasanya diadakan di kota China di seluruh dunia..

Film adaptasi[sunting | sunting sumber]