Li Shizhen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Qichun-LiShizhenBust.jpg

Li Shizhen (1518 - 1593) adalah seorang apoteker Tiongkok. Li lahir di suatu keluarga dokter di provinsi Hubei tahun 1518. Sewaktu dia masih kecil, dia sering ikut bapak dan kakaknya pergi mencari obat, dan juga sering membantu bapaknya menyalin resep obat, bapaknya pun sering sekali menjelaskan kepada dia tentang obat-obat. Waktu itu ada ujian umum senegara, dan dia pun berhasil meraih gelar siu chai(sarjana muda) hanya dengan usia 14. Dia sangat suka dengan ilmu kedokteran, dia tidak berminat untuk belajar pelajaran yang diwajibkan di sekolah. Maka, sewaktu dia gagal ketiga kalinya untuk meraih Gelar yang lebih tinggi, dia pun bertekad untuk tidak mencoba ke empat kalinya dan bersungguh-bersungguh untuk memperdalam ilmu kedokterannya.

Li setelah berjuang untuk jangka yang lama,dia akhirnya menguasai banyak tentang obat-obatan yang waktu itu belum pernah di ketahui orang-orang, dan akhirnya pada tahun 1578 dia mengeluarkan buku yang bernama Bencao Gangmu(Compendium of Materia Medica). Perkiraan ada 1.900.000 huruf, 52 jilid, tercantum kira-kira 1892 macam obat, termasuk macam obat baru kurang lebih 374, berbagai macam resep 10000 lebih dan kira-kira gambar 1000 lebih, buku ini pun menjadi buku besar yang sangat ternama yang sebelumnya belum pernah ada di negri Tiongkok. Sekarang sudah sebagian atau seluruhnya telah di terjemahkan menjadi bahasa Jepang, Inggris, Jerman, Prancis, Latin , Rusia dll, buku ini telah tersebar di seluruh posok dunia. Didalamnya banyak sekali perbaikan terhadap orang-orang yang sebelumnya, apalagi dipembagian antara flora dan fauna sangat jelas , maka buku ini pun sangat berjasa sekali untuk dunia Biologi, Kimia, Mineralogi, Geografi dan Astrologi.

Di dunia kedokteran, Li banyak membaca buku-buku tentang kedokteran zaman dahulu, dan setelah melalui praktik dia berpendapat bahwa buku kedokteran zaman dahulu terlalu banyak macam dan terlalu banyak nama yang terulang. "Kalau bukan satu jenis obat mempunyai 2 nama, atau tidak 2 jenis obat yang berbeda mempunyai nama yang sama"(contoh:Ming Waishi Benzhuan).Apalagi terdapat beberapa obat yang mengandung racun,ternyata di sebut obat yang bisa menjadikan awet muda,dan sudah merugikan banyak orang.Maka dia bertekad untuk menulis kembali buku tentang obat-obatan. Dari usia 31, dia telah memulai untuk mewujudkan ini, untuk mendapat informasi yang tepat, dia membaca buku yang terbilang banyak sekali. Buku yang ada dirumahnya sudah selesai ,dia menggunakan waktu mengobat sambil meminjam buku kepada orang-orang. Seterusnya dia berhasil masuk ke istana kerajaan chu dan Rumah Dokter Beijing nasional(dokter di dalam ini khusus hanya boleh memeriksa orang-orang yang berasal dari keluarga raja), buku yang dia baca semakin banyak, dia benar-benar terlah menjadi buku maniak. Dia bahkan berkata bahwa membaca buku itu rasanya manis seperti memakan tebu. Gu Jingxing di dalam buku Li Shizhen memories bahkan memuji"membaca buku 10 tahun, tidak keluar rumah pun bisa mengetahui seluruh apapun yang ada di dunia"(mencerminkan tidak ada yang yang dia tidak tahu).Selain membaca 800 lebih buku tentang kedokteran, dia masih membaca buku tentang sejarah, geografi dan literatur ,bahkan buku-buku tentang pe sajak pun dia telah mempelajarinya dengan teliti.

Li wafat pada tahun 1593, waktu itu usianya 57. Jenazah beliau di makamkan di bagian timur kota chi cou di provinsi Hubei.