Hunan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
湖南省
Provinsi Hunan
Singkatan: 湘 (pinyin: Xiāng)
Hunan ditandai di peta ini
Asal nama 湖 hú - danau
南 nán - selatan
"selatan Danau Dongting"
Tipe administrasi Provinsi
Ibu kota Changsha
Kota terbesar Changsha
Sekretaris PKT Yang Zhengwu
Gubernur Zhou Bohua
Wilayah 211.800 km² (ke-10)
Populasi (Tahun)
 - Kepadatan
66.630.000 (ke-7)
315/km² (ke-13)
PDB (2003)
 - per kapita
CNY 463,9 miliar (ke-12)
CNY 6960 (ke-21)
Suku-suku utama (2000) Suku Han - 90%
Suku Tujia - 4%
Suku Miao - 3%
Suku Dong - 1%
Suku Yao - 1%
Jumlah kota 14
Jumlah kabupaten 122
Jumlah kecamatan
(31 Desember 2004)
2576
ISO 3166-2 CN-43
Situs web resmi:
http://www.hunan.gov.cn (Simplified Chinese)

Hunan (Bahasa Mandarin: 湖南 Pinyin: Hú'nán) adalah sebuah provinsi Republik Rakyat Tiongkok terletak di bagian selatan-tengah negara bagian selatan tengah mencapai dari Sungai Yangtze dan selatan Danau Dongting (maka nama Hunan, yang berarti "selatan Danau"). [1] Hunan kadang-kadang disebut dan resmi disingkat "湘" (pinyin: xiang) untuk jangka pendek, [2] setelah Sungai Xiang yang mengalir melalui provinsi.

Hunan berbatasan Hubei di utara, Jiangxi di timur, Guangdong di tenggara, Guangxi ke barat daya, Guizhou di barat, dan Chongqing di barat laut. Ibukotanya adalah Changsha.. Hunan merupakan tempat kelahiran Mao Zedong.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Hutan purba Hunan pertama ditempati oleh nenek moyang modern Miao, Tujia, Dong dan Yao orang s. Ia memasuki ditulis sejarah Cina sekitar 350 SM, ketika di bawah raja-raja Dinasti Zhou, itu menjadi bagian dari Negara Chu. Pada saat ini, dan selama ratusan tahun sesudahnya, itu adalah magnet bagi migrasi Han Cina dari utara, yang dibersihkan sebagian besar hutan dan mulai pertanian padi di lembah-lembah dan dataran. Sampai hari ini banyak desa-desa kecil di Hunan diberi nama setelah keluarga Han yang menetap di sana. Migrasi dari utara itu terutama terjadi selama Dinasti Jin Timur dan Selatan dan Dinasti Utara Periode, ketika penyerbu nomaden mendorong masyarakat ini selatan.

Selama Lima Dinasti dan Sepuluh Kerajaan Periode, Hunan adalah rumah bagi rezim independen sendiri, Ma Chu.

Hunan dan Hubei menjadi bagian dari provinsi Huguang (湖广) sampai Dinasti Qing. Provinsi Hunan diciptakan pada tahun 1664 dari Huguang, berganti nama menjadi namanya yang sekarang pada 1723.

Berkas:Western Han China Silk.JPG
Han Barat lukisan di sutra ditemukan menutupi peti mati di makam Lady Dai ( c. 168 SM) di Mawangdui dekat Changsha di Provinsi Hunan.

Hunan menjadi pusat komunikasi penting karena posisinya di Sungai Yangzi (Changjiang). Itu juga dari Imperial jalan raya dibangun antara utara dan Tiongkok selatan. Tanah itu menumbuhkan biji-bijian sehingga berlimpah yang makan banyak bagian China dengan surplus nya. Populasi terus menanjak sampai, pada abad kesembilan belas, Hunan menjadi penuh sesak dan rentan terhadap pemberontakan petani. Beberapa pemberontakan disebabkan oleh ketegangan etnis seperti sepuluh tahun yang panjang . Miao orang pemberontakan 1795-1806

The Pemberontakan Taiping mulai ke selatan di Guangxi Provinsi pada tahun 1850. Pemberontakan menyebar ke Hunan dan kemudian lebih lanjut ke arah timur di sepanjang Sungai Yangzi lembah. Pada akhirnya, itu adalah tentara Hunanese bawah Zeng Guofan yang berbaris ke Nanjing untuk meletakkan pemberontakan pada tahun 1864.

Hunan relatif tenang sampai 1910 ketika ada pemberontakan melawan dinasti Qing runtuh, yang diikuti oleh Komunis Autumn Harvest Pemberontakan tahun 1927. Hal ini dipimpin oleh Hunanese asli Mao Zedong, dan mendirikan singkat Hunan Soviet pada tahun 1927. Kaum Komunis mempertahankan tentara gerilya di pegunungan sepanjang-Hunan Jiangxi perbatasan sampai 1934. Di bawah tekanan dari Nasionalis Kuomintang (KMT) kekuatan, mereka mulai terkenal Long March untuk pangkalan di Shaanxi Province. Setelah kepergian para Komunis, tentara KMT berjuang melawan Jepang di perang Sino-Jepang kedua. Mereka membela ibukota Changsha sampai jatuh pada tahun 1944. Jepang meluncurkan Operasi Ichigo, sebuah rencana untuk mengendalikan kereta api dari Wuchang untuk Guangzhou (Yuehan Railway). Hunan adalah relatif tidak terpengaruh oleh perang sipil yang diikuti kekalahan Jepang pada tahun 1945. Pada tahun 1949, kaum Komunis kembali sekali lagi sebagai Nasionalis mundur ke selatan.

Sebagai provinsi rumah Mao Zedong, Hunan mendukung Revolusi Kebudayaan dari 1966-1976. Namun, itu lebih lambat dari sebagian besar provinsi dalam mengadopsi reformasi yang telah dilakukan oleh Deng Xiaoping pada tahun-tahun berikutnya kematian Mao pada tahun 1976.

Mantan Perdana Menteri Cina Zhu Rongji juga Hunanese, seperti akhir Presiden Liu Shaoqi dan Marsekal akhir Peng Dehuai.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Hunan terletak di tepi selatan Sungai Yangtze, sekitar setengah jalan sepanjang panjangnya, terletak di antara 108 ° 47'-114 ° 16 'timur bujur dan 24 ° 37'-30 ° 08' utara lintang. Ini mencakup area seluas Templat:Mengkonversi, sehingga 10th terbesar tingkat provinsi divisi. Timur, selatan dan barat sisi provinsi ini dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan, seperti pegunungan Wuling ke barat laut, yang Xuefeng Pegunungan untuk barat, Nanling Pegunungan ke selatan, dan Luoxiao Pegunungan ke timur. Gunung-gunung dan bukit-bukit menempati lebih dari 80% dari wilayah dan dataran terdiri kurang dari 20% dari seluruh provinsi.

The Xiang, yang Zi, yang Yuan dan Lishui Rivers berkumpul di Sungai Yangtze di Danau Dongting di utara Hunan. Pusat dan bagian utara agak rendah dan cekungan berbentuk U, terbuka di utara dan dengan Danau Dongting sebagai pusatnya. Sebagian dari Provinsi Hunan terletak pada cekungan empat anak sungai utama Sungai Yangtze.

Danau Dongting adalah danau terbesar di provinsi dan danau air tawar terbesar kedua Cina. Karena reklamasi lahan untuk pertanian, Danau Dongting telah dibagi menjadi banyak danau kecil, meskipun sekarang ada kecenderungan untuk membalikkan beberapa reklamasi, yang telah merusak lahan basah habitat sekitar danau.

Iklim Hunan adalah subtropis, dan, di bawah Köppen klasifikasi iklim, diklasifikasikan sebagai lembab subtropis (Köppen Cfa), dengan singkat, dingin, musim dingin lembab, sangat panas dan musim panas yang lembab, dan banyak hujan. Januari suhu rata-rata Templat:Convert/untuk sementara suhu rata-rata sekitar Juli Templat:Convert/untuk. Rata-rata curah hujan tahunan Templat:Convert/untuk.