Chaozhou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
潮州市
Cháozhōu Shì
Chaozhou is highlighted on this map
Administration Type Prefecture-level city
City Seat Xiangqiao District
(23°40′LU 116°38′BT / 23,667°LU 116,633°BT / 23.667; 116.633)
Luas km²
Garis Pantai km
Penduduk 2,495,900 (2004)
PDB
- Total
- Per Capita
 
¥25.69 miliar (2004
¥10,306 (2004)
Etnisitas China Utama Han
County-level divisions 4
Township-level divisions
CPC Committee Secretary
Walikota Tang Xikun (汤锡坤) (interim)
Area code 768
Postal Code 521000
(Urban center)
515600, 515700
(Other areas)
License Plate Prefix 粤U

Chaozhou (Tionghoa: 潮州; lit. "Tide Prefecture"; pinyin: Cháozhōu; Wade–Giles: Ch'ao²-chou¹; biasanya ditulis sebagai Chiu Chow di Amerika Serikat dan Hong Kong, juga dikenal dengan Teochew atau Tiochiu di Indonesia, adalah sebuah prefektur di bagian timur provinsi Guangdong province, Republik Rakyat Tiongkok. Chaozhou berbatasan dengan Shantou di selatan, Jieyang di barat daya, Meizhou di barat laut, provinsi Fujian di timur, dan Laut China Selatan di Selatan.

Administration[sunting | sunting sumber]

Prefektur Chaozhou terdiri dari 4 county-level divisions, meliputi 2 districts dan 2 counties.

Geografi dan iklim[sunting | sunting sumber]

Letak Chaozhou

Chaozhou terletak di bagian paling timur dari provinsi Guangdong, di utara dari kota Shantou. Chaozhou terletak di bagain utara dari delta Sungai Han (韩江), yang mengalir melalui kota ini.

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

  • Ada banyak orang Chaozhou di Hong Kong. Ketika China Daratan membuka pintu imigrasi pada tahun 1950an ada banyak pengungsi yang masuk

ke Hong Kong untuk menghindari rezim komunis. Pengungsi dari Chaozhou berkumpul di suatu komunitas yang ketat. Mereka dikenal sangat baik hati dalam membantu pengungsi dari daerah mereka. Mereka berbicara dalam bahasa mereka sendiri, karena itu mereka dikenal karena orang-orang lain berbicara dalam bahasa Kanton. Penduduk lokal menamakan mereka "Chiu Chow Loun", dimana Chiu Chow adalah pengucapan Chaozhou dalam bahasa Kanton dan Loun adalah pengucapan Teochew dari orang. Mereka dikenal sebagai orang yang ulet dan pandai dalam menjalankan bisnis kecil. Pada tahun 1960an, hampir semua toko kelontong di Hong Kong dimiliki oleh orang Teochew. Beberapa dekade dan generasi kemudian, keturunan dari para imigran ini menyatu dengan komunitas lokal. Perusahaan besar yang menjalankan supermarket membangkrutkan banyak toko-toko kelontong ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Link Keluar[sunting | sunting sumber]

Templat:Guangdong