Lu Xun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Lu Xun (Hanzi sederhana: 陆逊; Hanzi tradisional: 陸遜; Hanyu Pinyin: lùxùn) lahir pada tahun 183 dan meninggal pada tahun 245. Ia adalah seorang Jenderal Wu pada Zaman Tiga Negara. Ia menikahi anak perempuan dari Sun Ce. Ia adalah salah satu Jendral perang berusia muda. Dalam kerjasama dengan Lu Meng, ia berhasil mengalahkan Guan Yu dan berhasil merebut kembali provinsi Jing. Pada Pertempuran Yi Ling, ia menjabat sebagai Panglima Tertinggi, memimpin Wu untuk kemenangan terencana atas Liu Bei dan Shu besar Angkatan Darat.

Jasa-Jasa Penting[sunting | sunting sumber]

  • Bekerjasama dengan Lu Meng, dia mengatur rencana untuk menangkap Guan Yu dan sukses merebut kembali provinsi Jing.
  • Saat Pertempuran Yi Ling, dia menjadi komandan tertinggi, dan berhasil menciptakan kemenangan besar bagi Wu dan mengakibatkan kekalahan besar bagi Liu Bei dan pasukan raksasanya.

Refrensi Modern[sunting | sunting sumber]

  • Dalam serial video game Dynasty Warriors dari KOEI, Lu Xun digambarkan sebagai pendukung muda, idealis dan tegas dari Wu. Dia memiliki hubungan yang kuat dengan mentornya, Lu Meng, dan pujian banyak dari pengetahuan strategisnya untuk kedua Lu dan Zhou Yu. Dalam Dynasty Warriors 6 dia memiliki rambut pendek dan memegang satu pedang yang disebut Pedang Phoenix. Dia juga memiliki tato di dekat salah satu matanya dan tidak memakai hiasan kepala apapun.
  • Lu Xun juga ditampilkan dalam Warriors Orochi. Dia memimpin pasukan yang terdiri dari jenderal Wu yang menolak untuk menerima Orochi sebagai pemimpin baru mereka. Oda Nobunaga sedang mencari jenderal yang berpengalaman untuk membantu dia mengalahkan Orochi. Dia menyelamatkan Lu Xun dari penyergapan Wei, yang kemudian menerima tawaran untuk bergabung dengan marga Oda. Dalam Warriors Orochi 2, Lu bersatu kembali dengan Wu dan pergi ke Shu sebagai bala bantuan melawan Lu Bu di Nagashino. Dia kemudian bekerja dengan Taigong Wang, Yue Ying, dan Zhuge Liang dalam menangkap Daji dan Himiko di Odani Castle.