Makam Waliyah Zainab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Makam Waliyah Zaenab merupakan suatu situs budaya religi yang berada di Desa Diponggo, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Kota Gresik, Jawa Timur. Makam ini berlokasi sekitar 18 km dari Pelabuhan Sangkapura dan 3 km dari Bandara Harun Thohir. Berada di dekat Lingkar Bawean, Makam Waliyah Zaenab menjadi salah satu lokasi ziarah yang umum dikunjungi masyarakat. Selain Makam Waliyah Zaenab, terdapat juga Masjid Waliyah Zaenab yang berada tepat di depan makam tersebut. Baik makam maupun masjid menjadi salah satu bagian penting dalam perjalanan ziarah masyarakat khususnya di sekitar Pulau Bawean dan yang berasal dari Pulau Bawean. Upacara-upacara adat lokal selain ziarah yang juga dilakukan di situs budaya religi ini antara lain selamatan dan upacara kematian. Makam Waliyah Zaenab merupakan makam dari seorang istri Raden Paku (Sunan Giri) yang dijadikan "istri hadiah" oleh ayahnya, Kyai Ageng Bungkul, seorang keturunan Raja Majapahit. Pada akhir hidupnya, Waliyah Zaenab meninggal di Desa Diponggo yang membuat desa ini terkenal akan situs religinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

1.disparbudgresikweb. "Makam Waliyah Zaenab". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-11-27. Diakses tanggal 2019-11-29. 

2. Harida (2014). "Tradisi Ziarah ke Makam Waliyah Zainab Desa Diponggo Kecamat Tambak Bawean Kota Gresik Jawa Timur" (PDF). Diakses pada 29 November 2019.