IKEA

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
IKEA
Industri/jasa Ritel
Didirikan 1943
Pendiri Ingvar F. Kamprad
Kantor pusat Leiden, Belanda
Produk Furnitur, Elektronik Rumah Tangga
Pemilik Stichting INGKA Foundation
Situs web IKEA Indonesia
Toko IKEA di Groningen, Belanda.

IKEA adalah sebuah peritel perabot untuk rumah tangga dari Swedia. Pada musim dingin 2004, terdapat 202 toko IKEA di 32 negara di berbagai belahan dunia dengan sekitar 20 lagi yang dibuka pada 2005. Katalog IKEA yang berisi info produk IKEA diperkirakan adalah buku yang pendistribusiannya kedua terluas setelah Alkitab dan biasanya diperbaharui tiap Agustus. Pada tanggal 15 Oktober 2014, Hero Supermarket, pemegang lisensi IKEA di Indonesia telah membuka gerai pertama IKEA di Alam Sutera, Tangerang, Banten, Indonesia [1]. IKEA juga sudah menjalin kerja sama dengan industri lokal di Solo, Jawa Tengah dengan mengambil bahan baku dan pengrajin di Solo dan Yogya. Produk-produk lokal tersebut akan dipasarkan IKEA ke pasar internasional [2].

Pengucapan IKEA adalah /i'ke.a/ seperti cara membaca bahasa Indonesia namun pengucapan lainnya yang banyak digunakan adalah /aɪ'ki:ə/ seperti kata bahasa Inggris, idea.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini didirikan Ingvar Kamprad pada 1943 saat ia berusia 17 tahun yang sekarang sudah menjadi salah satu orang terkaya di dunia. IKEA adalah singkatan dari namanya, Ingvar Kamprad; tempat ia dilahirkan, Elmtaryd; dan desanya, Agunnaryd

Awalnya, IKEA menjual berbagai barang, dari pulpen, dompet, bingkai foto, hingga jam tangan. Perabotan mulai masuk ke dalam daftar pada 1947 dan IKEA mulai merancang sendiri pada 1955.

Penjualan pada mulanya dilakukan melalui pos dan kemudian, sebuah toko dibuka di Älmhult yang kemudian menjadi model toko IKEA untuk selanjutnya. Pada 23 Maret 1963, toko IKEA pertama di luar Swedia dibuka di Asker, dekat Oslo, Norwegia.

Produk[sunting | sunting sumber]

Produk IKEA dikenal dengan rancangannya yang modern dan kadang terbilang aneh. Salah satu prinsip IKEA adalah mengurangi harga dengan berbagai cara tanpa mengurangi kualitas. Hal ini bisa dilihat di toko-toko IKEA dan di katalognya dalam bentuk pertanyaan seperti "Mengapa IKEA menjualnya tanpa dirakit?" atau "Mengapa IKEA membuat sesuatu dalam jumlah besar?"

Toko[sunting | sunting sumber]

Toko IKEA kebanyakan berbentuk balok biru yang besar dengan jendela yang minim. Penataannya pun biasanya diatur sedemikian rupa agar pengunjung datang dan masuk ke bagian ruang pamer untuk melihat berbagai produk, kemudian ke market-hall tempat barang-barang kecil, lalu ke gudang untuk mengambil perabot yang akan dibeli dan akhirnya tiba di kasir. Jalur yang dibuat mengarahkan pengunjung untuk melewati seluruh toko dan tersedia pula berbagai jalan pintas yang agak kecil.

Biasanya, toko terdiri dari dua lantai dengan ruang pamer ("show room") dan market-hall di atas dan gudang di bawah. Selain itu di IKEA "store" sendiri terdapat pula restoran yang menjual makanan Swedia termasuk Bakso Swedia yang khas.

5 Gerai IKEA terbesar di dunia:

  1. Stockholm Kungens Kurva, Swedia: 55,200 m2
  2. Shanghai Baoshan, China: 55,032 m2
  3. Shanghai Pudong Beicai, China: 49,400 m2
  4. Wuxi, China: 49,117 m2
  5. Ningbo, China: 47,505 m2

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]