Jam tangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jam tangan analog bermesin mekanik (otomatis & manual) dengan fitur penunjuk tanggal dan penunjuk energi (power reserve)
Mesin yang digunakan pada jam tangan quartz pertama di dunia, Seiko Astron, 1969 (Deutsches Uhrenmuseum, Inv. Inv. 2010-006)
Jam tangan digital dengan penunjuk waktu, hari, dan tanggal

Jam tangan atau Arloji adalah penunjuk waktu yang dipakai di pergelangan tangan manusia. Jam tangan pertama kali diperkenalkan pada abad ke-16. Pada saat itu semua jam tangan dan alat penunjuk waktu lainnya menggunakan mesin penggerak mekanik manual (hand-winding). Jam tangan tertua yang diketahui adalah jam tangan milik Ratu Inggris Elizabeth I yang dibuat oleh Robert Dudley pada tahun 1571. Dari abad 16 hingga awal abad 20, jam tangan hanya digunakan oleh wanita, sedangkan pria menggunakan jam saku.[1]

Dominasi jam tangan bermesin mekanik selama berabad-abad dengan segala keindahan, kerumitan, dan kemewahannya, akhirnya sedikit terganggu dengan hadirnya jam tangan bermesin elektrik yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1957 di Lancaster, Pennsylvania, Amerika Serikat oleh Hamilton Watch Company. Penelitian arloji elektrik tersebut sebenarnya telah dimulai sejak tahun 1946.

Eksistensi jam tangan elektrik ternyata tidak bertahan lama, hingga Seiko dari Jepang memperkenalkan jam tangan bermesin penggerak quartz (baterai) pertama di dunia, Seiko Astron 35SQ pada tahun 1969.[2] Kelahiran jam tangan quartz ini diakui oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) untuk masuk kedalam daftar tonggak sejarah perkembangan ilmu teknik elektro dunia.[3] Jam tangan jenis ini jugalah yang kemudian benar-benar merusak hegemoni industri jam tangan mekanik Swiss.[4][5][6] Jam tangan quartz mendominasi pasar, digunakan oleh merk-merk lain, dan menjadi awal perubahan industri jam secara global. Jam tangan yang awalnya diproduksi dengan jumlah yang terbatas dan eksklusif berubah menjadi produksi massal dengan harga jual yang lebih terjangkau.

Arloji kedap air[sunting | sunting sumber]

Jam tangan kedap air memiliki satuan meter, atmospheres (atm), feet (ft), atau bar. 1 ATM = 10 meters, 1 meter = 3.28 feet. Berikut adalah penjelasan lebih rinci:

Tingkat ketahanan terhadap air pada arloji
Kasus penunjukan Kecocokan Keterangan
30 m/98,5 ft/3 bar Cocok untuk penggunaan sehari-hari. Tahan terhadap percikan air/hujan. Tidak cocok untuk renang, snorkeling, memancing, dan pekerjaan yang berhubungan dengan air. TIDAK cocok untuk menyelam.
50 m/164 ft/5 bar Cocok untuk renang, arung jeram, memancing, dan aktivitas yang berhubungan dengan non-snorkelling. TIDAK cocok untuk menyelam.
100 m/328 ft/10 bar Cocok untuk rekreasi berselancar, renang, snorkeling, free-diving, berlayar, dan olahraga air. TIDAK cocok untuk menyelam.
200 m/656 ft/20 bar Cocok untuk aktivitas laut dan olah raga di permukaan air. Cocok untuk menyelam.
Penyelam 100 m Minimum standar ISO untuk scuba diving pada kedalaman yang tidak membutuhkan gas helium. Arloji penyelam 100 m dan 150 m umumnya arloji tua.
Penyelam 200 m atau 300 m Cocok untuk scuba diving pada kedalaman yang tidak membutuhkan gas helium. Tipe peringkat untuk arloji penyelam kontemporer.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "THe Evolution of the Wristwatch". 
  2. ^ Sejarah Penghargaan Seiko.
  3. ^ Daftar Milestones IEEE.
  4. ^ Seiko Breakout Year.
  5. ^ Smithsonian: The quartz revolution revitalized the U.S. watch industry.
  6. ^ Harvard Business Review: Seiko Watch Corporation: Moving Upmarket

Pranala luar[sunting | sunting sumber]