Jam tangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jam tangan digital dengan penunjuk waktu, hari, dan tanggal

Jam tangan (Arloji) adalah penunjuk waktu yang dipakai di pergelangan tangan manusia. Jam tangan elektrik pertama kali diperkenalkan pada tahun 1957 di Lancaster, Pennsylvania, Amerika Serikat oleh The Hamilton Watch Co of Lancaster. Penelitian untuk menghasilkan arloji elektrik (digital) tersebut telah dimulai sejak tahun 1946. Namun pada tahun 1969, Hamilton Electric Obsolete menghentikan produksi arloji elektrik tersebut karena telah menemukan teknologi yang lebih canggih sesuai dengan kemajuan zaman. Setelah itu, munculah beberapa merek jam tangan yang masih ada hingga kini.

Arloji kedap air[sunting | sunting sumber]

Jam tangan kedap air memiliki satuan meter, atmospheres (atm), feet (ft), atau bar. 1 ATM = 10 meters, 1 meter = 3.28 feet. Berikut adalah penjelasan lebih rinci:

Tingkat ketahanan terhadap air pada arloji
Kasus penunjukan Kecocokan Keterangan
30 m/98,5 ft/3 bar Cocok untuk penggunaan sehari-hari. Tahan terhadap percikan air/hujan. Tidak cocok untuk renang, snorkeling, memancing, dan pekerjaan yang berhubungan dengan air. TIDAK cocok untuk menyelam.
50 m/164 ft/5 bar Cocok untuk renang, arung jeram, memancing, dan aktivitas yang berhubungan dengan non-snorkelling. TIDAK cocok untuk menyelam.
100 m/328 ft/10 bar Cocok untuk rekreasi berselancar, renang, snorkeling, free-diving, berlayar, dan olahraga air. TIDAK cocok untuk menyelam.
200 m/656 ft/20 bar Cocok untuk aktivitas laut dan olah raga di permukaan air. Cocok untuk menyelam.
Penyelam 100 m Minimum standar ISO untuk scuba diving pada kedalaman yang tidak membutuhkan gas helium. Arloji penyelam 100 m dan 150 m umumnya arloji tua.
Penyelam 200 m atau 300 m Cocok untuk scuba diving pada kedalaman yang tidak membutuhkan gas helium. Tipe peringkat untuk arloji penyelam kontemporer.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]