Jakarta Garden City

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jakarta Garden City adalah sebuah kawasan permukiman ramah lingkungan terintegrasi seluas 370 hektar yang terletak di Cakung, Jakarta Timur. Kompleks perumahan terpadu ini berawal dari hasil kerjasama antara PT Modernland Realty Tbk dengan developer asal Singapura Keppel Land. Namun, pada akhir 2013, Modernland mengakuisisi seluruh saham Keppel Land dan menambahkan luas lahan 100 hektar di sebelah utara kawasan itu. Dengan total luas area akhir menjadi 370 hektar, sejak itulah JGC sudah jadi kota mandiri terluas di Jakarta Timur.[1]

Telah berhasil dibangun dan diresmikan sekitar ribuan rumah tapak di area Jakarta Garden City, dengan didukung oleh kawasan ritel dan hiburan, sekolah internasional, rumah sakit, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan fasilitas umum lain. ÆON Mall Jakarta Garden City pun telah dibuka di kawasan ini sejak tahun 2017[2], dilanjutkan dengan diresmikannya IKEA Jakarta Garden City di tahun 2021[3].

Jakarta Garden City itu sendiri terbagi menjadi tiga kawasan[4], yakni kawasan "Garden City" di sebelah selatan dengan luas 134 hektar, kawasan "River Garden" di sayap timur laut dengan luas 100 hektar, dan kawasan "Lake Garden" di bagian sentral dengan luas 136 hektar.

Kawasan perdana JGC yaitu Garden City itu sendiri telah diluncurkan pada tahun 2007 dan selesai dikembangkan dengan sekitar kurang lebih ratusan rumah tapak di 3 cluster yang berbeda. Kawasan Garden City sampai saat ini telah berkembang menjadi kawasan perumahan terpadu dengan 6 cluster yang telah selesai dibangun dan dihuni, dilengkapi juga fasilitas perdagangan dan kuliner yang dibangun di sekitaran kawasan tersebut.

Proyek terusan utara di kawasan River Garden juga telah secara sukses diresmikan, dengan beberapa cluster hunian perdana dan pusat perdagangan yang sudah diresmikan dan dihuni. Sementara itu, kawasan River Garden masih terus dikembangkan sebagai bentuk ekspansi dari kawasan itu sendiri dan juga mengakomodir kebutuhan hunian terpadu di area Jakarta Timur yang terus meningkat.

Di sisi lain, area Lake Garden yang berhadapan langsung dengan danau, kini sedang dalam pengembangan oleh developer PT Astra Land Indonesia, di bawah perusahaan joint-venture PT Astra Modern Land[5] dengan bekerja sama dengan developer asal Hong Kong yaitu Hong Kong Land. Dan pada tahun 2021, PT Astra Land Indonesia secara resmi telah berhasil mengakuisisi hak kepemilikan area hunian Lake Garden di PT Astra Modernland, dari yang semula dimiliki secara partial oleh PT Mitra Sindo Makmur (Modernland) sebagai pemilik lahan.[6]

Sementara itu pada 2022, diberitakan bahwa Lotte Group sedang berencana mengembangkan konsep apartemen baru di area Garden City itu sendiri[7] sebagai bentuk kerjasama dalam rangka pengembangan lebih lanjut kawasan hunian terpadu di Jakarta Timur ini.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Latief, ed. (2018-09-18). "Jakarta Garden City, Usai Satu Dekade yang Terlewat..." Kompas.com. Diakses tanggal 2022-08-17. 
  2. ^ Latief, M, ed. (2017-10-02). "Aeon Mall Resmi Beroperasi di Jakarta Timur". Kompas.com. Diakses tanggal 2022-08-17. 
  3. ^ Maret, Esra Dopita, ed. (2021-09-30). "IKEA Buka Toko Keempat di Jakarta Garden City". Kompas.com. Diakses tanggal 2022-08-17. 
  4. ^ Editorial, Modernland. "Tentang Jakarta Garden City". 
  5. ^ Hutauruk, Dina Mirayanti (2018-03-21). Hidayat, Sofyan, ed. "Astra Modern Land akan luncurkan kluster hunian seharga Rp 2,5 miliaran di Jakarta". Kontan.co.id. Diakses tanggal 2022-08-17. 
  6. ^ Soenarso, Sugeng Adji (2021-12-29). Hidayat, Khomarul, ed. "Usai Akuisisi, Kini Astra Land Indonesia Kuasai Penuh Proyek Perumahan Asya". Kontan.co.id. Diakses tanggal 2022-08-17. 
  7. ^ Alexander, Hilda B, ed. (2022-05-26). "Setelah K-Pop dan K-Drama, Kini Ada K-Project Sequoia 7 di Koridor Timur Jakarta". Kompas.com. Diakses tanggal 2022-08-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]