George Palade

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
George Emil Palade
Lahir 19 November 1912
Iaşi, Rumania
Meninggal 7 Oktober 2008 (umur 95)
Kewarganegaraan Amerika Serikat
Kebangsaan Rumania
Bidang Ahli biologi sel
Alma mater Sekolah Kedokteran Carol Davila
Dikenal atas Retikulum endoplasma
Penghargaan Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran 1974

George Emil Palade (lahir di Iaşi, Rumania, 19 November 1912 – meninggal 7 Oktober 2008 pada umur 95 tahun) adalah ahli biologi sel Amerika Serikat kelahiran Rumania yang dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran 1974.

George Palade menerima gelar dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Bukares, Rumania. Ia menjadi anggota staf pengajar di fakultas itu hingga tahun 1945 saat ia datang ke Amerika Serikat untuk studi pascadoktoral. ia bergabung dengan Albert Claude di Rockefeller Institute for Medical Research pada tahun 1946 dan diangkat sebagai profesor pembantu di sana pada tahun 1948; - naik dari profesor pembantu menjadi profesor dan Kepala Bagian hingga 1973 saat ia pindah ke Universitas Yale sebagai guru besar dan Kepala Bagian Biologi Sel. Ia menjadi peneliti senior dan penasihat dekan pada tahun 1983. Pada tahun 1990, ia pindah ke Universitas California, San Diego sebagai Residen Profesor Kedokteran, dan Dekan Urusan Ilmiah.

Ia adalah anggota National Academy of Sciences dan American Academy of Arts and Sciences. Ia menerima sejumlah gelar kehormatan dan penghormatan, yang termasuk Penghargaan Nobel tahun 1974 (diterima bersama Albert Claude dan Christian de Duve), dan National Medal of Science, AS pada tahun 1986.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]