Daftar makhluk Final Fantasy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam seri Final Fantasy dari RPG oleh Square Enix, monster biasanya menjadi musuh antagonis untuk pemain, dan biasanya tidak ada hubungannya dengan alur cerita. Sebagian monster berasal dari cerita rakyat dan literatur dari berbagai belahan dunia.

Dibawah ini adalah variasi dari beberapa monster yang sering muncul dalam beberapa seri, sebagian besar berhubungan satu sama lain karena mempunyai nama yang sama. Daftar ini hanya monster yang sering muncul dalam seri Final Fantasy; untuk lebih lanjut lihat pranala luar yang ada.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya Final Fantasy meminjam beberapa tipe monster dari RPG Dungeons & Dragons monster ini muncul dalam beberapa seri (lihat Monster Lain) Walaupun Final Fantasy I mempunyai bos manusia dan bajak laut, Final Fantasy II menambahkan monster bersama prajurit dan beberapa anak buah untuk Empire; penambahan ini menuju musuh humanoid bisa dilihat permainan lain dalam seri Final Fantasy. Pada permulaan Final Fantasy III, beberapa musuh dan boss berbicara selama pertarungan

Beberapa entri dari seri Final Fantasy menceritakan asal mula munculnya monster. Contoh, dalam Final Fantasy VIII, monster muncul dalam dunia permainan dari bulan planet melalui aliran energi dari bulan disebut dengan "Lunar Cry".[1] Dalam Final Fantasy IX, monster muncul dari Mist(kabut), karena roh penasaran yang telah mati tidak bisa lewat.[2][3] Dalam Final Fantasy X dan Final Fantasy X-2 monster dikenal sebagai fiend(setan), monster yang berasal dari roh yang tidak tenang dalam kematiannya dan dikendalikan oleh kebencian untuk menghancurkan yang hidup.[4] Dalam FFX-2, Fiend ini diklasifikasikan menjadi beberapa tipe.[5] Dalam Final Fantasy XII, monster berasala dari asala yang berbeda-beda; tetapi sebagian besar berasal dari mutasi karena overdosis efek Mist (kabut).[6][7]

Monster Umum[sunting | sunting sumber]

Adamantoise[sunting | sunting sumber]

Adamantoise, sering disebut Land Turtle(Kura-kura darat), adalah kura-kura yang besar. Cangkangnya mendukung pertahanan dirinya. Namannya ialah portmanteau dalam kata kura-kura dan adamant, yaitu kompisisi material dari cangkangnya. Adamantoise sering dihubungkan dengan Adamantite, atau Admantium, salah satu dari baja terbaik dalam beberapa seri permainan, Adamantite digunakan dalam permainan untuk membuat senjata terkuat seperti dalam Final Fantasy I yaitu Excalibut. Adamantite juga ditemukan dalam beberapa permainan lain, konsol dan permainan komputer. Biasanya monster ini ditemukan sebagai monster level tinggi yang muncul di pantai atau dungeon terakhir.

Adamantoise dan beberapa variasi nama kura-kura nya muncul dalam semua seri Final Fantasy kecuali Final Fantasy V dan Final Fantasy VI, Adamantoise juga muncul dalam Mystic Quest,Tactics Advance, Chocobo's Dungeon 2 dan Final Fantasy Fables: Chocobo Tales. Ia juga muncul dalam Itadaki Street Portable, dan hadir sebagai mode Gummi Ship dalam Kingdom Hearts. Nama Adamantoise adalah Adamantaimai, Adamantortoise, Grass Turtle, Land Turtle, Tortoise, Carapace, Turtle, dll.[8][9]

Ahriman[sunting | sunting sumber]

Ahriman (Final Fantasy XI - PC)

Ahriman biasanya muncul sebagai mahluk melayang dengan mempunyai satu mata. Penampilan monster ini menyebabkan munculnya nama lainnya seperti Evil Eye atau Float Eye. Kata Ahriman adalah nama alternatif dari Angra Mainyu, pendiri spiritual dalam Zoroastrianism,[10] yang tampil dalam Final Fantasy XII sebagai superboss dalam permainan[11] dan dalam Final Fantasy XI dalam Dynamis.

Ahriman pertama kali muncul dalam seri sebagai boss akhir dalam Final Fantasy III untuk Nintendo.[12] Dalam Final Fantasy IV, nama alternatif Ahriman bernama One Eye melalui Monster Arena..[13] Dalam remake Final Fantasy Final Fantasy I & II: Dawn of Souls, Ahriman dari Final Fantasy III dipilih sebagai salah satu Black Crystla Guard sebagai bos opsional dalam satu dari beberapa dungeon spesial yang baru ditambahkan dalam remake tersebut. Pada akhirnya, Ahriman muncul sebagai boss mirip-hantu dalam Final Fantasy XII. Ahriman muncul dalam semua seri bernomor FF kecuali FF II, FF V, dan FF VIII.[8] Ahriman juga muncul dalam Chocobo's Dungeon 2, Final Fantasy Tactics , Final Fantasy Fables: Chocobo Tales dan Itadaki Street Portable. Dan juga dihadirkan sebagai model Gummi Ship dalam Kingdom Hearts. Nama alternatifnya adalah Buer, Float Eye, Evil Eye, Veteran,dll

Behemoth[sunting | sunting sumber]

Behemoth (Final Fantasy XI - PC)

Behemoth adalah nama dari mahkluk dalam Alkitab. Dalam banyak permainan Final Fantasy, Behemoth mempunyai tubuh besar, hewan buas berwarna ungu menggunakan tanfuk dan sihir untuk membunuh musuhnya. Pertama kali muncul sebagai boss dalam Final Fantasy II di Coliseum, dan muncul dalam seri FF sejak saat itu. Behemoth diperkirakan tingginya 10-12 kaki ketika berdiri. Ketika menyerang, biasanya menerjang dengan empat kakinya, tetapi ketika kembali ke posisi diam biasanya ia berdiri. Dalam pertarungan, biasanya ia akan membalas serangan (counterattack) dengan hantaman tanduk yang kuat dan serangan sihir 'Thunder'. Versi lebih kuat dari Behemoth adalah, King Behemoth (Sr. Behemoth dalam terjemahan asli Amerika), musuh kuat dalam beberapa permainan Final Fantasy; juga mempunyai tubuh yang besar (25 kaki tingginya ketika berdiri) dan berwarna abu-abu. Behemoth pada beberapa permainan akhir mempunyai serangan terakhir yang kuat, biasanya Meteor, yang diluncurkan ketika ia telah mati.

Dalam Final Fantasy VI, Intangir variasi Behemoth yang tidak terlihat yang tidak bisa diserang fisik; lebih lagi, Intangir menggunakan sihir sleep (tidur). Dalam permainan yang sama, King Behemoth (SrBehemoth dalam versi SNES Amerika) adalah boss dalam World of Ruin yang akan melanjutkan pertarungan dalam wujud zombie setelah ia kalah. Dalam Final Fantasy VIII, boss Catoplebas adalah variasi dari Behemoth.[9], dan dalam Final Fantasy X monster spesial disebut Catoblepas bisa tercipta melalui Monster Arena.[13] Dalam Final Fantasy II: Soul of Rebirth, cerita sekuel dari Final Fantasy II Dawn of Souls dalam Game Boy Advance, Behemoth digunakan untuk Ultima Weapon, yang melndungi Ultima Tome. Dalam Final Fantasy XII, Behemoth adalah kelas monsterm secara umum mirip dengan inkarnasi sebelumnya kecuali lebih mirip manusia. Hanya Behemoth King dan Fafnir mempunyai kesamaan dengan permainan sebelumnya. Dalam Dirge of Cerberus: Final Fantasy VII, kita menemukan Azul the Cerulean sebagai Arch Azul dalam dunia bawah tanah Midgar, yang berubah menjadi bentuk mirip dengan Behemoth. Behemoth sering terlihat dalam semua FF kecuali Final Fantasy I[8][9], Behemoth juga muncul dalam Chocobo's Dungeon 2, Chocobo Racing, Chocobo Land: A Game of Dice, Final Fantasy Fables: Chocobo Tales, Kingdom Hearts dan Itadaki Street Portable. Nama alternatifnya termasuk King Behemoth, Alteci,dll. Behemoth membuat kemunculan dalam film pembukaan Final Fantasy XI dan juga muncul dalam permainan sebagai monster jahat. Behemoth adalah salah satu dari Heartless terbesar dalam Kingdom Hearts. Dalam Final Fantasy IV, Behemoths melindungi Bahamut dan Zemus, muncul lebih dekat di Eastern Dragon. Mereka jarang menyerang grup, tetapi membalas serangan dengan kekuatan yang besar jarak dekat atau serangan sihir.

Bomb[sunting | sunting sumber]

Bomb adalah nama monster yang langsung berhubungan dengan aslinya yaitu bahan peledak. Ciri khas monster ini yaitu serangan penghancuran diri; setelah seri Final Fantasy pindah ke mesin 3D, Bomb mempunyai kebiasaan baru yaitu ia akan membesar terus menerus dan aka lebih kuat ketika menyerang sampai ia akhirnya meledak.

Dalam Final Fantasy IV, Bomb adalah summon rahasia dari Rydia, juga ada Mom Bomb adalah boss yan muncul ketika beberapa monster bomb bergabung. Dalam Final Fantasy V, boss Byurobolos' adalah variasi dari Bomb. Dalam Final Fantasy X, monster spesial disebut Bomb King bisa diciptakan melalui Monster Arena.[13] Dalam Final Fantasy XII, Bomb King juga muncul sebagai boss, dan sebuah gambar bomb digunakan sebagai ikon status 'berserk'. Dalam seri Final Fantasy, Bomb mengenalkan sebuah cara penghancuran diri baru bernama "Reaksi-Berantai", dimana satu bomb bisa membuat sekeliling bomb menghancurkan diri bersama-sama; hal ini bisa dilihat dalam Final Fantasy IV juga ketika kita menggunakan sihir Thunder pada beberapa tipe musuh Bomb dalam beberapa seri seperti Final Fantasy XII dan Final Fantasy Tactics Bomb mempunyai kemampuan untuk menggunakan minyak (Oil) sehingga serangan mereka lebih besar. Bomb muncul dalam semua Final Fantasy kecual Final Fantasy I[8][9] juga di Chocobo's Dungeon 2, Chocobo Land: A Game of Dice, Final Fantasy Fables: Chocobo Tales, dan Itadaki Street Portable. Dan juga sebagai perintang dalam Mario Hoops 3-on-3, dan dihadirkan dalam model Gummi Ship dalam Kingdom Hearts. Nama alternatifnya termasuk Ballon, Purobolos, Grenade, Mine, Pineapple, dll.


Cactuar[sunting | sunting sumber]

Cactuar (Final Fantasy VIII - PS)

Nama Cactuar adalah nama barat dari nama Jepangnya Sabotender, sebuah portmanteau dari "Saboten Pretender", "saboten" berarti "kaktus" dalam bahasa Jepang. Cactuar adalah kaktus yang berlari menggunakan lengan dan kaki yang kaku, tiga titik hitam ada di wajahnya (menunjukkan dua mata dan mulut oblong) dan tiga duri kuning di kepalanya. Berdasarkan pada artikel 15 Februari 1997 yang dikeluarkan oleh V-Jump, Cactuar didesain oleh Tetsuya Nomuta berdasarkan buku notes yang ia gambar pada masa SMA. Figur tanah liat Jepangnya disebut dengan nama "Haniwa", sebuah figur tanah liat dibuat untuk ritual dan kegunaan lain.

Serangan Cactuar yang khas adalah serangan "1,000 Needles", mengurangi 1,000 HP lawan tanpa melihat status pertahanan. Cactuar ketika dikalahkan kita memperoleh banyak uang, EXP, dab poin ability (banyak variasi dari Ability Point) atau barang spesial dan secara umum mempunyai darah(HP) yang rendah, tetapi rata2 hindaran dan status pertahananya yang tinggi membuat ia sulit dilawan. Ada beberapa variasi Cactuar yaitu "Jumbo Cactuars" yang mempunyai serangan "10,000 Needles" yang mengakibatkan kematian instan karena HP(darah) maksmimum pemain hanya 9,999. Beberapa variasi serangan yang lain adalah "1000 Needdles" 10 kali tetapi pada target berkali-kali. Variasi ini cukup mematikan tetapi tidak sampai membunuh semua karakter.

Cactuar muncul dalam Final Fantasy VI (sebelumnya dipanggil "Cactrot"), Final Fantasy VII[8], Final Fantasy VIII[9], Final Fantasy IX, Final Fantasy X, Final Fantasy X-2, Final Fantasy XI, Final Fantasy XII (dengan alias 'Cactoid'), Final Fantasy Crystal Chronicles, Dirge of Cerberus: Final Fantasy VII, Final Fantasy: Unlimited, dan Chocobo's Dungeon 2. Cactuar muncul sebagai summon dalam pembuatan ulang Final Fantasy VI untuk Game Boy Advance, dan Final Fantasy VIII[14]. Cactuar muncul sebagai boneka dalam Final Fantasy X dan Final Fantasy X-2 sebagai senjata Lulu dan monster dengan alias quactuar.

Cactuar juga muncul dalam Chocobo Racing, Chocobo World, Final Fantasy Fables: Chocobo Tales, Itadaki Street Special, Itadaki Street Portable dan Mario Hoops 3-on-3. Di dalam The Bouncer, Volt Krueger mempunyai sebuah Cactuar di punggung jaketnya dengan ada garis merah. "Cactuar" dihadirkan dalam Model Gummi Ship dalam Kingdom Hearts dan Kingdom Hearts II. Ketika musuh kaktus dalam Dragon Quest Heroes: Rocket Slime diketahui bahwa itu adala Cactuar. Karena mempunyai ciri-cari kaktuar yaitu 3 titik hitam di wajah. Cactuar juga membintangi seri animasi Flashplayer bersama dengan Tonberry dibuat oleh pria bernama Crazy Boris, seperti Final Fantasy Gil Quest dan sekuelnya, Final Fantasy Fugitive dan Resident Cactuar. Sebuah Cactuar bernama Cornwall adalah karakter utama dalam komik strip "The Lesson Of The Day". Sebuah Cacctuar muncul dalam komik web Origami Lad's Superhero Society sebagai karakter utama bersama dengan sahabatnya Foldman dan sebuah grup pahlawan super lain, dan masih banyak lagi wujud Cactuar.

Chimera[sunting | sunting sumber]

Chimera/Proto Chimera (Final Fantasy X/X-2 - PS2)

Chimera adalah makhluk yang berasal dari mitologi Yunani atau dalam sains makhluk yang tercipta hasil kombinasi dari dua organisme.[15] Pada seri Final Fantasy biasanya mengambil wujud sebagai hewan buas dengan kepala singa, dan tubuh kambing, dan ekor dari naga atau ular, beberapa dengan kepala yang banyak. Setiap kepala mempunyai unsur sihir yang berbeda.

Harpy (Final Fantasy VII - PC)

Pada Final Fantasy V, Chimera dipanggil sebagai Kimaira yang muncul pada versi akhir, meninggalkan tiga monster lain (Chimera Brain, Quadrharpy, and Maximus) sebagai satu-satunya Chimera dalam permainan. Dalam Final Fantasy X monster kuat bernama Chimerageist bisa tercipta melalui Monster Arena.[13] Pada Final Fantasy XI dan Final Fantasy XII, chimera terbentuk melalui kombinasi dari variasi monster. Pada Final Fantasy Mystic Quest, Gidrah adalah nama Chimera dalam versi Jepang. Monster ini muncul pada semua pecahan permainan Final Fantasy[9], Mystic Quest dan Crystal Chronicles. Chimera juga muncul dalam Itadaki Street Portable. Variasinya termasuk Chimera Brain, Gorgimera, Chimera Mage, dll.

Cockatrice[sunting | sunting sumber]

Cockatrice (Final Fantasy XI - PC)

Cockatrice adalah makhluk dalam legenda mempunyai ukuran dan bentuk seperti naga atau wyvern, tetapi dalam seri Final Fantasy dalam bentuk kalkun, dengan karakteristik mirip kadal, walaupun seperti bunglon dalam Final Fantasy III. Diduga Cockatrice adalah kombinasi dari ayam dan sebuah kodok atau ular.[16] Bayi Cockatrice , dengan anologi, kadang-kadang disebut orang sebagai Chickatrice. Monster ini mempunyai kemampuan sihir termasuk mengubah orang menjadi batu dengan melihat Cockatrice, menyentuh orang, atau kadang-kadang dengan bernapas saja pada orang, seperti naga yang mengeluarkan napas api. Cockatrice sama dengan makhluk dalam legenda, Basilisk. Namanya mungkin berasal dari cerita rakyat untuk sebutan buaya.

Pada awal permainan Final Fantasy, Cockatrice sangat mirip dengan elang daripada ayam jantan kecil dan menyerang dari atas menggunakan sentukan batu; tetapi, dalam permainan sebelumnya akan mirip dengan cockatrice yang legendaris. Pada Final Fantasy X, monster spesialdapat diciptakan dengan nama Pteryx melalui Monster Arena, yang merupakan variasi monster burung yang bisa membatukan kadang-kadang.[13] Dalam Final Fantasy XII, Cockatrice adalah spesies burung dengan kebiasaan bergerak dengan membuat badannya menjadi bola. Ada juga bos-mini opsional dalam Final Fantasy XII dipanggil dengan nama Cluckatrice dan seekor monster langka bernama Nekhbet. Cockatrice dan variasinya muncul dalam semua permainan utama Final Fantasy[9], sebagai tambahan dalam Final Fantasy Tactics, dan Final Fantasy Mystic Quest, Final Fantasy Crystal Chronicles, juga muncul di Chocobo's Dungeon 2, Dice de Chocobo dan Chocobo Land: A Game of Dice. Cockatrice juga tampil di Itadaki Street Portable.

Sebagai tambahan, makhluk lain juga mempunyai kekuatan untuk membatukan. Yaitu monster Basilisk, yang tampil dalam semua seri Final Fantasy kecuali XI, dan FF Crystal Chronicles. Basilisk berasal adalah makhluk dalam cerita rakyat Eropa yang dikatakan bisa membunuh dnegan satu tatapan saja. Pada Final Fantasy, wujud Basilisk muncul sebagai kadal bertanduk dengan mata bunglon yang besar; tetapi, Basilisk dalam Final Fantasy kadang-kadang lebih mirip ular, pada beberapa judul Final Fantasy.



Flan[sunting | sunting sumber]

Flan (Final Fantasy IX - PS)

Flan, biasanya juga dipanggil dengan sebuatan Pudding, adalah makhluk sihir yang kecil yang dinamai berdasarkan nama dessert makanan Spanyol bernama Flan. Mereka biasanya kebal terhadap serangan sihir elemen tertentu. Serangan fisik sebagian besar kelihatannya tidak berguna untuk menghabisi pertahanan Flan yang kuat. Pada Final Fantasy X, Flan spesial disbut dengan Jumbo Flan bisa diciptakan melalui Monster Arena.[13] Dalam Final Fantasy X-2. Nama Flan diganti dengan bahasa Spanyol tetapi wujudnya berbeda warna dan element. Mereka adalah Amarillo (kuning), Azabache (hitam), Azul (biru), Blanco (putih), Palido (putih pucat; "pearl/mutiara" dalam versi Jepang), dan Rojo (merah).[17] Pada Final Fantasy XI flan dinamakan untuk variasi puding dan kue. Pada remake Final fantasy IV Advance untuk Game Boy Advance, sebagai boss opsional dinamakan dengan nama Master Flan yang akan memanggil Flan lain untuk membantunya dalam pertempuran. Secara keseluruhan, Flan tampil dalam semua pemasangan Final Fantasy[9], juga di Tactics Advance, Mystic Quest, Crystal Chronicles, Chocobo World, dan Chocobo's Dungeon 2. Variasinya termasuk Jelly, Cream, Mousse, Slime, Pudding, Tofu, Flan, dll.

Four Fiends/Empat Setan[sunting | sunting sumber]

Wujud dari Four Fiends, atas ke bawah: Lich, Marilith, Kraken, Tiamat

Four Fiend digunakan sebagai iblis musuh dalam beberapa Final Fantasy. Mereka biasanya muncul sebagai makhluk jahat yang dipanggil oleh karakter antagonis utama untuk menghancurkan dunia. Mereka kadang-kadang berhubungan dengan Four Crystal yang muncul pada beberapa permainan Final Fantasy. Dan Four Fiend disuruh untuk melindungi atau menghancurkan Four Crystal.

Dalam Final Fantasy, empat iblis itu adalah Lich, Marilith, Kraken, dan Tiamat dengan unsur Tanah, Api, Air, dan Angin secara urut. Pemain harus mencari keempat iblis ini dan menghancurkannya sehingga keseimbangan muncul kembali. Iblis ini tampil kembali dalam Final Fantasy IX sebagai penjaga Chaos yang melindungi gerbang menuju Terra,[18] dan juga di Memoria. Mereka juga tampil dalam Final Fantasy Tactics Advance, sebagai "Falgabirds". Tiamat juga tampil dalam Final Fantasy II sebagai boss di dalam Kastil Pandemonium, dan dalam Final Fantasy VIII sebagai Guardian Force yang gagal dan melayani Ultimecia, tetapi iblis yang lain tidak ada.[9] Tiamat membuat kemunculan lain dalam Final Fantasy XII sebagai boss awal. Kraken juga tampil sebagai boss dalam Final Fnatasy III. Dalam Final Fantasy XI Tiamat adalah anak buah dari Bahamut, sementara kraken dan lich sebagai monster biasa. Marilith tampil sebagai sebuah Mark dalam Quest sampingan pemburu bayaran dalam Final Fantasy XII, seperti ular raksasa merah.

Final Fantasy IV menampilkan Four Fiend ( dalam permainan ini dikenal sebagai Elemental Lord), kali ini melayani Golbez. Mereka adalah Rubicante unsur Api, Barbariccia unsur Angin, Cagnazzo unsur Air, Scarmiglione unsur Tanah. Tetapi, tidak seperti aslinya, mereka diberikan lebih karakterisasi dan tidak dilukiskan sebagai makhluk iblis. Final Fantasy Mystic Quest mengenalkan set baru dari Four Fiend disebut dengan Vile Evils yang melayani "Dark King". Mereka adalah "Flamerous Rex of Earth, Ice Golem of Water, Duelhead Hydra of Fire, dan Pazuzu of Wind." Seperti aslinya, mereka menghancurkan planet dengan menyerap energi dari kristal. Dalam Caste Doom, mereka tampil sebagai doubles—Skullerus Rex, Stone Golem, Twinhead Wyvern, dan Zuh.


Garuda[sunting | sunting sumber]

Garuda bersahabat (Final Fantasy IX)

Garuda adalah unggas seperti manusi dalam Seri Final Fantasy. Pertama kali tampil dalam Final Fantasy III sebagai monster boss.[19] Juga bersama-sama dengan Zuu dan Cockatrice, Garuda tidak selalu dihadirkan sebagai boss, tetapi sering sebagai monster biasa, seperti dalam Final Fantasy VII[8], IX, X dan X-2. Pada setiap pertemuan melawan Garuda biasanya sebuah musuh yang mudah dikalahkan. Ada perkecualian dalam Final Fantasy IX dengan ada versi "friendly" sebagai tambahan dari monster standar.[20] Garuda yang "bersahabat" ini hanyalah satu dari beberapa monster "friendly" dalam Final Fantasy IX dan tidak menyerang terapi meminta untuk diberi makan dengan variasi batu permata untuk mendapatkan AP. Dua versi ini hampir mirip kecuali warnanya, Garuda biasa berwarna dominan merah sedangkan versi "friendly"nya berwarna pelangi. Dalam Final Fantasy X/Final Fantasy X-2 Garuda mempunyai jurus baru bernama Sonic Boom yang sering ia gunakan, dan sangat mirip dengan beberapa monster burung lainnya.[21] Dalam Final Fantasy XI Garuda adalah avatar panggilan summon jika pemain menyelesaikan beberapa misi dan mengalahkannya dalam pertarungan. Garuda adalah avatar elemen "angin", dan semua kemampunannya adalah angin. Dalam Final Fantasy XII muncul pertama kali sebagai boss dan kemudian sebagai musuh biasa, bernama Garuda-Egi.

Iron Giant[sunting | sunting sumber]

Iron Giant (Final Fantasy X/X-2 - PS2)

Iron Giant muncul dengan ciri khas tinggi, armor luar biasa besar dan mempunyai pedang besar. Dalam Final Fantasy Tactics, Iron Giant tampil dengan nama Steel Giant, mempunyai penampilan yang sama dengan karakter Worker 8 dan Worker 7 - New yang kelas karakternya ialah Iron Giant. Ada juga versi merah Iron Giant yaitu Wolfmeister. Variasi dari bentuk ini dalam wujud boss digunakan dalam Final Fantasy VIII, dengan nama Red Giant. Iron Giant tampil dalam Final Fantasy II, III (DS), X-2, Crystal Chronicles, Tactics, Chocobo Tales dan Itadaki Street Portable.

Malboro[sunting | sunting sumber]

Morbol (Final Fantasy XI - PC)

Malboro (Japanese モルボル Moruboru; jarang disebutkan Molbol) adalah bentuk mutasi dari jamur (fungi) yang harus memakan makhluk lain untuk bertahan hidup. Malboro adalah musuh yang ditakuti karena seranagn "Bad Breath" yang mempunyai bermacam-macam variasi efek status sekaligus, menyusahkan dalam pertarungan. Malboro sering terlihat dalam variasi Final Fantasy yang dikembangkan oleh Square Enix adalah musuh kuat yang sering muncul di pertengahan menuju akhir permainan. (Nama 'Malboro' mungkin sebuah guyonan dalam seri Final Fantasy, berdasarkan rokok Marlboro yang menggunakan kemampuan Bad Breath. Juga mungkin dari etimologi bahasa Latin Mal artinya buruk, dan Yunani Boros, artinya napas).

Malboros telah tampil dalam Final Fantasy I sampai Final Fantasy XII[8][9], Tactics, Tactics Advance, dan Crystal Chronicles. Malboro juga tampil dalam Chocobo's Dungeon 2, dalam Chocobo Racing, dalam Dice de Chocobo, dalam Final Fantasy Fables: Chocobo Tales, dalam Legend of Mana, Itadaki Street Portable, dalam Mario Hoops 3-on-3 selama tempat Malboro Garden dan sebagai "Malboro Stew" dalam episode Delapan dari Final Fantasy Unlimited. Dalam remake Final Fantasy VI di Game Boy Advanve, ada boss opsional dalam sebuah dungeon tersembunyi bernama "Worst Malboro", mempunyai jurus biasa dari Malboro ditambah dengan serangan Blaster, gerakan membunuh instans, dan dalam pertarungan pemain harus bertarung dengannya sampai empat kali berturut-turut (karena Malboro terbagi ketika pemain mengalahkan Malboro).

Tonberry[sunting | sunting sumber]

Tonberry (トンベリ Tonberi?), nama lain adalah Dingleberry atau Pug, bentuknya cukup kecil dengan kepala bundar dengan junggur kecil dan mata kuning; berjalan dengan dua kaki. Memakai jubah biasanya berwarna coklat atau abu-abu, dan ekor seperi lumba-lumba bisa dilihat dari balik bajunya. Seekor Tonberry selalu membawa dua benda: sebuah lentera di satu tangan untuk menerangi jalannya di gua, dan sebuah pisau koki panjang di tangan satunya.

Ketika Tonberry akan menyerang, biasanya ia akan berjalan lambat dan perlahan pada musuhnya. Ketika Tonberry sudah cukup dengan musuhnya, ia akan menyerang dengan pisaunya. Sabetan pisaunya biasanya mengakibatkan luka cukup parah atau kematian instan (biasanya dengan sabetan pendek, ditemani dengan efek suara "Doink) pada satu atau semua anggota grup. Hal ini, dikombinasikan dengan penampilannya yang lemah, memperoleh reputasi terkenal karena kejahatannya. Kadang-kadang mereka menggunakan kemampuan seperti "Karma" (nama lainnya "Everyone's Grudge") yang mengakibatkan luka berdasarkan jumlah musuh yang dibunuh dalam permainan, oleh grup atau individu. Tonberry biasanay ditemukan di gua atau struktur kuil. Secara umum Tonberry mempunyai EXP atau Gil yang kecil, tetapi dalam beberapa permainan diketahui mempunyai banyak poin EXp atau Gil dan kadang-kadang menjatuhkan barang langka atau terkuat dalam permainan. Versi lebih kuat dari Tonberry adalah Tonberry King, Mega Tonberry, Master Tonberry dan Don Tonberry.

Tonberry muncul dalam Final Fantasy V, Final Fantasy VI, Final Fantas VIII[8], Final Fantasy VIII[9], Final Fantasy IX, Final Fantasy X, Final Fantasy X-2, Final Fantasy XI, Final Fantasy Tactics Advance, Final Fantasy Crystal Chronicles, Chocobo's Dungeon 2, Chocobo Land: A Game of Dice, Final Fantasy Fables: Chocobo Tales dan Itadaki Street Portable. Tonberry bisa berubah menjadi 'ribbon'/pita dalam Final Fantasy VII, yang melindungi dari status negatif (dengan bantuan Materia). Tonberry muncul sebagai Guardian Force dalam Final Fantasy VIII[14] dan Final Fantasy: Unlimited. Dalam Final Fantasy X-2 Paine's Mascot Dressphere adalah seekor kostum Tonberry memegan boneka Cactuar. "Tonberry" juga adalah model Gummi Ship dalam Kingdom hearts dan Kingdom Hearts II. Dalam Satellaview-permainan ekslusif DynamiTracer, seekor Tonberry dihadirkan sebagai karakter yang dapat dimainkan. Boss pertama dalam Final Fantasy XII adalah mesin terbang dikendalikan oleh prajurit Archadian bernama Tonberry.

Ultima Weapon dan Omega Weapon[sunting | sunting sumber]

Ultimate Weapon dalam FFVII.

Monster Ultimate Weapon (ウェポン Wepon?) dan Omega adalah kesatuan (sejenis biomekanik dan bagian lain keseluruhannya organik ) dalam seri Final Fantasy. Mereka telah dihadirkan dalam seri sejak Final Fantasy V. Mereka secara umum sangat kuat dan mempunyai banyak darah HP, kadang-kadang berjumlah dalam jutaan, dan biasanya ditampilkan sebagai opsional superboss.

Weapon tampil dalam Final Fantasy I dari Final Fantasy I & II: Dawn of Souls, remake Final Fantasy II dalam Game Boy Advance, Final Fantasy V, Final Fantasy VI, Final Fantasy VII, Final Fantasy VIII, Final Fantasy X, Final Fantasy X-2, Final Fantasy XI, Final Fantasy XII, Final Fantasy: Unlimited, dan Final Fantasy Fables: Chocobo Tales. WarMech, musuh kuat dan langka dari NES Final Fantasy I, mempunyai karakteristik sama dengan Weapon.

'Omega' dan 'Ultima' (kadang-kadang 'Ultimate') weapon adalah sering bukan adalah misi sampingan yang bisa diikuti pada akhir-akhir permainan. Final Fantasy VII dan Final Fantasy VI adalah dua dari beberapa judul dalam seri Final Fantasy yang menghancurkan aturan karena pemain harus melawan Ultimate Weapon agar bisa melanjutkan jalannya cerita.

Ultima Weapon adalah salah satu dati monster terkuat dalam permaina Final Fantasy. Final Fantasy XII mempunyai variasi, dengan Omega MK XII menjatuhkan sebuah medallion, ketika dijual bersama dua bagian yang lain, membuat pemain membeli satu senjata pedang terkuat dalam permainan dalam bazzar, sementara Ultima adalah salah satu summon terkuat dalam permainan.

Dalam Versi Amerika pada Super Nintendo Entertainment System (diedarkan dengan nama Final Fantasy III), nama Ultimate Weapon diterjemahkan menjadi 'Atma' dalam bahasa Inggris. Pada Final Fantasy X, boss terkuat dalam permainan, Nemesis Weapon, bisa diciptakan melalui Monster Arena, penampilannya mirip dengan Ultima dan Omega Weapon . Weapon selain Ultimate Weapon dan Omega bisa ditemukan dalam Final Fantasy VII.

Monster Lain[sunting | sunting sumber]

Naga dari Final Fantasy VII

Naga, makhluk legendaris tradisional adalah reptil yang besar dan kuat atau ular dengan sihir atau kekuatan spiritual, dihadirkan dalam semua permainan Final Fantasy dalam seri utama.[8][9] Final Fantasy VI memasukkan Naga dalam cerita; ada delapan Naga yang eksis dalam World of Ruin, dengan tidak menghitung beberapa naga biasa yang dijumpai dalam lapangan. Ada naga bernama CzarDragon dalam Final Fantasy VI. CzarDragon dinamakan ulang dari nama Kaiser Dragon (dan diberikan sayap) dan dibuat menjadi superboss pada versi Gam Boy Advance. Dalam Final Fantasy V, dua naga melayani sebagai alat transportasi: Hyruu, alat transportasi grup menuju langit, dan Syldra (Hydra) yang adalah naga laut yang melayani transportasi air, yang akhirnya akan luka berat. Hydra kemudian diselamatkan oleh grup ketika Menara Walse tenggelam ke laut, kemudian dia mati karena lukanya yang parah. Kedua naga itu akan menjadi summon opsional akhirnya dalam permainan.

Imp dari Final Fantasy X

Makhluk lain yang bersumber dari cerita rakyat termasuk Lamia (dari legenda Yunani, dihadirkan dalam Final Fantasy I sampai V, IX, XI, Crystal Chronicles, Mystic Quest, Tactics Advance, Chocobo's Dungeon 2, Chocobo Land: A Game of Dice, Final Fantasy Fables: Chocobo Tales, dan sebagai model Gummi Ship dalam Kingdom Hearts, Cerberus (hewan buas berkepala tiga yang muncul dalam Final Fantasy Dawn of Souls, II, VIII[9], IX, XI, Mystic Quest, and Crystal Chronicles), Catoblepas (sebuah hibrig dari kerbau Etiopia dan dihadirkan dalam sebagian besar seri[9]), dan Minotaur (manusia kerbau muncul di Dawn of Souls, III, V, VIII[9], XI, Tactics, and Mystic Quest dan kadang-kadang bernama Sekhmet, dari nama dewi berkepala singa Mesir). Sebagai tambahan Zu (dewa,dewa burung dalam mitologi Akkadian, muncul sebagai makhluk terbang atau seperti Griffin dalam Final Fantasy I, IV sampai VII [8], IX sampai XII, Mystic Quest dan Crystal Chronicles, serta Itadaki Street Portable. Raksasa setengah manusia, seperti Gigas dan Ogre, juga menjadi hal umum dalam seri Final Fantasy[9]; dalam Final Fantasy XI, mereka muncul sebagai ras beastmen. Mandragora (seperti tanaman muncul dalam setiap seri kecual I dan VIII[8]) kecil, tumbuhan seperti manusia berdasarkan Mandrake. Tiamat, seorang dewi di mitologi Mesopotamia dan figur pusar dalam epik kreasi dalam Enûma Elish[22][23] muncul mirip wujud naga (a la inkarnasi dari Dungeon & Dragon) di Final Fantasy I, II, IV, VIII[9], IX, XI, XII, dan Tactics. Paling Akhir, nama dalam Alkitab Abaddon muncul dalam beberapa desain dalam Final Fantasy VIII[9], IX, X, XII, dan Crystal Chronicles.

Coeurl dari Final Fantasy XI

Makhluk Final Fantay juga dipengaruhi oleh cerita rakyat dan sains-fiksi. Dullahan, adalah certia rakyat Irlandia, adalah makhluk yang tidak bisa mati, dihadirkan dalam Final Fantasy III, VI IX, XII, dan Mystic Quest sebagai monster tidak berkepala. Imp (dan inkarnasinya) muncul sebagai monster terbang dan mempunyai sihir.[9] Goblin, Golem, dan Gargoyle &mdahs; tiga monster legendaris &mdashl membuat beberapa kemunculan dalam seri Final Fantasy[8]; penampilannya tidak jauh berbeda dengan cerita rakyat sesungguhnya. Goblin dalam Final Fantasy V juga tampil dibawah desain tipikal dalam judul permainan Square Romancing SaGa 3. Bandersnatch, berasal dari puisi Lewis Carroll berjudul Jabberwocky dan The Hunting of the Snark, muncul dalam Final Fantasy V, VII[8], VIII, IX, X, dan XI. Coeurl (predator seperti panther muncul dalam semua seri Final Fantasy kecuali yang pertama [8][9].

Beberapa makhluk padang gurun membuat penampilannya dalam beberapa seri. Sand Worm (cacing pasir) muncul dalam semua seri Final Fantasy kecuali XII [8][9] sama dengan Sandworm dalam seri Frank Herbert yang menelan karakter (dalam kasus Final Fantasy menelan anggota grup). Antlion(undur-undur), sebuah arthopoda yang besar berdasarkan makhluk legendaris bernama Myrmecoleo, muncul dalam semua seri kecuali I, VII, VIII, X, and X-2. Antlion menyerang dari jebakan pasir, seperti dalam Mandragora dalam Final Fantasy X.

Monster lain berdasarkan dunia nyata, seperti Wolf (serigala) muncul dalam sebagian besar seri Final Fantasy [8], Wasp (Bite Bug (serangga penggigit) dalam Final fantasy VIII'[9] dan Final Fantasy X. Ikan mematikan(Deadly Fish) (Piranha dalam Final Fantasy I, VI, X dan XII). Dalam sebuah disertasi oleh Glen Spoors mengenai Final Fantasy X, dia menyatakan bahwa monster dalam Final Fantasy X lebih besar tubuhnya daripada di dunia nyata.

Ochu dari Final Fantasy VII

Final Fantasy meminjam 4 tipe makhluk langsung dari RPG Dungeons & Dragons yaitu Beholder, Mindflayer, Ochu, dan Sahagin. Walapun Beholder (hijau, makhluk bertentakel mirip dengan Malboro) muncul dalam Final Fantasy I versi Jepang dan dalam Mystic Quest, dia muncul mirip dengan Ahriman dalam Final Fantasy yang lain. Tiga makhluk yang lain yang dipinjam dari Dungeon dan Dragon juga muncul dalam Final Fantasy. MindFlayer seperti cumi-cumi yang muncul dalam Final Fantasy I, IV, V, IX, XI, XII, dan Tactic. Ochu (dipanggil juga dengan Otyugh) seperti makhluk seperti tanaman berbadan besar, mempunyai tentakel seperti cambuk yang tampil dalam Final Fantasy I, VII, VIII[9], IX, X, X-2, dan Tactic. Sahagin (makhluk hidup di air, asal aslinya dari Dungeons & Dragons, berdasarkan cerita rakyat Eropa) muncul dalam Final Fantasy I, III, IV, V, VII[8], IX, X, X-2, XI, Crystal Chronicles, Mystic Quest, Chocobo's Dungeon 2, Chocobo Land: A Game of Dice, Final Fantasy Fables: Chocobo Tales, sertaItadaki Street Portable.

Makhluk lain seperti Magic Pot dan Mover tidak terlalu penting. Magic Pot adalah nama makhluk yang hidup dalam sebuah guci dan memilih bertarung dalam potnya dengan bertahan pada potnya. Karena ia tidak bisa bergerak Magic Pot menggunakan serangan shiri. Final Fantasy V dan Final fantasy VI terdapat monster ini. Sebagian besar inkarnasi dari hadiah Magic Pot memberikan bonus untuk ditukar dengan barang. Magic Pot muncul dalam Final Fantasy V, VI, VII[8], X, XI, XII, Chocobo's Dungeon 2, Dice de Chocobo, Final Fantasy Fables: Chocobo Tales dan Itadaki Street Portable. Movers, pada satu sisi, sangat kuat sekali tapi langka dan biasanya menghindari pertarungan; mereka tampil dalam Final Fantasy V, VI, VII, IX dan XI dalam grup 3 Mover yang jika dikalahkan mendapat bonus EXP dan Gil yang banyak pada pemain.


Rujukan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Controller: The lunar world is a world of monsters. Didn't you learn that in school? As you can see, the monsters are gathering at one point. History's starting to repeat itself. The Lunar Cry is starting. (Final Fantasy VIII)
  2. ^ Steiner: Surely even you must know something about the Mist! The vicious monsters it spawns! (Final Fantasy IX)
  3. ^ Garland: The Mist you see comprises the stagnant souls of Gaia. (Final Fantasy IX)
  4. ^ Lulu: The dead need guidance. Filled with grief over their own death, they refuse to face their fate. They yearn to live on, and resent those still alive. You see, they envy the living. And in time, that envy turns to anger, even hate. Should these souls remain in Spira, they become fiends that prey on the living. Sad, isn't it? The sending takes them to the Farplane, where they may rest in peace. (Final Fantasy X)
  5. ^ Final Fantasy X-2 Guide, 315
  6. ^ Sage Knowledge 09: Mist: Naturally occurring energy, found in almost all regions of the world, affecting all living things, the climate, and even the land itself... The highest concentrations of Mist can even do damage, leading to over-rapid changes in the environment, and violent behavior among animals and those more sensitive to the Mist's effects. (Final Fantasy XII)
  7. ^ Sage Knowledge 63: Nabreus Deadlands: [D]ense Mist has given rise to all manner of bizarre flora and fauna of an invariably vicious temperament. (Final Fantasy XII)
  8. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r Final Fantasy VII Official Guide, 194-211
  9. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w Final Fantasy VIII Official Guide, 197-238
  10. ^ Boyce, Chap. 2
  11. ^ Final Fantasy X-2 Guide, 94
  12. ^ Final Fantasy III Guide, 136
  13. ^ a b c d e f Final Fantasy X Guide, 172-174
  14. ^ a b Final Fantasy VIII Official Guide, 135-153
  15. ^ "The Twin Inside Me: Extraordinary People" Channel 5 TV, UK, 23:00 9 March 2006
  16. ^ Evolusi dari Basilisk (Yunani & Romawi, seri FF kedua,10:2 (Oktober), 1963, 170-181)
  17. ^ Final Fantasy X-2 Guide, 325
  18. ^ Final Fantasy IX Official Guide, 173-174
  19. ^ Final Fantasy III Guide, 173
  20. ^ Final Fantasy IX Official Guide, 199
  21. ^ Final Fantasy X Guide, 232
  22. ^ Enuma Elish creation epic by Keller, Catherine
  23. ^ Tiamat. GalbadiaX. Accessed February 21, 2007.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]