Final Fantasy: The Spirits Within

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Final Fantasy: The Spirits Within
Final Fantasy TSW DVD.jpg
Sutradara Hironobu Sakaguchi
Produser Chris Lee
Akio Sakai
Penulis Al Reinert
Jeff Vintar
Pemeran Ming-Na sebagai Aki Ross (suara)
Alec Baldwin sebagai Gray Edwards (suara)
Ving Rhames sebagai Ryan Whitaker (suara)
Musik Elliot Goldenthal
Distributor Columbia Pictures
Durasi 106 menit
Anggaran $137 juta [1]

Final Fantasy: The Spirits Within adalah sebuah film fiksi ilmiah oleh Hironobu Sakaguchi, pencipta seri permainan RPG Final Fantasy. Film ini dirilis tanggal 11 Juli 2001 di Amerika Serikat dan merupakan film animasi pertama yang secara serius mencoba menghadirkan manusia CGI yang fotorealistik. Walaupun dipromosikan secara besar-besaran oleh Sony, film ini menjadi box office bomb kedua terbesar dalam sejarah perfilman (di bawah Treasure Planet), dengan kerugian lebih dari $124 juta, yang secara efektif membuat bangkrut Square Pictures.

Plot[sunting | sunting sumber]

Final Fantasy: The Spirits Within mengambil tempat di bumi yang dipenuhi alien pada tahun 2065. Manusia yang tersisa hidup di dalam "kota-kota pelindung" di penjuru dunia dan berusaha membebaskan planet mereka dari para Phantom, sebuah ras alien. Satu-satunya harapan bagi planet datang dari ilmuwan Aki Ross dan mentornya (Dr. Sid) yang berencana menghancurkan Phantom tanpa merusak planet, tapi seorang jendral bernama Hein berkeinginan menggunakan meriam luar angkasa Zeus untuk menghancurkan Phantom—walau itu berarti dalam prosesnya dapat menghancurkan bumi.

Walau film ini menyandang nama Final Fantasy, ia hanya memiliki hubungan tematik yang samar dengan seri permainan populer Square Co., Ltd. Final Fantasy. Plot, para karakter, dan jalan cerita semua diciptakan khusus untuk film ini walau karakter Dr. Sid mengikuti tradisi permainan video Final Fantasy yang nama Cid muncul pada kebanyakan sekuel Final Fantasy. Pada film ini, nama tersebut dieja dengan "S" yang tidak seperti ejaan pada serial permainan video Final Fantasy.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Walau dinamai berdasarkan karakter Cid, Dr. Sid lebih mirip dengan karakter Bugenhagen dari Final Fantasy VII yang memiliki teori serupa mengenai Gaia. Walau demikian, dengan pertimbangan terdapat Cid yang berbeda untuk setiap permainan video Final Fantasy, diragukan bahwa Square berniat menghubungkan karakter ini dengan karakter manapun dalam Final Fantasy.
  • Unit milik Gray terdiri dari 4 anggota seperti kebanyakan permainan dalam seri Final Fantasy (I, II, III, V, VI, IX). Final Fantasy IV memungkinkan sampai lima anggota.
  • Setiap karakter utama dalam Final Fantasy: The Spirits Within memiliki nama depan yang terdiri dari empat huruf atau kurang. Penamaan ini bisa jadi untuk mengembalikan gaya pada permainan Final Fantasy pertama yang penamaan untuk pemain pada seorang karakter terbatas pada empat huruf, dikarenakan keterbatasan teknologi yang ada saat permainan pertama dibuat.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]