Final Fantasy VII Remake

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Final Fantasy VII Remake
Berkas:FFVIIRemake.png
Gambar sampul edisi Amerika Utara, menampilkan protagonis permainan ini, Cloud Strife
BerdasarkanFinal Fantasy VII
Publikasi10 April 2020
GenrePermainan bermain peran aksi
Latar tempatFinal Fantasy VII universe dan Final Fantasy universe
Bahasa
Karakteristik teknis
PlatformPlayStation 4, Windows dan PlayStation 5
MesinUnreal Engine 4
ModePermainan video pemain tunggal
Formatunduhan digital dan distribusi digital
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangSquare Enix Business Division 1
PenyuntingSquare Enix
Pengarah
ProdusenYoshinori Kitase
Penulis
Desainer
  • Naoki Hamaguchi
  • Teruki Endo
Komponis
PenerbitSquare Enix
Programmer
  • Naoki Hamaguchi
  • Daiki Hoshina
  • Satoru Koyama
Seniman
  • Shintaro Takai
  • Roberto Ferrari
  • Tetsuya Nomura
Informasi tambahan
Situs webffvii-remake.square-enix-games.com (Inggris)
MobyGamesfinal-fantasy-vii-remake
Steam1462040
IMDB: tt6057416 Facebook: finalfantasyvii Twitter: finalfantasyvii Instagram: finalfantasyvii Musicbrainz: 49d51536-beb7-484e-a7c8-a6975b37ada8
Bagian dari Final Fantasy
Sebelum
Tidak ada
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Final Fantasy VII Remake (ファイナルファンタジーVII リメイク; Fainaru Fantajī VII Rimeiku) adalah sebuah permainan bermain peran aksi yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Square Enix, dirilis untuk PlayStation 4 pada 10 April 2020. Permainan ini adalah permainan pertama dari serangkaian permainan yang memperbaharui permainan PlayStation tahun 1997, Final Fantasy VII.

Berlatar metropolis distopia cyberpunk Midgar, pemain mengendalikan tentara bayaran Cloud Strife saat ia dan kelompok teroris lingkungan yang dikenal sebagai AVALANCHE melawan sebuah perusahaan raksasa yang dikenal sebagai Shinra dalam penggunaan esensi kehidupan planetnya sebagai sumber energi. Gameplay menggabungkan aksi waktu nyata dengan elemen strategis dan bermain peran.

Remake diumumkan pada 2015 setelah bertahun-tahun spekulasi. Beberapa anggota staf penting kembali bekerja pada pembuatan permainan ini, termasuk perancang karakter Tetsuya Nomura sebagai sutradara dan perancang karakter utama, sutradara Yoshinori Kitase sebagai produser, penulis skenario Kazushige Nojima sebagai cerita/skenario, perencana acara Motomu Toriyama sebagai co-director/desain skenario, dan komposer Nobuo Uematsu kembali untuk menyusun tema utama permainan, di antara staf lainnya. Para staf mendesain ulang karakter untuk menyeimbangkan realisme dan penggayaan.

Permainan ini diterima dengan baik karena grafis, gameplay, narasi, dan musiknya. Permainan ini telah menjadi salah satu permainan PlayStation 4 dengan penjualan tercepat, terjual lebih dari 3,5 juta kopi dalam tiga hari pertama.

Premis[sunting | sunting sumber]

Final Fantasy VII Remake adalah yang pertama dari serangkaian permainan yang direncanakan untuk memperbaharui permainan PlayStation 1997 Final Fantasy VII. Permainan ini mencakup bagian pertama dari permainan asli, terletak di metropolis Midgar.[1] IGN memperkirakan bahwa Remake mencakup sekitar 10-15% dari cerita permainan aslinya.[2]

Pemain mengendalikan Cloud Strife, mantan tentara Shinra yang menjadi tentara bayaran yang bergabung dengan kelompok teroris lingkungan AVALANCHE untuk melawan Shinra Corporation, yang telah menghabiskan energi kehidupan planet.[3][4] Setiap elemen telah dibuat ulang, menggunakan grafik poligonal waktu nyata, berbeda dengan lingkungan permainan yang dipra-render-kan pada permainan aslinya. Cerita permainan ini mencakup ekspansi besar-besaran untuk pengembangan karakter dan beberapa penambahan plot yang signifikan.[2]

Mekanik penjelajahan dan pertempuran berlangsung dalam waktu nyata, seperti Final Fantasy XV. Permainan ini memiliki sistem "Active Time Battle" (ATB) yang diubah dari versi aslinya, yang secara bertahap terisi dengan lambat, atau dapat mengisi lebih cepat dengan serangan. Setelah diisi, pemain dapat menghentikan aksi dan menggunakan kemampuan khusus seperti sihir, item, dan gerakan khusus. Pemain juga dapat menetapkan kemampuan khusus ini pada tombol pintas, memungkinkan mereka untuk bermain sepenuhnya secara real-time tanpa jeda. Setiap kemampuan khusus menggunakan segmen batang ATB.[5] Pemain juga dapat berpindah antar anggota tim kapan saja. Setiap anggota tim memiliki keterampilan masing-masing, seperti Cloud untuk serangan jarak dekat jarak dekat dan Barret untuk serangan jarak jauh.[6] Pemain juga dapat menggunakan sihir, pemanggilan, serta Limit Break yang memungkinkan karakter untuk melakukan serangan yang lebih kuat ketika penandanya telah terisi penuh. Meskipun permainan memiliki lebih banyak elemen waktu nyata, elemen strategis tetap ada, seperti pemilihan senjata dan sihir yang digunakan masing-masing karakter.

Plot[sunting | sunting sumber]

Cloud Strife adalah mantan anggota SOLDIER, pasukan elit Perusahaan Listrik Shinra. Shinra menggunakan mako, energi spiritual Planet, yang dipanen oleh reaktor besar-besaran untuk memberi daya pada kota metropolitan Midgar dan mengembangkan teknologi canggih. Kecewa dengan Shinra dan atas permintaan teman masa kecilnya Tifa Lockhart, Cloud mengambil pekerjaan tentara bayaran untuk Avalanche, sebuah organisasi ekoteroris, yang dipimpin oleh Barret Wallace, yang percaya bahwa pengambilan mako yang berlebihan akan menyebabkan bencana lingkungan, yang mereka coba cegah dengan membom sebuah reaktor mako. Setelah kejadian itu, Cloud dihantui oleh kenangan Sephiroth, mantan anggota SOLDIER yang penuh teka-teki, dan bertemu penjual bunga Aerith Gainsborough. Meskipun Cloud berniat meninggalkan Avalanche setelah menerima bayarannya, entitas seperti hantu misterius yang sering muncul kembali pada saat-saat penting dalam permainan menyebabkannya direkrut untuk pengeboman reaktor lain, yang berjalan buruk, memisahkannya dari kelompok.

Cloud bertemu Aerith lagi dan melindunginya dari pasukan Shinra, yang mengejarnya karena alasan yang tidak diketahui. Ketika berusaha bersatu kembali dengan timnya dengan bantuan Aerith, mereka melihat Tifa memasuki Wall Market, kota berdinding tanpa hukum. Setelah bertemu kembali dengan Tifa, Cloud mengetahui bahwa Tifa mencoba untuk mendapatkan informasi dari penguasa kejahatan Wall Market Don Corneo. Corneo mengungkapkan bahwa Shinra berencana untuk menjatuhkan sebuah "pelat", rumah bagi penduduk kelas atas Midgar, pada daerah kumuh Sektor 7 untuk membalas penghancuran reaktor mako yang dilakukan Avalanche. Cloud, Tifa, dan Barret gagal menghentikan rencana Shinra, dan pelatnya jatuh. Berkat Aerith, banyak penduduk yang dapat mengungsi tepat waktu, tetapi dia ditangkap oleh Shinra.

Sementara membersihkan puing-puing yang ditinggalkan oleh jatuhnya pelat kota Midgar, Cloud, Tifa, dan Barret menemukan laboratorium penelitian Shinra bawah tanah. Ketakutan dengan eksperimen yang mereka temukan di dalam laboratorium itu, mereka menyusup ke markas Shinra dan menyelamatkan Aerith sebelum dia mengalami nasib yang sama. Dia mengungkapkan bahwa dia adalah keturunan terakhir dari Cetra, ras pendahulu yang hampir punah yang tinggal di "Tanah Perjanjian", yang didambakan Shinra karena cadangan mako yang tak terbatas. Kelompok ini juga bertemu dengan makhluk mirip serigala berbicara yang disebut Red XIII, yang menjelaskan bahwa entitas seperti hantu aneh yang kelompok ini temui disebut Whispers. Mereka ada untuk memastikan bahwa jalannya takdir (secara tersirat adalah urutan peristiwa pada permainan asli) tidak diubah, dengan mengoreksi penyimpangan dari alur takdir ini. Sementara itu, Sephiroth menginfiltrasi Shinra dan mencuri entitas misterius yang dikenal sebagai "Jenova", entah bagaimana terhubung dengan kepunahan Cetra.

Dalam sebuah konfrontasi di puncak markas Shinra, Sephiroth membunuh presiden Shinra dan juga menusuk Barret, meskipun Whisper menyelamatkannya, sementara tim itu berkelahi dengan penampakan halusinasi Jenova. Dengan kematian Presiden Shinra, putranya Rufus mengambil alih kendali perusahaan dan secara singkat melawan Cloud, tetapi dikalahkan. Cloud dan sekutunya melarikan diri dari tempat kejadian melalui Jalan Tol Midgar, tetapi menemukan Sephiroth menunggu mereka di ujung jalan. Sephiroth secara samar menantang Cloud, membuka portal ke dimensi lain. Entah bagaimana Aerith mengubah portal tersebut, menyatakan bahwa mereka akan mengubah takdir jika mereka melanjutkan perjalanannya. Kelompok itu memasuki portal dan bertempur melawan Whisper Harbinger, sebuah entitas yang dibentuk oleh gabungan Whisper. Sementara ini terjadi, dalam apa yang tampak pada timeline alternatif yang ditelan oleh Whispers, SOLDIER Zack Fair berkelahi dengan pasukan pasukan Shinra yang bertekad untuk membunuhnya dan Cloud.

Setelah Whisper Harbinger dikalahkan, mereka pun berhadapan dengan Sephiroth. Sayang, walaupun berhasil mengalahkan Sephiroth, mereka tidak dapat mengalahkannya secara total dan Sephiroth berhasil kabur. Kketika Cloud mengejar untuk menghabisinya, Sephiroth membawa mereka berdua ke sebuah dunia metafisik yang disebutnya Edge of Creation. Sephiroth mengajak Cloud untuk bergabung dengannya untuk menentang takdir bersama-sama. Cloud menolak dan bertarung dengan Sephiroth tapi dia bukan lawan Sephiroth sendirian dan dengan cepat Cloud berhasil dikalahkan. Akan tetapi, Sephiroth mengampuni Cloud lalu pergi dengan samar-samar, menyatakan bahwa Cloud akan memiliki tujuh detik untuk menentang takdir.

Sementara itu, dalam timeline alternatif yang diduga, Zack Fair menang melawan pasukan Shinra. Setelah Cloud kembali ke kelompoknya, mereka sepakat bahwa Sephiroth adalah ancaman yang lebih besar bagi Planet daripada Shinra, dan berkomitmen untuk mengejarnya. Namun, ketika grup tersebut berangkat dari Midgar, Aerith menyatakan kecemasannya atas masa depan mereka yang sekarang menjadi tidak pasti.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Yoshinori Kitase, sutradara asli Final Fantasy VII dan produser Remake, pada 2009

Final Fantasy VII dikembangkan oleh Square untuk konsol PlayStation dan dirilis pada tahun 1997. Stafnya termasuk produser dan pencipta seri Hironobu Sakaguchi, sutradara dan penulis bersama Yoshinori Kitase, seniman Yusuke Naora, desainer karakter Tetsuya Nomura, dan penulis Kazushige Nojima. Permainan itu sukses secara kritis dan komersial, dan menetapkan seri Final Fantasy sebagai franchise yang besar. Permainan ini diperluas melalui proyek multimedia Kompilasi Final Fantasy VII, yang terdiri dari permainan tambahan, film, dan media lainnya.

Pada awal 2000-an, Square mengumumkan pembaharuan permainan untuk PlayStation 2 bersama Final Fantasy VIII dan IX, tetapi tidak ada yang terdengar lebih jauh dari proyek tersebut. Program itu ditinggalkan karena meningkatnya tantangan pengembangan pada perangkat keras baru, dan akan memerlukan pemotongan konten. Staf juga sibuk mengembangkan Final Fantasy XIII dan sekuel-sekuelnya, dan Remake akan menjadi proyek yang sama besar atau lebih besar yang sulit dilakukan pada saat yang sama. Setelah seri XIII berakhir, tim bebas untuk mengejar proyek lain.

Permintaan untuk pembaharuan tumbuh setelah demo teknologi PlayStation 3 di Electronic Entertainment Expo 2005, menampilkan pembukaan VII dengan mesin Crystal Tools Square yang baru. Permintaan lebih lanjut datang selama ulang tahun kesepuluh permainan VII yang terjadi pada tahun 2007. Pada kedua kesempatan tersebut, Square menyangkal bahwa pembaharuan sedang dikembangkan, karena alasan termasuk fokus mereka pada permainan baru, perlunya memotong elemen untuk membuat remake dapat dikelola, kesulitan mengembangkan untuk perangkat keras modern, dan jumlah waktu pengembangan yang dibutuhkan.

Proyek Remake akhirnya dimulai ketika produser Final Fantasy Shinji Hashimoto memulai pembicaraan tentang Kitase, Nojima, dan Nomura. Ketiganya mencapai tahap kehidupan yang mereka definisikan sebagai "usia itu": semuanya merasa bahwa jika mereka menunggu lebih lama, mereka mungkin tidak hidup lagi atau sudah terlalu tua untuk mengembangkan pembaharuan, sementara meneruskan proyek itu ke generasi yang baru menurut mereka tidak terasa benar. Alasan lain untuk mengembangkan remake adalah bahwa Square Enix menciptakan kumpulan permainan PlayStation 4 yang terus berkembang, dan timnya berharap untuk meningkatkan popularitas konsol.

Desain[sunting | sunting sumber]

Permainan memasuki produksi penuh pada akhir 2015, dipimpin oleh Divisi Bisnis 1, tim produksi internal dalam Square Enix. Sementara Nomura terlibat dengan proyek sejak awal, dia baru mengetahui bahwa dia menjadi direktur setelah melihat dirinya dikreditkan dalam video presentasi perusahaan internal, karena dia semula menganggap Kitase mengisi peran tersebut. Dia mengungkapkan bahwa Kitase sendiri berpikir Nomura diharapkan menjadi direktur. Nomura bekerja sebagai sutradara untuk Final Fantasy VII Remake dan Kingdom Hearts III. Pemimpin proyek lainnya adalah Naoki Hamaguchi, yang sebelumnya menjabat sebagai pemrogram untuk Lightning Returns: Final Fantasy XIII dan pimpinan proyek untuk Mobius Final Fantasy.

Sementara tim memiliki pilihan untuk hanya membuat versi VII remaster dengan grafis yang lebih baik seperti yang diminta banyak penggemar, mereka mencatat bahwa grafisnya dan banyak mekaniknya telah menjadi usang dengan standar modern. Dengan pemikiran ini, mereka memutuskan untuk membuat pembaharuan penuh, membangun kembali sistem permainan agar sesuai dengan selera kontemporer dan menggunakan teknologi permainan saat ini untuk menciptakan kembali dunia VII. Keputusan ini memicu penciptaan sistem pertempuran berbasis tindakan, di samping pengaruh dari permainan yang paling representatif untuk seri Final Fantasy, permainan bertarung 2009 berjudul Dissidia Final Fantasy. Dengan pemikiran ini, sistem pertarungan Remake mengambil gaya berbasis aksi sementara tidak beralih menjadi sistem yang sepenuhnya berbasis aksi. Nomura dan Mitsunori Takahashi menangani sistem pertempuran, yang terakhir telah bekerja pada seri Kingdom Hearts dan Dissidia 012 Final Fantasy. Salah satu perancang permainan adalah Kyohei Suzuki, seorang veteran Divisi Bisnis 4 perusahaan yang sebelumnya bekerja sebagai perencana untuk Kingdom Hearts 358/2 Days dan Kingdom Hearts Coded. Tim ini bertujuan untuk mempertahankan semua mekanisme permainan asli yang disukai oleh para pemain.

Alih-alih menggunakan model karakter dan gaya grafis Advent Children, yang pada saat itu telah dikembangkan menggunakan teknologi berusia sepuluh tahun, tim memutuskan untuk membuat desain dan model baru untuk karakter: Nomura ingin menyeimbangkan realisme Advent Children dengan penggayaan terubah. Nomura bertanggung jawab atas desain karakter utama yang diubah, sementara desainer Roberto Ferrari bertanggung jawab atas desain untuk karakter sekunder. Pemodelan karakter diawasi oleh Visual Works, cabang pengembangan CGI Square Enix.

Alih-alih mengembangkan mesin mereka sendiri, Square Enix melisensi Unreal Engine 4 dari Epic Games untuk mengembangkan permainan. Square Enix dan Epic Games Jepang bekerja bersama untuk mengoptimalkan mesin untuk Remake.[7][8] Tim juga menerima bantuan teknis dari pengembang Kingdom Hearts III, karena permainan tersebut dikembangkan menggunakan mesin yang sama. Pencahayaan permainan ini ditambah dengan mesin pencahayaan Enlighten. Untuk membantu gameplay aksi dan kualitas video, Square Enix awalnya bermitra dengan pengembang permainan video CyberConnect2, dengan kedua perusahaan tetap berhubungan dekat karena gaya pengembangan yang berbeda.

Pada 2017, fokus pengembangan permainan bergeser dari pengembangan bersama mitra eksternal menjadi proyek internal utama. Salah satu perubahan yang paling signifikan adalah kenyataan bahwa permainan itu direncanakan sebagai rilis multipermainan. Menurut Kitase, ini karena mencoba menyesuaikan permainan ke dalam satu rilis akan memerlukan pemotongan sebagian besar permainan, yang bertentangan dengan visi tim. Dengan memecah permainan menjadi beberapa bagian, tim dapat memberi pemain lebih banyak akses ke area-area dalam permainan, seperti di dalam kota Midgar, yang sebagian besar tidak dapat diakses di versi aslinya. Setiap edisi permainan direncanakan memiliki skala yang mirip dengan Final Fantasy XIII. Edisi pertama berfokus pada kota Midgar karena status ikoniknya di antara komunitas Final Fantasy.

Skenario[sunting | sunting sumber]

Di antara aktor suara bahasa Inggris yang baru, Cody Christian (foto) menggantikan Steve Burton dalam menyuarakan Cloud

Saat mengembangkan skenario, tim perlu bekerja dengan hati-hati agar permainan tidak dianggap terlalu bernostalgia. Mereka juga perlu membuat keputusan tentang apa yang bisa dibawa dari permainan asli dan apa yang perlu penyesuaian karena perubahan norma sosial sejak rilis permainan asli. Meskipun sudah ada cerita yang dibuat, yang sangat menyederhanakan proses produksi di beberapa bidang, Nojima dibawa kembali untuk membuat bahan cerita baru. Skenario untuk edisi pertama selesai pada bulan Desember 2015. Permainan ini sepenuhnya disuarakan, dengan rencana semula adalah memperkerjakan aktor suara dari film CGI Final Fantasy VII: Advent Children untuk mengulangi peran mereka. Pada akhirnya, karakter bahasa Inggris disusun kembali untuk Remake. Menurut Kitase, memilih generasi suara baru untuk karakter adalah bagian dari kelahiran kembali permainan VII sebagai Remake. Cody Christian (Cloud) berkomentar bahwa dia adalah pengganti Steve Burton, dengan menyatakan, "Steve, kamu membuka jalan. Anda menjadikan karakter ini seperti apa dan berkontribusi dalam membentuk warisan" dan karenanya ingin tidak mengecewakan Burton dengan pembawaan karakternya.[9] Aktor suara Jepang tetap sama, yaitu Takahiro Sakurai yang dikejutkan oleh pengisian suara Cloud ini karena ia tidak mengisi suara di permainan PlayStation yang asli.[10]

Nojima berupaya membuat interaksi Cloud dengan Tifa dan Barret terasa alami. Meskipun takut terhadap hasil akhir yang mungkin terjadi, Nojima juga ingin para pemain untuk terhubung dengan karakter sekali lagi.[11] Sutradara Naoki Hamaguchi menekankan, karena di permainan asli pemain dapat mempengaruhi siapa dari empat anggota tim yang diajak pergi "kencan" oleh Cloud, ia ingin Remake memberikan kemungkinan ini lagi dalam bentuk percakapan intim ketika berpisah dari tim utama.[12] Karena Cloud berada dalam hubungan dekat yang mungkin terjadi dengan Tifa atau Aerith, tim pengembangan mengamati bahwa para penggemar berpikir Square lebih memilih salah satu dari dua pahlawan wanita ini daripada yang lain. Dalam pandangan retrospektif, Square menyatakan bahwa Aerith mungkin merupakan karakter utama sebenarnya dari permainan ini sementara Tifa penting untuk membantu mengembangkan karakter Cloud. Alhasil, Square mengklaim bahwa Tifa dan Aerith adalah pahlawan wanita dalam pembaharuan ini.[13] Desain ulang awal Cloud untuk Final Fantasy VII Remake pada mulanya lebih dramatis dari versi aslinya, tetapi kemudian diubah agar lebih mirip dengan desain asli Nomura.[14] Dalam klimaks Remake, Cloud bertemu musuh bebuyutannya, Sephiroth, dalam skenario berdasarkan popularitasnya karena Sephiroth tidak melawan pemain pada titik ini dalam permainan aslinya. Square ingin menunjukkan Barret sebagai orang yang dewasa, membedakannya dari Cloud yang lebih muda ketika berinteraksi dengan orang lain.[15]

Musik[sunting | sunting sumber]

Soundtrack permainan ini memiliki kontribusi dari komposer Final Fantasy VII asli Nobuo Uematsu, bersama dengan Masashi Hamauzu dan Mitsuto Suzuki.[16] Ini adalah pertama kalinya Uematsu dan Kitase bekerja bersama sejak Final Fantasy X (2001), Kitase awalnya percaya Uematsu akan menolak karena dia sudah lama meninggalkan Square Enix dan menemukan kesuksesan sebagai komposer independen. Lagu tema "Hollow" dimaksudkan untuk mencerminkan keadaan pikiran Cloud, dengan Nomura memberikan tekanan tinggi pada musik rock dan vokal pria. Dia juga ingin lagu tersebut memiliki citra hujan.[17] Hamauzu juga menyatakan kehormatannya dalam melakukan musik bersama Uematsu, karena permainan aslinya adalah paparan pertamanya terhadap serial FInal Fantasy.[18] Suzuki menyatakan bahwa tema untuk Wall Market, Honeybee Inn, dan Midgar Highway adalah di antara kontribusi favoritnya.[19]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Final Fantasy VII Remake menerima ulasan "umumnya disukai", menurut aggregator pengulas Metacritic.

Tamoor Hussain dari GameSpot menyatakan bahwa, sementara Remake hanyalah entri awal dalam penataan ulang penuh dari permainan aslinya, "Permainan ini kaya akan detail yang sebelumnya belum dijelajahi, mewujudkan ambisi penceritaan baru dengan percaya diri, dan menyajikan perspektif baru yang terasa bermakna dan penting." Dia merangkum bahwa permainan itu "menceritakan kisah Final Fantasy 7 yang lebih kecil dan lebih pribadi dan mengawinkannya dengan gabungan aksi yang cerdas dan gameplay RPG untuk memberikan pengalaman bermain yang harus dimainkan."[28] Tom Marks dari IGN menyebut permainan itu adalah "penemuan ulang menyeluruh", memuji sistem pertempurannya.[37] Nahila Bonfiglio dari The Daily Dot menyatakan bahwa "Latar cerita dan nuansa neo-noir seperti Blade Runner dari permainan ini dikawinkan dengan sempurna pada suasana kesungguhan tetapi membekas di hati." Dia menambahkan bahwa permainan itu disempurnakan dengan "desain tingkatan yang sangat indah dengan mekanik yang mulus, gameplay yang adiktif dan pertempuran yang membangkitkan semangat, dan (dengan semua itu) Anda memiliki resep untuk mungkin salah satu permainan terbaik tahun ini."[38]

Mengenai narasinya, IGN menyebut "kisahnya disempurnakan dengan bagian emosional yang nyata", memuji rasa nostalgianya, tetapi mengkritik permainan karena memiliki "pengisi" dan poin plot baru dan misi sampingan yang terkadang berbelit-belit. Dia menyatakan bahwa "Cerita pengisi Final Fantasy VII Remake dinilai kusam dan penambahan yang berbelit-belit dapat menyebabkannya tersandung, tetapi Remake masih menghembuskan kehidupan baru yang menarik ke dalam sebuah kisah klasik sambil menjadi sebuah RPG yang hebat."[37] Meskipun memperhatikan sikap antisosialnya dalam pembaharuan permainan, IGN dan GameSpot berkomentar bahwa Cloud adalah karakter yang memiliki kisah paling terkenal di Remake, kinerja Cody Christian membantu meningkatkan daya tariknya.[28][37] Gagasan bahwa ada empat karakter dengan nama Sephiroth membuat VG247 mencatat bahwa pembaharuan permainan ini masih memiliki misteri sendiri yang tidak akan dipahami oleh pemain permainan asli meskipun memiliki judul yang serupa.[39] Siliconera menggambarkan inkarnasi antagonis ini menghantui, karena ia sering muncul dalam halusinasi Cloud di seluruh plot. Namun, situs tersebut memperhatikan bahwa meskipun diperbaharui, permainan ini mengeksplorasi berbagai situasi naratif yang mirip dengan film yang dikenal sebagai Rebuild of Evangelion.[40] Penggambaran karakter pendukung juga mendapat respons positif.[41][42]

Penjualan[sunting | sunting sumber]

Di Jepang, Remake adalah permainan ritel terlaris selama minggu pertama rilis, terjual 702.853 salinan fisik di akhir pekan pertama,[43] terjual habis di banyak toko.[44] Menghitung salinan digital, Final Fantasy VII Remake melebihi 1 juta penjualan di Jepang dalam waktu tiga hari rilis.[45]

Di Inggris, permainan ini memulai debutnya di puncak peringkat penjualan mingguan,[46] terjual sekitar 60.000 salinan fisik di akhir pekan pertama.[47] Asosiasi perdagangan Jerman, GAME, mengumumkan bahwa Final Fantasy VII Remake hanya butuh beberapa hari untuk menjual lebih dari 100.000 unit di negara tersebut, yang mana ia memenangkan Penghargaan Penjualan Emas.[48] Permainan itu adalah permainan Playstation 4 yang paling banyak diunduh dari Amerika Serikat pada bulan April 2020.[49]

Di seluruh dunia, permainan ini telah dikirim dan terjual lebih dari 3,5 juta kopi dalam waktu tiga hari.[50] Hal ini menjadikannya salah satu peluncuran terbesar untuk permainan PlayStation 4 dan permainan eksklusif PS4 terlaris dalam sejarah, melampaui penjualan peluncuran dua pemegang rekor sebelumnya, Marvel's Spider-Man (3,3 juta) dan God of War (3,1 juta).[51][52] Final Fantasy VII Remake juga merupakan permainan PS4 digital terlaris di PlayStation Network pada April 2020.[53]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Final Fantasy VII Remake memenangkan keseluruhan "Penghargaan Game of Show" dari E3 2019.[54] Setelah dirilis, judul tersebut juga memenangkan penghargaan Pilihan Editor dari PlayStation.[55]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Final Fantasy 7 Remake director suggests future instalments could focus on 'smaller sections'". VGC (dalam bahasa Inggris). 2020-04-28. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 29, 2020. Diakses tanggal 2020-04-28. 
  2. ^ a b "No, Final Fantasy 7 Remake Is Not the 'Full Game'... So Where's the Rest of It?", IGN (dalam bahasa Inggris), diarsipkan dari versi asli tanggal April 17, 2020, diakses tanggal 2020-04-24 
  3. ^ Webster, Andrew (9 April 2020). "Redesigning Midgar, Final Fantasy VII Remake's gritty cyberpunk metropolis". The Verge. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 15, 2020. Diakses tanggal 21 April 2020. 
  4. ^ "'Final Fantasy VII' Remake Sells 3.5M Copies Over Launch Weekend". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). 21 April 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 21, 2020. Diakses tanggal 21 April 2020. 
  5. ^ "Final Fantasy VII Remake still has ATB … kinda". VentureBeat. June 11, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 17, 2019. Diakses tanggal June 12, 2019. 
  6. ^ "Final Fantasy VII Remake hands-on preview - the biggest JRPG ever". Metro. June 12, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 13, 2019. Diakses tanggal June 12, 2019. 
  7. ^ "Unreal Engine 4 Powering FINAL FANTASY VII REMAKE Development". Unreal Engine Official News. 7 December 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 14, 2020. Diakses tanggal 14 December 2015. 
  8. ^ "Final Fantasy VII Remake by Square Enix - E3 2019 Interview". Unreal Engine Official YouTube Channel. 13 June 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-09. Diakses tanggal 2020-05-15. 
  9. ^ "Final Fantasy VII Remake Has A Completely New Voice Cast". Comic Book. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-09-29. Diakses tanggal January 5, 2020. 
  10. ^ "櫻井孝宏にとってのクラウドとは? 『FFVIIリメイク』クラウド役・櫻井孝宏さんインタビュー". Dengeki Online (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-04-02. Diakses tanggal May 12, 2020. 
  11. ^ "Final Fantasy VII Remake details Turks, Avalanche, Cloud abilities, Chocobo & Moogle summon, more; Aerith and Barret visuals". Gameatsu. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 27, 2019. Diakses tanggal November 25, 2019. 
  12. ^ "FINAL FANTASY VII REMAKE Creators Explain Episodic Release". Nerdist. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 13, 2020. Diakses tanggal April 14, 2020. 
  13. ^ "Final Fantasy 7 Remake's Developers Tried to Avoid Playing Favorites With Tifa and Aerith". US Gamer. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 8, 2020. Diakses tanggal May 2, 2020. 
  14. ^ "Final Fantasy VII Remake Changed Cloud's Design, Nomura Says It Is Closest To The Original". Siliconera. February 7, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 13, 2019. Diakses tanggal April 25, 2020. 
  15. ^ Final Fantasy VII Remake Ultimania. Square Enix. 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-09. Diakses tanggal 2020-05-16. 
  16. ^ FINAL FANTASY VII REMAKE Team. "The music of FINAL FANTASY VII REMAKE - comments from the composers". square-enix-games.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 2, 2020. Diakses tanggal 1 February 2020. 
  17. ^ "FFVII Remake: Interview with Nomura Tetsuya and Kitase Yoshinori". Frontline. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-01. Diakses tanggal April 21, 2020. 
  18. ^ "The music of FINAL FANTASY VII REMAKE - comments from the composers". Square Enix. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 2, 2020. Diakses tanggal May 9, 2020. 
  19. ^ "FFVII Remake: Track List". Square Enix. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 2, 2020. Diakses tanggal April 24, 2020. 
  20. ^ "Final Fantasy VII Remake for PlayStation 4 Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 1, 2020. Diakses tanggal April 6, 2020. 
  21. ^ Wald, Heather (6 April 2020). "Final Fantasy 7 Remake review: "A loving reimagining of the original that delivers a new experience that's wholly its own"". GamesRadar. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 8, 2020. Diakses tanggal 7 April 2020. 
  22. ^ Boxer, Steve (8 April 2020). "Final Fantasy VII Remake review – a classic game reaches new heights". The Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 8, 2020. Diakses tanggal 8 April 2020. 
  23. ^ Burke, Greg (6 April 2020). "Final Fantasy 7 Remake review - Victory Fanfare". Shacknews. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 21, 2020. Diakses tanggal 7 April 2020. 
  24. ^ Fuller, Alex (15 April 2020). "Final Fantasy VII Remake Review". RPGamer. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 19, 2020. Diakses tanggal 15 April 2020. 
  25. ^ "Final Fantasy VII Remake". PlayStation Official Magazine – UK (175): 66. 20 April 2020. 
  26. ^ Anagund (6 April 2020). "Test du jeu Final Fantasy VII Remake sur PS4". Jeuxvideo.com (dalam bahasa Prancis). Webedia. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 8, 2020. Diakses tanggal 7 April 2020. 
  27. ^ Marks, Tom (6 April 2020). "Final Fantasy 7 Remake Review". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 7, 2020. Diakses tanggal 7 April 2020. 
  28. ^ a b c Hussain, Tamoor (April 6, 2020). "Final Fantasy 7 Remake Review - Cruel One-Winged Angel's Thesis". GameSpot. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 7, 2020. Diakses tanggal April 6, 2020. 
  29. ^ Carter, Chris (6 April 2020). "Review: Final Fantasy VII Remake". Destructoid. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 6, 2020. Diakses tanggal 7 April 2020. 
  30. ^ Faulkner, Jason (6 April 2020). "Final Fantasy VII Remake Review: Not a cloud in the sky". Game Revolution. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 8, 2020. Diakses tanggal 7 April 2020. 
  31. ^ Juba, Joe (6 April 2020). "Final Fantasy VII Remake Review — Old Friends And New Life". Game Informer. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 7, 2020. Diakses tanggal 7 April 2020. 
  32. ^ Romano, Sal (15 April 2020). "Famitsu Review Scores: Issue 1637". Gematsu. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 16, 2020. Diakses tanggal 16 April 2020. 
  33. ^ Wilson, Aoife (6 April 2020). "Final Fantasy 7 Remake review - a faithful retread, with a few missteps along the way". Eurogamer. Gamer Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 9, 2020. Diakses tanggal 8 April 2020. 
  34. ^ McCarter, Reid (6 April 2020). "Final Fantasy VII Remake review". EGM. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 7, 2020. Diakses tanggal 7 April 2020. 
  35. ^ Ellis, Bradley (6 April 2020). "Review: Final Fantasy VII Remake". Easy Allies. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 2, 2017. Diakses tanggal 7 April 2020. 
  36. ^ Bailey, Kat (6 April 2020). "Final Fantasy 7 Remake Review: A Classic's Long-Awaited Revival is Exhilarating, Tedious, and Shocking All at Once". USgamer. Gamer Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 9, 2020. Diakses tanggal 7 April 2020. 
  37. ^ a b c Marks, Tom (April 6, 2020). "Final Fantasy 7 Remake Review". IGN. IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 6, 2020. Diakses tanggal April 6, 2020. 
  38. ^ Bonfiglio, Nahila (17 April 2020). "You should be using all this extra time to play 'Final Fantasy VII Remake'". The Daily Dot. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 21, 2020. Diakses tanggal 18 April 2020. 
  39. ^ "There are four Sephiroths in Final Fantasy 7 Remake". VG247. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 10, 2020. Diakses tanggal May 5, 2020. 
  40. ^ "The Final Fantasy VII Remake Sephiroth Appearances Help Him Haunt the Cast". Siliconera. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2020. Diakses tanggal May 5, 2020. 
  41. ^ "Final Fantasy VII Remake Sets Up Barret's Role in the Next Part". Siliconera. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 1, 2020. Diakses tanggal May 4, 2020. 
  42. ^ "Final Fantasy VII Remake's Aerith Remains Kind and Appropriately Enigmatic". Siliconera. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 27, 2020. Diakses tanggal May 5, 2020. 
  43. ^ Romano, Sal (April 16, 2020). "Famitsu Sales: 4/6/20 – 4/12/20". Gematsu. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 16, 2020. Diakses tanggal April 16, 2020. 
  44. ^ Barton, Seth (20 April 2020). "FF7 Remake well received in Japan despite lockdown – but Switch hardware sales plunge as supply tightens". MCV/Develop. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-09. Diakses tanggal 21 April 2020. 
  45. ^ "『FF7 リメイク』発売3日で世界販売本数350万本突破! 日本国内でも100万本以上を売り上げ". Famitsu (dalam bahasa Jepang). 21 April 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 22, 2020. Diakses tanggal 24 April 2020. 
  46. ^ "UK Charts: Final Fantasy 7 Remake is No.1 as boxed market grows again". GamesIndustry.biz. 12 April 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 13, 2020. Diakses tanggal 13 April 2020. 
  47. ^ Barker, Sammy (12 April 2020). "Final Fantasy VII Remake Fares Admirably at UK Retail Amid Coronavirus Crisis". Push Square. Gamer Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 16, 2020. Diakses tanggal 16 April 2020. 
  48. ^ "Glorreiche Rückkehr: game Sales Award für FINAL FANTASY VII Remake" (dalam bahasa Jerman). game – Verband der deutschen Games-Branche. April 15, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 21, 2020. Diakses tanggal April 18, 2020. 
  49. ^ "Final Fantasy VII Remake Was the Most Downloaded US PlayStation Store Game in April". Siilconera. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 9, 2020. Diakses tanggal May 9, 2020. 
  50. ^ Sheridan, Connor (21 April 2020). "Final Fantasy 7 Remake launch numbers broke 3.5 million in first 3 days". GamesRadar+. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-04-25. Diakses tanggal 21 April 2020. 
  51. ^ Baird, Scott (21 April 2020). "Final Fantasy 7 Remake Is The Fastest-Selling PS4 Exclusive". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-09. Diakses tanggal 22 April 2020. 
  52. ^ Amore, Samson (21 April 2020). ""Final Fantasy VII Remake" Hits Record 3.5 Million Downloads in First 3 Days". TheWrap. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-09. Diakses tanggal 21 April 2020. 
  53. ^ Massongill, Justin (7 May 2020). "PlayStation Store: April's Top Downloads". Playstation.com. Sony Interactive Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-05-27. Diakses tanggal 12 May 2020. 
  54. ^ "Final Fantasy 7 Remake Wins Best Of E3 - GS News Update". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 2, 2020. Diakses tanggal April 25, 2020. 
  55. ^ "Editors' Choice: Final Fantasy VII Remake is Worthy of its Name". PlayStation. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 25, 2020. Diakses tanggal April 25, 2020.