Karakter-Karakter Final Fantasy VII

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tetsuya Nomura's designs of the main playable characters in the original Final Fantasy VII game. Clockwise from top right: Cait Sith, Tifa, Barret, Cloud, Aerith, Yuffie, Red XIII, Vincent and Cid

Final Fantasy VII, permainan peran video yang dikembangkan oleh Squaresoft (sekarang bernama Square Enix) dan pertama kali dirilis pada tahun 1997, menceritakan banyak tokoh-tokoh rekaan, baik dalam peranan utama maupun sampingan. Permainan ini menceritakan kisah Cloud Strife, seorang tentara bayaran berriwayat hidup malang, bergabung dengan sebuah kumpulan eko-teroris dengan tujuan untuk menghentikan megakorporasi Shinra dari tindakannya yang menguras nyawa Planet untuk digunakan sebagai sumber energi. Seiring berjalannya cerita, bertimbulnya konflik-konflik dan keselamatan dunia lalu menjadi perhatian utama kelompok ini pada saat datangnya cabaran dan musuh-musuh baru, menantangi kelompok tersebut. Pada akhirnya, Cloud dan rekannya menghadapi penentang terutama di permainan ini, Sephiroth.

Kisah karakter-karakter dan gambaran dunia mereka (pertama kali disebut sebagai "The Planet" di Final Fantasy VII, namun setelah itu telah dinamai ulang sebagai "Gaia") telah diperluaskan dan ditambahkan sebagai bagian waralaba permainan video ini dalam bentuk permainan "spin-off" (cabangan), film dan buku cerita, semuanya dihimpun dalam nama "the Compilation of Final Fantasy VII".

Cloud Strife[sunting | sunting sumber]

Awalnya dikenal sebagai mantan SOLDIER 1st Class, Cloud adalah seorang mercenary yang mencari uang dengan menerima bayaran atas aksi-aksinya. Atas referensi dari Tifa Cloud dikontrak oleh kelompok pemberontak Avalanche untuk membantu misi mereka meledakkan reaktor Mako Shinra di Midgar. Dalam misi kedua untuk meledakkan reaktor kelima, ia terjatuh ke gereja di area slum dan bertemu gadis penjual bunga bernama Aerith yang diburu-buru oleh Shinra. Cloud bersedia menjadi bodyguardnya dengan bayaran sekali kencan.

Setelah kehancuran Avalanche dan mereka terpaksa meninggalkan Midgar , Cloud dipilih sebagai pemimpin baru. Mereka memburu Sephiroth yang bermaksud menggunakan black materia untuk mensummon meteor untuk menghantam bumi. Cloud sendiri memiliki dendam pada Sephiroth yang telah menghancurkan kampung halamannya, Nibelheim, dan

Cloud adalah seorang pemuda berambut jabrik (sering dijuluki sebagai rambut Chocobo) dan bertarung dengan senjata berupa pedang raksasa. Awalnya senajta yang dipakainya adalah Buster Sword, pedang yang tadinya digunakan oleh sahabatnya Zack. Teknik terkuat Cloud adalah Omnislash, yang dalam game FFVII didapat dari Battle Area di Gold Saucer.

Meski awalnya diceritakan sebagai SOLDIER 1st Class, belakangan terungkap Cloud bahkan tidak berhasil lulus dalam tes masuk SOLDIER, dan hanya berstatus prajurit rendahan. Kemampuan Cloud meningkat secara drastis setelah ia menjadi korban eksperimen Hojo di Shinra Mansion selama hampir 5 tahun, sampai ia dibantu Zack dalam pelarian mereka menuju Midgar.cloud strife.

Tifa Lockhart[sunting | sunting sumber]

Tifa adalah teman sejak kecil Cloud, meski mereka tidak begitu mengenal satu sama lain. Saat 13 tahun, Cloud mengatakan pada Tifa bahwa dia akan menjadi anggota SOLDIER bagi perusahaan Shinra.

Tifa bekerja sebagai pemilik bar Seventh Heaven dan anggota AVALANCHE, serta memendam perasaan pada Cloud. Sifatnya yang pemalu sering dikalahkan oleh sifat ceria dan agresif Aerith.

Tifa digambarkan sebagai sosok gadis berwajah cantik yang memiliki postur badan yang indah. Tifa memiliki rambut cokelat hitam panjang dengan ujung yang membentuk seperti ekor lumba-lumba, dan bermata cokelat kemerahan. Tifa memakai anting-anting bentuk air mata, tank top putih pendek, rok mini hitam, sarung tangan, penahan siku besi, kaus kaki hitam serta sepatu bertali. Dia menggunakan tinju dan tendangannya sebagai senjata. Penampilannya bertolak belakang dengan sifatnya. Dilihat dari pakaiannya yang cukup terbuka dan serba mini, Tifa bukanlah seorang yang genit, melainkan gadis pemalu.

Aerith Gainsborough[sunting | sunting sumber]

Aerith (atau Aeris) adalah mage yang meminta Cloud menjadi bodyguard nya. Aerith merupakan anggota AVALANCHE dan bekerja sebagai penjual bunga di jalan Midgar. Aerith diasuh oleh Elmyra yang diminta untuk menjadi ibu angkat Aerith. Dalam masa kecilnya, Aerith diyakinkan bahwa dia adalah seorang ancient oleh Tseng, yang mempunyai elemen planet dan kekuatan sihir pada alam.

Dalam perjalanannya setelah bertemu dengan Cloud, Aerith terlihat amat menyukai anggota SOLDIER tersebut. Meski dia telah bercerita bahwa cinta pertamanya adalah Zack Fair. Aerith merupakan saingan [[Tifa]Walaubagaimanapun dia masih amat mencintai Zack


Nasib Aerith berakhir tragis. Sesaat sebelum Aerith melepaskan sihir meteor yang akan menyerang dengan doanya, Sephiroth terbang turun dan dengan segera membunuh Aerith. Sephiroth menusuk Aerith dari belakang dengan long sword nya. White materia milik Aerith yang disimpannya di rambutnya, terlepas dan jatuh. Cloud yang menyaksikannya menangis sambil memegangi Aerith (dan menunjukkan bahwa jelas-jelas Cloud menyimpan perasaan pada Aerith). Kemudian, bersama Tifa dan Barret, Cloud pergi ke Forgotten City dengan menggendong Aerith. Cloud berjalan memasuki danau dan menenggelamkan Aerith, mengirimnya ke planet asalnya.

Sesudahnya, Cloud menerima pesan dari planet, dan mengatakan pada Tifa bahwa ia akan menemui Aerith di Promised Land. Di situlah Aerith muncul kembali.


Penampilan Aerith dikenal dengan sosok gadis berusia 22 tahun yang cantik, ceria, dan anggun. Aerith berambut cokelat dengan kepangan yang diikat pita merah, dengan white materia di atasnya. Aerith bermata hijau cemerlang, memakai jaket denim mini merah, chocker tali sederhana dengan simpul pita, gaun merah muda panjang, gelang besi, dan sepatu bot cokelat. Senjatanya adalah guard stick, yang kemampuan menyerangnya relatif lemah dan agak tidak berguna.

Barret Wallace[sunting | sunting sumber]

Pemimpin Avalanche, Barret adalah pria negro yang emosional dan keras hati, namun setia kawan. Barret kehilangan lengan kanannya akibat ulah Scarlet saat kampung halamannya, Corel, dihancurkan oleh Shinra. Tragedi itu memicu dendamnya, dan ia menemui seorang ilmuwan untuk memasang lengan bionik sebagai gantinya. Lengan bionik Barret bisa diganti-ganti, dan hal tersebut memengaruhi baik jangkauan maupun daya rusaknya.

Barret memiliki putri angkat bernama Marlene, yang merupakan putri tunggal sahabatnya, Dyne. Dari sifatnya, kadang-kadang Barret terkesan sangat 'daughter complex'. Dari ilmuwan yang sama Barret mengetahui kalau Dyne telah menjalani operasi yang sama dengannya, dan ia terpaksa menyelesaikan perselisihan mereka di Desert Prison di Gold Saucer.

Red XIII[sunting | sunting sumber]

Nanaki, lebih dikenal dengan nama itu di daerah Cosmo Canyon. Red XIII adalah sebuah kode yg diberikan oleh Prof Hojo, karena Nanaki adalah spesimen no 13 saat itu. Dia adalah sebuah spesimen yang diberi kemampuan bisa berbicara, mempunyai kecepatan yang tinggi. Dia adalah karakter yang paling tua dalam Avalanche, walaupun dia mengaku berumur 48 tahun. tapi sebenarnya Nanaki telah hidup selama 548 tahun.

Cait Sith[sunting | sunting sumber]

Merupakan seorang lelaki yang bercita-cita tinggi.Amat benci kepada SHINRA. Dia sebenarnya adalah seorang mata-mata yang dikirim oleh Shinra. Cait Sith hanyalah sebuah boneka berbentuk kucing yang di kendaikan oleh Reeve, anggota dari Perusahaan Shinra. Reeve berkerja dibawah pimpinan Rufus dan yang lainnya. Awalnya Cait Sith (Reeve) adalah orang yang jahat, tetapi saat di detik-detik terakhir, Reeve menadari kalau Shinra salah.

Di game FF7 playstation, Cait Sith menaiki sebuah robot berbentuk boneka besar yang sebenarnya adalah boneka robot "fortune teller" di Gold Saucer. Di movie lanjutan dari game FF7 PS, yaitu FF7 - Advent of Children. Cait Sith menaiki Red XIII (Nanaki)

Selama perjalanan bersama Avalanche, Cait Sith malah menjadi mata-mata bagi Avalanche (memata-matai Shinra), saat setelah Sepiroth Men-summon Meteor, saat Cannon besar dipindahkan dari Junon ke Midgar, untuk di jadikan SISTER RAY (Cannon super besar) untuk menghancurkan pelindung North Carter yg di dalamnya ada Sepiroth. dan akhirnya Cait Sith terus bersama dengan Avalanche.

Cid Highwind[sunting | sunting sumber]

Karakter yang menggunakan Staff atau tongkat sebagai senjatanya.

Kapten CId, Seorang legenda pilot dari Rocket Town. Dia dulu sangat bersemangat untuk mengikuti segala ucapan dan perintah dari Shinra. karena ia sangat ingin terbang ke luar angkasa, dan Shinra ingin menjadikan Cid sebagai pilot pertama yg keluar angkasa.

Tetapi saat hari H dimana Cid akan terbang, terjadi insiden yaitu seorang wanita bernama Shera masih memperbaiki tank nomor 8 di roket itu, jika Cid meneruskan peluncuran roketnya, Shera akan terpanggang, terpaksa Cid membatalkan penerbangan dan akhirnya roket menjadi miring, tak terpakai, hingga akhirnya digunakan lagi saat Shinra berencana menghancurkan meteor dengan roket yg berisi HUGE MATERIA, saat itu akhirnya Cid Bisa terbang ke luar angkasa.

Selama cerita di game FF7 PS, Cid menjadi ketua awak pilot Highwind, sebuah kapal terbang yg dicuri Avalanche dari Shinra (sebenarnya sih pencurian ini bermaksud baik loh). Cid mempunyai Awak kapal yang sangat menghormati dan menghargainya.

Vincent Valentine[sunting | sunting sumber]

Vincent adalah mantan anggota Turks yang bertugas mengawal para ilmuan yang terlibat Jenova Project. Salah seorang peneliti itu adalah Lucretia Crescent, yang sebenarnya pernah bekerja dengan ayah Vincent, Grimoire Valentine. Vincent jatuh cinta pada Lucretia dan kemudian bahkan melamarnya Tapi Lucretia yang dihantui perasaan berdosa sejak kematian Grimoire(menganggap karena dirinyalah Vincent kehilangan ayahnya) menolak dan memilih Hojo dengan alasan tidak ingin membiarkan Hojo kesepian. Vincent dijadikan kelinci percobaan oleh Hojo dan karena percobaan itulah Vincent dapat berubah menajdi Gallian Best, Death Gigas serta Hell Mask. Setelah dilakukan percobaan oleh Hojo Tubuh Vincent disimpan oleh Hojo yang 30 tahun kemudian tidak sengaja dibangunkan oleh Cloud dan teman-teman. Pada awalnya Vincent ikut dalam group Cloud dikarenakan adanya Hojo, namun akhirnya Vincent memutuskan untuk ikut sampai akhir. Sifat vincent dan Cloud berbagi kemiripan dalam hal dingin, terkesan tidak peduli, tapi sebenarnya setia kawan, dan tidak pernah bisa melupakan perasaan bersalahnya. Dia tidak bisa membiarkan ada orang yang butuh pertolongan, walaupun sebenarnya paling malas kalau terlibat dengan masalah-masalah yang menurutnya merepotkan. Hamya saja, kalau seorang teman sudah meminta bantuan, dia tak akan bisa menolaknya, seperti ketika Reeves meminta pertolongannya untuk melawan Deep Ground, atau saat semua temannya berteriak padanya untuk menyelamatkan dunia dari Omega.

Yuffie Kisaragi[sunting | sunting sumber]

Gadis ninja asal Wutai ini memiliki cita-cita mengumpulkan materia di seluruh dunia. bahkan dari anggota Avalanche. ada scane di dalam pesawat highwind yaitu saat cloud bertanya apakah yuffie tidak apa-apa (yuffie itu sangat mudak mabuk laut dan udara), yuffie meminta cloud untuk menandatangani kontrak perjanjian jika setelah peperangan melawan Sepiroth selesai, semua materia yang dimiliki Cloud dan kawan-kawan diserahkan kepadanya. tentu saja cloud tidak mau. :D

Alasan utama kenapa yuffie mencuri materia adalah untuk menjadikan materia itu sebagai sumber energi kota Wutai, seperti sebelumnya. (sebelum peperangan)

Gadis ini adalah karakter yang dapat ditemukan di hutan FF7. jika berhasil dikalahkan, ia akan menjadi anggota kita. Awalnya, ia sangat sangat benci pada ayahnya yang tidak mau melakukan apa-apa untuk mengalahkan Shinra setelah kegagalannya dalam perang dan menjadikan kota Wutai sebagai Resort anggota Sinra. tetapi akhirnya Yuffie sadar bahwa ayahnya adalah orang yang kuat saat ia bertarung dengan ayahnya sendiri di temple Wutai.

didalam game, Yuffie bertarung jarak jauh dengan menggunakan bumerang, Kunai bermata 4, dan yang lainnya. Lebih baik meletakkan Yuffie di garis belakang, sama seperti Barret