Final Fantasy XV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Final Fantasy XV
Final Fantasy XV logo.png
Logo permainan
Pengembang Square Enix
Penerbit Square Enix
Perancang Shinji Hashimoto (producer)
Tetsuya Nomura (pimpinan)
Yoko Shimomura (komposer)
Tetsuya Nomura (desain artistik)
Platform PlayStation 4, Xbox One
Tanggal rilis TBA
Genre Role-playing game
Mode Single player

Final Fantasy XV (ファイナルファンタジーXV Fainaru Fantajī FifutĪn?) adalah sebuah permainan video untuk PlayStation 4 dan Xbox One yang tergabung dalam kumpulan Fabula Nova Crystallis: Final Fantasy.[1] Terungkap pertama kali dalam E3 2006 dengan nama Final Fantasy Versus XIII (ファイナルファンタジーヴェルサスXIII Fainaru Fantajī Verusasu Sātīn?) bersama-sama Final Fantasy XIII dan Final Fantasy Type-0, permainan ini akan memadu genre action RPG dengan third-person shooter[1] dan mempunyai alur cerita yang dideskripsikan sebagai yang paling "tergelap" dalam sejarah Seri Final Fantasy.[2] Dengan alur cerita, karakter, dan desain berbeda, permainan ini hanya dihubungkan bersama permainan lain dalam seri Fabula Nova Crystallis: Final Fantasy dengan mitos dan temanya, yaitu kristal.[3] Permainan ini akan dikembangkan oleh tim yang juga melahirkan seri permainan Kingdom Hearts yang terkenal. Proyek ini akan dipimpin oleh Tetsuya Nomura.[2]

Semenjak terungkap pada E3 2006, informasi untuk permainan ini sangat jarang dan bentuk permainanpun baru diperlihatkan pada awal 2010. Setelah beberapa kali diisukan batal, permainan ini diungkap kembali dengan nama Final Fantasy XV dan konsolnya dialokasikan menjadi PlayStation 4 dan Xbox One pada E3 2013 .[4]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Final Fantasy XV mempunyai lima karakter utama yang dapat dimainkan, semuanya diungkap semenjak permainan masih bernama Final Fantasy Versus XIII. Terdapat juga dua karakter utama lain, Regis, yang merupakan NPC, dan Stella, yang berperan sebagai salah satu antagonis. Pada pengungkapan permainan di E3 2013, lima karakter baru diungkapkan, beberapa masih menjadi misteri.

  • Noctis Lucis Caelum (ノクティス・ルシス・チェラム Nokutisu Rushisu Cheramu?), bernama panggilan "Noct", merupakan protagonis permainan ini. Ia adalah pewaris tahta kerajaan Lucis yang diperintah oleh ayah Noctis, Regis Lucis Caelum CXIII. Negara tersebut merupakan negara terakhir yang melindungi kristal di dunia. Setelah kristal tersebut dicuri oleh negara Niflheim, Noctis, teman-temannya: Ignis, Gladiolus, dan Prompto dan seorang pengawal negara Lucis, Cor, berpetualang untuk mengambilnya kembali. Ia mempunyai kemampuan melihat "cahaya misterius" yang dimitoskan terjadi saat dewi Etro membuka gerbang ke dunia kematian, sebuah kemampuan yang menyusahkan dia. Noctis memiliki watak pendiam dan sedikit antisosial, namun ini hanya dilakukan untuk menyembunyikan sifat pemalunya.
  • Gladiolus Amicitia (グラディオラス・アミシティア Guradiorasu Amishitia?), bernama panggilan "Gladio", adalah teman sepermainan dan pengawal Noctis. Dia merupakan pewaris keluarga bangsawan, Amicitia yang sudah berperan sebagai pengawal pemerintah negara Lucis selama bergenerasi-generasi. Karena itu, dia mempunyai hubungan sangat baik dengan Noctis, dan lebih terlihat sebagai saudara daripada bawahan Noctis.
  • Ignis Stupeo Scientia (イグニス・ストゥペオ・スキエンティア Igunisu Sutupeo Sukientia?) merupakan teman sepermainan lain Noctis dan ahli siasat militer negara Lucis. Ia turut serta dalam petualangan Noctis untuk mengambil kristal negara Lucis setelah dicuri negara Niflheim. Dalam perannya, ia berperan sebagai penasehat Noctis, membantunya untuk lebih terbuka dengan orang lain.
  • Prompto Argentum (プロンプト・アージェンタム Puronputo Ājentamu?) merupakan sahabat Noctis yang paling baru; mereka baru berteman sejak masa sekolah. Tidak seperti teman Noctis lainnya, ia tidak berasal dari keluarga bangsawan sehingga merasa rendah dihadapan yang lain. Prompto sangat supel, merupakan seorang casanova, dan sering memberi pengaruh tidak baik untuk Noctis sejak mereka baru berteman.
  • Cor Leonis (コル・リオニス Koru Rionisu?) adalah pempimpin dari organisasi pengawal keluarga pemimpin negara Lucis. Ia sangat loyal pada rajanya dan ikut serta pada petualangan Noctis mengambil kristal kerajaan Lucis.
  • Stella Nox Fleuret (ステラ・ノックス・フルーレ Sutera Nokkusu Furēru?) adalah bagian dari keluarga bangsawan Fleuret dari negara tetangga Lucis, Tenebrae. Ia pertama kali bertemu Noctis di sebuah pesta saat masih kecil dan mereka berdua mulai mempunyai hubungan aneh. Seperti Noctis, Stella juga mempunyai kemampuan melihat "cahaya misterius" Etro, namun dia sanggup menerimanya, tidak seperti Noctis. Stella akan memerankan salah satu peran antagonis permainan ini.
  • Regis Lucis Caelum CXIII merupakan pemimpin negara Lucis dan ayah Noctis. Dia adalah raja ke 113 dalam keluarga pelindung kristal Lucis. Regis menandai perjanjian perdamaian dengan negara tetangga, Niflheim, namun dia dikhianati dan kristal negara Lucis pun dicuri.
  • Idola Eldercapt adalah pemimpin negara tetangga Lucis, Niflheim. Dia mendandai perjanjian perdamaian dengan raja Lucis, Regis, namun tidak lama setelah itu mengkhianatinya dan mencuri kristal terakhir Lucis.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Logo permainan, sebelum pergantian nama.
Noctis mengubah warna matanya menjadi merah, seperti terlihat dalam trailer.
Noctis dengan dua belas senjata mengelilinginya.

Staf[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gantayat, Anoop (2010-10-18). "Square Enix Seeking Final Fantasy Versus XIII Staff". IGN.com. Diakses 2013-07-11. 
  2. ^ "Level May 2007 Interview Transcript". Final Fantasy-XIII.net. May 2007. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2009-03-28. Diakses 2013-07-11. 
  3. ^ Brudvig, Erik (2006-05-08). "E3 2006: Eyes-on Final Fantasy XIII Trailer". IGN.com. Diakses 2013-07-11. 
  4. ^ McWhertor, Michael (2008-07-14). "No Changes On Final Fantasy Versus XIII Being PS3 "Exclusive"". Kotaku. Diakses 2009-04-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]