Final Fantasy V

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Final Fantasy V (ファイナルファンタジーV Fainaru Fantajī Faibu?) adalah sebuah permainan role-playing game yang dikembangkan dan diproduksi oleh Square Co., Ltd. pada tahun 1992 dan awalnya dirilis untuk Nintendo Super Famicom. Permainan ini dibuat ulang untuk Sony PlayStation dan lalu diterjemahkan dan dipasarkan untuk Amerika Utara dan Eropa sebagai bagian dari koleksi Final Fantasy Anthology. Versi Super Famicom dari permainan ini dikenal sebagai salah satu fan translation yang dapat diselesaikan oleh RPGe tahun 1997.

Film anime Final Fantasy, Final Fantasy: Legend of the Crystals, merupakan cerita kelanjutan dari kejadian yang terjadi dalam permainan ini.

Cerita[sunting | sunting sumber]

1000 tahun silam, iblis bernama Enuo menukarkan keabadiannya demi mendapatkan kekuatan mutlak void. Namun ia kemudian dihentikan oleh para manusia dengan menggunakan 12 senjata legendaris. Di akhir perang manusia memecah kristal elemen menjadi 2 bagian sehingga dunia terbagi dua dan muncul zona antar dunia yang disebut Cleft of Dimension atau N-Zone. Manusia menyegel Void beserta sejumlah iblis ke dimensi tersebut.

500 tahun silam, iblis bernama X-Death lahir dari sebatang pohon di hutan Moore. 30 tahun silam ia berhasil lolos dan lari ke dunia pertama, namun dihentikan oleh 4 Dawn Warriors. Mereka kemudian menyegel X-Death dengan kekuatan 4 kristal elemen.

Ilmuwan bernama Cid kemudian menemukan metode untuk mengeksploitasi kekuatan kristal. Namun eksploitasi berlebihan membuat kekuatan kristal melemah. Galuf, satu dari 4 Dawn Warriros datang dengan meteor untuk mencegahnya. Ia (yang sempat mengalami amnesia) dibantu oleh pengelana Butz, putri raja Tycoon Lenna dan pemimpin bajak laut Faris. Mereka berusaha mencegah agar kristal-kristal elemen lain tidak mengalami nasib yang sama dengan kristal angin, karena itu berarti X-Death akan bebas kembali.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

  • Butz/Bartz Krauser

Putra dari Drogan Krauser dan Stella, Bartz adalah seorang pengelana yang tak sengaja terlibat dalam usaha menghentikan Exdeath. Bartz mewarisi esensi kekuatan kristal angin. Ia memiliki teman seekor Chocobo bernama Boko.

  • Lenna/Reina Charlotte Tycoon

Putri raja Tycoon yang pergi ke Wind Shrine untuk mencari ayahnya yang hilang. Ia terpilih sebagai pewaris esensi kekuatan kristal air.

  • Galuf Halm Baldesion

Raja Val yang merupakan satu dari 4 Dawn Warriors. Ia datang ke dunia pertama dengan meteor untuk menghentikan kehancuran kristal, namun pendaratan yang keras membuatnya amnesia. Mewarisi esensi kekuatan kristal bumi.

  • Faris Scherwiz

Pemimpin bajak laut yang menyamar sebagai pria, sebenarnya ia bernama Salsa E.Tycoon dan merupakan kakak Lenna. Ia bersahabat dengan Hydra, seekor naga air. Mewarisi esensi kekuatan kristal api.

  • Krile /Cara Maia Baldersion

Cucu tunggal Galuf yang mampu berkomunikasi dengan hewan. Ia mewarisi kekuatan Galuf setelah kematian kakeknya.

Karakter tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Cid Privea

Ilmuwan yang menemukan metode untuk mengeksploitasi kekuatan kristal. Menyesali kesalahannya, ia sempat terpuruk. Setelah semangatnya bangkit, ia membantu Bartz dan kawan-kawan untuk mengupgrade kapal/airship mereka.

  • Mid Privea

Cucu Cid yang mewarisi kejeniusan kakeknya, ia bersama Cid membantu perjuangan Bartz dan kawan-kawan.

  • Xezat Matias Surgate

Pemimpin Surgate yang merupakan satu dari 4 Dawn Warriors. Pemimpin penyerangan terhadap benteng Exdeath di dunia kedua. Tewas setelah melakukan penyerangan untuk melumpuhkan perisai sihir benteng Exdeath.

  • Kelger Vlondett

Pemimpin manusia serigala, juga satu dari 4 Dawn Warriros. Tdak bisa banyak membantu karena tubuhnya yang sakit-sakitan.

  • Dorgann Klauser

Ayah Bartz yang memutuskan tinggal di dunia pertama untuk menjaga kristal elemen. Setelah kematian istrinya ia mengajak Bartz bertualang sambil mendidiknya.

  • Boko

Chocobo milik Bartz yang selalu mendampingi Bartz. Mengalami patah kaki dan dirawat di markas Faris, nantinya ia bertemu belahan jiwanya Koko setelah dunia menyatu kembali.

Musuh[sunting | sunting sumber]

  • Exdeath/X-Death/Exodus

Iblis yang lahir dari sebatang pohon tua di hutan Moore yang menjadi tempat disegelnya roh-roh jahat. Ia mengincar kekuatan Void, dan untuk itu berusaha menghancurkan semua kristal elemen di kedua dunia untuk bisa melepaskan segel pada dirinya.

  • Gilgamesh

Tangan kanan Exdeath yang pengecut, mengandalkan kekuatan fisiknya dan berusaha mencari pedang legendaris, Excalibur, meski selalu tertipu dengan barang tiruan. nantinya ia dibuang ke N-Zone setelah berulang kali gagal.

  • Siren

Monster duyung yang memanipulasi pikiran pelaut dan memangsa mereka.