Compilation of Final Fantasy VII

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo resmi

Compilation of Final Fantasy VII adalah judul resmi untuk seri permainan dan film yang dikembangkan pada tahun 2004 dan 2005 oleh Square Enix, sebuah perusahaan permainan video Jepang. Seri yang dipimpin oleh Tetsuya Nomura dan Yoshinori Kitase ini berisi tujuh judul (baik yang telah dirilis maupun yang sedang dalam pengembangan), di mana semuanya merupakan antara lain sequel, midquel, atau prequel dari permainan populer Square Enix, Final Fantasy VII.

Beberapa orang berspkeluasi bahwa kumpulan ini juga akan menyertakan sebuah remake (pembuatan ulang) dari permainan original Final Fantasy VII untuk PlayStation 3. Spekulasi ini dipicu oleh rilis demo teknis Final Fantasy VII pada expo E3 tahun 2005 yang menampilkan adegan pembuka Final Fantasy VII yang dibuat ulang menggunakan level grafik PlayStation 3. Edisi bulan Juni 2006 majalah permainan video Electronic Gaming Monthly menyatakan bahwa demo teknis E3 tersebut pada kenyataannya adalah sebuah pratayang kelahiran generasi baru dari Final Fantasy VII (edisi Juni 2006, nomor 204). Walau demikian, sebuah pernyataan resmi dari Square Enix mematahkan pendapat tersebut, menjelaskan kembali bahwa perusahaan mereka tidak pernah mengumumkan remake sejenis itu. [1]

Prequels[sunting | sunting sumber]

  • Before Crisis: Final Fantasy VII — Sebuah action-RPG yang dikembangkan dan dirilis tanggal 24 September 2004 untuk telepon selular NTT DoCoMo FOMA seri 900i. Before Crisis mengambil tempat enam tahun sebelum kejadian dalam Final Fantasy VII dan dibintangi Turks, kelompok lawan yang dihadirkan dalam permainan tersbut. Ia adalah permainan telepon selular online yang memanfaatkan I-PHONE Network. Baru-baru ini rilis untuk Amerika Serikat juga telah diumumkan dan diperkirakan ia akan menggunakan jaringan Verizon V-CAST, yang telah digunakan Square Enix untuk permainan-permainan berbasis telepon selular Amerika sebelumnya.
  • Crisis Core: Final Fantasy VII — Sebuah action-RPG lainnya, dengan informasi yang masih sanbat sedikit, namun telah diketahui bahwa ceritanya akan berkisar seputar Zack dan mengambil tempat saat Sephiroth baru mempelajari masa lalunya. Sumber-sumber menyatakan beberapa karakter Final Fantasy VII juga akan hadir. Permainan ini dijadwalkan untuk dirilis sekitar tahun 2006 untuk Sony PlayStation Portable (PSP).
  • Last Order: Final Fantasy VII — Sebuah OVA (Original Video Animation) yang dikemas bersama "Ultimate Edition" Final Fantasy VII: Advent Children. Last Order menceritakan beberapa kejadian yang terjadi lima tahun sebelum kejadian-kejadian utama dalam permainan original Final Fantasy VII. Last Order dianimasi oleh Madhouse.

Beriringan dengan Final Fantasy VII[sunting | sunting sumber]

  • Chocobo Stallion — Versi perluasan dari permainan mini menternakkan Chocobo yang terdapat dalam Final Fantasy VII.

Sequels[sunting | sunting sumber]

  • On the Way to a Smile — Sebuah novel mengenai peristiwa yang terjadi tepat setelah Final Fantasy VII. Novel ini diceritakan dengan gaya retrospective 4 tahun setelah akhir permainan. Bagian pertamanya menceritakan kisah tentang seorang anak laki-laki bernama Denzel, yang hidup di atas piringan kota Midgar. Bagian kedua bercerita tentang Tifa Lockhart.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Matt Sloderbeck (2006). "Square Enix Membantah Isu Remake". RPGamer. Diakses 9 Juni.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)