Lentera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Lentera adalah perangkat pencahayaan yang portabel yang berfungsi untuk penerangan atau sumber cahaya. Istilah lentera juga digunakan lebih umum yang berarti sumber cahaya atau wadah untuk sumber cahaya (lampu kecil) dengan bertutup kaca. Selain untuk penerangan, Lentera juga dapat digunakan untuk sinyal, obor, atau sebagai dekorasi.

Macam Lentera[sunting | sunting sumber]

  • Lentera tradisional
Teknologi sederhana yang digunakan lentera adalah lilin . Lilin hanya memberikan cahaya lemah, dan harus dilindungi dari angin untuk mencegah berkedip-kedip atau padam. Ciri khas lentera lilin adalah kotak logam atau silinder dengan dikelilingi kaca atau panel mika.
Lentera dengan bahan bakar minyak. Sebagai sumber nyala api bisa menggunakan minyak kelapa, minyak jarak, minyak tanah, dan sebagainya.
  • Lentera Modern
Meski pada masa kini lentera tradisional mulai jarang dipakai, lentera modern dengan menggunakan lampu neon, pijar, LED dengan tenaga batere atau listrik mulai digunakan. Lentera modern dirancang sebagai perlengkapan penerangan listrik yang digunakan dalam interior, lansekap, aplikasi pencahayaan dan jalan. Lentera modern cenderung kearah sebuah dekorasi dalam berbagai macam desain. Beberapa menggantung dari bangunan, sementara yang lain ditempatkan pada atau sedikit di atas tanah. Varietas modern sering menempatkan lampu listrik dalam kasus kaca dekoratif.

Gallery[sunting | sunting sumber]