Lampu terang hari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lampu terang hari (Inggris:DRL, atau daylight running lamp atau daytime running light) adalah perangkat penerangan pada kendaraan yang dipasang di kedua lampu utama kendaraan. Biasanya berwarna putih, kuning, atau amber. Lampu ini berfungsi untuk meningkatkan kejernihan kendaraan saat siang hari.

Implementasi[sunting | sunting sumber]

Lampu full-voltage vs. reduced-voltage (DRL) pada lampu depan sebuah mobil Volkswagen

Tergantung dari peraturan yang berlaku dan kelengkapan kendaraan, lampu terang hari dapat dipasang di berbagai macam lampu, misalnya di lampu utama atau juga bisa dipasang di lampu kabut.

Lampu LED terang hari di mobil Audi R8

Tingkat keamanan[sunting | sunting sumber]

Banyak penelitian di seluruh dunia sejak tahun 1970-an mengemukakan bahwa lampu terang hari dapat meningkatkan keamanan.[1][2][3] Studi pada tahun 2008 yang dilakukan oleh National Highway Traffic Safety Administration Amerika Serikat menganalisis bahwa efek dari DRL tidak begitu banyak berpengaruh pada tingkat tabrakan, tetapi ada sedikit pengaruh pengurangan tabrakan pada truk ringan dan mobil van sampai 5,7%.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ A Review of Daytime Running LightsPDF (1.7 MB)
  2. ^ "Review of the Literature on Daytime Running Lights". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-19. Diakses tanggal 2011-06-15. 
  3. ^ "IIHS: North American DRL studies". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-25. Diakses tanggal 2011-06-15. 
  4. ^ Wang, Jing-Shiarn (September). "NHTSA Technical Report" (PDF). Washington. D.C.: National Highway Traffic Safety Administration: 116. Diakses tanggal 2009-03-04.  Parameter |contribution= akan diabaikan (bantuan)PDF