Kawat pendaran listrik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kawat EL berbagai warna
ElWireFuelRails.JPG

Kawat pendaran listrik (electroluminescent wire) (sering disingkat kawat EL) adalah sebuah kawat tembaga tipis yang dilapisi fosfor sehingga memendar ketika arus AC dikenakan padanya. Ini dapat digunakan pada berbagai hal, seperti dekorasi kendaraan/bangunan, penerangan keamanan dan darurat, mainan dan lain-lain.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Kawat EL terdiri dari lima komponen utama. Pertama adalah inti kawat tembaga padat. Inti tersebut dilapisi dengan fosfor. Sehelai kawat tembaga yang sangat tipis dililitkan pada inti kawat tembaga yang telah dilapisi fosfor. Kawat tipis ini diisolasikan dari inti tembaga. Selubung PVC digunakan untuk melindungi rakitan tersebut. Akhirnya selapis selubung PVC berwarna digunakan untuk mewarnai cahaya yang dihasilkan.

Diagram kawat EL

Tegangan sekitar 90-120 Volt dikenakan di antara inti kawat tembaga dan kawat tipis yang melilit inti tembaga. Rakitan kawat ini dapat dianggap sebagai kondensator koaksial dengan kedua kawat sebagai elektrode dan fosfor sebagai dielektrik, pengisian dan pelucutan cepat dari kondensator ini mengusik dielektrik fosfor sehingga memancarkan cahaya.

Osilator resonan biasanya digunakan untuk menghasilkan isyarat penggerak tegangan tinggi. Karena kawat EL adalah kondensator, dengan menggunakan transformator membuat sirkuit penggerak sebagai osilator LC yang tertala, dan karenanya penggerakan menjadi sangat efisien. Kawat EL sepanjang 50 meter dapat digerakkan dengan baterai ΑΑ untuk beberapa jam.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]