Bahasa Tae'

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bahasa Luwu)
Langsung ke: navigasi, cari
Bahasa Tae'
ᨈᨙᨕ
Tae'
Dituturkan di Indonesia
Wilayah Sulawesi Selatan
Jumlah penutur ± 1.000.000  (tidak ada tanggal)
Rumpun bahasa
Sistem penulisan Lontara, Alfabet Latin
Kode-kode bahasa
ISO 639-3 rob

Bahasa Tae' (Lontara: ᨈᨙᨕ) adalah satu bahasa yang digunakan di Tana Luwu, salah satu bahasa dari lebih sepuluh suku bangsa yang mendiami Tanah Luwu, Sulawesi Selatan. Bahasa Tae' ini digunakan oleh sebagian besar penduduk dari Tana Luwu, dari empat kabupaten dan kota, masing-masing kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur dan kota Palopo. Bahasa Tae', termasuk serumpun dengan bahasa Toraja. Bahasa Tae' ini digunakan selaku bahasa percapakan penduduk setempat, mulai dari Selatan perbatasan dengan Buriko Kabupatan Wajo sampai dengan daerah Kabupaten Luwu Timur Malili, serta Tana Toraja dan Massenrempulu.

Bahasa Tae' adalah rumpun bahasa yang terdiri dari 12 suku bahasa (dialek) digunakan masyarakat yang berada di wilayah Tana Luwu. Tana Luwu adalah sebuah wilayah yang merupakan bekas wilayah Kedatuan (Kerajaan) Luwu Kuno. Wilayah Kedatuan Luwu Kuno terbentang dari wilayah administrasi Kabupaten Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara dan Kota Palopo, Siwa (Kabupaten Wajo), Kolaka, Lasusua (Sultra sekarang. Tapi sekarang, Tana Luwu itu hanya terdiri dari Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur dan Kota Palopo.

Tae' adalah bahasa kuno yang di pakai oleh kitab Lontara Sureq I La Galigo. Bahasa ini adalah ibu dari bahasa Bugis, Makassar, Toraja, Massenrengpulu' dan Mandar.

Sejak Agama Islam resmi sebagai Agama resmi di Kerajaan Luwu, Kerajaan Luwu pun menjadikan bahasa bugis sebagai bahasa Pengantar dan menjadikan bahasa Tae' adalah bahasa sehari hari.