Andrew Z. Fire

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Andrew Z. Fire

Andrew Z. Fire (lahir 1959) adalah penerima Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran bersama Craig C. Mello untuk penjelasan mengenai interferensi RNA dan teknik pemanfaatannya. Penelitian ini dilakukan di Institusi Carnegie Washington dan dipublikasikan pada 1998.

Fire kini menjabat sebagai profesor patologi dan genetika di Universitas Stanford.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Fire dilahirkan di Palo Alto, California dan dibesarkan di Sunnyvale, California. [1] Setelah lulus dari Sekolah Tinggi Fremont, ia melanjutkan pendidikannya di Universitas California di Berkeley (University of California at Berkeley) dan medapatkan gelar sarjana matematika pada 1978. Kemudian ia mendaftarkan diri di Institut Teknologi Massachusetts dan lulus dengan glar PhD dalam ilmu biologi pada 1983.

Fire kemudian pindah ke Cambridge, Inggris. Ia menjadi anggota dewan penelitian kedokteran laboratorium biologi molekuler yang dipimpin oleh Sydney Brenner.

Dari tahun 1986 sampai 2003, Fire bekerja sebagai anggota staf Bagian Embriologi Institusi Carniege Washington di Baltimore. Ia mulai melakukan penelitian biologi molekulernya, yakni pada untai ganda RNA sebagai pemicu pada pembungkaman gen.[2]

Fire menjadi asisten profesor Bagian Biologi di Universitas Johns Hopkins. Banyak penelitian besar yang dilakukan oleh Fire didukung oleh Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat.

Hadiah Nobel[sunting | sunting sumber]

Pada 2006, Mello dan Fire menerima Nobel untuk penelitian mereka yang dimulai pada 1998, ketika Mello dan Fire bersama rekan mereka (SiQun Xu, Mary Montgomery, Stephen Kostas, Sam Driver) mempublikasikan sebuah makalah [3] pada jurnal Nature. Mereka menjelaskan bagaimana potongan kecil RNA sel menghancurkan mRNA atau RNA duta sebelum dapat memproduksi protein. Hal ini dapat menghilangkan dampak gen tertentu, dan memungkinkan manusia memerangi penyakit seperti AIDS dan kanker.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Andrew Fire wins 2006 Nobel Prize in Physiology or Medicine". Stanford School of Medicine. 26 Oktober. Diakses 26 Oktober.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  2. ^ "Andrew Fire wins 2006 Nobel Prize in Physiology or Medicine". Stanford School of Medicine. 26 Oktober 2006. Diakses 26 Oktober.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  3. ^ A. Fire, S.Q. Xu, M.K. Montgomery, S.A. Kostas, S. E. Driver, C.C. Mello: Potent and specific genetic interference by double-stranded RNA in Caenorhabditis elegans. In: Nature. 391/1998, S. 806-811, ISSN 0028-0836