Zilvia Iskandar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Zilvia Iskandar
Lahir2 Februari 1990 (umur 34)
Jakarta
KebangsaanIndonesia
Nama lainAling/Zilvia (nama panggilan Tionghoa-nya)
AlmamaterBINUS University, SMA Negeri 1 Manggar, Belitung Timur
PekerjaanNews Anchor Metro TV
Situs webhttps://www.instagram.com/zilviaiskandar/

Zilvia Iskandar (lahir 2 Februari 1990) adalah seorang presenter berita di stasiun televisi Metro TV. Ia bergabung ke Metro TV sejak tahun 2012.

Pada tahun 2017, wanita yang akrab disapa Aling ini meraih penghargaan bergengsi pada ajang Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia 2017, sebagai Presenter Berita Terbaik. Dialog eksklusif Aling bersama Mantan Ketua KPK, Antasari Azhar dalam program Metro Pagi Primetime, dengan topik "Antasari Bicara", berhasil mengantarkannya meraih penghargaan tersebut. Kemudian pada tahun 2019, Aling masuk dalam nominasi Best Current Affairs Presenter di Asian Television Awards 2019. Program News Story Insight (NSI) yang pernah ia bawakan (2017-2019) juga masuk dalam nominasi Best Current Affairs Program di Asian Television Awards 2019.

Saat ini Zilvia Iskandar membawakan program-program unggulan Metro TV, seperti Headline News, Metro Hari Ini, Primetime News, dan Prime Talk.

Karier[sunting | sunting sumber]

Zilvia mengawali karier jurnalistiknya di Metro TV pada 1 Mei 2012 dengan mengikuti Journalist Development Program angkatan ke-8. Setelah tuntas menjalani pelatihan jurnalistik selama 2 bulan, Zilvia mulai diterjunkan dalam tugas peliputan di lapangan. Meski mengaku tidak menyukai politik dan hukum di awal kariernya, ia memilih untuk menjadi reporter politik dan hukum karena merasa tertantang. Alhasil, ia pun kerap meliput berbagai peristiwa politik, seperti Pilkada dan Pilpres, serta berbagai peristiwa hukum seperti kasus korupsi dan terorisme.

9 bulan menjalani tugas sebagai reporter, Zilvia kemudian diberikan kepercayaan menjadi presenter di Metro TV. Sejak Februari 2013, ia mulai membawakan Headline News dan program Metro Malam.

Setelah itu, berbagai program berita di Metro TV pun ia jajal. Pembawaan yang tegas, suara yang renyah, tata bahasa yang baik, serta pertanyaan-pertanyaan cerdas dan terstruktur, merupakan karakteristik perempuan yang pernah bercita-cita menjadi guru atau dosen ini.

Selain membawakan program berita reguler di Metro TV, Zilvia Iskandar juga membawakan program talk show Demi Publik yang tayang perdana 6 Maret 2020. Ia juga pernah membawakan program investigasi, News Story Insight (NSI). Salah satu liputannya yang banyak mendapat sorotan adalah ketika ia melakukan peliputan eksklusif dari dalam rumah mewah pemilik travel haji dan umroh bermasalah, First Travel. Episode "Mengulik Harta First Travel" yang tayang pada 24 Agustus 2017, ditonton lebih dari 2 juta views di YouTube.

Zilvia juga pernah membawakan talk show spesial Pemilu, yakni Partai Bicara (2019) dan Kandidat Bicara (2018). Sebelum bergabung di Metro TV, saat menjadi mahasiswa Zilvia pernah aktif sebagai presenter di BINUS TV, selama 2 tahun.

Pendidikan dan organisasi[sunting | sunting sumber]

Zilvia Iskandar merupakan lulusan terbaik BINUS University tahun 2012 dari jurusan Sastra Inggris dengan predikat summa cum laude. Sejak sekolah sampai kuliah, ia aktif berorganisasi. Perempuan yang pernah bersekolah di Manggar, Belitung Timur, provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini, pernah menjadi ketua OSIS di SMP Negeri I Manggar dan menjadi Presiden di Bina Nusantara Englsih Club (BNEC) periode 2010-2011. Ia mengantarkan BNEC meraih penghargaan The Best Student Organization in BINUS untuk pertama kalinya sejak 18 tahun.

Selain aktif berorganisasi, Zilvia juga kerap mengikuti berbagai macam lomba sejak sekolah hingga lulus kuliah. Mulai dari lomba siswa/siswi berprestasi, cerdas cermat, olimpiade Matematika, baca puisi, pangeran/ putri buku, duta wisata daerah, debat dan presenting.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • International Visitor Leadership Program (IVLP) USA 2019
  • Nominee for Best Current Affairs Presenter, Asian Television Awards 2019
  • Binus Alumni Recognition Award 2019
  • Presenter Berita Terbaik dalam Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2017
  • News Casting Champion of Asian English Olympics 2012
  • Indonesia's Representative for Bangkok Sister City Youth Program 2011
  • Young Leader for Indonesia (McKinsey & Company) 2010
  • Dayang Bangka Belitung 2007
  • Dayang Belitung Timur 2006

Pranala luar[sunting | sunting sumber]