Patsy Widakuswara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Patsy Widakuswara
Patsy pada acara Pelantikan Donald Trump, 2017.
Lahir1974 (umur 49–50)[1]
Almamater
PekerjaanJurnalis, wartawan
Tahun aktif1990-sekarang
Dikenal atasKepala Biro Gedung Putih Voice of America

Patsy Widakuswara (lahir Maret 1974)[1] adalah seorang jurnalis radio dan televisi Amerika Serikat asal Indonesia yang meliput Gedung Putih dan politik di Amerika Serikat. Ia menjabat sebagai Kepala Biro Gedung Putih Voice of America.[2] Ia memiliki pengalaman siaran internasional lebih dari 25 tahun.

Selaku Produser Senior, Patsy mengepalai produksi berita di VOA serta membawakan beberapa acara termasuk Laporan VOA untuk Metro TV, Apa Kabar Amerika di tvOne dan Kilas VOA yang ditayangkan di beberapa afiliasi VOA. Patsy juga sering memproduksi program-program in-depth investigative terkait kebijakan luar negeri Amerika Serikat.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Patsy lahir pada bulan Maret 1974. Kedua orangtuanya berasal dari Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Ibunya sempat menetap di Wonosari dan berprofesi sebagai pramugari.[1]

Patsy menjalani studi Hubungan Internasional di Universitas Indonesia dan menyelesaikan magister Jurnalisme dari Goldsmiths College, University of London.[2] Semasa kuliah, ia juga merupakan salah satu pendiri kelompok debat bahasa Inggris pertama di Indonesia, English Debating Society di Universitas Indonesia, dan kemudian memenangkan beberapa gelar nasional dan internasional.[3]

Karier[sunting | sunting sumber]

Patsy mengawali karier jurnalistik di usia 19 tahun sebagai pembawa acara radio M97 FM Prambors Group Jakarta, ketika ia masih kuliah di Jurusan Hubungan Internasional, FISIP UI. Patsy melanjutkan kariernya di beberapa televisi Indonesia termasuk ANTV dan Metro TV. Tahun 2001 Patsy mendapat beasiswa Chevening untuk gelar Master di bidang TV Journalism di Goldsmiths College, University of London, kemudian bekerja membuat film dokumenter untuk Channel 4 dan BBC. Dari London, Patsy pindah ke Washington, DC dan bergabung dengan VOA tahun 2003[2] sebagai produser dan reporter on-air untuk VOA Indonesia.[4]

Patsy saat membawakan panel diskusi pada tahun 2016.

Pada awal 2021, Patsy meliput pemerintahan Trump untuk VOA. Pada 11 Januari 2021, setelah direktur berita VOA Robert R. Reilly mewawancarai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo tetapi tidak mengizinkan wartawan untuk mengajukan pertanyaan, Patsy mengajukan beberapa pertanyaan kepada Pompeo saat ia meninggalkan gedung.[5] Reilly merespon bahwa ia "jelas [tidak] tahu bagaimana harus bersikap," dan bahwa "dia tidak 'berwenang' untuk berada di sana untuk mengajukan pertanyaan."[6] Beberapa jam kemudian Patsy dikeluarkan dari acara bergengsi Gedung Putih dan kemudian ditugaskan kembali ke layanan VOA Indonesia.[7]

The Coalition For Women In Journalism mengeluarkan pernyataan yang mengutuk pemindahan tersebut.[8] White House Press Association juga mengutuk pencopotan Patsy dari Gedung Putih[6] serta pimpinan Komite Urusan Luar Negeri Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat mengeluarkan siaran pers yang menyatakan bahwa mereka meminta informasi lebih lanjut dari U.S. Agency for Global Media (USAGM) dan Voice of America,[9] dan Ketua Gregory Meeks dan anggota DPR Michael McCaul menyatakan, "Tidak adanya alasan yang sah untuk langkah ini, yang belum diberikan, kami yakin ia harus dipulihkan".[7] Patsy diaktifkan kembali pada 22 Januari 2021.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Jurnalis Asal Indonesia Patsy Widakuswara Yang Mencecar Menlu AS Teryata Berdarah Gunungkidul". Matahati News. 19 Januari 2021. Diakses tanggal 31 Januari 2022. 
  2. ^ a b c "Patsy Widakuswara - Reporter bio - VOA News". www.voanews.com. Diakses tanggal 2021-09-22. 
  3. ^ "Profil Patsy Widakuswara". Situs Web FISIP Universitas Indonesia. Diakses tanggal 31 Januari 2022. 
  4. ^ "Federal Faces: Patsy Widakuswara". The Washington Post (dalam bahasa Inggris). 18 Maret 2013. Diakses tanggal 23 Oktober 2021. 
  5. ^ Post, The Jakarta. "Patsy Widakuswara: Jakarta native asking Trump administration tough questions". The Jakarta Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 22 September 2021. 
  6. ^ a b "Voice Of America White House Reporter Reassigned After Questioning Pompeo". NPR.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 22 September 2021. 
  7. ^ a b Nicole Gaouette, Jennifer Hansler and Kylie Atwood. "Voice of America reassigns White House reporter who tried to ask Mike Pompeo a question". CNN. Diakses tanggal 22 September 2021. 
  8. ^ "United States: CFWIJ condemns the intimidation of journalist Patsy Widakuswara". The Coalition For Women In Journalism (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-10-25. Diakses tanggal 22 September 2021. 
  9. ^ "McCaul, Meeks Ask for Answers on Demotion of VOA Reporter Patsy Widakuswara". Committee on Foreign Affairs (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 23 September 2021. 
  10. ^ Beitsch, Rebecca (22 Januari 2021). "VOA reinstates White House reporter reassigned after questioning Pompeo". The Hill. Diakses tanggal 23 Oktober 2021. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]